Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3196 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Malahayati
Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2023
374.012 MAL m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mery Yanti
Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika,Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2016
302 BPT 14:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfiani Ikhwania
"Penelitian ini membahas tentang peran akun Instagram @katakecilkana dalam menumbuhkan keterampilan literasi informasi pada orang tua anak usia dini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengidentifikasi peran akun Instagram @katakecilkana dalam menumbuhkan keterampilan literasi informasi pada orang tua anak usia dini. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan informan dan observasi aktivitas akun Instagram @katakecilkana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun Instagram @katakecilkana berperan dalam menumbuhkan keterampilan literasi informasi pada orang tua anak usia dini. Hal ini didukung dengan adanya konten infografis yang diunggah pada akun Instagram @katakecilkana dapat menumbuhkan keterampilan literasi informasi pada orang tua anak usia dini. Selain konten infografis, konten mendongeng juga mendukung peran akun Instagram @katakecilkana dalam menumbuhkan keterampilan literasi informasi pada orang tua anak usia dini.

This research discusses the role of the @katakecilkana Instagram account in growing information literacy skills in parents with young children. The purpose of this study is to identify the role of the @katakecilkana Instagram account in improving information literacy skills in parents with young children. This research was conducted through qualitative research using the case study method. Data was collected by doing an in-depth interview with informants and by observing the activity of the @katakecikana Instagram account. Results showed that the @katakecilkana Instagram account played a role in growing information literacy skills in parents with young children. This finding is supported by the infographic content on the @katakecilkana Instagram account which was able to improve information literacy skills in parents with young children. In addition to infographic content, storytelling content also supports the role of the @katakecilkana Instagram account in improving information literacy skills in parents with young children."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sinta Dewi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, jenis kelamin, dan latar pendidikan terhadap materialisme yang diyakini Generasi Z Indonesia pada tahun 2022. Metode Ordinary Least Squares (OLS) dengan melibatkan 592 responden Generasi Z Indonesia digunakan dalam menguji serangkaian hipotesis penelitian. Hasil pengujian menunjukkan tiga temuan utama. Pertama, pengaruh literasi keuangan terbukti secara signifikan dapat mengurangi materialisme. Kedua, tidak terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan terhadap materialisme yang diyakini. Ketiga, terdapat pengaruh latar pendidikan terhadap materialisme di mana penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa berlatar pendidikan ekonomi dan bisnis lebih materialistis dibandingkan mahasiswa non-ekonomi dan bisnis. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan mengenai konsep, produk, dan jasa keuangan tidak cukup untuk menurunkan materialisme, tetapi perlu adanya intervensi untuk mendorong sikap keuangan atau persepsi individu terhadap keuangan jangka panjangnya. Hal ini menjadi komponen penting untuk tercapainya financial resilience dan financial well-being dari individu, khususnya untuk Generasi Z Indonesia.

This study aims to determine the influence of financial literacy, gender, and educational background on the materialism of Generation Z Indonesians in 2022. The Ordinary Least Squares (OLS) method with 592 respondents of Generation Z Indonesians was used to examine a series of hypotheses. The results showed three main findings. First, the influence of financial literacy was proven to reduce materialism significantly. Second, there were no differences between men and women in the materialism they believed in. Third, there was an influence of educational background on materialism. This study also found that students with economic and business education backgrounds were more materialistic than non-economic and business students. The findings of this study indicate that knowledge of financial concepts, products, and services is not enough to reduce materialism. However, interventions are needed to encourage the financial attitude or individual perception of their long-term finances, which is essential for achieving financial resilience and financial well-being, especially for Generation Z Indonesians."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Tyastuti
"Skripsi ini menjelaskan tentang proses berkembangnya literasi informasi pada diri pustakawan rujukan. Penelitian ini menggunakan metode life history yang bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan kemampuan literasi informasi dan strategi yang dilakukan untuk mengembangkan literasi informasi tersebut. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa proses perkembangan kemampuan literasi informasi pada diri pustakawan rujukan ini terjadi berdasarkan pengalaman hidup, mulai dari masa kecil sampai menjadi seorang pustakawan rujukan. Selain itu, untuk perkembangan literasi informasi sesorang harus memahami konsep literasi informasi agar menjadi pembelajar yang mandiri. Strategi yang digunakan untuk mengembangkan dan menerapkan literasi informasi adalah dengan memiliki penguasaan terhadap hasil olahan dari kemampuan berpikir, sharing, proaktif, dan memberikan pelatihan-pelatihan literasi informasi kepada orang lain.

This undergraduate thesis describes about the development of information literacy within the reference librarian itself. This study uses a life history method to identify the development of information literacy skills and the strategy to develop it. The results suggest that the development process of information literacy skills in self-reference librarian occurred by life experiences, since they were a kid until they become a reference librarian. In addition, to develop their information literacy, they must understand the concept of information literacy in order to be independent learners. The strategy that used to develop and apply information literacy are to have a good understanding toward the result of thinking skills, sharing, being proactive and providing information literacy trainings to others."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43388
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ibrahim Subhi
"Penelitian ini mengkaji pengaruh toleransi risiko terhadap niat investasi berisiko di kalangan investor Generasi Z di wilayah Jabodetabek, dengan literasi keuangan sebagai variabel moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toleransi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat investasi berisiko, menunjukkan bahwa individu dengan toleransi risiko yang lebih tinggi cenderung terlibat dalam investasi berisiko tinggi. Sebaliknya, literasi keuangan berpengaruh negatif terhadap niat investasi berisiko, menyoroti bahwa pengetahuan keuangan yang lebih baik mengurangi kemungkinan melakukan investasi berisiko. Namun, efek moderasi literasi keuangan pada hubungan antara toleransi risiko dan niat investasi berisiko ditemukan tidak signifikan. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi para pendidik keuangan, pembuat kebijakan, dan lembaga yang bertujuan meningkatkan pengambilan keputusan investasi di kalangan investor muda di Indonesia. Penelitian ini menekankan pentingnya meningkatkan literasi keuangan untuk mengurangi perilaku investasi berisiko dan menyerukan program pendidikan yang ditargetkan membekali Generasi Z dengan keterampilan dan pengetahuan keuangan yang diperlukan.

This study investigates the influence of risk tolerance on risky investment intentions among Generation Z investors in the Jabodetabek area of Indonesia, with financial literacy as a moderating variable. The results indicate that risk tolerance positively and significantly affects risky investment intentions, suggesting that individuals with higher risk tolerance are more inclined to engage in high-risk investments. Conversely, financial literacy negatively influences risky investment intentions, highlighting that better financial knowledge reduces the likelihood of making risky investments. However, the moderating effect of financial literacy on the relationship between risk tolerance and risky investment intentions is insignificant. These findings provide valuable insights for financial educators, policymakers, and institutions aiming to enhance investment decision-making among young investors in Indonesia. The study underscores the importance of improving financial literacy to mitigate risky investment behaviors and calls for targeted educational programs to equip Generation Z with the necessary financial skills and knowledge."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Ika Kurnia
"Pertumbuhan perekonomian di Indonesia diiringi dengan meningkatnya literasi keuangan di Indonesia dan maraknya kasus penipuan dan penyalahgunaan wewenang dalam pengelolaan keuangan. Investasi sebagai salah satu komponen pengelolaan keuangan mengarahkan ke fakta menarik lain yaitu, terdapat pergerseran demografi investor yang dicatat oleh lembaga perdagangan pasar modal di Indonesia dengan lebih dari 40% investor tunggal berasal dari generasi milenial dengan rentang umur 21-30 tahun. Hal ini merupakan sebuah indikasi adanya pergeseran pandangan terhadap pengelolaan keuangan antargenerasi, sehingga perlu dilakukan penelitian yang lebih dalam mengenai fenomena yang terjadi dengan metode kuantitatif yang relevan. Teori perilaku yang terfokus pada motivasi dan kemampuan individu dan teori sosialisasi yang menjelaskan proses perolehan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang relevan konsumer dapat menjelaskan persepsi pandangan antargenerasi dalam literasi keuangan. Hasil perhitungan dengan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dapat menjelaskan bahwa pengetahuan keuangan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat pengaturan keuangan Gen Y, sedangkan persepsi sikap keuangan mempunyai pengaruh yang signifikan pada Gen X. Proses sosialisasi mempunyai pengaruh yang positif terhadap pengetahuan keuangan Gen Y sedangkan sikap keuangan Gen X sangat dipengaruhi oleh persepsi sosio demografik. Strategi kebijakan yang dapat disarankan dari hubungan tersebut adalah dengan memberikan edukasi yang sesuai dengan usia dan peran serta menyediakan informasi keuangan yang tidak memihak.

Indonesia’s economic growth is growing along with financial literacy index and number of financial crimes such as fraud and abuse of authority in financial management. Investment as one of the components of financial management leads to another interesting fact, namely, demographic shifting of investors recorded by capital market trading institutions in Indonesia with more than 40% of single investors coming from the millennial generation with range of age 21-30 years. This is an indication of a shift in perception of intergenerational financial management, so it is necessary to do deeper research based on this phenomenon with relevant quantitative methods. Theory of planned behavior that focuses on individual motivation and abilities and socialization theory that explains the process of acquiring skills, knowledge, and attitudes that are relevant to consumers, can explain the perceptions of intergenerational views in financial literacy. Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) can explain the relationship among variables. The results of calculations using the Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) is that financial knowledge has significant effect on Gen Y financial behavior intention, while perceptions of financial attitude has significant effect on Gen X. Socialization has a positive effect on Gen Y financial knowledge, whereas Gen X's financial attitude is strongly influenced by socio-demographic perception. The strategies that can be suggested from this causality are to provide appropriate education for certain age and role and to provide impartial financial information. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Penerbit Lingkaran, 2020
370 ANT
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"This paper is a research report on computer literacy among rural people. The research trys to answer the question of how far computer literacy level of the rural community? the research was carried out based on positivistic paradigm with the quantitative approach through a survey. The research covered Bangka and Belitung, The Bangka Belitung ; Kerinci and Marangin; The Jambi;Kaur and South of Bengkulu. The result show that: 1) there is strong symmetrically connections between the variation of the age category and the variation of the computer literacy in the respondent's circle in Jambi; 2) There is no strong connection between the difference of the generation and the score of computer literacy in the respondent's Bengkulu circle; 3) There is strong symmetrically connection between the difference of the genneration and the score of computer literacy in the respondent's Babel circle."
JSKM 11:2 (2007)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Riana Febrianti
"Literasi merupakan kemampuan individu untuk membaca, menulis, memahami, dan menggunakan suatu informasi. Dewasa ini, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas masyarakat sebagai alat untuk mencari, berbagi, dan menyebarkan informasi. Penelitian ini membahas pemanfaatan Instagram sebagai alat untuk membangun literasi di Taman Literasi Martha C. Tiahahu. Data diperoleh dari hasil wawancara dan analisis konten akun Instagram @tamanliterasi.jkt. Pengambilan data dimulai dari bulan September hingga Desember 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram cenderung dimanfaatkan sebagai alat promosi kegiatan literasi dengan menyebarkan informasi melalui unggahan konten informatif, rekomendasi buku, promosi kegiatan, dan postingan kolaborasi. Temuan khusus di Taman Literasi menunjukkan bahwa kolaborasi unggahan memberikan jangkauan audiens yang lebih luas. Namun upaya tersebut menghadapi kendala keterbatasan SDM, kreativitas konten, dan perencanaan editorial. Kesimpulannya, pemanfaatan Instagram di Taman Literasi Martha C. Tiahahu berperan penting dalam mempromosikan kegiatan literasi, tetapi optimalisasi diperlukan dalam perencanaan editorial, pengelolaan konten kreatif, dan integrasi fitur digital untuk membangun literasi masyarakat.
Literacy is the ability of individuals to read, write, understand, and utilize information. Nowadays, social media has become an integral part of people's activities as a tool for seeking, sharing, and disseminating information. This study discusses the use of Instagram as a tool to foster literacy at Taman Literasi Martha C. Tiahahu. The data were obtained through interviews and content analysis of the Instagram account @tamanliterasi.jkt. Data collection was conducted from September to December 2024. The results show that Instagram is predominantly used as a promotional tool for literacy activities by disseminating information through informative content posts, book recommendations, activity promotions, and collaborative posts. A specific finding at Taman Literasi reveals that collaborative posts help reach a wider audience. However, these efforts face challenges such as limited human resources, a lack of creativity in content creation, and insufficient editorial planning. In conclusion, Instagram plays an important role in promoting literacy activities at Taman Literasi Martha C. Tiahahu, but optimization is needed in editorial planning, creative content management, and the integration of digital features to enhance literacy among the community."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>