Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 146428 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ligar Patra Yuniar
"Tren transaksi game online di Indonesia dan prediksi pembelanjaan konsumen dalam melakukan pembelian barang dan jasa dibandingkan kebutuhan dasar memberikan opportunity untuk layanan penjualan voucher game melalui e-commerce. XYZ Store sebagai salah satu e-commerce penyedia layanan penjualan voucher yang memiliki tantangan untuk meningkatkan jumlah transaksi. Transaksi dalam e-commerce erat kaitannya dengan purchase intention, karena purchase intention dapat mengukur niat beli seseorang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention konsumen dalam menggunakan situs penyedia voucher game online. Dalam penelitian ini dibuat sebuah model menggunakan dasar TRA dan berdasarkan penelitian terdahulu yang relevan untuk mengetahui faktor-faktor tersebut. Untuk itu, dilakukan pengumpulan data melalui survei pada 396 responden yang merupakan pengguna XYZ Store ditambah dengan pemain game online secara umum. Metode analisis dan pengolahan data yang digunakan adalah PLS-SEM menggunakan aplikasi Smart PLS versi 3.0. Dari pengolahan data, penulis menemukkan bahwa technology dan product attributes memengaruhi attitude dan satisfaction, Satisfaction memengaruhi stickiness dan stickiness memengaruhi purchase intention.

Trends in online gaming transaction in Indonesia and consumer spending prediction in purchasing goods and services rather than basic needs, provide an opportunity for selling game voucher through e-commerce. XYZ store as one of the e-commerce voucher sales service providers, has challenges to increase the number of transactions. Transactions in e-commerce are closely related to purchase intention, because purchase intention can measure a person’s buying intentions.
This study aim to analyze the factors that affect consumer purchase intention in using game voucher e-commerce. This research using a model based on previous research that relevant to this study and conducted data collection through survey of 396 respondents who are XYZ customer and online game players. The data analyzed and processed by PLS_SEM method using Smart PLS version 3.0. The results indicate that trust and perceived value determine the purchase intention. that technology attributes and product attributes influence attitude and satisfaction. Satisfaction affects stickiness and stickiness affect purchase intention
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Weni Widhanti
"Dilatar belakangi oleh perkembangan internet dan teknologi informasi, toko online mengalami peningkatan peran dalam pemasaran modern. Pengguna internet Indonesia yang meningkat dari waktu ke waktu dapat dipandang sebagai peluang pasar tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keinginan membeli konsumen pada toko pakaian online yang dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, kualitas produk, resiko yang dipersepsikan, kenyamanan dan kesenangan. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen toko pakaian online serta wawancara kepada responden dan pelaku usaha toko pakaian online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen Kota Depok dalam melakukan pembelian pada toko pakaian online didasarkan pada kesenangan pribadi konsumen, yaitu kesenangan menikmati proses belanja pada toko pakaian online, serta bagi mereka berbelanja di toko pakaian online sangat menarik dan merupakan cara untuk mengisi waktu luang. Pada bagian akhir, penulis merumuskan beberapa upaya yang dapat ditempuh oleh pelaku usaha toko pakaian online untuk mendapatkan pelanggan dan beberapa saran untuk penelitian lanjutan.

Against the background by the development of Internet and information technology, online stores have increased the role of modern marketing. Indonesian Internet users increased from time to time may be viewed as a separate market opportunities. This study aims to determine the purchase intention of consumers to buy online clothing stores that are affected by the quality of service, product quality, perceived risk, convenience and fun. Data were collected by distributing questionnaires to consumers online clothing stores as well as an interview to the respondent and businesses online clothing store. The results showed that consumers Depok City in making a purchase at an online clothing store based on consumer personal fun, that is fun to enjoy the process of shopping at online clothing stores, as well as for those shopping at online clothing stores are very exciting and a great way to spend leisure time. In the end, the authors formulate several attempts that can be taken by businesses online clothing store to get customers and some suggestions for further research."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
T28964
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rezaryano Yahdiyan
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi membawa kegiatan bisnis turut berkembang. Salah satu teknologi yang menjadi fenomena dan membawa banyak perubahan pada zaman globalisasi sekarang ini adalah internet. Teknologi internet pada dewasa ini banyak dimanfaatkan sebagai salah satu media untuk kegiatan bisnis. Kemunculan e-commerce atau yang dikenal juga dengan online shop merupakan salah satu dampak dari hal tersebut. Pada kegiatan bisnis dalam dunia online pihak penjual juga perlu untuk membangun dan menjaga pelayanannya. Hal tersebut tentunya dilakukan untuk memelihara konsumennya. Terlebih lagi pada dunia digital (e-commerce) konsumen dapat dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya hanya dengan meng-klik saja.
Tesis ini meneliti mengenai penengaruh dari pelayanan elektronik (e-service quality) yang terdiri dari tujuh dimensi melalui online shopping satisfaction terhadap online repurchase intention dan intention to buy at other online channel. Setelah menyusun hipotesis, data dikumpulkan dari 214 responden yang merupakan orang yang pernah berbelanja di Tokopedia sebagai objek penelitian. Data kemudian diolah dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya dimensi efficiency pada e-service quality yang mempengaruhi kepuasan pelanggan online, selain itu kepuasan pelanggan online memiliki pengaruh pada pembelian kembali di toko online dan kepuasan pelanggan online tidak memiliki pengaruh pada intensi untuk berpindah tempat atau channel toko online lainnya (intention to buy at other online channel).

ABSTRACT
Technological developments bring and helped business activity to develop. One technology that became a phenomenon and brought many changes in the time of globalization nowadays is the internet. Internet technologies nowadays is widely used as a medium for business activities. The emergence of e-commerce (also known as the online shop) is one of the effects of it. On the online business activities the sellers also need to build and maintain their services. It must be taken to maintain its customers. Moreover, in the digital world (e-commerce) consumers can easily move from one place to another just by clicking.
This thesis examines the effect of electronic services (e-service quality) that consists of seven dimensions through online shopping satisfaction to online repurchase intention and intention to buy at other online channel. After preparing the hypothesis, data were collected from 214 respondents who have shopped at Tokopedia as the object of the study. The data is then processed by using SEM (Structural Equation Modeling).
The results showed that the only dimension in the e-service quality that affecting online customer satisfaction is efficiency, in addition the satisfaction of online customers have an influence on the repurchase at the online store and customer online satisfaction don‟t have an influence on intention to move to other place or other online channel (intention to buy at other online channel).
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dennis Soetanto
"Di tengah pesatnya perkembangan penggunaan internet di abad 21 ini, semakin banyak konsumen yang menggunakan internet sebagai media dalam mencari informasi untuk menentukan atribut atau spesifikasi suatu produk. Di antara ketiga jenis barang dalam kerangka klasifikasi produk SEC, konsumen dihadapkan pada tingkat ketidakpastian yang lebih tinggi ketika membuat keputusan pembelian atas “experience goods” dan “credence goods” dibandingkan dengan “search goods”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ulasan video digital dan kepentingan atribut toko terhadap niat membeli “experience goods” pada platform e-commerce di Indonesia dengan mediasi persepsi risiko. Sebanyak 202 data responden dikumpulkan dan dianalisis menggunakan partial least square - structured equational modeling dengan perangkat lunak SmartPLS 3. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa ulasan video digital memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap niat membeli tetapi pengaruh yang tidak signifikan terhadap persepsi risiko, kepentingan atribut toko memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap niat membeli dan dampak positif yang signifikan terhadap persepsi risiko.

During the rapid development of internet usage in the 21st century, more and more consumers are using the internet as a medium when finding information to determine a product attributes or specifications. Among the three types of goods in the SEC product classification framework, consumers are faced with a higher degree of uncertainty when making purchasing decisions on experience and credence goods compared to search goods. The purpose of this study was to determine the effect of online customer reviews and the importance of retailer attributes on the purchase intentions of experience goods on Indonesian e-commerce marketplace platforms with perceived risk as a mediation. A total of 202 respondents' data were collected and analyzed using partial least square - structured equational modeling with SmartPLS 3 statistical software. The findings of this study reveal that online video review has a significant positive impact on purchase intention but an insignificant impact on perceived risk, the importance of retailer attributes has a significant negative impact on purchase intention and a significant positive impact on perceived risk."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riza Indra Rahim
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh Layout Design dan Atmosphere
di situs toko online khususnya situs toko online berbasis Business to Consumer.
Responden dari penelitian ini adalah pengunjung situs toko online berbasis
Business to Consumer dalam kurun 3 bulan terakhir. Total responden yang
digunakan dalam penelitian ini adalah 134 responden. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa Layout Design dapat mempengaruhi Purchase Intention.
Dengan Attitude Toward Website berhasil memediasi antara Layout Design dan
Purchase Intention. Atmosphere juga dapat mempengaruhi Purchase Intention
tetapi dimediasi Emotional Arousal dan Attitude Toward Website sebelum
mempengaruhi Purchase Intention.

ABSTRACT
This study aimed to explore the influence of Layout Design and Atmosphere in
the online store website particularly in online store sites with Business to
Consumer basis. The respondents of this research were the B2C online store
website visitors within the last 3 months. Total respondents were used in this
study were 134 respondents. The method used in this research is Structural
Equation Modeling (SEM). The results indicate that Design Layout can influence
Purchase Intention. With Attitude Toward Website mediate the Layout Design
and Purchase Intention. Atmosphere also can affect the Purchase Intention but
mediated by Emotional Arousal and Attitude Toward Website before affecting
Purchase Intention."
2015
S60589
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cindy Yunitasari
"Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention voucer hotel melalui situs Online Travel Agent (OTA) dengan menerapkan metode Structural Equation Modeling (SEM). Faktor-faktor yang diteliti, antara lain Perceived Price, Brand Image, Perceived Value, dan Trust. Hal tersebut berdasarkan adanya gap antara persentase penetrasi pengguna layanan pemesanan voucer hotel dan persentase penjualan voucer hotel di segmen online travel booking di Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan rekomendasi strategi pemasaran bagi OTA menggunakan metode Importance-Performance Analysis dan konsep Digital Marketing berdasarkan faktor-faktor yang berpengaruh signifikan. Strategi pemasaran menjadi penting mengingat adanya dominansi offline travel booking di Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Dengan strategi pemasaran yang tepat, OTA dapat meningkatkan niat beli konsumen dan memperkuat posisinya di travel market. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa faktor Brand Image dan Trust berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention voucer hotel. OTA pun perlu mempertimbangkan penerapan beberapa strategi pemasaran dengan tingkat prioritas tinggi, yaitu jaminan pasti dapat menginap di hotel yang dituju, Call to Action (CTA) sebagai content marketing di media sosial Instagram dan blog serta menyediakan fasilitas penjadwalan ulang secara online dan bersifat satu pintu untuk voucer hotel yang telah dipesan.

The objective of this research is to discuss how various factors to affect purchase intention of hotel voucher through Online Travel Agent (OTA)s websites by applying Structural Equation Modeling (SEM). Perceived Price, Brand Image, Perceived Value, and Trust are four key predictors. This is supported by the gap existed between the user penetration percentage and the actual sales percentage of the voucer hotel in online travel booking segment in Indonesia. In addition, this research is also aimed to provide marketing strategies for OTAs by applying Importance-Performance Analysis. Marketing strategy is crucial as the offline travel booking dominates the travel market in Asia Pacific including Indonesia. By considering the appropriate marketing strategy, OTA can improve their consumers purchase intention for hotel voucher and strengthen their positions in travel market. The result of this research shows that Brand Image and Trust are 2 factors which have significant effect to the consumers purchase intention. Thus, the highly prioritized marketing strategies that OTA should consider are (1) stay guarantee in the preferred hotel, (2) Call to Action as content marketing through Instagram and blog platforms, and (3) online reschedule option for the booked hotel voucher."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alviena Refani Noviatianti
"ABSTRAK
Era digital seperti sekarang ini, internet mendorong berkembangnya bisnis berbasiskan online, yang dinamakan e-commerce. Di Indonesia sendiri tingkat pebisnis online terus meningkat, namun mayoritas masyarakat masih ragu untuk bertransaksi secara online. Salah satu penyebabnya adalah trust issue yang tinggi pada bisnis online akibat tingginya angka cybercrime di Indonesia. Sebagai usaha untuk membentuk dan mempertahankan trust pada bisnis online, pelaku e-commerce mampu melakukan kegiatan PR 2.0 dengan memanfaatkan media sosial. Aktivitas PR 2.0 ini dapat memperkuat brand dan merangkul target pasar. Kegiatan PR modern tersebut ternyata mampu membangun pondasi trust yang kuat demi bisnis online yang berkelanjutan.

ABSTRACT
In this digital era, internet help to develop a new kind of business with online base, that we called e-commerce. In Indonesia, number of online business is keep growing, but the majority of people still have doubt to do online transaction itself. One of the reason is high trust issue because high number of cybercrime cases in Indonesia. To create and maintain trust in online business, people can use PR 2.0 activities by utilize social media. This PR 2.0 can be used as an effort to strengthening their own brand and engage the target market. This modern PR activities can help build strong trust foundation for a more sustainable online business.
"
2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hasiholan, Agust Bagia
"Penelitian ini menganalisis Pengaruh Customer Satisfactions, Brand Trust dan Platform Trust terhadap Brand Switching Intention dari brand HMNS ke brand parfum lainnya pada platform e-commerce. Penelitian ini menggunakan desain penelitian konklusi deskriptif cross sectional dengan metode survei kuesioner. Metode sampling digunakan nonprobability sampling Dari hasil penelitian, customer satisfaction memiliki pengaruh yang positif terhadap brand trust dan platform trust, dengan mediasi brand trust, customer satisfaction juga memiliki pengaruh positif terhadap brand switching intention, brand trust terhadap brand switching intention. Akan tetapi, platform trust tidak berpengaruh siginifikan terhadap brand switching intention, dan customer satisfaction melalui mediasi platform trust tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand switching intention. Hasil penelitian ini masih menunjukkan bahwa dari 171 sampel yang digunakan, ditemukan produk parfum HMNS tersebut mulai familiar di industri parfum.

This research analyzes the influence of Customer Satisfaction, Brand Trust and Platform Trust on Brand Switching Intention from the HMNS brand to other perfume brands on e-commerce platforms. This research uses a cross-sectional descriptive conclusive research design with a questionnaire survey method. The sampling method used was nonprobability sampling. From the research results, customer satisfaction has a positive influence on brand trust and platform trust, with the mediation of brand trust, customer satisfaction also has a positive influence on brand switching intention, brand trust on brand switching intention. However, platform trust does not have a significant effect on brand switching intention, and customer satisfaction through the mediation of platform trust does not have a significant effect on brand switching intention. The results of this research still show that of the 171 samples used, consumer tastes and environmental influences on the choice of perfume products still have a very strong influence even though HMNS perfume products are starting to become familiar in the perfume industry."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihansyah Attallah Andrian
"Industri video game adalah salah satu industri dalam bidang teknologi yang berkembang sangat pesat saat ini. Dalam perkembangan terkini, terdapat banyak perkumpulan pemain dalam berbagai platform seperti Discord dan Twitch, yang dapat dikatakan sebagai suatu komunitas game online. Adanya komunitas ini dapat menyebabkan niat keberlanjutan penggunaan dan intensi pembelian pengguna aplikasi game online meningkat. Untuk mengetahui pengaruh ini, perlu diketahui terlebih dahulu faktor apa saja yang dapat membuat seorang pemain bergabung ke dalam suatu komunitas game online. Teori uses and gratifications (UGT) digunakan karena dapat menganalisa faktor pemenuhan kebutuhan pengguna komunitas game online yang merupakan suatu media dalam internet dan digunakan secara umum. Model penelitian ini terdiri dari tiga jenis gratifikasi yaitu utilitarian gratification, social gratification, dan hedonic gratification. Kemudian, terdapat juga faktor dalam komunitas game online yaitu trust towards community dan community commitment serta faktor yang menjadi target akhir yang terdiri dari community loyalty, continuance intention, dan purchase intention. Penelitian dilakukan menggunakan metode covariance-based structural equation modelling (CB-SEM) dengan menyebarkan kuesioner daring yang diisi oleh 394 responden valid. Hasil analisis membuktikan bahwa faktor game likeability memengaruhi trust dan scommitment; faktor information seeking memengaruhi trust; faktor self-presentation, relationship building, social sharing, dan escapism memengaruhi commitment; faktor entertainment tidak memengaruhi keduanya; faktor trust tidak memengaruhi commitment; dan faktor trust serta commitment memengaruhi semua faktor community loyalty, continuance intention, dan purchase intention. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi kurangnya penelitian terkait komunitas pada game online dan dapat digunakan oleh para pengembang dan perusahaan penerbit game online agar dapat mengimplementasi fitur yang sesuai dan juga mengatur strategi bisnis yang tepat.

The video game industry is one of the most technological industries that is currently growing very rapidly. In recent developments, there are a lot of player gatherings throughout many platforms, such as Discord and Twitch, that can be said as an online game community. The existence of these communities may result in the increase of continuance intention as well as purchase intention of online game players. To find out whether this fact is true or not, it is required to know what factors may affect players to join an online game community. The uses and gratifications theory (UGT) will be used because of its ability to analyze factors that can fulfil users’ needs in online game communities since it is indeed a media on the internet that is widely used. The research model of this research consists of three types of gratification namely utilitarian gratification, social gratification, and hedonic gratification. There are also two factors in online game communities (trust towards community and community commitment) and three final target factors (community loyalty, continuance intention, and purchase intention). This study was conducted using covariance-based structural equation modelling (CB-SEM) method by distributing an online survey filled by 394 valid respondents. The results of this analysis found that game likeability affects both trust and commitment; information seeking affects only trust; self-presentation, relationship building, social sharing, and escapism affects only commitment; while entertainment does not affect either one; trust does not affect commitment; and trust as well as commitment both affects all three factors of community loyalty, continuance intention, and purchase intention. This research is expected to fill the research gap regarding online game communities and may be used by game developers as well as game publishers so that they are able to implement features that are appropriate and able to set the correct business strategies."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Wasi Na'wa
"E-commerce memungkinkan transaksi jual beli online tanpa pertemuan langsung. Meskipun memiliki kelebihan, berbelanja online di e-commerce konvensional masih terbatas dalam deskripsi produk. Untuk mengatasi ini, Shopee menghadirkan inovasi live streaming shopping melalui fitur Shopee Live pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat memengaruhi niat pembelian berkelanjutan pada Shopee live streaming. Penelitian ini menggunakan Expectation Confirmation Model dan menggabungkannya dengan konstruk Live Streaming Experience. Selain itu, penelitian ini juga memperhatikan tahapan Consumer Decision Process. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner online dan memperoleh 401 responden valid. Hasil data kuantitatif diolah dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk live streaming experience memengaruhi perceived usefulness in live streaming, lalu sebagian konstruk live streaming experience memengaruhi perceived usefulness in platform, untuk kemudian hal ini akan memengaruhi satisfaction dan continuance purchase intention pengguna. Penelitian ini juga memberikan implikasi secara teoretis untuk penelitian selanjutnya serta implikasi praktis untuk pengembang aplikasi Shopee dan host Shopee live streaming.

E-commerce enables online buying and selling transactions without direct face-to-face meetings. Despite having its advantages, online shopping on conventional e-commerce platforms is still limited in product descriptions. To address this, Shopee introduced the innovation of live streaming shopping through the Shopee Live feature in 2019. This study aims to analyze factors affecting continuance purchase intentions on Shopee live streaming. This study combines Expectation Confirmation Model, Live Streaming Experience construct, and the stages of Consumer Decision Process. This study uses a quantitative analysis method by distributing online questionnaires and obtaining 401 valid respondents. The data were processed and analyzed using the PLS-SEM method using SmartPLS 3 software. Based on the result of the analysis, show that live streaming experience construct influences perceived usefulness in live streaming, and some of live streaming experience constructs influence perceived usefulness in the platform. Furthermore, perceived usefulness in live streaming and perceived usefulness in the platform will influence satisfaction and continuance purchase intention of consumer. This study also provides theoretical implications for further research, and practical implications for Shopee application developers and Shopee live streaming hosts."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>