Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 87991 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hafiz Bhadrika Alamsyah
"Mekanisme perkuliahan di Universitas Indonesia (UI) yang kembali ke moda pembelajaran tatap muka berdampak pada penyesuaian fasilitas di lingkungan kampus, salah satunya dengan dioperasionalkannya kembali sarana transportasi bis kuning (bikun). Adanya bikun sebagai sarana transportasi di lingkungan UI secara tidak langsung berdampak pada manajemen waktu para sivitas akademika UI. Meskipun layanan bikun telah beroperasional kembali, terdapat beberapa masalah yang dirasakan oleh pengguna layanan bikun seperti ketidakpastian jadwal kedatangan bikun pada suatu halte, estimasi waktu kedatangan bikun, jumlah bikun yang beroperasi serta informasi umum bikun lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna layanan bikun dalam pengalaman mendapatkan informasi bikun serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe Bikunku sebagai penunjang informasi bikun yang menjadi solusi atas permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini menggunakan proses desain UCD yang diintegrasikan dengan metodologi SDLC waterfall yang terdiri atas enam tahapan utama yaitu requirements, analysis, design, development, testing dan deployment. Hasil akhir prototipe Bikunku menunjukkan bahwa prototipe dapat menjalankan 13 skenario UAT dengan sukses, menunjang 100 concurrent request REST API selama 30 menit, menunjang 2000 concurrent user ke WebSocket selama lima menit, serta memberikan response time REST API dengan rata-rata 256ms. Hasil audit menggunakan lighthouse testing menunjukkan bahwa prototipe Bikunku memiliki performance 76,4%, accessibility 80%, best practice 83%, serta SEO 83%. Hasil evaluasi terhadap usability menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kendala dalam menjalankan skenario penggunaan prototipe Bikunku. Hasil akhir prototipe Bikunku telah mendapatkan angka SUS sebesar 80,42% yang masuk pada kategori “GOOD” yang berarti prototipe sudah menghasilkan pengalaman yang baik diatas rata-rata bagi pengguna layanan bikun.

The mechanism of lectures at the University of Indonesia (UI) that returns to face-to-face learning mode has an impact on the adjustment of facilities in the campus environment, one of which is the reactivation of the yellow bus (bikun) transportation facility. The presence of bikun as a transportation facility in the UI environment indirectly impacts the time management of UI academic staff. Although the bikun service has been operational again, there are some problems experienced by bikun service users such as uncertainty about the arrival schedule of bikun at a stop, the estimated arrival time of bikun, the number of bikun operating, and other general bikun information. Therefore, this research aims to explore the problems and needs of bikun service users in obtaining information on bikun and to develop and evaluate the Bikunku prototype as a support for bikun information that becomes a solution to the problems found. This research uses a UCD design process that is integrated with the waterfall SDLC methodology consisting of six main stages, namely requirements, analysis, design, development, testing, and deployment. The final results of the Bikunku prototype show that the prototype was able to successfully run 13 UAT scenarios, support 100 concurrent REST API requests for 30 minutes, support 2000 concurrent users to the WebSocket for five minutes, and provide an average REST API response time of 256ms. The result of the audit using the lighthouse test shows that the Bikunku prototype has a performance of 76.4%, accessibility of 80%, best practice of 83%, and SEO of 83%. The results of the evaluation of usability showed that the respondents did not have any obstacles in running the user scenario of the Bikunku prototype. The final result of the Bikunku prototype has obtained an SUS score of 80.42% which falls into the category of "GOOD" which means the prototype has produced a good experience above average for bikun service users."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rezaldy Ahmad Maulana
"Mekanisme perkuliahan di Universitas Indonesia (UI) yang kembali ke moda pembelajaran tatap muka berdampak pada penyesuaian fasilitas di lingkungan kampus, salah satunya dengan dioperasionalkannya kembali sarana transportasi bis kuning (bikun). Adanya bikun sebagai sarana transportasi di lingkungan UI secara tidak langsung berdampak pada manajemen waktu para sivitas akademika UI. Meskipun layanan bikun telah beroperasional kembali, terdapat beberapa masalah yang dirasakan oleh pengguna layanan bikun seperti ketidakpastian jadwal kedatangan bikun pada suatu halte, estimasi waktu kedatangan bikun, jumlah bikun yang beroperasi serta informasi umum bikun lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna layanan bikun dalam pengalaman mendapatkan informasi bikun serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe Bikunku sebagai penunjang informasi bikun yang menjadi solusi atas permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini menggunakan proses desain UCD yang diintegrasikan dengan metodologi SDLC waterfall yang terdiri atas enam tahapan utama yaitu requirements, analysis, design, development, testing dan deployment. Hasil akhir prototipe Bikunku menunjukkan bahwa prototipe dapat menjalankan 13 skenario UAT dengan sukses, menunjang 100 concurrent request REST API selama 30 menit, menunjang 2000 concurrent user ke WebSocket selama lima menit, serta memberikan response time REST API dengan rata-rata 256ms. Hasil audit menggunakan lighthouse testing menunjukkan bahwa prototipe Bikunku memiliki performance 76,4%, accessibility 80%, best practice 83%, serta SEO 83%. Hasil evaluasi terhadap usability menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kendala dalam menjalankan skenario penggunaan prototipe Bikunku. Hasil akhir prototipe Bikunku telah mendapatkan angka SUS sebesar 80,42% yang masuk pada kategori “GOOD” yang berarti prototipe sudah menghasilkan pengalaman yang baik diatas rata-rata bagi pengguna layanan bikun.

The mechanism of lectures at the University of Indonesia (UI) that returns to face-to-face learning mode has an impact on the adjustment of facilities in the campus environment, one of which is the reactivation of the yellow bus (bikun) transportation facility. The presence of bikun as a transportation facility in the UI environment indirectly impacts the time management of UI academic staff. Although the bikun service has been operational again, there are some problems experienced by bikun service users such as uncertainty about the arrival schedule of bikun at a stop, the estimated arrival time of bikun, the number of bikun operating, and other general bikun information. Therefore, this research aims to explore the problems and needs of bikun service users in obtaining information on bikun and to develop and evaluate the Bikunku prototype as a support for bikun information that becomes a solution to the problems found. This research uses a UCD design process that is integrated with the waterfall SDLC methodology consisting of six main stages, namely requirements, analysis, design, development, testing, and deployment. The final results of the Bikunku prototype show that the prototype was able to successfully run 13 UAT scenarios, support 100 concurrent REST API requests for 30 minutes, support 2000 concurrent users to the WebSocket for five minutes, and provide an average REST API response time of 256ms. The result of the audit using the lighthouse test shows that the Bikunku prototype has a performance of 76.4%, accessibility of 80%, best practice of 83%, and SEO of 83%. The results of the evaluation of usability showed that the respondents did not have any obstacles in running the user scenario of the Bikunku prototype. The final result of the Bikunku prototype has obtained an SUS score of 80.42% which falls into the category of "GOOD" which means the prototype has produced a good experience above average for bikun service users."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nofaldi Fikrul Atmam
"Mekanisme perkuliahan di Universitas Indonesia (UI) yang kembali ke moda pembelajaran tatap muka berdampak pada penyesuaian fasilitas di lingkungan kampus, salah satunya dengan dioperasionalkannya kembali sarana transportasi bis kuning (bikun). Adanya bikun sebagai sarana transportasi di lingkungan UI secara tidak langsung berdampak pada manajemen waktu para sivitas akademika UI. Meskipun layanan bikun telah beroperasional kembali, terdapat beberapa masalah yang dirasakan oleh pengguna layanan bikun seperti ketidakpastian jadwal kedatangan bikun pada suatu halte, estimasi waktu kedatangan bikun, jumlah bikun yang beroperasi serta informasi umum bikun lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna layanan bikun dalam pengalaman mendapatkan informasi bikun serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe Bikunku sebagai penunjang informasi bikun yang menjadi solusi atas permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini menggunakan proses desain UCD yang diintegrasikan dengan metodologi SDLC waterfall yang terdiri atas enam tahapan utama yaitu requirements, analysis, design, development, testing dan deployment. Hasil akhir prototipe Bikunku menunjukkan bahwa prototipe dapat menjalankan 13 skenario UAT dengan sukses, menunjang 100 concurrent request REST API selama 30 menit, menunjang 2000 concurrent user ke WebSocket selama lima menit, serta memberikan response time REST API dengan rata-rata 256ms. Hasil audit menggunakan lighthouse testing menunjukkan bahwa prototipe Bikunku memiliki performance 76,4%, accessibility 80%, best practice 83%, serta SEO 83%. Hasil evaluasi terhadap usability menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kendala dalam menjalankan skenario penggunaan prototipe Bikunku. Hasil akhir prototipe Bikunku telah mendapatkan angka SUS sebesar 80,42% yang masuk pada kategori “GOOD” yang berarti prototipe sudah menghasilkan pengalaman yang baik diatas rata-rata bagi pengguna layanan bikun.

The mechanism of lectures at the University of Indonesia (UI) that returns to face-to-face learning mode has an impact on the adjustment of facilities in the campus environment, one of which is the reactivation of the yellow bus (bikun) transportation facility. The presence of bikun as a transportation facility in the UI environment indirectly impacts the time management of UI academic staff. Although the bikun service has been operational again, there are some problems experienced by bikun service users such as uncertainty about the arrival schedule of bikun at a stop, the estimated arrival time of bikun, the number of bikun operating, and other general bikun information. Therefore, this research aims to explore the problems and needs of bikun service users in obtaining information on bikun and to develop and evaluate the Bikunku prototype as a support for bikun information that becomes a solution to the problems found. This research uses a UCD design process that is integrated with the waterfall SDLC methodology consisting of six main stages, namely requirements, analysis, design, development, testing, and deployment. The final results of the Bikunku prototype show that the prototype was able to successfully run 13 UAT scenarios, support 100 concurrent REST API requests for 30 minutes, support 2000 concurrent users to the WebSocket for five minutes, and provide an average REST API response time of 256ms. The result of the audit using the lighthouse test shows that the Bikunku prototype has a performance of 76.4%, accessibility of 80%, best practice of 83%, and SEO of 83%. The results of the evaluation of usability showed that the respondents did not have any obstacles in running the user scenario of the Bikunku prototype. The final result of the Bikunku prototype has obtained an SUS score of 80.42% which falls into the category of "GOOD" which means the prototype has produced a good experience above average for bikun service users."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"In the prototype of this tool all the signal processing done by the minimum AT89s5 system. Minimum system will get the binary code to control the direction of motion of the ship . By controling the steering angle through the steering wheel of the ship so the ship can detected movement can be monitored by viewing the display, so if there is nomovement of ships in accordance with the input code will be detected early so that expected if this system is applied to the actual sustem will be able to reduce accidents caused by the fault direction of motion of the ship. By utilizing the technology acquired digital the 0.97% error rate, spo it is possible this system to be realized."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Aldyan Natajaya
"Dewasa ini dengan banyaknya alat seperti sensor dan kendaraan yang bersumber daya listrik baterai, maka sistem pemantauan State of Charge (SoC) baterai khususnya yang berbahan dasar lithium semakin diperlukan. Salah satu tantangannya adalah bagaimana bisa mendesain sistem pemantau SoC yang mampu mengetahui isi baterai secara real time untuk aplikasi jarak jauh. Sehubungan dengan hal tersebut maka skripsi ini disusun dengan tujuan untuk merancang purwarupa alat yang bisa memantau SoC baterai. Alat tersebut menggunakan mikrokontroler Arduino dan LoRa SX1278 433MHz sebagai sarana komunikasinya. Akan tetapi, karena keterbatasan dari LoRa yang dipakai, maka purwarupa alat ini hanya mampu dalam kondisi Point-to-Point (PTP). Pengukuran SoC pada skripsi ini menggunakan metode pengukuran hambatan internal baterai. Pada proses karakterisasi baterai lithium ion awal diperoleh look-up table yang merupakan hubungan antara hambatan internal baterai pada proses charging dan discharging dengan nilai SoC. Look-up table ini yang selanjutnya selalu dijadikan acuan dalam penentuan SoC baterai yang terimplementasi pada sistem. Hasil percobaan membuktikan bahwa alat pemantau SoC yang diusulkan mampu melakukan pemantauan SoC baterai dengan tingkat keberhasilan pemantauan sebesar 98% pada delay 1ms.

Nowadays, with so many devices such as sensors and vehicles that are powered by batteries, a battery of State of Charge (SoC) monitoring system, especially those based on lithium, is increasingly needed. One challenge is how to design a SoC monitoring system that is able to find out the battery contents in real time for remote applications. In connection with this, this thesis was prepared with the aim of designing prototypes of devices that could monitor battery SoC. The tool uses an Arduino microcontroller and LoRa SX1278 433MHz as a means of communication. However, due to the limitations of the LoRa used, the prototype of this tool is only able to acquire Point-to-Point (PTP) conditions. SoC measurement in this thesis uses the method of measuring the internal resistance of the battery. In the initial lithium ion battery characterization process a look-up table is obtained which is the relationship between the internal resistance of the battery in the charging and discharging process with the SoC value. This look-up table is then always used as a reference in determining the battery SoC implemented in the system. The experimental results prove that the proposed SoC monitoring tool is capable of monitoring battery SoC with a monitoring success rate of 98% at 1ms delay.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Friscilia Nindita Pamela
"Prototype membantu simulasi aspek aplikasi digital yang akan dikembangkan. Pedagang farmasi berkewajiban untuk melakukan pengadaan, penyimpanan, penyaluran obat dan/atau bahan obat yang memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan dan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Dokumentasi sangat penting untuk memastikan bahwa setiap petugas melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar. Dokumentasi dapat dilakukan secara manual ataupun komputerisasi. Dalam menunjang dokumentasi komputerisasi perlu dirancangnya system aplikasi berbasis online yaitu IntegrApp yang dapat membantu memudahkan proses dokumentasi data, pemantauan suhu, training matrix, produk kembalian, hingga proses maintenance, memberikan notifikasi email pengerjaan Key Performance Indicator melalui aplikasi IntegrApp yang di automatisasi via bot ke Microsoft Excel Key Performance Indicator Report, memudahkan pelanggan dalam memperoleh informasi data pelanggan seperti surat pemesanan, surat faktur, dan surat jalan pada PT. Anugerah Pharmindo Lestari.

Prototype helps simulate aspects of digital applications to be developed. Pharmaceutical traders are obligated to procure, store, distribute drugs and/or medicinal substances that meet the stipulated quality requirements and comply with statutory provisions. Documentation is very important to ensure that every officer carries out their duties properly and correctly. Documentation can be done manually or computerized. In supporting computerized documentation, it is necessary to design an online-based application system, namely IntegrApp which can help facilitate the process of data documentation, temperature monitoring, training matrices, product returns, to the maintenance process, providing email notifications for Key Performance Indicator work through the IntegrApp application which is automated via bot to Microsoft Excel Key Performance Indicator Report, makes it easier for customers to obtain customer data information such as order letters, invoices, and travel documents at PT. Anugerah Pharmindo Lestari."
Depok: 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Firman Budiyanto
"Fungsi dari robot diharapkan dapat bermanfaat sepenuhnya dalam
perkembangan peradaban manusia dengan ditandai semakin banyaknya kemudahan
bagi manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari – hari dengan bantuan robot
baik untuk aktivitas industri, pertanian, rumah tangga, dan hiburan.
Sebagai salah satu aplikasi robot industri, pada tugas akhir ini dibuat “ Sistem
pengendali Prototype Forkift Otomatis”. maksud dari judul ini yaitu bertujuan untuk
mengendalikan sebuah prototype agar mampu memindahkan benda yang ditempelkan
kertas berwarna ke tempat yang telah ditentukan. Warna benda ini sebelumnya harus
dideteksi oleh sensor warna terlebih dahulu, lalu setelah didapatkan frekuensinya
maka inisialisasi data warna tersebut dikirmkan ke mikrokontroller prototype forklift.
Setelah prototype forklift mendapatkan inisialisasi data warna, maka prototype
forklift akan mengambil benda tersebut dan memindahkan atau meletakkannya ke
tempat yang telah disediakan. Proses pemindahan benda oleh prototype forklift
tersebut menggunakan sensor garis.

The function from the robot it was hoped could be useful fully in the
development of human civilisation by being marked even more of them the ease for
humankind in undertaking his activity a day – the day with help of the robot was good
for the activity of the industry, agriculture, the household, and entertainment.
As one of the applications of the industrial robot, in the task of this end was
made by “Control System For Automation Forklift Prototype”. the intention from this
title that is aiming at controlling one prototype in order to be able to move the object
that was stuck by coloured paper to the place that was determined. The colour of this
object must be beforehand detected by the colour censor before, then after being
obtained by his frequency then inisialisasi this colour data would send to
mikrokontroller prototype forklift. After prototype forklift got inisialisasi the colour
data, then prototype forklift will take this object and moved or placed him to the place
that was provided. The process of the transfer of the object by prototype forklift this
used the line censor.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2008
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ridwan Mulyadi
"ABSTRAK
Tanah longsor merupakan bencana yang sering terjadi di Indonesia. Oleh karena itu dibentuk sebuah sistem pendeteksian dini tanah longsor menggunakan Wireless Sensor Network. Penelitian ini menghasilkan prototype piranti lunak sebagai bagian dari sistem tersebut. Prototype dibuat untuk membantu visualisasi dan memonitor kondisi tanah serta air dalam tanah. Prototype piranti lunak dibuat dalam bahasa C++ dan telah diuji dalam platform Linux dan Windows. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa prototype piranti lunak telah dapat membantu pengguna dalam menganalisa akan kemungkinan terjadinya tanah longsor. Tugas akhir ini membahas prototype pada tahap perancangan, pengembangan, dan pengujian.

ABSTRACT
Landslides are a common disaster in Indonesia. We establish a system of early detection of landslides using Wireless Sensor Network. This study produced a software prototype as a part of the system. The prototype is created to help visualize and monitor the condition of land and groundwater. The prototype is created in C + + language and has been tested in Linux and Windows platforms. The results showed that the development of prototype software has been able to assist users in analyzing the possible occurrence of landslides. This thesis discusses the prototype at the stage of designing, developing, and testing."
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2011
S1462
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Lee Klein
"Radiant infant warmer adalah perangkat medis yang menjaga bayi tetap hangat sekaligus memungkinkan intervensi medis tanpa mengganggu akses tenaga medis. Perangkat di pasaran umumnya membutuhkan daya minimal 700 Watt, berat 120 kg, dan harga sekitar Rp 40 juta. Studi ini bertujuan mengembangkan prototipe radiant infant warmer yang lebih murah, ringan, dan mampu menjaga suhu bayi dalam rentang 35-36ºC. Prototipe dibuat menggunakan material kayu multiplex dan dikendalikan mikrokontroler yang mengatur daya lampu pemanas berdasarkan sensor DS18B20. Pengujian dilakukan pada suhu ambient 26ºC dan kelembapan 62%, menggunakan lampu PX Infrared 100 Watt dan PX Spot Beam 60 Watt. Lampu dipasang pada reflektor downlight 130 mm. Hasil menunjukkan lampu PX Infrared mencapai suhu 35ºC di titik tengah dalam 2 menit 50 detik dengan daya awal 101,5 Watt, lalu mencapai kondisi tunak pada rata-rata 35,41ºC dengan daya 36,5 Watt. Lampu PX Spot Beam membutuhkan waktu 11 menit 25 detik, dengan untuk mencapai kondisi tunak dengan rata-rata temperatur 35,71ºC dengan daya 57,5 Watt. Distribusi panas lebih merata pada Spot Beam, sedangkan Infrared lebih cepat memanaskan. Prototipe ini berhasil dibuat dengan biaya Rp 2.344.150.

A radiant infant warmer is a medical device designed to keep infants warm while allowing medical interventions without obstructing access for healthcare providers. Commercial devices typically require a minimum of 700 watts of power, weigh 120 kg, and cost around Rp 40 million. This study aims to develop a prototype of a radiant infant warmer that is more affordable, lightweight, and capable of maintaining an infant’s temperature within the range of 35–36°C. The prototype was constructed using multiplex wood materials and controlled by a microcontroller that adjusts the heater lamp's power based on DS18B20 sensor readings. Testing was conducted at an ambient temperature of 26°C and 62% humidity, utilizing a 100-watt PX Infrared lamp and a 60-watt PX Spot Beam lamp. The lamps were mounted on a 130 mm downlight reflector. Results showed that the PX Infrared lamp reached 35°C at the center point in 2 minutes and 50 seconds with an initial power of 101.5 watts, then hold steady at an average temperature of 35.41°C with a power of 36.5 watts. The PX Spot Beam lamp required 11 minutes and 25 seconds to get steady at averaging temperature 35.71°C with a power of 57.5 watts. The Spot Beam provided more uniform heat distribution, while the Infrared lamp heated faster. The prototype was successfully built at a  cost of Rp 2,344,150."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasruddin
"Laporan praktik keinsinyuran ini mendokumentasikan langkah-langkah, tantangan, dan keputusan strategis dalam pengembangan prototipe AC untuk Kereta Ringan Hibrid dan Cerdas (KRHC) 35kW. Laporan ini bertujuan memberikan gambaran rinci terkait implementasi konsep keinsinyuran dalam pengembangan teknologi pendinginan inovatif untuk kendaraan kereta ringan. Manfaat laporan ini adalah memberikan pemahaman mendalam bagi pembaca, terkait aspek teknis dan pengambilan keputusan dalam pengembangan AC untuk KRHC 35kW. Selain itu, laporan ini dapat berkontribusi dalam memberikan pemahaman pada mahasiswa, peneliti, dan praktisi keinsinyuran yang tertarik dalam pengembangan teknologi transportasi ramah lingkungan. Aspek Dasar Keselamatan, Kesehatan, dan Kelestarian Lingkungan (K3LL) dan penerapan Kode Etik Insinyur (KEI) menjadi pondasi utama dalam pengembangan prototipe AC untuk KRHC 35kW. K3LL memastikan tidak hanya efektivitas pada teknis AC, akan tetapi juga pada kesejahteraan tim dan dampak lingkungan melalui standar keselamatan, dukungan kesehatan, kebijakan kelestarian lingkungan, dan evaluasi risiko. Sedangkan KEI menjamin keselamatan, kesehatan masyarakat, dan kerahasiaan informasi, sambil mendorong keberlanjutan lingkungan. Pada tahap pengembangan, fokus diberikan pada inovasi desain, efisiensi energi, dan keamanan operasional. Keberhasilan prototipe AC mencerminkan keterampilan teknis, manajemen proyek, dan komitmen terhadap inovasi. Prototipe ini membuka peluang untuk penerapan teknologi serupa pada pengembangan kendaraan kereta ringan hibrid dan cerdas di masa depan.

This engineering practice report meticulously captures the intricate steps, formidable challenges, and pivotal strategic decisions entailed in crafting a prototype Air Conditioning (AC) system for the Lightweight Hybrid and Smart Train (KRHC) boasting a cooling capacity of 35kW. The primary objective is to furnish a comprehensive insight into the application of engineering principles in the development of cutting-edge cooling technology tailored for lightweight train vehicles. The report's significance extends to offering a profound understanding for readers intrigued by the intricate technical facets and nuanced decision-making processes inherent in the AC development for KRHC 35kW. Furthermore, this report significantly contributes to the knowledge pool of students, researchers, and engineering professionals with an interest in the development of eco-friendly transportation technologies. Foundational elements such as Safety, Health, and Environmental Sustainability (K3LL), coupled with the steadfast adherence to the Engineer's Code of Ethics (KEI), constitute the bedrock of the AC prototype development for KRHC 35kW. K3LL ensures not only the technical prowess of the AC but also the well-being of the development team and the environmental footprint through adherence to safety standards, healthcare support, environmental sustainability policies, and comprehensive risk evaluations. KEI plays a pivotal role in assuring safety, public health, and the confidentiality of project information, concurrently championing environmental sustainability. Throughout the developmental stages, unwavering focus is directed towards fostering design innovation, enhancing energy efficiency, and fortifying operational safety. The resounding success of the AC prototype serves as a testament to the collective technical acumen, astute project management, and unwavering dedication to innovation. Beyond its immediate achievement, this prototype heralds opportunities for the widespread application of similar technologies in the ongoing evolution of lightweight hybrid and smart train vehicles."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>