Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 169273 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lisa Arnita Anzar
"Studi kelayakan pembangunan jalan Tambu-Kasimbar dimaksudkan untuk mendapat nilai manfaat secara ekonomi dari rencanan Pembangunan jalan Tambu-Kasimbar dalam mendukung konektifitas IKN dan Indonesia Timur. Pendekatan dengan proyek (with project) diasumsikan sebagai suatu kondisi, dimana diperlukan suatu investasi/proyek yang besar, yang dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas maupun struktur jalan. Sedangkan untuk pendekatan tanpa proyek (without project) diasumsikan sebagai suatu kondisi, dimana tidak ada investasi/proyek yang dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas maupun struktur jalan, kecuali untuk mempertahankan fungsi pelayanan jalan, yaitu berupa pemeliharaan rutin dan pemeliharaan berkala. Tahapan analisis dimulai dengan formulasi dari 3 (tiga) alternatif ruas terpilih yang selanjutnya dibuat desain pendahuluan pada perencanaan trase jalan dan nilai tebal perkerasan. Komponen biaya manfaat dihitung berdasarkan pendekatan coustemer suprplus yang didasarkan saving Biaya Operasional Kendaraan (BOK), dan saving nilai waktu. proses analisis kelayakan ekonomi ini dilakukan untuk menghitung kelayakan pembangunan dan pengoperasian Ruas Jalan Tambu – Kasimbar CS dengan membandingkan antara jumlah biaya (cost) terhadap manfaat (benefit pada pengguna lalu lintas/consumer surplus berupa penghematan Biaya Operasi Kendaraan dan Nilai Waktu. Hasil studi diperoleh Total biaya manfaat dari customer surplus adalah Rp. 712,458 Milyar pertahun. Nilai EIRR sebesar 16.89% memenuhi kelayakan ekonomi >12%, BCR suku Bungan 12% sebesar 2.38% >1, Nilai Net Present Value (NPV) = Rp. 5.254.783.058,- >0 sehingga dapat disimpulkan pembangunnan jalan Ruas Tambu-Kasimbar layak dilaksanakan dari segi lalulintas maupun ekonomi Implementasi praktik keinsinyurandalam rencana pembangunan jalan ruas tambu – kasimbar anata lain; analisis teknis yang komprehensif, pertimbangan aspek lingkungan dan sosial, konsultasi dengan pemangku kepentingan, analisis risiko dan keselamatan kerja, pemilihan material dan teknologi yang tet diterapkan dalam pelaksanaan studi ini.

The feasibility study of Tambu-Kasimbar road construction is intended to benefit economically from the Tambu-Kasimbar road development plan in supporting IKN and Eastern Indonesia connectivity. The approach with the project is assumed to be a condition, where a large investment/project is required, which is carried out to improve the capacity and structure of the road. As for the no-project approach, it is assumed as a condition, where no investment/project is carried out to increase the capacity or structure of roads, except to maintain the function of road services, namely in the form of routine maintenance and periodic maintenance. The analysis stage begins with the formulation of 3 (three) alternative selected sections which are then made preliminary designs on road trase planning and pavement thickness values. The cost benefit component is calculated based on the coustemer suprplus approach which is based on saving Vehicle Operating Costs (BOK), and saving time value. This economic feasibility analysis process is carried out to calculate the feasibility of building and operating the Tambu – Kasimbar CS Road Section by comparing the total costs (costs) to benefits (benefits to traffic users / consumer surplus in the form of savings in Vehicle Operating Costs and Time Value. The results of the study obtained The total cost of benefits from customer surplus is Rp. 712,458 billion per year. EIRR value of 16.89% meets economic feasibility of >12%, BCR of Bungan tribe 12% of 2.38% >1, Net Present Value (NPV) = Rp. 5,254,783,058,- >0 so that it can be concluded that the construction of the Tambu-Kasimbar section is feasible in terms of traffic and economy Implementation of engineering practices in the tambu – kasimbar anata road construction plan of other anata sections; Comprehensive technical analysis, consideration of environmental and social aspects, consultation with stakeholders, occupational risk and safety analysis, selection of materials and technologies that have been applied in the implementation of this study."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Faidul Keteng
"Dalam pelaksanaan pekerjaan rekonstruksi jalan, terdapat beberapa kendala yang sering dihadapi dilapangan baik secara teknis maupun non teknis. Ketidaktepatan mutu, keterlambatan pekerjaan dan volume yang tidak tercapai menjadi dampak nyata yang muncul dari kendala-kendala teknis maupun non teknis yang terjadi di lapangan. Paket Peningkatan jalan Ruas Tousu–Pendolo dibiayai oleh Dana APBD Provinsi Sulawesi Tengah tahun anggaran 2023, sebesar Rp. 65.105.565.000,00, - (Enam Puluh Lima Milyar Seratus Lima Juta lima ratus enam puluh lima ribu Rupiah) dengan sistem tahun jamak (MYC). Rencana penanganan berdasarkan kontrak awal paket peningkatan jalan Ruas Tonusu–Pendolo sepanjang 16.00 km. Dengan metode pengumpulan data melalui observasi lapangan, studi literatur dan data dari dokumen proyek, laporan keinsinyuran ini mengkaji penerapan kode etik keinsinyuran antara lain profesionalisme dan kode etik penulis yang bertindak sebagai Pengguna Anggaran (PA). Rekomendasi teknis dalam pelaksanaan paket rekonstruksi jalan Ruas Tonusu-Pendolo antara lain, melakukan pengujian mutu (kualitas) pada laboratorium terakreditasi KAN, mengarahkan penerapanan digitalisasi dalam pelaksanaan proyek, analisis data kondisi jalan berbasis aplikasi PKRMS (Provincial Kabupaten Road Management System) yang dirancang khusus untuk bisa dioperasikan dengan mudah dalam mendukung manajemen aset jalan, perencanaan, pemprograman dan persiapan pekerjaan pemeliharaan aset untuk jalan daerah, khususnya jalan Provinsi dan Kabupaten serta mengkoordinir penerapan SOP yang berpedoman pada aturan-aturan terbaru dalam perencanaan, pelaksanaan proyek dan pemeliharaan setelah proyek selesai. Implementasi penerapan kode etik keinsinyuran dari segi etika profesi, profesionalisme dan K3LL oleh Pengguna Anggaran (PA) dalam proyek ini telah dilaksanakan dengan baik dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan dan setelah pelaksanaan rekonstruksi.

In the implementation of road reconstruction work, there are several obstacles that are often faced in the field both technically and non-technically. Quality inaccuracy, work delays and volumes that are not achieved are real impacts that arise from technical and non-technical obstacles that occur in the field. The Tousu-Pendolo Road Improvement Package is financed by the Central Sulawesi Provincial APBD Fund for fiscal year 2023, amounting to Rp. 65,105,565,000.00, - (Sixty Five Billion One Hundred Five Million five hundred sixty five thousand Rupiah) with a multi year contract (MYC). The handling plan is based on the initial contract of the Tonusu-Pendolo Road improvement package along 16.00 KM. With data collection methods through field observation, literature studies and data from project documents, this engineering report examines the application of the Engineering Code of Ethics, including professionalism and the author's code of ethics as a budget user. Technical recommendations in the implementation of the Tonusu-Pendolo Road Reconstruction Package among others, conducting quality testing (quality) at KAN-accredited laboratories, directing the application of digitalization in project implementation, analysis of road condition data based on the PKRMS (Provincial Regency Road Management System) application specifically designed to be operated easily in supporting road asset management, planning, programming and preparation of asset maintenance work for regional roads, especially provincial and district roads and coordinate the implementation of SOPs that are guided by the latest rules in planning, project implementation and maintenance after the project is completed. The implementation of The Code of ethics for engineers in terms of professional ethics, professionalism and K3LL by the Budget User in this project is carried out in the stages of planning, implementation and after the implementation of reconstruction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Mohammad Mukid
"Jembatan Suramadu merupakan jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dengan pulau Madura. Jembatan ini sangat berarti bagi peningkatan perekonomian masyarakat Madura karena pergerakan arus barang maupun orang akan jauh semakin cepat. Salah satu investor dan pengelola pembangunan ini adalah Jasa Marga, sehingga sistem penggolongan kendaraan akan disesuaikan dengan kebijakan pihak Jasa Marga. Studi kelayakan mengenai kebutuhan jumlah pintu tiket selama ini masih belum dilakukan oleh pihak konsultan suramadu. Sedangkan studi mengenai harga tiket yang akan di terapkan, masih melihat dari sisi investor tanpa memperhatikan willingness to pay masyarakat calon pengguna jembatan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari jumlah pintu tiket yang optimal dan harga tiket yang ideal. Untuk menghitung kebutuhan jumlah pintu tiket, metode yang digunakan adalah model antrian dengan bantuan software ProModel. Sedangkan untuk mencari harga tiket yang ideal metode yang digunakan adalah model optimasi dengan bantuan software Opt-Quest for crystal ball. Setelah melakukan perhitungan maka didapatkan kesimpulan bahwa jumlah pintu tiket selama masa konstruksi sebanyak tiga unit untuk kendaraan roda dua dan tiga unit untuk roda empat. Tahun pertama sampai pada tahun ke sepuluh kebutuhan pintu tiket untuk kendaraan roda dua sebanyak dua unit sedangkan untuk kendaraan roda empat hanya sebanyak satu unit. Harga tiket yang diperoleh dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata-rata harga tiket jembatan tidak akan lebih besar dari harga jasa Ferry pertahun 2005, bahkan bisa ditekan lebih kecil dari harga tiket jasa Ferry pertahun 2005."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2005
T16141
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fijar Lazuardi
"Kajian ini menjelaskan mengenai lingkungan dan pembangunan jalan Semarang-Kedu-Yogyakarta oleh masyarakat sepanjang tahun 1830 sampai dengan 1856. Ketiadaan sungai sebagai sarana transportasi dari Semarang dan pedalaman membuat jalan menjadi satu-satunya sarana bagi masyarakat pada abad ke-19. Dengan menerapkan metode sejarah, penelitian ini menganalisis informasi dari sumber-sumber primer koleksi Arsip Nasional Republik Indonesia yang terdiri dari arsip laporan umum tahunan dari Semarang, Kedu, dan Yogyakarta, serta laporan survei seputar jalan pedalaman Jawa bagian tengah. Studi ini menggunakan pendekatan hubungan struktural–agensi yang menjelaskan hubungan antara habitus dan modal yang berbeda dengan struktur atau arena dapat menghasilkan tindakan berbeda juga. Hasil penelusuran arsip menunjukkan bahwa masyarakat Jawa membentuk jaringan jalan desa dan sistem pemeliharaan jalan sendiri untuk menyesuaikan kondisi lingkungan geografis, seperti teknik perawatan jalan dan penanaman pohon di sisi jalan. Kondisi geografis pegunungan juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai mata pencaharian dengan penyewaan jasa kuli angkut dan penyewaan kuda. Di sisi lain, administrasi kolonial membuat sistem pembangunan serta perawatan jalan dan jembatan untuk mengoptimalkan pengangkutan hasil pertanian. Beberapa teknik pembangunan jalan dan jembatan diterapkan untuk mengatasi berbagai kondisi lingkungan yang ada di sepanjang jalan Semarang, Kedu, dan Yogyakarta.

This study discusses the ecology of Semarang-Kedu-Yogyakarta road construction by the people during the period 1830 to 1856. The unavailability of navigable rivers for transportation between Semarang and the hinterland left the road as the only option for people. This research utilised the historical method with primary sources from the Arsip Nasional Republik Indonesia, consisting of annual reports archieves from Semarang, Kedu and Yogyakarta, as well as inland roads survey reports of central Java. This study applied a structural-agency approach referred to as the field. Pierre Bourdieu explains that the relationship between different agencies in the same field may generate different practices. Thus, the geographical environment prompted Javanese people to build village road networks and establish their own road maintenance systems, such as preservation techniques and plantation of trees on the side of the road. The mountainous geographical landscape was also utilised by the villagers for livelihoods by providing porters and horse rental service. While the colonial administration instituted a system of constructing and maintaining roads and bridges to optimise the transport of agricultural products. Several road and bridge construction engineering works were applied to overcome the various environmental conditions that existed along the Semarang, Kedu, and Yogyakarta roads."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Garin Rizki Arishaldi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kelayakan keuangan program penggantian penyaluran air bersih dalam rangka menurunkan kehilangan air pada PERUMDA Tirta Pakuan Kota Bogor. Analisa kelayakan investasi akan dihitung berdasarkan Net Profit Value (NPV), Net B/C Ratio, Internal Rate of Return, dan juga Payback Period dari tiga skenario investasi, yaitu (i) Skenario 1 dengan modal yang 100% berasal dari perusahaan, (ii) Skenario 2 dengan modal yang 75% berasal dari perusahaan dan 25% berasal dari pinjaman bank, dan (iii) Skenario 3 dengan modal yang 50% berasal dari perusahaan dan 50% berasal dari pinjaman bank, dalam jangka waktu pembiayaan selama 10 tahun. Berdasarkan hasil perhitungan, skenario investasi terbaik didapatkan pada Skenario 3, yang mempunyai nilai NPV tertinggi. Hal ini didukung oleh nilai IRR yang lebih tinggi daripada WACC (17,00%>7,69%) serta Net B/C Ratio paling tinggi dibandingkan dua skenario lainnya (2,61) dengan NPV sebesar 41 Miliar Rupiah. Hal ini menunjukkan bahwa program penggantian pipa dan meteran air dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dan layak untuk dilaksanakan. Namun demikian, pengambilan keputusan terkait Skenario investasi, yang akan dilakukan, sepenuhnya bergantung pada keputusan dari pemangku kepetingan pada PERUMDA Tirta Pakuan Kota Bogor dengan mempertimbangan skenario terbaik yang telah didapatkan.

This study aims to analyze the financial feasibility for infrastructure replacement program to reduce the Non-Revenue Water (NRW) at PERUMDA Tirta Pakuan Bogor City. The feasibility analysis will be based on the Net Profit Value (NPV), Net B/C Ratio, Internal Rate of Return, and also the Payback Period of three investment scenarios, which are: (i) Scenario 1 with 100% of the capital coming from the company, (ii) Scenario 2 with 75% of the capital coming from the company and 25% coming from bank loans, and (iii) Scenario 3 with 50% of capital coming from the company and 50% from bank loans, with a financing period of 10 years. Based on the calculation, the best investment scenario is obtained from Scenario 3, that has the highest NPV. This is supported by higher IRR value than WACC (17.00%>7.69%) and the highest Net B/C Ratio compared to the other two scenarios (2.61) with an NPV of IDR 41 billion. It shows that the replacement program can increase company’s revenue and feasible to be conducted. However, the decision making regarding the investment scenario, which will be carried out, is entirely dependent on the decision of the stakeholders at PERUMDA Tirta Pakuan Bogor City by considering the best scenario that has been obtained."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cornelia Anastasia Lembang
"Penilaian permukaan jalan adalah proses untuk mengevaluasi kondisi jalan yang ada, mendeteksi semua jenis kerusakan jalan. Kondisi jalan menjadi hal yang penting mengingat salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas. Metode penilaian permukaan jalan saat ini mahal, memakan waktu, dan padat karya. Sebagian besar pendekatan penilaian permukaan jalan saat ini menggunakan kendaraan bergerak yang disesuaikan secara unik untuk setiap karakteristik guna memantau permukaan jalan dan hanya memeriksa sejumlah lokasi tertentu. Proyek penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan metode penilaian permukaan jalan saat ini menjadi lebih fleksibel, efektif, murah, dan membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja. Selain itu, ini akan menghubungkan prosedur penilaian permukaan jalan saat ini dengan deteksi berbasis Smartphone dengan menghasilkan referensi yang komprehensif. Selain itu, tinjauan literatur algoritma pendeteksian berbasis Smartphone dan metode penelitian hadir untuk memfasilitasi tautan tersebut. Deteksi berbasis smartphone memberikan peluang baru untuk meningkatkan metode penilaian jalan karena kemampuannya untuk mengevaluasi area yang lebih luas dan membutuhkan lebih sedikit tenaga, biaya, dan waktu. Namun, pendeteksian berbasis smartphone tidak dapat menggantikan keseluruhan metode penilaian jalan, tetapi memberikan peluang untuk memperkecil ukuran area yang perlu dikunjungi.

Road surface assessment is a process to evaluate the existing road condition, it detects all kinds of road defects. Road condition is important knowing that it is one of the factors that cause road accidents. The current road surface assessment method is expensive, time consuming, and labour intensive. The majority of the current road surface assessment approach use a moving vehicle that is uniquely tailored for each characteristic to monitor the road surface and examines just a limited number of locations.This research project aims to improve the current road surface assessment method to be more flexible, effective, inexpensive, and requires less labour work. Moreover, it will link the current road surface assessment procedure with Smartphone based detection by generating a comprehensive reference. In addition, literature review of Smartphone based detection algorithms and research method is present to facilitate the link. Smartphone based detection gives a new opportunity to improve the road assessment method due to its ability to evaluate larger area and it requires less labour, cost, and time. However, Smartphone based detection cannot replace the entire road assessment method, but it gives the chance to lessen the size of areas that need to be visited."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taihutu, Felix
"Setiap perusahaan jasa konstruksi selalu berusaha mengadakan inventori. Dengan inventori diharapkan dapat memperlancar pelaksanaan pekerjaan konstruksi sehingga tidak terjadi stockout material di proyek yang berpotensi mempengaruhi waktu proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor risiko inventori, dampak serta tindakan terhadap risiko utama pada proyek jalan di Ambon. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara dan kuesioner. Analisa data dilakukan bertahap meliputi uji dua sampel, AHP, level risiko, uji validitas dan reliabilitas, uji korelasi, analisa faktor, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa permintaan material yang kurang lengkap atau tidak mencukupi, dan aksesibilitas yang sulit selama proses pengiriman berpengaruh terhadap kinerja waktu.

Each construction services company always tries to holding inventory. With inventory is expected to facilitate the implementation of construction works so there is no stockout materials in the projects that could potentially affecting time of the project. The aim of this research is to identify the risk factors and the impact of inventory, knowing the action on the main risk in Ambon road project. Research conducted by method of interview and a questionnaire. Data analysis was conducted in two test sample, AHP, level of risk, test validity and reliability, correlation test, factor analysis and regression test. Research showed that risk factors major effect on performance time road projects in ambon, namely demand material not complete or insufficient, and the difficult accessibility during the process of delivery.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T32924
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alex Soemadji Nitisemito
Jakarta: Bumi Aksara, 1995
658.404 ALE w (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Alex Soemadji Nitisemito
Jakarta: Bumi Aksara, 1995
658.404 ALE w (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>