Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 161562 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Budi Hermawan
"Penggunaan jalan yang terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada kontruksi jalan oleh karena itu perlunya suatu penanganan yang baik dalam pembangunannya. Suatu kontruksi jalan yang baik dapat terwujud apabila daya dukung tanahnya sesuai dengan standar mutu, dan pada saat Pembangunan mengikuti prosedur-prosedur dari kerangka acuan kerja yang telah disepakati Parameter untuk menguji sifat fisik dan mekanik dari jalan angkut adalah dengan melakukan pengujian CBR (California Bearing Ratio) dengan alat DCP (Dynamic Cone Penetrometer). Dengan pengujian ini maka dapat diketahui nilai CBR tersebut apakah memenuhi standar untuk jalan atau tidak. Lapisan tanah dasar yang memiliki nilai CBR < 6 % termasuk kategori tanah yang buruk, maka perlu adanya peningkatan nilai CBR dengan cara mengganti tanah tersebut dengan tanah urugan yang mempunyai nilai CBR lebih tinggi. Karena kekuatan dan keawetan kontruksi perkerasan tergantung dari sifat-sifat daya dukung tanah tersebut. Bahan Subgrade akan berpengaruh terhadap daya dukung tanah tersebut.

Continuous use of roads can cause damage to road construction, therefore there is a need for good handling in its construction. A good road construction can be realized if the carrying capacity of the soil is in accordance with quality standards, and during construction it follows the procedures of the agreed terms of reference. The parameter for testing the physical and mechanical properties of haul roads is to carry out CBR (California Bearing Ratio) testing with a DCP (Dynamic Cone Penetrometer). With this test, you can find out whether the CBR value meets road standards or not. Subgrade soil that has a CBR value of <6% is included in the poor soil category, so it is necessary to increase the CBR value by replacing the soil with fill soil that has a higher CBR value. Because the strength and durability of pavement construction depends on the properties of the soil's bearing capacity. Subgrade material will affect the bearing capacity of the soil"
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Hermawan
"Penggunaan jalan yang terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada kontruksi jalan oleh karena itu perlunya suatu penanganan yang baik dalam pembangunannya. Suatu kontruksi jalan yang baik dapat terwujud apabila daya dukung tanahnya sesuai dengan standar mutu, dan pada saat Pembangunan mengikuti prosedur-prosedur dari kerangka acuan kerja yang telah disepakati Parameter untuk menguji sifat fisik dan mekanik dari jalan angkut adalah dengan melakukan pengujian CBR (California Bearing Ratio) dengan alat DCP (Dynamic Cone Penetrometer). Dengan pengujian ini maka dapat diketahui nilai CBR tersebut apakah memenuhi standar untuk jalan atau tidak. Lapisan tanah dasar yang memiliki nilai CBR < 6 % termasuk kategori tanah yang buruk, maka perlu adanya peningkatan nilai CBR dengan cara mengganti tanah tersebut dengan tanah urugan yang mempunyai nilai CBR lebih tinggi. Karena kekuatan dan keawetan kontruksi perkerasan tergantung dari sifat-sifat daya dukung tanah tersebut. Bahan Subgrade akan berpengaruh terhadap daya dukung tanah tersebut.

Continuous use of roads can cause damage to road construction, therefore there is a need for good handling in its construction. A good road construction can be realized if the carrying capacity of the soil is in accordance with quality standards, and during construction it follows the procedures of the agreed terms of reference. The parameter for testing the physical and mechanical properties of haul roads is to carry out CBR (California Bearing Ratio) testing with a DCP (Dynamic Cone Penetrometer). With this test, you can find out whether the CBR value meets road standards or not. Subgrade soil that has a CBR value of <6% is included in the poor soil category, so it is necessary to increase the CBR value by replacing the soil with fill soil that has a higher CBR value. Because the strength and durability of pavement construction depends on the properties of the soil's bearing capacity. Subgrade material will affect the bearing capacity of the soil"
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aryasatya Adyatama
"ABSTRAK
Kerugian finansial akibat kecelakaan kerja terbesar pada PT Multi Tambangjaya Utama berada pada aktivitas pengangkutan batu bara yang disebut sebagai aktivitas hauling dari ROM menuju pelabuhan. Terdapat dua penyebab utama kecelekaan kerja saat aktivitas hauling, yakni, supir dump truck mengalami kelelahan kerja dan tendensi supir dump truck untuk melakukan tindakan yang memiliki risiko kecelakaan kerja tinggi. Penelitian ini menganalisis variabel fisik yang mempengaruhi kelelahan kerja supir dump truck dan terbukti usia, lama tidur, beban kerja, mempengaruhi kelelahan kerja. Penelitian ini mmenghasilkan model persamaan matematika untuk memprediksi kelelahan kerja menggunakan regresi logistik. Penelitian ini juga membuktikan bahwa variabel kognitif pengalaman kerja, ketidakpuasan terhadap pekerjaan, dan afektivitas negatif mempengarhi supir dump truck untuk mengambil tindakan dengan risiko kecelakaan kerja tinggi. Penelitian ini menggunakan partial least square-structural equation model untuk menganalisis pengaruh variabel kognitif. Hasil penelitian ini akan menjadi landasan rekomendasi kebijakan keselamatan kerja untuk divisi health and safety PT Multi Tambangjaya Utama.

ABSTRACT
The biggest financial loss due to workplace accidents at PT Multi Tambangjaya Utama is while hauling drivers are transporting coal from ROM to port which is called as hauling activities. There are two main causes of workplace accidents during hauling activities, dump truck drivers feel fatigue while driving and the tendency of dump truck drivers to take an unsafe action. This study analyzes the physical variables that affect the fatigue level of dump truck driver and proven that age, sleep duration, and workload, are significantly influence drivers fatigue level. This study develop a mathematical equation model to predict work fatigue using logistic regression. This study also proves that the cognitive variables of work experience, job dissatisfaction, and negative affectivity significantly influence dump truck drivers decision process to take an unsafe action. This study uses partial least square-structural equation model to analyze the influence of cognitive variables. The results of this study will be the basis of recommendations for work safety policies for the health and safety division of PT Multi Tambangjaya Utama."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tedi Tejo Handoyo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S35827
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Malinda Ghassani
"Proyek konstruksi perkantoran di Indonesia banyak yang tidak memenuhi target penyelesaian proyek yang diharapkan, serta belum mengukur performa proyek secara komprehensif, sehingga diperlukan penggunaan indikator kinerja utama IKU untuk meningkatkan performa industri konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh IKU yang berpengaruh terhadap performa proyek konstruksi dengan menggunakan metode AHP Analytical Hierarchy Process dan melakukan pengukuran kinerja proyek konstruksi perkantoran terbaik terhadap 3 proyek yang dimiliki PT Aguna, yaitu : WIM3, NPC, dan INDO4 dengan menggunakan metode WPM Weighted Product Model . Penelitian ini menghasilkan prioritas kepentingan dari 5 dimensi, dan 15 IKU. Didapatkan nilai kinerja terbaik adalah proyek WIM3 sebesar 0.340, dan dihasilkan nilai gap terbesar yaitu angka keselamatan dan kecelakan kerja yang perlu ditingkatkan untuk proyek selanjutnya.

Many office construction projects in Indonesia do not meet the expected project completion targets, and haven rsquo t measure the project 39 s performance comprehensively, so it is necessary to use the key performance indicators IKU for performance improvement of the construction industry. This study aims to obtain IKU which influences the performance of construction projects by using AHP Analytical Hierarchy Process method and performs the best performance of office building project for 3 projects owned by PT Aguna, namely WIM3, NPC and INDO4 using WPM Weighted Product Model method. This research yields a priority interest of 5 dimensions, and 15 IKU. The best performance value is WIM3 project achieved 0.340, and the biggest gap value is the number of safety and work accidents rsquo s indicators that need to be improved for the next project."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67062
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Einsteinius
"Konstruksi perkerasan jalan lentur (flexible Pavement), yaitu struktur yang terdiri atas campuran beraspal diatas lapis pondasi atas kemudian lapis fondasi bawah dan  tanah dasar. Perencanaan berada di ruas Jalan Simpang Sayut – Nanga Sarai Kecamatan Putusibau Kabupaten Kapuas Hulu Utara. Perencanaan ini meliputi Survey Lalu Lintas Harian Rata-rata dan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan. Tujuan dari perencanaan ini adalah menentukan desain dan tebal lapis perkerasan lentur yang sesuai pada Ruas Jalan Simpang Sayut – Nanga Sarai Kecamatan Putusibau Kabupaten Kapuas Hulu Utara.

Flexible pavement construction, namely a structure consisting of asphalt mixture on top of the top foundation layer then the bottom layer and subgrade.. The planning is on  Simpang Sayut – Nanga Sarai road section, Putusibau District, North Kapuas Hulu Regency. This planning includes an Average Daily Traffic Survey and uses the Road Pavement Design Manual method. The aim of this planning is to determine the appropriate design and thickness of the flexible pavement layer for the Simpang Sayut - Nanga Sarai Road Section, Putusibau District, North Kapuas Hulu Regency.
"
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Benyamin
"Tugas akhir ini membahas salah satu model dan program dinamik yang digunakan untuK menyelesaikan masalah inventori dinamik yang deterministik. DiberiKan pula penggunaannya pada penjadwalan produksi pada suatu perusahaan perakitan mobil PT. Multi Astra."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1987
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fariz Setyana Pratama
"Industri Penambangan batu bara merupakan salah satu komoditas penambangan yang dapat mendorong perekonomian Indonesia. Industri ini memiliki modalitas yang padat, teknologi yang padat, dan memiliki potensi yang tinggi. Salah satu risiko yang menjadi perhatian adalah kecelakaan kerja. PT Multi Tambangjaya Utama sebagai perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan batu bara, meningkatkan jumlah kecelakaan kerja sebesar 34,7% pada tahun 2018. Kecelakaan kerja yang disebabkan oleh berbagai faktor yang diperlukan dari berbagai sumber atau tingkat, mulai dari tingkat operator, pengawas, manajemen, maupun perusahaan. Sampai saat ini belum ada analisis yang terkait dengan pengklasifikasian serta pengaruh antar faktor - faktor penyebab kecelakaan kerja pada PT MUTU. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada faktor - faktor penyebab kecelakaan kerja pada PT MUTU, serta mencari keterkaitan antar faktor penyebab kecelakaan kerja tersebut.
Metode Analisis Faktor Manusia dan Sistem Klasifikasi untuk Tambang Batubara digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis faktor - faktor manusia yang meningkat organisasi, serta faktor eksternal, lengkap, komprehensif, dan sistematis. Metode Pemodelan Persamaan Struktural digunakan untuk menganalisis hubungan antar faktor penyebab kecelakaan kerja berdasarkan metode HFACS-CM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan eksternal berpengaruh signifikan terhadap tindakan tidak aman, lingkungan eksternal terkait signifikan terhadap pengaruh organisasi, pengaruh organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepemimpinan tidak aman, kepemimpinan tidak aman berpengaruh signifikan terhadap prasyarat untuk tindakan tidak aman, prasyarat untuk tindakan tidak aman adalah signifikan terhadap tindakan tidak aman.

The coal mining industry is one of the mining commodities that can encourage Indonesia economy. This industry has some unique characteristics; capital intensive, technologyintensive, and has high risk of some aspects. A workplace accident is one of the risks that concerned. PT Multi Tambangjaya Utama, as a coal mining company, is experiencing an increase the number of workplace accident by 34.7% in 2018. The workplace accident caused by various factors that derive from various levels, starting from the level of operators, supervisors, management, and company. There is not analysis related to the classification and influence of factors that cause workplace accident at PT MUTU. Therefore, this study focuses on the factors that cause workplace accident at PT MUTU, and analyze interrelationships between these factors.
Human Factor Analysis and Classification Systems Method for Coal Mines (HFACS-CM) was used to analyze human factors affecting workplace accident, starting from the level of unsafe acts, preconditions for unsafe acts, unsafe leadership, organizational influences, and external environmental factors. Structural Equation Modeling (SEM) method was constructed to analyze the relationship between factors affecting workplace accident based on the HFACS-CM method.
The results proved that external environmental has a significant impact on unsafe acts, the external environment is significantly related to organizational influences, organizational influences have a significant impact on unsafe leadership, unsafe leadership has a significant effect on the preconditions for unsafe acts, and preconditions for unsafe acts have a significant impact on unsafe acts.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pongtuluran, Ravael Eldad
"Pembangunan terowongan jalan merupakan hal baru di Indonesia dan menjadi proyek pertama di Pulau Kalimantan. Tantangan utama dalam proyek ini adalah karakteristik tanah podsolik/ultisol di perbukitan dan tanah gambut di dataran rendah, yang memiliki risiko tinggi terhadap stabilitas tanah dalam konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengendalikan potensi bahaya serta risiko melalui perencanaan safety plan, serta mengevaluasi dan mengembangkan Rencana Keselamatan Konstruksi (RKK) yang sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR No. 10 Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan mencakup wawancara dan expert judgement, dengan pendekatan analisis kualitatif dan deskriptif berdasarkan regulasi terkait. Hasil penelitian mengidentifikasi 57 variabel bahaya dan risiko serta pengendaliannya dalam safety plan berdasarkan masukan dari para pakar yang disesuaikan dengan metode kerja proyek. Penelitian ini juga mengungkap perlunya pengembangan format tambahan dalam dokumen RKK guna memenuhi kebutuhan lapangan dan meningkatkan efektivitas keselamatan konstruksi. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa Rencana Keselamatan Konstruksi yang komprehensif dan sesuai regulasi mampu secara signifikan mengurangi risiko dan ketidakpastian pada proyek. Pendekatan ini mendukung pencapaian target zero accident dan berimplikasi pada penyediaan referensi yang relevan bagi penyedia jasa, secara khusus di wilayah dengan tantangan geoteknik seperti Kalimantan.

The construction of the road tunnel was new in Indonesia and the first project in Kalimantan Island. The main challenge in this project is the characteristics of podzolic/ultisol soil in the hills and peat soil in the lowlands, which has a high risk to soil stability in construction. This research aims to identify and control potential hazards and risks through safety plan planning, as well as evaluate and develop a Construction Safety Plan (CSP) that complies with the Minister of PUPR Regulation No. 10 of 2021. The research methods used include interview and expert judgment,with a qualitative and descriptive analysis approach based on relevant regulations. The results of the research identified 57 hazard and risk variables and their control in the safety plan based on input from experts adapted to project work methods. The research also revealed the need to develop additional formats in the CSP document to meet field needs and improve the effectiveness of construction safety. The research conclusion shows that a comprehensive and compliant Construction Safety Plan (CSP) is able to significantly reduce risks and uncertainties on the project. This approach supports the achievement of zero accident targets and has implications for providing relevant references for service providers, particularly in geotechnically challenged regions such as Kalimantan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iwan Wahyu Priyawan
"Dalam dunia manajemen proyek, selain mengelola satu proyek besar, terdapat juga proyek-proyek kecil yang berjalan secara simultan dengan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi, masalah utamanya adalah bagaimana mengelola sumber daya terbatas dan memperbaharui prioritisasi proyek berkelanjutan. Sehingga perlu bagi perusahaan untuk dapat membangun kebijakan dalam mengelola multi proyek. Tulisan ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pengelolaan multi proyek khususnya dalam mengelola produktivitas penyelesaian tugas-tugas perekayasaan. Untuk membuat keputusan yang tepat, membangun kebijakan harus berbasis pada resultan dari proses sebab dan akibat, sehingga memerlukan model sistem dinamis untuk memahami perilaku yang kompeks. Hasil dari model sistem dinamis adalah memberikan rekomendasi untuk pengelolaan manajemen multi proyek.

In the world of project management, there are single large projects to manage as well as those with small projects running simultaneously thus introducing higher levels complexity. The main problem is how to manage lack of resources and continuously update the prioritization of project. Therefore a company will need to be able to develop policies for managing multiple projects. This paper aims to identify factors that enhance multi project management especialy in managing productivity to complete engineering tasks. In order to make the right decisions, policy development should be based on resultant desired cause and effect processes requiring dynamic system modelling for understanding complex behaviour. The outcome of dynamic modelling is to provide policy recomendations for managing complex multi project operations.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T32757
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>