Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 126781 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mitchelle Aura Alridzki
"Makalah ini membahas strategi kampanye #KerenTanpaNyampah public relations The Body Shop Indonesia yang melakukan press launch pada 14 September 2021 dalam memperkenalkan program Refill Station. Terdapat latar belakang keberlanjutan dan ekonomi sirkular; rumusan masalah pertanggungjawaban atas limbah; dengan tujuan mengetahui dan menganalisis strategi dan kegiatannya. Tipe kampanyenya, yaitu Campaign Model of Successful Organization dengan nilai berkelanjutan serta unique, selling, dan position melalui ethically sourced dan naturally-based ingredients. Program ini memiliki tujuan public awareness akan lingkungan dan alam serta behavior modification keyakinan sustainable beauty; peran publisitas dan inform or image melalui media sosial; dan strategi atau pendekatan persuasif untuk refill dan edukatif mengenai sampah. Tekniknya, yaitu secara tidak langsung partisipatif melalui unggahan, asosiasi sustainable beauty, serta ganjaran manfaat lingkungan dan berhemat.

This paper discusses the #KerenTanpaNyampah public relations campaign strategy of The Body Shop Indonesia which conducted a press launch on September 14, 2021 in introducing the Refill Station program. There is a background of sustainability and circular economy; formulation of the problem of responsibility for waste; with the aim of knowing and analyzing its strategies and activities. The type of campaign is Campaign Model of Successful Organization with sustainable values and unique, selling, and positioning through ethically sourced and naturally-based ingredients. This program has the goal of public awareness of the environment and nature as well as behavior modification of sustainable beauty beliefs; the role of publicity and inform or image through social media; and persuasive strategies or approaches to refill and educate about waste. The technique is indirectly participatory through posts, sustainable beauty associations, and rewards for environmental benefits and savings.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Deri Laksamana Putra
"ABSTRAK
Strategi marketing public relation green product saat ini membuat konsumen milenial yang sebelumnya mengkonsumsi produk yang tidak memikirkan dampak bagi lingkungan, kini mulai mengalami pergeseran dengan mengkonsumsi produk yang lebih memperhatikan lingkungan. Hal ini disebabkan karena kebanyakan konsumen milenial menyadari bahwa perilaku pembelian mereka secara langsung berpengaruh pada berbagai permasalahan lingkungan. Konsumen The Body Shop sebagai salah satu brand yang terkenal sebagai merek hijau percaya bahwa atribut produk hijau dapat mempengaruhi sikap dan perilaku green lifestyle konsumen milenial. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh community green marketing The Body Shop dalam memberikan hubungan yang berkesinambungan antara brand, konsumen dan komunitas sosial sebagai bagian dari proses community relations dalam strategi marketing public relations dengan membangun kepercayaan konsumen milenial sehingga menjadi salah satu penunjang keputusan konsumen milenial menggunakan produk The Body Shop.

ABSTRACT
Marketing public relations strategy of green product is currently making millennials consumers previously consume products that are not thinking about the impact on the environment, are now beginning to experience a shift by consuming products more attention to the environment. This is because most of millennials consumers aware that their purchasing behavior directly affects to different environmental problems. Consumers of The Body Shop as one brand that is well known as a green brand believes that the green product attributes can influence the attitudes and behavior of millennials consumers green lifestyle. It is not independent of the influence of community green marketing The Body Shop in providing lasting relationships between brands, consumers and social communities as part of the process of community relations strategy in marketing public relations to build the trust of millennials consumers thus becoming one of the supporting millennials consumers decision to use The Body Shop products."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Irnintha Adjani
"Klinik kecantikan Sothys adalah sebuah klinik kecantikan yang berbasis di Paris, Perancis. Didirikan pada tahun 1946, Sothys telah menjadi salah satu brand ternama di Eropa. Sothys mengerti bahwa keinginan untuk memperoleh kecantikan adalah sesuatu yang universal sehingga ia membuka cabang di lebih dari 80 negara, salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia, klinik Sothys terdapat di Jl. Kyai Maja, Kebayoran baru, Jakarta selatan, dimana kawasan tersebut merupakan tempat yang sangat strategis untuk menjalankan sebuah bisnis. Klinik kecantikan ini telah berdiri selama 25 tahun sejak tahun 1999. Sothys Indonesia menargetkan pasarnya pada pria dan wanita yang berusia 35 tahun keatas, tingkat pendapatan untuk kelas atas, dan untuk para pelanggan tetap yang sudah ada semenjak pertama kali klinik ini dibangun.Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan pemilik klinik Sothys dan beberapa karyawan, diketahui permasalahan utama yang terjadi dalam perusahaan ialah tidak adanya regenerasi dalam perusahaan dimana seluruh karyawan yang ada dalam perusahaan seluruhnya berusia diatas 30 tahun, sehingga dengan begitu tidak ada informasi-informasi baru seperti saat ini beberapa pesaing usaha klinik kecantikan memiliki kisaran harga yang sama dengan Sothys, padahal target pasar pesaing dapat menjangkau seluruh lapisan umur. Oleh sebab itu, setelah diberikan informasi mengenai potensi untuk memperluas target pasar ini, pemilik klinik kecantikan  memberikan izin untuk membantu membuat program rencana humas dalam menambah target pasar klinik Sothys Indonesia. Pernyataan masalah yang ada di Klinik Sothys Indonesia secara spesifik ialah tingkat kesadaran masyarakat khususnya parah generasi muda tergolong rendah, karena belum mempunyai sistem publikasi yang optimal. Maka dari itu penulis membuat usulan program yaitu publikasi dan spesial event agar dapat menjadikan wadah informasi bagi masyarakat kemudian dapat memperluas target pasar yang nantinya akan menghasilkan keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Sothys skincare is a beauty clinic that is based from Paris, France. Built since 1946, Sothys is one of the leading brand of beauty in Europe. Sothys understands that beauty is something universal so they opened their clinic at more than 80 country including Indonesia. In Indonesia, Sothys is located in Jl. Kyai Maja, South Jakarta. Which ia a very strategic location. Sothys Indonesia was build eversince 25 years ago at 1999. Sothys Indonesia targeted their consumer qith the  criteria  of male and female above 35 years old, high acquisition, and for their regular costumer. Based on interview with vice president of Sothys Indonesia and a few employees, it is known that the common problem at Sothys are there are no updated information about the market challenger. They assumed that their prices is only affordable by people of upper class so they do not reach the middle class, even when the other market challenger with the same price they can reach every ages. Therefore, after giving the information that they have potential to expand their target of costumer, they approved to make a marketing public relations plan to expand their consumer target. So, writer are suggesting a Marketing Public Relations program to rebrand Sothys’s image and to help increase market target."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Riandini Putri Andjani
"Peran kehumasan menjadi fungsi penting dalam berbagai brand perusahaan, tak terkecuali perusahaan fast moving consumer goods (FMCG). Praktisi public relations dapat meningkatkan citra dan kesadaran publik terhadap brand dan pesan di dalamnya, salah satunya melalui kampanye dengan metode storytelling terkait komunikasi lingkungan. Danone-AQUA, brand air minum dalam kemasan (AMDK) menjadi salah satu brand yang menggunakan praktek public relations dalam menjalankan kampanye ramah lingkungan melalui gerakan #BijakBerplastik. Penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metode studi analisis dokumen melalui website, media sosial, dan kampanye Danone-AQUA ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kampanye untuk brand image perusahaan. Data yang dipilih adalah unggahan sorotan dari Instagram AQUA @sehataqua. Analisis dilakukan dengan mengkaji kampanye gerakan #BijakBerplastik yang sarat akan komunikasi lingkungan, yaitu isu sampah plastik, isu daur ulang, dan isu keberlanjutan. Pesan kampanye public relations gerakan #BijakBerplastik berhasil meraih berbagai penghargaan dan sukses menanamkan brand image Danone-AQUA sebagai perusahaan berkelanjutan.

Public relations is an important function in various corporate brands, including fast- moving consumer goods (FMCG) companies. Public relations practitioners can increase public image and awareness of the brand and its messages through storytelling campaigns related to environmental communication. Danone-AQUA, a brand of bottled drinking water (AMDK), is one of the brands that use public relations practitioners in carrying out environmentally friendly campaigns through the #BijakBerplastik movement. Qualitative research conducted using document analysis study method through websites, social media, and the Danone-AQUA campaign aims to descriptively elaborate the type of campaigns on the company's brand image. Collected data are highlights from AQUA’S Instagram @sehataqua. The analysis was carried out by examining the #BijakBerplastik movement campaign, full of environmental communication, which were discussing plastic waste, recycling, and sustainability. The message of the public relations campaign for the #BijakBerplastik movement has won various awards and has succeeded in instilling the Danone-AQUA brand image as a sustainable company.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Mahdini
"ABSTRAK
The Body Shop Indonesia kembali melakukan kampanye bertajuk Forever Against Animal Testing pada tahun 2017 setelah sebelumnya dilakukan pada tahun 2012 dan 2013. Kampanye hubungan masyarakat tersebut mengangkat isu yang terjadi di industri kosmetik dan menghasilkan beberapa karakteristik dari serangkaian kegiatan yang dilakukan. Makalah ini akan mengulas proses dari kegiatan kampanye public relations yang berlangsung dan menganalisis brand personality yang terbentuk dari kampanye tersebut. Pada akhir pembahasan, ditemukan enam kegiatan utama dari kampanye dan satu dimensi dari brand personality yang mendominasi sebagai hasil dari kampanye.
ABSTRACT
The Body Shop Indonesia re-did a campaign titled Forever Against Animal Testing in 2017 after previously conducted in 2012 and 2013. The public relations campaign raised the issues that occurred in the cosmetics industry and produced several characteristics from a series of activities. This paper will review the process of the public relations campaign activities that take place and analyze the brand personality formed by the campaign. At the end of the discussion, six main activities from the campaign were found and one dimension of brand personality dominated as a result of the campaign."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Cecilia Nike Dewi Anggraeni
"Fast fashion menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan anak muda: cepat, murah, dan trendi. Namun, metode manufaktur mereka yang terkenal merugikan bumi menyebabkan konsumen muda meninggalkan fast fashion sebagai sumber pakaian utama mereka.Oleh karena itu, H&M menerapkan kampanye ramah lingkungan yang disebut Conscious untuk menyediakan produk etis yang sesuai dengan perspektif kaum muda. Penelitian ini menggunakan teori penggunaan dan pemenuhan kepuasaan dari Katz dan kolega (1973) dandiikuti oleh dua konsep lain: pemasaran ramah lingkungan dan perilaku konsumen, untuk membuktikan bahwa konsumen muda secaraselektif memenuhi kebutuhan mereka berdasarkan ideologi untuk melestarikan lingkungan. Studi kasus dan analisis tekstual digunakan sebagai pendekatan metodologi dalam mengumpulkan informasi yang kredibel mengenai topik terkait. Temuan dari studi ini menggambarkan bahwa sebagian besar generasi muda terdorong untuk melakukan konsumsi berkelanjutan, namun pada saat yang sama,hanya sebagian kecil dari mereka yang mengetahui kampanye ramah lingkungan dari H&M. Terlihat dari akun sosial media H&M, kalangan muda lebih menyukai menggunakan Instagram sebagai aplikasi pilihan mereka untuk terlibat dalam kampanye H&M Conscious.

Fast fashion produces a product that matches the youth's needs: quick, inexpensive, and trendy. However, their infamous manufacturing method that harms the planet causes young consumers to eliminate fast fashion as their go-to clothing source. Therefore, H&M employs a green campaign called Conscious to provide ethical products that correspond to the ideals of youth. This study employs Katz et al.'s (1973) uses and gratifications theory following two other concepts: green marketing and consumer behaviour, to prove that youngconsumers selectively choose their needs based on their ideology to preserve the environment, as seen from H&M's Conscious campaigns. Case studies and textual analysis are used as the methodology approach in collecting credible information about related topics. The findings illustrate that most young audiences are encouraged to have sustainable consumption, but at the same time, only a small portionof them are familiar with the campaign. Seeing through H&M's social media accounts, young people prefer to use Instagram as their chosen platform to engage with the H&M Conscious campaign.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ressi Putri Avicenia
"ABSTRAK
Makalah ini akan membahas mengenai bagaimana Starbucks mengimplementasikan ketiga
pilar yang disebut dengan konsep Triple Bottom Line (TBL) dalam program Corporate Social
Responsibility (CSR) sebagai salah satu strategi Hubungan Masyarakat (Humas). Makalah ini
juga akan membahas mengenai bagaimana Starbucks berhasil mengintegrasikan kepentingan
perusahaan dan kepentingan dari pemangku kepentingannya ke dalam program CSR. Hasil
dari analisis yang dilakukan adalah Starbucks telah berhasil mengimplementasikan konsep
TBL untuk menjawab isu dari 3 aspek yaitu sosial, ekonomi dan lingkungan pada program
CSR-nya. Program CSR Starbucks juga memberikan manfaat pada reputasi dan hubungan
antara Starbucks dan para pemangku kepentingan. Hubungan baik tersebut dijalin dengan
cara meningkatkan kualitas hidup dari pemangku kepentingannya yang juga memiliki
dampak kepada keberlangsungan perusahaan.

ABSTRACT
This paper will discuss about how Starbucks implemented the three pillars of Triple Bottom
Line (TBL) concept into their Corporate Social Responsibility (CSR) program as a part of
Public Relations (PR) strategy. This paper will also discuss about how Starbucks successfully
integrated their corporate goals and the interests of their stakeholders into the CSR program.
The results of the analysis is that Starbucks has successfully implemented the concept of TBL
to address the issue of the 3 aspects such as social, economic and environmental in their CSR
program. Starbucks CSR program also provided benefits to the reputation and the beneficial
relationship between Starbucks and their stakeholders. Beneficial relationship is maintained
by improving the stakeholders’ quality of life and at the same time have an impact on the
sustainability of the company.
"
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ridhani Ramadhana
"Semakin berkembangnya sebuah industri, maka peran Public Relations (PR) semakin penting terutama bagi industri kelapa sawit yang sering menjadi sasaran kampanye negatif dengan berbagai isu lingkungan dan sosial. Munculnya laporan Associated Press pada 18 November 2020 terkait eksploitasi perempuan di industri kelapa sawit mendorong Public Relations PT Astra Agro Lestari Tbk untuk melakukan manajemen isu dalam rangka mempertahankan citra perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen isu PR di PT Astra Agro Lestari Tbk dalam menghadapi isu perempuan melalui program Agrovaria Lovepink. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan strategi penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data, teknik yang dilakukan adalah in-depth interview dengan berfokus pada langkah-langkah manajemen isu yang dilakukan mulai dari penyusunan rencana hingga evaluasi oleh Public Relations PT Astra Agro Lestari Tbk. Hasil penelitian ini menunjukkan PR PT astra Agro Lestari tbk melakukan proses manajemen isu ketika isu tersebut berada di ¬fase emerging issue dan melakukan program pengendalian melalui implementasi strategi event, publikasi, kolaborasi/kerjasama, dan social responsibility yang dibalut dalam sebuah program bernama Agrovaria Lovepink.

As an industry develops, the role of Public Relations (PR) becomes increasingly important, especially for the palm oil industry, which is often the target of negative campaigns on various environmental and social issues. The emergence of an Associated Press report on the exploitation of women in the palm oil industry on 18 November 2020 prompted the public relations department of PT Astra Agro Lestari Tbk to implement issue management in order to maintain the company's image. Therefore, this study aims to determine the implementation of PR issue management at PT Astra Agro Lestari Tbk in dealing with women's issues through the Agrovaria Lovepink programme. This study uses a constructivism paradigm with a qualitative approach and a case study research strategy. To collect data, the technique used was in-depth interviews, focusing on the issues management steps that were carried out from the preparation of the plan to the evaluation by the public relations department of PT Astra Agro Lestari Tbk. The results of this study show that PT Astra Agro Lestari Tbk. PR carries out an issue management process when the issue is in the emerging issue phase and carries out a control programme through the implementation of event strategies, publications, cooperation/collaboration and social responsibility wrapped in a programme called Agrovaria Lovepink."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saskia Eka Wibowo
"ABSTRAK
Salah satu tugas utama praktisi PR adalah menjaga hubungan dengan komunitasnya. Hal ini di
implementasikan dalam pelaksanaan program-program CSR yang bermanfaat. Program CSR dewasa
ini diharapkan untuk tidak hanya mampu membawa perubahan yang nyata bagi masyarakat akan
tetapi dikomunikasikan dengan baik kepada target audiens komunitasnya sesuai dengan pesan yang
disampaikan. Kemunculan media baru telah membawa dampak bagi berkembangnya komunitas
dunia maya sebagai salah satu audiens baru, dimana hal itu mengindikasikan perlunya komunikasi
program dalam bentuk baru. L’OREAL Sustainability Commitment merupakan rangkaian program
CSR L’OREAL yang dipublikasikan kepada target audiens di dunia maya.
Makalah ini berusaha untuk melihat bagaimana bentuk komunikasi yang dilakukan L’OREAL
dengan penggunaan media baru dalam rangka publikasi program CSR sehingga program tersebut
sukses dipublikasikan ke audiens dunia maya dalam rangka peningkatan interaktivitas audiens. Hasil
analisis menunjukkan bahwa program-program CSR PT. L’OREAL Indonesia berhasil masuk ke
dalam ranah digital memanfaatkan platform media baru dengan segala karakteristiknya, antara lain :
interaktivitas, konvergensi dan user generated. Akan tetapi, hasil analisis juga menunjukkan bahwa
perlu adanya penambahan konten orisinal dari L’OREAL Indonesia melalui platform medianya
kepada audiens komunitas lokal agar meningkatkan interaktivitas akan program-program.

ABSTRACT
One of the Public Relations Practitioners’ duty is to maintain the relationship with the community
involved. It is implemented by the execution of CSR Programs that are beneficial for the
stakeholders. The CSR program nowadays must not only bring real changes to the community, but
also being communicated well to the targeted audience in synchronization with the messages. The
rise of new media develops a new form of community audience, which is cyber community. This
indicates that company needs to communicate the CSR programs in new forms. L’OREAL
Sustainability commitment is a series of CSR program that is published to the targeted cyber
community.
This journal is intended to see how the usage of new media in communicating Loreal CSR programs
could increase the interactivity of the targeted cyber community. The analysis shows that PT.
L’OREAL Indonesia’s CSR Programs successfully penetrate the cyber community by using the new
media platforms with its characteristic such as interactivity, convergence and user generated. The
analysis also shows that there is a need to add the original content from PT. L’OREAL Indonesia
within their media platform for their local audience to bring more interactivity."
[, ], 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Vanessa Adelia Putrianti
"Industri air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat yang didorong oleh preferensi konsumen terhadap kesehatan, kenyamanan, dan kualitas. Le Minerale berhasil menonjol melalui kampanye Asli Milik Indonesia yang mengintegrasikan strategi Marketing Public Relations (MPR) berdasarkan konsep Kotler dan Keller. Studi ini bertujuan menganalisis keberhasilan kampanye Le Minerale dalam membangun citra merek sebagai produk lokal yang bermutu, khususnya melalui tools MPR seperti publications, events, sponsorship, identity media, news, dan public services activities. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan literature review dan analisis konten pada media sosial. Hasil menunjukkan bahwa Le Minerale berhasil memperkuat posisinya sebagai produk lokal dengan menargetkan komunitas olahraga dan atlet melalui beberapa tools untuk meningkatkan kesadaran merek, serta mendukung nasionalisme dan gaya hidup sehat.

The bottled drinking water (AMDK) industry in Indonesia has experienced rapid growth driven by consumer preferences for health, convenience, and quality. Le Minerale has succeeded in standing out through the Asli Milik Indonesia campaign which integrates Marketing Public Relations (MPR) strategies based on the Kotler and Keller concept. This study aims to analyze the success of the Le Minerale campaign in building a brand image as a quality local product, especially through MPR tools such as publications, events, sponsorship, identity media, news, and public services activities. This study uses a qualitative method with literature review and content analysis on social media. The results show that Le Minerale has succeeded in strengthening its position as a local product by targeting the sports community and athletes through several tools to increase brand awareness, as well as support nationalism and a healthy lifestyle."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>