Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 182125 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aisyah Hummaira
"Aktivitas corporate social responsibility selain dilakukan dalam rangka menjalankan kewajiban dari pemerintah juga dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan image perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate social responsibility dan corporate image PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk pada penerima Beasiswa Indofood Sukses Makmur (BISMA). Pendekatan penelitian dilakukan secara kuantitatif melalui survei kepada 124 penerima beasiswa Indofood Sukses Makmur (BISMA). Metode pengambilan data dilakukan dengan probability sampling dan teknik stratified random sampling dengan instrumen kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji statistik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara corporate social responsibility terhadap corporate image PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. pada penerima Beasiswa Indofood Sukses Makmur (BISMA), serta tidak terdapat pengaruh pada salah satu dimensi corporate social responsibility yaitu responsibility to environment terhadap corporate image PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. pada penerima Beasiswa Indofood Sukses Makmur (BISMA) batch 9 dan batch 10.

Corporate social responsibility (CSR) is known not only as an obligation of a company from the government but also as an instrument to maintain and to leverage the corporate image. This study aims to investigate the influence of corporate social responsibility to the corporate image of PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk on Beasiswa Indofood Sukses Makmur (BISMA)’s awardees. The method of the research is quantitative through survey to 124 Indofood Sukses Makmur Scholarship (BISMA)’s awardees. The data is taken through probability sampling and stratified random sampling with questionnaire as the research instrument. This study uses linear regression analysis and found that there is a significant influence between corporate social responsibility and one of its dimension (responsibility to environment) has no significant influence towards corporate image of PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. on Beasiswa Indofood Sukses Makmur (BISMA)’s awardees batch 9 and batch 10."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aprillia Permata
"Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan Indofood Leadership Camp bagi penerima Beasiswa Sukses Makmur (BISMA). BISMA merupakan salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis pelatihan studi deskriptif. Hasil penelitian program pelatihan Indofood Leadership Camp ini memberikan perubahan perilaku secara positif pada diri peserta seperti memaksimalkan potensi diri, menentukan passion, paham akan diri sendiri, meningkatkan sikap disiplin, rasa percaya diri, kemampuan komunikasi, kemampuan multitasking, berpikir logik, kemampuan beradaptasi, berpikir logik dan memiliki ketahanan mental.

This thesis discuss about the Indofood Leadership Camp held for the recipients of Beasiswa Sukses Makmur (BISMA). BISMA is one of the programs of Corporate Social Responsibility of PT.Indofood Sukses Makmur, Tbk. This research uses qualitative method with descriptive approach. The result of the research has shown that trainings in Indofood Leadership Camp program have given significant effect on behavior of the recipients such as maximize own potential, decided own passion, knowing own self, increasing discipline, communications confidence, multitasking ability, logical thingking, easier to adapt, and mental endurance.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S46622
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhita Putri Leksono
"ABSTRAK
Analisis Situasi: BISMA adalah salah satu program Tanggung jawab Sosial Perusahaan dari PT.Indofood Sukses Makmur yang akan memasuki tahun ke 10. BISMA merupakan beasiswa berupa dana pendidikan dan pelatihan dalam bentuk rangkaian camp yang diberikan kepada 100 mahasiswa dari 25 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Namun, ternyata kesadaran masyarakat terhadap BISMA masih kurang. Selain itu, selama sembilan tahun pelaksanaan, PT. Indofood belum memiliki program yang diperuntukan untuk menjaga keberlanjutan hubungan antara perusahaan dan penerima BISMA. Padahal penerima BISMA menjadi pihak yang potensial untuk terlibat dalam Tanggung jawab Sosial Perusahaan. Indofood memerlukan program Tanggung jawab Sosial Perusahaan lanjutan yang didalamnya melibatkan penerima BISMA guna meningkatkan awarness masyarakat terhadap program. Tanggung jawab Sosial Perusahaan dan juga sebagai bentuk kontribusi perusahaan khususnya dalam hal pemberdayaan komunitas Human Capital Building yaitu BISMA Menginspirasi yang dilaksanakan di rusun Jatinegara Barat. Tujuan: BISMA Menginspirasi diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap program BISMA di samping sebagai wujud pelaksanaan pilar Human Capital Building yang diharapkan dapat memberdayakan remaja putus sekolah di rusun Jatinegara Barat agar dapat lebih mandiri dan memiliki motivasi belajar yang lebih baik. Sasaran: Sasaran komunikasi: Meningkatkan awareness masyarakat di seluruh Indonesia akan program BISMA yang dapat dipantau dengan peningkatan aktifitas pada media sosial dan internet penambahkan 50 followers dan minimal mendapat 10 feedback pada setiap postingan instagram @bismaleadership Meningkatnya pembicaraan terkait program BISMA melalui BISMA Menginspirasi pada blog atau konten pada internet lainnya minimal pada 10 blog atau media sosial dari kontributor media yang diproyeksikan . Membangun reputasi Indofood sebagai perusahaan yang berkontribusi pada pilar human capital building khususnya pemberdayaan komunitas dan pendidikan. Sasaran program:Keikutsertaan minimal 25 khalayak sasaran remaja putus sekolah di rusun Jatinegara Barat. Kesesuaian pelaksanaan dari unsur biaya, waktu dan konsep acara.Aplikasi pemasaran kue ibu rusun binaan oleh khalayak sasaran. Strategi: Mengaktifkan dan memaksimalkan pengelolaan media sosial yang dimiliki oleh BISMA dengan menggunakannya sebagai sarana publikasi kegiatan yang berkaitan dengan BISMA, salah satunya yakni BISMA Menginspirasi. Membangun kembali jaringan dengan alumni BISMA dari batch I hingga batch IX dan menginformasikan adanya pelaksanaan kegiatan BISMA Menginspirasi. Membangun hubungan baik dengan warga rusun Jatinegara Barat dengan memberikan pemberitahuan setiap pelaksanaan program BISMA Menginspirasi. Membangun hubungan baik dengan kontributor media massa nasional yang juga memiliki blog pribadi dengan mengundang pada kegiatan seminar nasional dan peluncuran BISMA XI pada puncak acara.Menjaga hubungan baik dengan pengurus karang taruna rusun Jatinegara Barat.Merencanakan kegiatan BISMA Menginspirasi yang terdiri atas perpaduan kegiatan indoor, outdoor, games, dengan melibatkan perwakilan target khalayak didalamnya. Khalayak Sasaran Remaja putus sekolah di rusun Jatinegara Barat.

ABSTRACT
Situation Analysis: BISMA is one of PT.Indofood Sukses Makmur rsquo s Corporate Social Responsibility program which will be 10th this year. BISMA is a scholarship program consisting education funding and personal development camp program, given to 100 undergraduate students from 25 universities in Indonesia. It will be conducted in 2018. Nevertheless, the awareness of society to BISMA is still low. Besides that, after 9 years conducted PT. Indofood has not had a program which aims to keep the further relationship between the company and BISMA recipients, whereas BISMA recipients are the potential party to engage in corporate social responsibility. Indofood needs CSR program which involved BISMA recipients to increase society awareness towards CSR program and as contribution intermediary in community empowering Human Capital Building called ldquo BISMA Menginspirasi rdquo which will be conducted in Rusun Jatinegara Barat. Goals: BISMA Menginspirasi aims to increase society awareness to BISMA programs, also to implement Human Capital Building CSR pillars which aims in empowering youth who can rsquo t take formal education in rusun Jatinegara Barat, so they can be more independent and be motivated to study better. Objective: Communication objective Increasing society awareness in Indonesia towards BISMA Program which can be controlled by increasing social media and internet activities increasing 50 followers and at least get 10 feedbacks in every instagram bismaleadership posts Increasing the discussion about BISMA program through BISMA Menginspirasi in blog or content in other internet media at least 10 blogs or social media from projected media contributors Developing Indofood reputation as the company which concern in contributing human capital building pillars, especially in community empowerment and education. Program Objective The participation from at least 25 youth from target subject youth who can rsquo t take formal education in rusun Jatinegara Barat Conformity the implementation from cost, time, and event conceptIn advanced step, at least 13 people from target subject to participate program kejar paketMarketing application of cake and bakery from ibu rusun binaan. Strategy: Enabling and maximizing social media management of BISMA by using it as BISMA rsquo s publication tools, one of the example is BISMA Menginspirasi. Developing the cooperation and chains between Alumnus of BISMA from 1st batch until 9th batch, and informing the implementation of program BISMA Menginspirasi. Do engagement with society in rusun Jatinegara Barat by informing them in every implementation of BISMA Menginspirasi programDo engagement with national social media contributor which also have personal blog by inviting them into national seminar program and BISMA XI launching programKeep good relationship with members of karang taruna rusun Jatinegara Barat. Planning: BISMA Menginspirasi program which consist of several activities such as indoor activities, outdoor activities, and games, by involving them directly with subject target participation approach Subject TargetYouth who can rsquo t get formal education in rusun Jatinegara Barat."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Alvito Ryantama Darmawan
"Penelitian ini mendeksripsikan peran para stakeholder dan manfaat pelaksanaan program corporate social responsibility Gerakan Bersama Sadar Iklim Kampung Berseri Astra bagi PT Astra International TBK yang dibahas melalui disiplin Ilmu Kesejahteraan Sosial. Urgensi dilaksanakannya penelitian ini adalah adanya desakkan atas upaya keberlanjutan dalam penanggulangan perubahaan iklim yang didorong oleh semakin nyatanya ancaman bagi industri, pemerintah, dan masyarakat, serta adanya potensi dunia industri untuk berkontribusi dan berkolaborasi dengan pihak pemerintah untuk mengoptimalisasi tanggung jawab sosial dalam dampak sosial lingkungan. Hal ini telah dilakukan oleh PT Astra International Tbk melalui Gerakan Bersama Sadar Iklim Kampung Berseri Astra yang merupakan program peningkatan kapasitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat lokal dengan menggandeng berbagai stakeholder salah satunya KLHK RI dan telah membuahkan penghargaan sebagai perusahaan yang secara aktif dan berkelanjutan melakukan upaya membantu pemerintah melahirkan kampung-kampung binaan yang memiliki kapasitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang ditunjukkan dari pencapaian peserta dalam meraih predikat ProKlim. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan deskriptif yang dilaksanakan pada bulan September hingga Desember 2022 menggunakan metode wawancara mendalam pada enam (6) informan secara langsung maupun daring yang terdiri dari kategori Tim CSR PT Astra International Tbk, Tim Yayasan Peduli Lingkungan Semut Merah, dan Peserta. Informan dipilih melalui Teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana peran para stakeholder yang mencakup PT Astra International Tbk, Tim CSR PT Astra International Tbk, KLHK, Yayasan Peduli Lingkungan Semut Merah, DLH, Peserta yang terdiri dari KBA dan ProKlim berdasarkan kategori, kelas dan tipe stakeholder. Dilihat dari segi manfaat, program ini memberikan manfaat bagi PT Astra International Tbk dalam segi keuangan, hubungan dengan komunitas masyarakat, dan lingkungan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangsih untuk memperkaya pengetahuan mengenai topik corporate social responsibility pada mata kuliah Kesejahteraan Sosial dan Sektor Industri dan juga topik upaya pengendalian perubahan iklim dalam mata kuliah Isu Lingkungan dan Manajemen Kebencanaan yang dikaji dalam Ilmu Kesejahteraan Sosial.

This study describes the roles of stakeholders and the benefits of implementing the corporate social responsibility program, Gerakan Bersama Sadar Iklim Kampung Berseri Astra for PT Astra International TBK which is implemented through the Social Welfare Science discipline. The urgency of this research is the urge for sustainability efforts in tackling climate change which is driven by increasingly real threats to industry, government and society, as well as the potential for world industry to contribute and collaborate with the government to optimize social responsibility efforts in environmental social impacts. This has been carried out by PT Astra International Tbk through the Gerakan Bersama Sadar Iklim Kampung Berseri Astra the program that intended to increase the capacity of climate change adaptation and mitigation at the local level by collaborating with various stakeholders, one of which is the Indonesian Ministry of Environment and Forestry and has resulted in awards as a company that actively and continuously makes efforts to help the government create assisted villages that have adaptation capacity and climate change which is manifested from the participants' appeals to achieve the ProKlim predicate. This research was conducted using a qualitative approach with descriptive objectives which was carried out from September to December 2022 using the in-depth interview method with six (6) informants directly or boldly consisting of the CSR Team of PT Astra International Tbk, Yayasan Peduli Lingkungan Semut Merah, and the participants. Informants were selected through a purposive sampling technique according to the mix required in this study. This study describes the roles of the stakeholders which include PT Astra International Tbk, Tim CSR PT Astra International Tbk, KLHK, Yayasan Peduli Lingkungan Semut Merah, DLH, Peserta yang terdiri dari KBA dan ProKlim based on the category, class and type of stakeholders. In terms of benefits, this program provides benefits for PT Astra International Tbk in terms of finance, relations with the community, and the environment. The results of this research are expected to contribute to enriching knowledge regarding the topic of corporate social responsibility in the Kesejahteraan Sosial dan Sektor Industri courses and also the topic of efforts to control climate change in the Isu Lingkungan dan Manajemen Bencana course that studied in Social Welfare Science."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
D. Nova Nur Praditya
"Corporate Social Responsibility merupakan sebuah konsep mengenai perilaku etis perusahaan terhadap semua stakeholders, bukan hanya stockholder. Dalam penelitian lainnya dijelaskan bahwa corporate social responsibility bukan merupakan “marketing gimmick” tapi sebuah cara pertanggungjawaban perusahaan dengan menggunakan iklan atau cara lainnya agar dapat memainkan peran perusahaan dalam menciptakan perilaku yang berkesinambungan, dan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap konsumen, stakeholder dan perusahaan (Mannet and Suddir, 2011). Perusahaan yang dapat menjalankan corporate social responsibility dan berhasil dalam memberikan informasi kepada konsumen, maka citra perusahaan tersebut akan meningkat yang selanjutnya akan mempengaruhi perilaku konsumen dan pengambilan keputusan konsumen (Griffing, 2002). Ketika perusahaan menyampaikan informasi, maka belum tentu konsumen dapat memahami informasi atau inisiatif yang disampaikan oleh perusahaan, karena konsumen akan melakukan penyaringan informasi yang diterima. Apabila konsumen mendeteksi adanya kemungkinan resiko dari suatu aktivitas perusahaan, walaupun perusahaan dapat memenuhi program corporate social responsibility maka hubungan positif antara perusahaan dan corporate image perusahaan menjadi terganggu (Chiu & Lung Shu, 2012).
Atas dasar penjelasan di atas, penelitian ini akan menganalisa mengenai pengaruh corporate social responsibility terhadap corporate image sebuah perusahaan, dimana hubungan keduanya dievaluasi berdasarkan persepsi terhadap resiko dari inisiatif dan aktivitas perusahaan, serta tingkat kepercayaan konsumen terhadap informasi yang diberikan oleh perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai hubungan antara corporate social responsibility dengan corporate image yang pada prosesnya dipengaruhi oleh persepsi resiko (perception of risk) dan tingkat kepercayaan pada informasi (trust of information)

Corporate Social Responsibility is a concept of corporate ethical behavior towards all stakeholders, not just stockholders. In another study explained that corporate social responsibility is not only a "marketing gimmick" but a way of corporate responsibility by using advertising or other means so that the company can play a role in creating a sustainable behavior, and contribute greatly to consumers, stakeholders and companies (Mannet and Suddir, 2011).Companies that run corporate social responsibility and succeed in providing information to consumer will increase the image of the company which in turn will effect consumer behavior and consumer decision making (Griffing, 2002). When companies deliver information, consumers may not necessarily understand the information submitted by the company, because consumers will sort the information received. When consumers detect any possible risk of an activity, although the company can fulfill corporate social responsibility program that a positive relationship between the company and the company's corporate image becomes impaired (Lung Chiu & Shu, 2012).
Based on those theories, this research will analyze the influence of corporate social responsibility to company corporate image, where the relationship is evaluated based on the perception of risk from the initiatives and activities of the company, as well as the trust level of consumer in the information provided by the company.The aim of this research is to provide empirical evidence on the relationship between corporate social responsibility and corporate image where in the process influenced by perception of risk and the level of reliance on the information (trust of information)
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Restu Ayu Larasati
"Corporate Social Responsibility merupakan kegiatan sosial yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab atas kegiatan bisnisnya kepada masyarakat dalam rangka menjaga kelangsungan hidup. Penelitian ini membahas tentang pengaruh Corporate Social Responsibility yang dilakukan Telkomsel. Corporate Reputation dan Brand Equity terhadap Brand Performance Telkomsel.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 150 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner. Penelitian ini diolah aplikasi statistik SEM (Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas atau program Corporate Social Responsibility yang dilakukan Telkomsel memiliki pengaruh yang positif terhadap Corporate Reputation. Sebaliknya untuk hasil variabel lainnya yaitu Corporate Reputation dan Brand Equity terhadap Brand Performance tidak memiliki pengaruh.

Corporate Social Responsibility is a social activity carried out by the company as a form of responsibility for its business activities to the community in order to maintain survival. This study discusses the influence of Corporate Social Responsibility carried out by Telkomsel. Corporate Reputation and Brand Equity towards Telkomsel Brand Performance.
This research is a quantitative study with a sample of 150 people, the data collection technique used was distributing questionnaires. This research is processed by statistical application of SEM (Structural Equation Modeling).
The results of the study indicate that the activities or Corporate Social Responsibility programs carried out by Telkomsel have a positive influence on Corporate Reputation. On the other hand, for the results of other variables, namely Corporate Reputation and Brand Equity on Brand Performance, it has no influence.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
T51856
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Setyaningtiyas
"Penelitian ini berfokus kepada implementasi program CSR yang ada selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan mulai dari September hingga Januari 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka yang mengharuskan penulis meninjau berbagi literatur mulai dari jurnal, buku, laporan terkait, surat kabar, dan sumber literatur lainnya. Penulis melakukan hal tersebut guna mendapatkan data secara luas terkait perusahaan yang mengimplementasikan CSR pada masa pandemi Covid-19 baik di Indonesia maupun di luar negeri. Hasil tinjauan pustaka yang telah dilakukan antara lain dapat mengetahui ruang lingkup, manfaat, model, hingga proses implementasi dari beberapa program CSR. Ruang lingkup dari implementasi terdiri dari dua. Pertama, konsep Triple Bottom Line yang hasilnya menunjukkan bahwa CSR dilakukan mengacu kepada profit dan people. Kedua, berdasarkan draft ISO 26000 CSR dilaksanakan guna pemenuhan Hak Asasi Manusia dan Pembangunan Sosial. CSR dari masing-masing perusahaan memberikan manfaat bagi sasaran maupun bagi perusahaan. Model-model CSR terbagi menjadi menurut pelaksananya dan menurut tujuannya. Berdasarkan Carroll CSR Pyramid, motif utama CSR pada masa pandemi adalah philanthropy responsibility. Penelitian ini, selain memberikan gambaran dari setiap program yang dikaji juga memberikan rekomendasi bagi penelitian selanjutnya agar menambah wawasan tentang implementasi CSR dimasa pandemi.

This research focuses on the implementation of existing CSR programs during the Covid-19 pandemic. This research was conducted from September to January 2021. The research method used is a literature review which requires the authors to review the literature sharing ranging from journals, books, related reports, newspapers, and other literary sources. The author did this in order to obtain extensive data regarding companies implementing CSR during the Covid-19 pandemic both in Indonesia and abroad. The results of the literature review that have been carried out include knowing the scope, benefits, models, and the implementation process of several CSR programs. The scope of implementation consists of two. First, the Triple Bottom Line concept whose results show that CSR is carried out referring to profit and people. Second, based on the draft ISO 26000 CSR is implemented to fulfill Human Rights and Social Development. CSR of each company provides benefits for the target as well as for the company. CSR models are divided into according to their implementers and according to their objectives. According to the Carroll CSR Pyramid, the main motive for CSR during a pandemic is philanthropy responsibility. This research, in addition to providing an overview of each program studied, also provides recommendations for further research in order to add insight into the implementation of CSR during the pandemic."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Murti Dewi Hani
"Reputasi Perusahaan adalah bagaimana stakeholder melihat perusahaan. Untuk meningkatkan reputasi, perusahaan menggunakan CSR. Stakeholder memerlukan informasi CSR untuk membangun persepsi tentang perusahaan. Penelitian ini mengenai peran iklan perusahaan terkait hal ini. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh significan dari iklan perusahaan terhadap sikap terhadap kegiatan CSR dan reputasi perusahaan tetapi pengaruh sikap tentang kegiatan CSR terhadap reputasi perusahaan tidak signifikan. Penelitian ini menggunakan Elaboration Likelyhood Model untuk melihat apakahperubahan sikap merupakan hasil proses kognitif. Iklan perusahaan menimbulkan sikap positif terhadap perusahaan namun tidak sepenuhnya terbentuk karena proses kognitif.

Corporate Reputation is how stakeholders see a company. To enhance its reputation, company uses CSR. Stakeholders need information to construct CSR-based belief associated with the company, this paper consider the role of corporate image advertising in achieving this end. The result showed Corporate Image Advertising has a significant influence toward Attitude towards CSR practices and Corporate Reputation but the influence of Attitude towards CSR Practices towards Corporate Reputation is not significant. This research used The Elaboration Likelyhood Model to study whether attitude change is the result of cognitive process. Corporate Image Advertising enhance the positive attitude towards Corporate Reputation but is not entirely formed through cognitive process."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arie Firdha Amalia
"Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan merupakan salah satu upaya merealisasikan tujuan pertama SDGs yaitu mengurangi kemiskinan masyarakat. Salah satu Program CSR PT Solusi Bangun Indonesia adalah Bank Sampah Pelita Dusun I. Pengembangan bank sampah dengan swadaya masyarakat di Desa Kembang Kuning didasari oleh beberapa permasalahan lingkungan. Penekan penelitian ini adalah pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas yang lebih berperspektif perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pemberdayaan perempuan melalui Bank Sampah Pelita Dusun I. Untuk menjawab permasalahan penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam kepada tim Departemen Community Relation PT. SBI, pengurus dan nasabah Bank Sampah Pelita Dusun I. PT SBI menjalankan CSR dengan terlibat langsung dan menyelenggarakan sendiri tanpa perantara dengan menerapkan mekanisme kemitran. Dalam pelaksanaan program CSR, terdapat lima tahapan yang dilakukan oleh PT SBI, yaitu tahap persiapan, pemetaan sosial, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan yang dilakukan oleh PT SBI secara umum memiliki kesamaan dengan konsep tahapan pengembangan masyarakat yang dikemukakan oleh Adi (2012). Setiap tahapan menunjukan adanya upaya memberdayakan perempuan dan tercapainya indicator keberdayaan perempuan. Program Bank Sampah Pelita Dusun I mampu meningkatkan keterampilan teknis anggota bank sampah. Namun, peningkatan kapasitas manajerial dan ekonomi belum signifikan. Terdapat beberapa faktor yang mendukung proses pemberdayaan perempuan melalui Bank Sampah Pelita Dusun 1, yaitu komunikasi yang baik antara kedua belah pihak, meningkatnya minat dan kesadaran masyarakat dan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Kesibukan masing-masing pihak, kurangnya pelatihan manajerial, dan harga sampah yang fluktutif menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan program.

Corporate Social Responsibility (CSR) is one of the efforts to realize the first goal of the SDGs, namely reducing community poverty. One of the CSR programs of PT Solusi Bangun Indonesia is the Pelita Dusun I Waste Bank. The development of a non-governmental waste bank in Kembang Kuning Village is based on several environmental problems. The emphasis of this research is on empowering community-based communities with a more women's perspective. This study aims to analyze the process of empowering women through the Pelita Dusun I Waste Bank. To answer the research problem, this study uses a qualitative approach. Data were collected through observation and in-depth interviews with the Community Relations Department team of PT. SBI, management and customers of the Pelita Dusun I Waste Bank. PT SBI carries out CSR by being directly involved and organizing itself without intermediaries by implementing a partnership mechanism. In the implementation of the CSR program, there are five stages carried out by PT SBI, namely the preparation stage, social mapping, planning, implementation and evaluation. The stages carried out by PT SBI in general have similarities with the concept of community development stages proposed by Adi (2012). Each stage shows an effort to empower women and the achievement of indicators of women's empowerment. The Pelita Dusun I Waste Bank Program was able to improve the technical skills of waste bank members. However, the increase in managerial and economic capacity has not been significant. There are several factors that support the process of empowering women through the Pelita Dusun 1 Waste Bank, namely good communication between the two parties, increasing public interest and awareness and the availability of adequate facilities and infrastructure. The busyness of each party, lack of managerial training, and fluctuating waste prices are inhibiting factors in program implementation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Titut Ayu Gumilang
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan (2) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan Profitabilitas, Size, Risiko, Struktur Modal, Pajak, Inflasi perusahaan sebagai variabel control (3) Pengaruh CSR,dan Profitabilitas, Size, Risiko, Struktur Modal, Pajak, Inflasi perusahaan sebagai variabel control secara bersama-sama terhadap nilai perusahaan.
Sampel penelitian ini adalah pengungkapan pertanggungjawaban sosial pada perusahaan dalam Indeks SRI-Kehati tahun 2007 sampai 2011 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 21 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis panel data (Pool Least Square) dengan metode efek random.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas, Size,Likuiditas, ajak dan Inflasi sebagai variabel kontrol dapat mempengaruhi hubungan pengungkapan CSR.Pengungkapan CSR, Profitabilitas, Size, Risiko,Kebijakan Struktur Modal, Likuiditas, Pajak, Inflasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan

The aims of this research are to investigate : (1) The influence of CSR to firm value (2) The influence of Profitability ,Size, Risk,Capital Structure, Tax, Inflation, as the control variable in relations between CSR and firm value (3) The influence of CSR ,Profitability ,Size, Risk,Capital Structure, Tax, Inflation jointly to firm value.
This research sample is CSR disclosure on SRI-KEHATI Index in 2007 until 2011 by using method of purposive sampling. There are 21 companies fulfilling criterion as this research sample. The analysis method of this research is Pool Least Regression with Random Effect Method.
The result of research show that the effect of CSR on firm value was not significant. But, profitability,Liquidity,Tax and Inflation as the control variable in relation between CSR and firm value was significant. There is an influence of CSR ,Profitability ,Size, Risk,Capital Structure, Liquidity, Tax, Inflation jointly with firm value
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>