Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 42491 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Faiq Miftakhul Falakh
"Tugas Akhir ini mengembangkan ontologi semantic web berbasis Description
Logic untuk aplikasi pelestarian digital warisan budaya dan sejarah alam Indonesia.
Pembuatan ontologi ini penting untuk alasan interoperability dan memudahkan
komputer melakukan penalaran pada konsep-konsep budaya. Metode yang
digunakan untuk membangun ontologi ini adalah metode Uschold and King.
Pengembangan diawali dengan penentuan tujuan dan ruang lingkup ontologi dengan
merancang berbagai competency question terkait domain pelestarian budaya.
Selanjutnya, dilakukan pengumpulan kosakata konsep dengan pemetaan dari
basis data E-CHNH yang sudah ada menjadi konsep dan property pada ontologi.
Pengembangan ontologi E-CHNH dilakukan dengan menggunakan editor ontologi
Prot´eg´e. Setelah itu, ontologi di-align dengan ontologi level tinggi CIDOC-CRM
(Conceptual Reference Model) dan dilakukan skenario perolehan informasi dengan
SPARQL sesuai dengan masing-masing competency question. Dari hasil verifikasi
dan pengecekan konsistensi dengan menggunakan Pellet Reasoner, didapatkan
199 class, 284 property, dan 29 instance dengan ekspresivitas ALCH I (D) yang
mampu memenuhi tujuan perancangan ontologi.

This Final Project (Tugas Akhir) has developed a Description-Logic-based semantic
web ontology for digital preservation of cultural heritage and natural history
of Indonesia. Ontology is essential for interoperability and enables computer
to perform reasoning on the concepts of cultural domains. The Uschold and
King methodology was utilized to develop this ontology. Development begins by
determining the purpose and scope of the ontology domain corresponding to the
competency questions. Then the concept vocabularies are gathered by a mapping
process from an existing E-CHNH database to the concepts and properties of
the ontology. The ontology was developed using the ontology editor Prot´eg´e.
Furthermore, the ontology is aligned with the upper level ontology CIDOC-CRM
(Conceptual Reference Model). Each competency question is verified by a suitable
SPARQL query. Verification and consistency checking using the Pellet Reasoner
give a positive result with 199 classes, 284 properties, and 29 instances with
expressivity ALCH I (D) that is able to meet the objectives of the ontology
development project.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Baarde, Franz
"Description logics are knowledge representation formalisms that are highly relevant in computer science, knowledge representation and the semantic web. This is the first introductory textbook published on the subject, suitable for self-study by graduate students and as teaching material for university courses"
Cambridge: Cambridge University Press, 2017
006.332 BAA i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nuriana Ayuningtyas
"Skripsi ini membangun ontologi web sebagai pengembangan ontologi dan aplikasi semantik. Ontologi adalah sebuah struktur hirarki yang menjelaskan sebuah domain yang digunakan sebagai landasan knowledge base. Komponen utama dari ontologi adalah class, slot dan instance. Sistem ini ditujukan untuk membangun sistem berbasis web pada aplikasi sitasi jurnal elektronik Indonesia. Tujuan dari aplikasi semantik adalah mengklasifikasikan informasi dari artikel-artikel pada jurnal elektronik dan menghubungkan dengan artikel yang diacunya. Dengan membuka halaman web dapat dilakukan pencarian judul dan penulis dalam beberapa kategori yang sudah dimodelkan dalam ontologi yaitu Art and Design, Economy, Civil Engineering, Electrical Engineering, Industrial Engineering dan Information Science. Pencarian tersebut juga akan melakukan hubungan antar artikel dan jumlah artikel yang diacu oleh artikel lainnya. Implementasi ontologi menggunakan tool Protege 3.4 sebagai editor ontologi dan plug-in TGVizTab untuk visualisasi hasil ontologi. Implementasi web menggunakan XAMPP yang terdiri dari web server Apache, PHP dan MySQL. Pengujian dilakukan dengan pengujian fungsionalitas sistem pada tool Protege 3.4 oleh domain expert atau pustakawan dan pengujian oleh pengguna web dalam melakukan pencarian sitasi jurnal elektronik.
Pengujian dilakukan oleh sepuluh orang pengguna yang berperan sebagai pustakawan dan pengguna web dengan mengisi kuesioner. Dari hasil kuesioner pengujian tool Protege 3.4, hasil yang didapat adalah sebagian besar tidak familiar dengan Protege tetapi setelah diberikan pengarahan, pemakaian Protege 3.4 sebagai tool pemodelan ontologi yang mudah dan efisien. Rata-rata nilai pada skala 2.94 dari skala 4. Dari hasil kuesioner pengujian web, hasil yang didapat adalah rata-rata memiliki nilai berskala 3 sehingga web melakukan fungsinya sebagai media pencarian, informasi yang ditampilkan bermanfaat dan sistem terbukti berjalan dengan baik.

This final project is to create web ontology and semantic application for indonesia's electronic jornal citation system. An ontology describes basic concepts in a domain and defines among them. Basic building blocks of ontology design include class, slot and instance. The aim of the semantic application is to classify information from an article in electronic journal and relate it with articles cited in it. Web allow user to search the relation among articles in electronic journal cited by particular article. The system has been implemented by ontology tool i.e, Protege and web developed by PHP and MySQL. To entry the update, Protege should be installed and used by domain expert or librarian. The ontology model result is XML file. Librarian can submit the result through web based system to upload and parse XML file into database. User through the web based system could find the citation for an article they searched for.
Testing has been performed by ten users to be able to find out the effectivenes in case of the user for the domain expert or librarian and by the web users. The results are Protege 3.4 is an ontology editor that provides a suite of tools to construct domain models and web ontology is an user interface that provides information can work fine.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51132
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"E-Learning content being a barrier for e-learning is no longer true on today's Internet. The current concerns are how to effectively annotate and organize the available content (both textual and non texrual) to facilitate effective sharing, reusability and customization. In this paper, we explain a component - oriented approach to organize content in an ontology. we also illustrate our-3tier e-learning content management architecture and relevant interfaces. We use a simple yet intuitive example to succussfully demonstrate the current working prototype which is capable of compiling personalized course materials. The e - learning system explainedt here used the said ontology."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"E-learning content being a barrier for e-learning is no longer true on today?s Internet. The current concerns are how to effectively annotate and organize the available content (both textual and non-textual) to facilitate effective sharing, reusability and customization. In this paper, we explain a component-oriented approach to organize content in an ontology. We also illustrate our 3-tier e-learning content management architecture and relevant interfaces. We use a simple yet intuitive example to successfully demonstrate the current working prototype which is capable of compiling personalized course materials. The e-learning system explained here uses the said ontology."
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Octo Alexandro
"Salah satu tantangan bagi pengembangan teknologi e-learning selanjutnya adalah mengembangkan sistem pembelajaran yang memiliki fitur personalisasi sesuai dengan kondisi setiap pembelajarnya. Untuk itu diperlukan sistem yang dapat mengerti data informasi mengenai pembelajar dan kemudian menyajikan materi pembelajaran yang cocok dengan pembelajar tersebut.
Penelitian di Fasilkom UI mengembangkan sistem personalized e-learning yang melakukan personalisasi berdasarkan gaya belajar (learning style) dan performa pembelajaran yang sudah dilakukannya (pre-knowledge). Selain itu sistem personalized e-learning ini juga dapat merekomendasikan mata kuliah yang cocok sesuai karakteristik pembelajar. Untuk melakukan penelitian ini digunakan teknologi Semantic Web.
Salah satu komponen inti dari teknologi semantic web adalah penggunaan ontologi sebagai format struktur data. Salah satu ontologi penting yang digunakan untuk membangun personalized e-learning adalah ontologi user-model. Ontologi usermodel digunakan untuk memodelkan pengguna sistem personalized e-learning.
Penelitian yang dilakukan penulis ini adalah merancang suatu ontologi user-model untuk pengembangan sistem personalized e-learning sekaligus melakukan observasi terhadap teknologi Semantic Web khususnya mengenai ontologi.

Next challenge of e-learning development is developing learning sysrem which have personalisation feature based on the condition of every learner. It is needed the system that able to understand information data about a learner and then gives suitable learning materials for the learner.
At Fasilkom UI, it is developed the personalization e-learning system which doing personalization based on learning style and learning performance. Beside that, this system also can recommend courses that suitable for characteristics of learner. Semantic Web technology is being used for this research.
One of the main component of semantic web technology is usage of ontology for data structure format. One important ontology used for developing personalized e-learning is user-model ontology. User-model ontology is used for modelling a user of personalized e-learning.
The research that being done by writer in is desingning an user-model ontology for personalized elearning develoment and also doing observation about semantic web technology, especially about ontology."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Leonny Pramitasari
"Setiap pembelajar memiliki karakteristik berbeda-beda antara lain berupa gaya belajar, prior knowledge, dan kecerdasan. Permasalahan ini sulit sekali diakomodasi pembelajaran tradisional. Berawal dari e-commerce, personalisasi meluas ke berbagai bidang TI termasuk pembelajaran online. Teknologi untuk personalisasi salah satunya adalah semantic web yang dapat membuat sistem menjadi adaptif. Tahap awal dalam pengembangan sistem berbasis semantic web adalah pemodelan dengan ontologi yang memiliki kemampuan reasoning terhadap banyak data. Salah satu ontologi yang harus dikembangkan adalah student model ontology yang dikembangkan pada penelitian ini dengan mempertimbangkan aspek gaya belajar dan performa sebagai representasi prior knowledge dan kecerdasan siswa.

Each learner has different characteristics including learning styles, prior knowledge, and intelligence. This problem is very difficult to accommodate by traditional learning. Starting from e-commerce field, personalization extends to various fields of IT including online learning. One of technologies for personalization is semantic web which makes systems adaptive. The first stage is modeling with ontology that has ability of reasoning large of data. One of the ontologies that must be developed is student model ontology, which is developed by considering learning styles and performance aspect that represents students prior knowledge and intelligence."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Meirna Asti Ramadhanie
"Personalisasi pembelajaran merupakan langkah efektif untuk meningkatkan kualitas belajar dalam suatu lingkungan pembelajaran online. Untuk menciptakan aplikasi e-learning yang mendukung personalisasi, objek pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki kemampuan adaptasi terhadap berbagai karakteristik peserta didik dengan kebutuhan dan kemampuan yang bervariasi. Skripsi ini membahas perancangan model objek pembelajaran yang mampu mendukung personalisasi dengan menggunakan pendekatan ontologi, serta bentuk penerapannya dalam sebuah aplikasi berbasis semantic web. Dengan menggunakan metode studi literatur dan pengembangan sistem, penelitian ini menghasilkan model objek pembelajaran yang adaptif, tidak hanya pada level sintaksis namun juga semantik, serta prototipe semantic portal yang mampu mendemonstrasikan penerapan model tersebut.

Personalization is an effective way to increase the quality of learning in online learning environment. To create an e-learning application which supports personalization, learning objects should be designed to have the ability to adapt with various characteristics of learners; with diverse needs and capabilities. The focus of this study is the design of learning objects model that supports personalization by using ontologies and its implementation in semantic web-based applications. By conducting literature studies and system development, this research proposes an adaptive learning objects model, in both syntactic and semantic forms, and produces semantic portal to demonstrate the use of the model."
2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Immanuel
"Salah satu tolak ukur yang paling mudah dilihat dari pembelajaran adalah dengan performa yang ditunjukan terhadap suatu konsep tertentu. Hal itu juga berlaku dalam ELearning, setiap pembelajar akan menghasilkan performa terhadap suatu konsep yang dipelajari. Pembelajaran pada E-Learning akan lebih efektif dengan menggunakan personalisasi karena setiap pembelajar akan mendapatkan materi sesuai dengan karakteristiknya.
Pada penelitian ini personalisasi dilakukan menggunakan teknologi Semantic Web yaitu ontologi, dalam hal ini ontologi yang dibahas adalah ontologi Learning Performance yang menyimpan nilai performa dari pembelajaran suatu konsep tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ontologi Learning Performance untuk personalisasi E-Learning kemudian melakukan visualisasi menggunakan software portal. Visualisasi menggunakan portal dilakukan agar data lebih mudah dipahami.

One of assessment of learning that can be easily seen by using performance that is shown for certain concept. This is also happen in E-Learning, every learner will show result for certain concept they have learned. Learning will be more effective if using personalization, because learner can get study material that was match with their learning characteristic.
In this research, personalization is doing by using ontology, more specificly Learning Performance ontology that keep performance value from learning some concept. This research aim for design Learning Performance ontology for ELearning personalization then to visualize with software portal. Visualization using portal is in order that data can be easier to understand."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Mutia Rini
"Penelitian ini membahas tentang penghayatan dan pemaknaan Pekerja Rumah Tangga (PRT) perempuan atas pekerjaan domestik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berperspektif gender dengan metode wawancara terfokus, observasi, dan studi dokumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi realitas sosial yang terungkap melalui pengalaman PRT perempuan. Hasil penelitian menemukan bahwa PRT belum terbebas dari ketertindasan, yaitu eksploitasi, marginalisasi, dan ketidakberdayaan yang berimplikasi pada melemahnya posisi tawar dan ketidakjelasan atas upah, deskripsi kerja, dan jam kerja. Penyebab ketidakjelasan ini, yaitu: pertama,pekerjaan domestik dan pengasuhan anak dimaknai sebagai pekerjaan dan tanggung jawab perempuan. Kedua, hubungan kekeluargaan yang menjadikan PRT tidak dapat bekerja secara profesional. Ketiga, tidak adanya dukungan kebijakan negara sebagai perlindungan PRT. Keempat,masih kurangnya penghargaan masyarakat atas pekerjaan rumah tangga. Penelitian ini merekomendasikan untuk mendukung segera diratifikasinya Konvensi ILO Nomor 198 dilanjutkan dengan disahkannya Rancangan Undang-Undang Perlindungan PRT.

This thesis discusses the comprehension and interpretation of domestic work among female domestic workers. The research used qualitative approach with gender perspective done through semi-structured interviews, observations and documents analysis methodology. The purpose of the research is to describe the social realities unraveled through female domestic workers experiences. The study found that female domestic workers are yet to be liberated from oppresion, I.e. exploitation, marginalization, and powerlessness; this weakens their bargaining position and creates unclearness in wage, job description and working hour. The reasons for the unclearness are, firstly, domestic work and child-rearing are considered to be the job and responsibilities of women. Secondly, the familial way of relating is making the domestic workers difficult to work professionally. Thirdly, there is no government regulatory support that could protect domestic workers. Fourthly, the lack of appreciation from the community towards domestic work. This thesis recommends to support the ratification of ILO Convention no. 198 followed by legitimizing the domestic worker protection bill draft."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>