Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175799 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Debora Dian Pratama Budiharja
"Social media advertising muncul sebagai media yang menarik dalam meningkatkan efektivitas iklan amal dalam memotivasi seseorang untuk melakukan tindakan prososial untuk meningkatkan kesejahteraan dari subjek iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku dari seorang pengguna media sosial sebagai respon dari iklan amal yang muncul di media sosialnya, seperti intensi berdonasi ataupun dukungan untuk kampanye tersebut dengan membagikan iklan tersebut kepada orang lain. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan melibatkan 1.515 responden. Analisis dan evaluasi model dilakukan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Model (PLS- SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai iklan ajakan berdonasi di media sosial dipengaruhi secara signifikan oleh beberapa faktor, yakni perceived informativeness, perceived credibility, perceived emotional appeal, dan perceived creativity. Nilai iklan ajakan berdonasi di media sosial mempengaruhi tindakan prososial penggunanya secara signifikan dan dimoderasi oleh tingkat pendapatan. Dengan demikian, penelitian ini dapat digunakan oleh advertising agency dan praktisi di organisasi penggalangan dana di Indonesia.

Social media advertising emerged as an appealing way to increase the effectiveness of charity advertisement by motivating people to take positive social actions to improve the welfare of the subjects in the advertisement. This study aims to determine the factors that influence the prosocial behavior of a social media user in response to charity advertisements that appear on their social media account. The conceptual model was tested using the Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) based on the data collected from 1.515 Indonesian respondents. The results of this study indicate that the value of charitable advertising on social media is significantly influenced by perceived informativeness, perceived credibility, perceived emotional appeal, and perceived creativity. The value charitable advertising on social media significantly influences the prosocial behavior of its users and moderated by the level of income. Thus, this research can be used by advertising agencies and practitioners in fundraising organizations in Indonesia to evaluate their charitable advertising in social media."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Yosephine Tm
"ABSTRAK
Maraknya penggunaan internet sebagai media komunikasi telah mengubah gaya pertukaran informasi dan marketing saat ini. Salah satu media yang populer adalah social media, dimana semua orang dapat saling memberikan pendapat dengan cukup bebas. Perusahaan sebagai penyedia produk dan jasa sudah selayaknya mengikuti trend ini dengan juga ikut serta dalam arus informasi bebas ini. Penelitian ini mengamati pengaruh akun social media terhadap brand equity. Penelitian dilakukan terhadap 2 brand yaitu Loreal dan Pantene sebagai representasi dari consumer goods. Dengan terlebih dahulu melakukan ekstraksi atas post yang dipilih dari beberapa akun social media dengan menggunakan content analysis, penelitian dilanjutkan dengan kuesioner kuantitatif atas sejumlah responden atas konsep aktivitas social media marketing dan brand equity.
Ditemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari aktivitas social media marketing terhadap brand equity tiap brand. Hal ini dipengaruhi oleh segi komunikatif sebuah akun media social yang membuatnya multifungsi dalam konsep marketing communication.

ABSTRACT
The current digital lifestyle has changed the way people exchange the information and hence, the way people do marketing. One of the media that has been very popular is social media, where everyone may gives their opinions over something without any significant bounderies. Companies who supplies both products and services should follow the communication trend and involve themselves in the free trade of information. This research is implemented on 2 brands : Loreal and Pantene as the representative of consumer goods. Prior to extracting the posts of selected social media accounts, the research conducted a content analysis followed by quantitative questionnaire to respondents towards social media marketing activities and brand equity.
It is found that on individual basis, there is significant influence from social media marketing activities towards brand equity. This is an impact of a communicative and well managed social media account which enables it to be multifunctional in marketing communication.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Fidelis Ganoto
"ABSTRAK
Social Media yang merupakan bagian dari Intergrated Marketing
Communication (IMC) merupakan salah satu alternatif aktifitas marketing pada saat
ini. Perkembangan social media yang sangat pesat, membuatnya saat ini sudah
menjadi trend dan efektif karena mudah diukur serta budget yang relatif kecil
dibandingkan print media (tradisional). Hal ini dikarenakan perkembangan
teknologi dan juga tingkat edukasi dari konsumen di dalam membeli produk
otomotif sudah sangat baik dan kritis. Untuk itu perlu adanya pengembangan
komunikasi dalam dua arah yaitu antara produsen dan konsumen yang mana hal ini
mampu membangkitkan engagement dalam membeli kembali suatu produk. Ada
beberapa faktor yang menentukan di dalam menerapkan social media (twitter dan
facebook) agar konsumen repurchase produk Nissan yaitu Product/ Message,
Source-AISAS, Ad Execution-WOM, Brand Attitudes, dan Attitudes towards the
Advertisement.

ABSTRACT
Social media is part of the Integrated Marketing Communication (IMC) is an
alternative marketing activities at this time. The development of social media very
rapidly, making it now has become a trend and effective as easily measured as well
as the budget is relatively small compared to the print media (traditional). This is
because the development of technology and also the level of education of consumers
to purchase of automotive products has been excellent and critical. For that we need
the development of the two-way communication between producers and consumers
in which it is able to generate engagement to repurchase a product. There are several
factors that determine in applying social media (twitter and facebook) so that
consumers repurchase the Nissan products which are Product / Message, Source-
AISAS, Ad-WOM Execution, Brand Attitudes, and Attitudes towards the
Advertisement."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Rianda Devira
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram dan elektronik dari mulut ke mulut (e-WOM) baik secara langsung maupun melalui variabel mediasi, yaitu kepercayaan terhadap keterlibatan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional deskriptif konklusif dan kuesioner didistribusikan secara online kepada 216 responden yang telah menghabiskan pengeluaran untuk fashion e-commerce di Indonesia. Tesis ini menggunakan analisis pemodelan persamaan struktural (SEM), pengolahan data responden dalam penelitian ini menggunakan LISREL 8.51. Penelitian ini menghasilkan penggunaan media sosial Instagram dan elektronik dari mulut ke mulut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan keputusan pembelian. Hasil lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa elektronik dari mulut ke mulut juga dapat dipengaruhi oleh variabel mediasi kepercayaan untuk mencapai keterlibatan keputusan pembelian. Penggunaan media sosial Instagram tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keterlibatan keputusan pembelian jika dimediasi oleh kepercayaan. Memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keterlibatan keputusan pembelian dalam belanja konsumen dalam mode e-commerce di Indonesia dapat membantu pemasar memprediksi perilaku konsumen dalam kegiatan pemasaran produk atau perusahaan

This research was conducted to determine the effect of the use of social media Instagram and electronic word of mouth (e-WOM) both directly and through mediating variables, namely confidence in the involvement of purchasing decisions. This study uses a conclusive descriptive cross-sectional method and a questionnaire distributed online to 216 respondents who have spent spending on fashion e-commerce in Indonesia. This thesis uses structural equation modeling (SEM) analysis, respondent data processing in this study uses LISREL 8.51. This research resulted in the use of social media Instagram and word of mouth have a significant influence on the involvement of purchasing decisions. Other results from this study indicate that word of mouth electronics can also be influenced by trust mediation variables to achieve purchasing decision involvement. The use of social media Instagram does not have a significant influence on the involvement of purchasing decisions if mediated by trust. Understanding the factors that can influence purchasing decision involvement in consumer spending in e-commerce mode in Indonesia can help marketers predict consumer behavior in product or company marketing activities
"
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deni Sundawa
"Pisang Cokelat Cakra atau disingkat Piscok Cakra merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner dengan produk utama pisang cokelat. Piscok Cakra mengembangkan usaha dengan membuka gerai di Kota Bandung setelah sebelumnya mempunyai gerai di Kota Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Gerai di Kota Bandung mengalami masalah yaitu sulit bersaing dan penjualan yang tidak sesuai harapan. Untuk mengatasi masalah tersebut, business coaching pada Piscok Cakra untuk penulisan karya tulis ini setelah dilakukan pemetaan dan analisisi kondisi pada gerai di Kota Bandung berfokus pada Penetrasi pasar melalui peningkatan pelanggan 'dine-in', pengembangan rasa produk Piscok Cakra dan makanan serta minuman lain bagi pelanggan 'dine-in', dan pengembangan promosi melalui media sosial. Setelah dilakukan business coaching, Piscok Cakra mempunyai rancangan gerai dan pemanfaatan lokasi yang lebih efektif, pengembangan rasa produk makanan minuman, dan perencanaan pelaksanaan promosi melalui media sosial akan dilaksanakan dengan menggunakan platform Instagram dan akan dilaksanakan pada saat yang dianggap paling efektif.

Pisang Cokelat Cakra or Piscok Cakra is a culinary business with the main products of Fried Banana with liquid chocolate filling. Piscok Cakra expand the business by opening outlets in the city of Bandung after previously having outlets in the city of Sukabumi and Bogor District. Outlet in Bandung encountered problems that is difficult to compete and below-expectations sales. After the mapping and the analysis of condition, to overcome these problems, business coaching on Piscok Cakra at Bandung outlet focus on market penetration through increased customer at "dine-in" service, the development of Piscok Cakra's product (foods and drinks), and the promotion through social media Having done business coaching, Piscok Cakra have a booth design and more effective utilization of the location, product development, and plan of promotion implementation through social media will be on Instagram platform and will be held at the time considered the most effective.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Nursyaadillah
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh iklan media sosial terhadap niat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui survei dengan total 97 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan regresi linier. Hasil perhitungan data penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara iklan media sosial dengan minat beli sebesar 0,504 atau 50,4%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Instagram media sosial berpengaruh positif terhadap minat beli untuk semua produk yang diiklankan oleh e-commerce pada iklan Instagram, kepada generasi milenial di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

This study aims to examine the effect of social media advertising on purchase intention. This study uses a quantitative approach. The research data was collected through a survey with a total of 97 respondents. The instrument in this study used a questionnaire and data analysis used linear regression. The results of the calculation of research data show that there is a direct influence between social media advertising and purchase intention of 0.504 or 50.4%. The results showed that social media Instagram ads had a positive effect on buying interest for all products advertised by e-commerce on Instagram ads, to the millennial generation in Jakarta, Banten, and West Java."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Putu Eka Evayanti Dewi
"Destination branding dianggap sebagai aspek utama dalam penerapan konsep pemasaran dalam suatu destinasi, terutama saat peluang dalam industri pariwisata meningkat dan bertambahnya berbagai pilihan destinasi wisata. Sebelumnya, telah dibahas mengenai theoretical framework mengenai destination branding menggunakan variabel source credibility, destination image, destination attachment, dan destination satisfaction. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari destination source credibility terhadap destination satisfaction dengan mediasi destination image dan destination attachment. Penelitian ini melibatkan 302 orang responden yang sebelumnya pernah mengunjungi destinasi wisata Malang Raya dan melakukan pencarian informasi menggunakan situs dan/atau aplikasi User Generated Content UGC . Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling SEM . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel destination image memediasi pengaruh destination source credibility terhadap destination attachment. Destination attachment memiliki peran mediasi pada pengaruh destination image terhadap destination satisfaction. Namun, destination attachment tidak memiliki peran mediasi dalam pengaruh destination source credibility terhadap destination.

Destination branding is considered as the main aspect of destination marketing, align with the increasing opportunity in tourism industry and the development in alternative destination choices. Before, the theoretical framework of destination branding already developed, which include destination source credibility, destination image, destination attachment, and destination satisfaction. This quantitative research aims to see the effect of destination source credibility to destination satisfaction with destination image and destination attachment as mediation variable. The study involved 302 respondents who have visited Malang Raya and have done information research using site and or application of User Generated Content UGC . The data was processed using Structural Equation Modeling SEM . The results of this study showed that destination image does mediate the effect of destination source credibility to destination attachment. Destination attachment does mediate the effect of destination image to destination satisfaction, but does not mediate the effect of destination source credibility to destination satisfaction."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S69016
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Nurmalasari
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi saat ini telah membawa dampak pada electronic commerce e-commerce. Shopee merupakan salah satu e-commerce pendatang baru yang berhasil memasuki daftar 5 besar dengan tingkat pertumbuhan yang cepat di Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran konsumen dari Social Commerce Component SCC yang mempengaruhi penilaian kognitif dan afektif serta bagaimana penelitian tersebut menentukan minat beli pelanggan pada situs Shopee. Variabel laten yang digunakan dalam melakukan penelitian ini, diantaranya learning from forums communities, learning from ratings reviews, learning from social recommendations, cognitive appraisal affective appraisal serta purchase intention. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden yang berusia diatas 21 tahun, walaupun belum pernah belanja di Shopee namun pernah berbelanja online selama kurang dari satu minggu terakhir, dan sudah pernah mengunjungi situs Shopee. Desain penelitian ini bersifat konklusif deskriptif dengan metode pengambilan sampel yang dipilih yaitu nonprobability sampling. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan SPSS Statistical Product and Service Solution dan SmartPLS. Hasil penelitian menujukkan bahwa pembelajaran dari forum komunitas tidak berpengaruh terhadap penilaian kognitif maupun afektif. Sedangkan pembelajaran dari ratings reviews memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penilaian kognitif maupun afektif. Adapun pembelajaran dari rekomendasi sosial tidak memiliki hubungan terhadap penilaian kognitif, namun memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap penilaian afektif. Selain itu, hubungan penilaian kognitif dan afektif terhadap minat beli pada situs Shopee menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan.

ABSTRACT
The current technological developments have brought impact on electronic commerce e commerce. Shopee is one of e commerce platform startups and recognized in the top 5 marketplace with an increasing growth rate in Southeast Asia. This study aims to find out the consumer learning of Social Commerce Components SCC that affects the valuations of cognitive and affective and how this study determines the purchase intention of customers on the Shopee website. The latent variables used in this study are Learning from Forums Communities, Learning from Ratings Reviews, Learning from Social Recommendations, Cognitive Appraisal, Affective Appraisal and Purchase Intention. Data is collected by using survey method to the 150 respondents aged over 21 years old who have been shopping online for less than a week either on the Shoppe website or other website and have already visited the Shopee website. The design of this study is conclusive descriptive with selected sampling method is nonprobability sampling. The data is further processed by using SPSS Statistical Product and Service Solution and SmartPLS. The results shows that the Learning from Forums Communties is not related to the both valuations of cognitive and affective. In contrast, the Learning of Ratings Reviews has significantly positif impact on the valuations of cognitive and affective. The Learning of Social Recommendations has no correlation to the cognitive valuation, but has positive and significant correlation to the affective valuation. In addition, the correlation of cognitive and affective valuations on buying interest on the Shopee website shows a positive and significant result."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nafis Hafiyyan Ahmad
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor influencer attributes (attitude homophily, physical attractiveness, social attractiveness) memiliki pengaruh terhadap faktorfaktor perceived characterizations (trustworthiness, perceived expertise, parasocial relationship) dan juga faktor-faktor perceived characterizations (trustworthiness, perceived expertise, parasocial relationship) memiliki pengaruh terhadap intensi konsumen untuk membeli produk perawatan kulit (skincare). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan Google Form sebagai metode pengumpulan data kepada 250 responden di Indonesia yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan seperti mengikuti salah satu influencer di media sosial, aktif. Metode sampling pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling. Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak SmartPLS 3.0. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa faktor influencer attributes (physical attractiveness) memiliki pengaruh terhadap faktor-faktor perceived characterizations )trustworthiness, perceived expertise, parasocial relationship). Namun, untuk faktor influencer attributes/attitude homophily dan social attractiveness) tidak berpengaruh terhadap perceived expertise.

This study aims to analyze the influencer attributes (attitude homophily, physical attractiveness, social attractiveness) that have an influence on the factors perceived characterizations (trustworthiness, perceived expertise, parasocial relationship) as well as the factors perceived characterizations (trustworthiness, perceived expertise, parasocial relationship) has an influence on consumer intentions to buy skin care products (skincare). This study uses descriptive analysis using Google Form as a data collection method to 250 respondents in Indonesia who meet predetermined criteria such as following one of the influencers on social media, being active. The sampling method in this study uses non-probability sampling. Then the data was processed and analyzed using the SmartPLS 3.0 software application. This study resulted in the findings that the influencer attributes (physical attractiveness) have an influence on the factors perceived characterizations (trustworthiness, perceived expertise, parasocial relationship). However, the influencer attributes (attitude homophily and social attractiveness) have no effect on perceived expertise."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadiya Alistika
"Persaingan dalam berbagai industri akan menimbulkan penurunan pangsa pasar, bahkan pada perusahaan yang sudah mature. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan customer engagement. Untuk meningkatkan engagement, perusahaan harus mengetahui target market. Target market dalam penelitian ini adalah generasi milenial. Strategi yang dilakukan untuk menarik generasi tersebut adalah melalui viral marketing campaign.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh viral marketing campaign terhadap customer engagement. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah follower akun Instagram @SehatAQUA. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linear. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh antara viral marketing campaign terhadap customer engagement.

Competition in various industries will lead to a decrease in market share, even in mature companies. One strategy that can be done is to improve customer engagement. To improve engagement, the company must know the target market. Target market in this research is millennial generation. The strategy undertaken to attract the generation is through viral marketing campaign.
This research was conducted to analyze the influence of viral marketing campaign to customer engagement. This study used a quatitative approach, with data collection techniques through questionnaires. The sample in this research is follower of Instagram SehatAQUA account. Data processing technique using linear regression analysis. The result of research is there is influence between viral marketing campaign to customer engagement.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>