Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 60603 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2019
001.42 GEL
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Abimanyu T. Alamsyah
2002
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Gall, Meredith D.
Rocklin, California: Prima Publishing, 1993
371.3028 GAL m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk melihat asosiasi antara kehadiran dalam kuliah dan nilai ujian.
Metode Penelitian ini adalah penelitian potong lintang yang dilakukan di FKUI, kelas khusus Internasional, mulai November 2007 sampai Mei 2008. Kriteria inklusi subyek adalah semua mahasiswa FKUI kelas khusus Internasional yang sedang mengikuti Modul Neuropsikiatri tahun ajaran 2007/2008, sedangkan kriteria eksklusi adalah mahasiswa yang tidak hadir pada ujian yaitu: ujian pilihan ganda ke 1(MCQ1), ke 2 (MCQ2) atau esai. Data yang diambil adalah kehadiran dalam kuliah dan nilai ujian. Data dianalisis menggunakan program SPSS regresi linear untuk melihat korelasi antara kehadiran dalam kuliah dan nilai ujian.
Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa R dan P dari asosiasi antara kehadiran dalam kuliah dan ujian adalah (R= 0.121, P= 0.413), (R= 0.212, P= 0.148), (R= 0.260, P= 0.075), dan (R= 0.280, P= 0.054) untuk MCQ1, MCQ2, esai, dan rerata nilai.
Kesimpulan Pada modul Neuropsikiatri, ternyata tidak ada asosiasi antara kehadiran pada kuliah dan nilai ujian. Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor yang telah dibahas, tetapi tidak dianalisis.

Abstract
Aim This study was conducted to determine the association between presence in lecture and examination scores.
Methods This was a cross sectional study, conducted in the Faculty of Medicine University of Indonesia, International Class Program, from November 2007 to May 2008. The subject?s inclusion criterion was FMUI International class students enrolled in the Neuropsychiatry module in 2007/2008. we excluded students who did not attend the examinations i.e. multiple choice questions (MCQ)-1, -2, or essay. The data collected were presence in lecture and examination scores. Data analysis was done using SPSS linear regression to see the association between presence in lectures and exam scores.
Results The results showed that the R and P of the association between presence in lectures and exam scores were (R= 0.121, P= 0.413), (R= 0.212, P= 0.148), (R= 0.260, P= 0.075), and (R= 0.280, P= 0.054) for MCQ1, MCQ2, essay, and mean exam scores respectively.
Conclusion We failed to show the association between presence in lectures and student knowledge gain. This result might be due to the many factors discussed that were not analyzed in this study."
[Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia], 2009
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Tujuan Untuk mengidentifikai faktor-faktor dominan terhadap sikap partisipasi kritis mahasiswa FK Unissula dalam menyelesaikan masalah masyarakat. Metode Subjek terdiri dari mhasiswa angkatan 2005, 2006 dan 2007. Sikap berfikir kritis diukur dengan menggunakan kuesioner modifikasi EMI: Critical Thinking Disposition Assessment. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor risiko yang berhubungan dengan sikap partisipasi kritis mahasiswa dengan pendekatan risiko relatif (RR) yang dihitung dengan regresi Cox dengan time konstan dan menggunakan software STATA 9. Hasil Sebanyak 64,6% (388 dari 600) mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini memilik sikap berpartisipasi baik menghadapi masalah masyarakat. Dibandingkan yang terpapar PBL 1 tahun, yang selama 2 tahun dan 3 tahun mempunyai kemungkinan bersikap partispasif dua kali lipat lebih baik [masing-masing risiko relatif (RR) = 2,07; 95% interval kepercayaan (CI) = 1,37?3,14; dan RR = 2,33 95% CI = 1,55?3,49). Mahasiswa yang terlibat dalam organisasi luar kampus dibandingkan yang tidak terlibat mempunyai kemungkinan 75% lebih banyak bersikap partispasi baik (RR = 1,75; 95% CI = 0,99?3,11). Kesimpulan Untuk meningkatkan partisipasi kritis, selain terlibat dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan PBL, mahasiswa perlu dibiasakan terlibat dalam kegiatan organisasi di luar kampus.

Abstract
Aim Developing students? critical thinking and critical participation in solving patients? as well as a community?s problem should become the concern of medical education. This study aimed to identify several factors related to medical students? critical participation behavior. Methods The subjects consisted of students of Sultan Agung Medical School (Unissula), year entry 2005, 2006, and 2007. Critical participation behavior was assessed using modified EMI: Critical Thinking Disposition Assessment. Relative risks (RR) were calculated using Cox regression analysis with constant time. Results 64,6% (388 out of 600) of the students participated in this study. Those who were involved in PBL for two and three years, rather than one year, had twice as high good critical thinking behavior [adjusted relative risk (RR) = 2.07; 95% confidence interval (CI) = 1.37?3.14; and RR = 2.33; 95% CI = 155?3.49, respectively.] Students who were more involved in off- campus organizations had a good critical participation behavior; 75% higher than those who were not involved in off-campus organizations (RR = 1.75; 95% CI = 0.99?3.11). Conclusion Besides involving in PBL learning approach, students should be motivated to be involved in off-campus organizations in order to improve their critical participation behavior."
[Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Universitas Islam Sultan Agung. Fakultas Kedokteran], 2009
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Oey-Gardiner, Mayling
"Belum banyak buku tentang etika yang ada sekarang, terutama di Indonesia. Buku ini dapat mengisi kekosongan itu. Benar-benar buku yang layak dibaca oleh para peneliti, khususnya mengingat makin banyaknya penelitian tentang perilaku manusia. Sebuah karya yang sungguh mengagumkan.” “Buku ini membahas sejumlah topik penting dalam konteks Indonesia, sebuah negara berkembang di Asia Tenggara. Sebagian besar tulisan tentang etika penelitian memang bersumber dari negara berkembang. Kelebihan buku ini adalah kemampuannya untuk mengaitkan antara banyak sumber pustaka internasional dan masalah-masalah spesifik yang mungkin dihadapi oleh peneliti Indonesia, khususnya yang bergerak dalam ilmu sosial. Buku ini layak dibaca oleh banyak pihak baik di Indonesia maupun di belahan dunia lain.” “Di dunia yang penuh dengan berita bohong, birokrat korup, dan ketidakadilan ini, penting sekali bagi kita untuk melatih generasi baru para ilmuwan sosial dalam hal etika secara menyeluruh. Buku ini harus dijadikan sebagai bacaan wajib di semua program belajar serta bagian dari koleksi pustaka para sarjana yang hendak meniti karier sebagai peneliti sosial profesional.” “Membaca buku ini merupakan sebuah pengalaman yang memperkaya wawasan. Profesor Mayling Oey-Gardiner menawarkan sebuah kebaruan dengan membahas etika dalam ilmu sosial yang dikaitkan dengan isu-isu mutakhir, seperti mahadata, penelitian berbasis internet, dan penelitian lingkungan. Buku ini dapat membimbing para cendekiawan dan pembuat keputusan untuk menentukan batasan dan mempertimbangkan dampak-dampak dari suatu penelitian sosial."
Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2022
001.42 OEY k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Gramedia, 1993
001.42 MET
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Gramedia, 1985
001.42 MET
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Easton, Geoff
New York, NY: Prentice-Hall, 1992
658.0072 EAS l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>