Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 90603 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Artie Ahmad
Yogyakarta: Mojok, 2020
899.221 ART s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Rahasia sunyi: Gerakan Lesbian Indonesia"' demikian judul tulisan ini Apakah gerakan yang di maksud oleh penulis? dan mengapa dikatakan sebagai rahasia sunyi"?. Dalam menganalisis perjuangan kaum lesbian di Indonesia, penulis mengacu pada periodisasi waktu dengan mendefinisikan gerakan sebagai serangkaian aksi dan peristiwa yang berjalan dalam satu kurun waktu atau kebijakan (Soukhanov, 1996:1182)....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Devi Damayanti
"Suku Dayak di Pegunungan Borneo atau disebut dengan Dayak Meratus sudah mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu. Meratus, bukan satu-satunya daerah yang berangsur berubah. Bukan karena dirinya sendiri namun karena desakan eksplorasi alam dan berbagai alasan modernitas. Arus globalisasi dengan watak modernisme telah mengepung dan menggempur kehidupan mereka. Tanah dan sumber daya alam, juga hutan tropis, kini nyaris lenyap dicaplok perusahaan kayu, pekebunan sawit, atas nama kapitalisme modal. Gempuran kapitalis dan modernsasi ini menjadikan mereka tercerabut dari akar alam, akar budaya dan identitas jati diri, lekang oleh ketamakan kapitalisme.
Devi Damayanti melalui buku ini memberi potret persoalan yang sudah di alami Meratus. Sebuah studi lapangan yang jeli memotret pelbagai perubahan dan memudarnya identitas jati diri mereka, bahkan martabat mereka pun digerus oleh pelbagai kepentingan kapitalisme. Studi yang cukup komprehensif ini berhasil memberikan gambaran perihal kebudayaan tradisional Meratus mulai dari situasi ekonomi, agama, sistem kekerabatan, bahasa dan sastra lisan, serta masalah-masalah sosial yang berdampak pada kesulitan masyarakat Meratus menanggapi perubahan, dengan semakin pudarnya talitemali adat-istiadat, kegiatan budaya dan maknanya yang tak lagi menjadi role model di kalangan generasi muda. Meratus kini berada di ujung kepunahan. Sebuah entitas kekayaan budaya Indonesia yang kehilangan roh dan spirit kearifan. Pemerintah yang merupakan perpanjangantangan Negara, nyaris tak pernah menjamah dan melindungi mereka. Meratus bagai nyanyi sunyi yang hanya bergaung di belantara pegunungan Borneo, Kalimantan. Tak ada pilihan lain bagi Meratus, mereka harus menolong diri sendiri."
Yogyakarta: Lamalera, 2016
306.409 598 DEV m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Bismar, 1928-2012
"Essay moral politik di Indonesia yang berhubungan dengan nilai-nilai Islam."
Jakarta: Pelangi Cendekia, 2009
297.09 SIR i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rian Rizki Pratama W.
"Jika kita memperhatikan sebuah iklan, baik itu iklan media cetak atau media massa, kita dapat menemukan bahwa di dalam iklan-iklan itu ternyata menggunakan cara yang tidak pernah terpikirkan oleh kita. Seorang pembuat iklan yang mempunyai ide dan kreatifitas yang kuat dapat mengubah kata-kata, kalimat, atau bahkan gambaran visual menjadi media periklanan yang menarik perhatian para konsumen. Fenomena penggunaan bahasa, khususnya verbal dan non-verbal inilah, yang membuat wacana periklanan sangat menarik untuk dikaji dan dianalisis. Untuk mengetahui penggunaan bahasa atau tanda-tanda dalam iklan, ada tiga hal penting yang harus dipahami seperti yang dicetuskan oleh Van Dijk, yaitu superstruktur, struktur mikro dan struktur makro dari wacana iklan tersebut. Tidak lupa juga, didukung oleh struktur pendukung iklan yang diterapkan oleh Geofrey Leech yaitu headline, illustration(s), body copy, signature line (logo), dan standing details.Penulis berpendapat bahwa iklan-iklan media cetak banyak menggunakan kata-kata atau kalimat-kalimat yang mempunyai makna tersirat selain dari makna yang sebenarnya. Pada iklan di televisi dapat juga ditemukan penggunaan cerita, gambaran, dan visual yang membuat iklan itu menarik. Salah satu iklan yang menarik untuk penulis analisis adalah iklan Nike berjudul “Garuda di Dada Kita” yang memiliki unsur verbal dan non verbal yang sangat persuasif bila dibaca. Oleh karena itu penulis memilih iklan Nike sebagai objek dalam analisis wacana ini.

If we see advertisements on mass media or print media, we will see that the advertisement use unordinary style to make people interested on it. An ads creator who has fine ideas and creativity can make catchy words, sentences, and visual contents for the readers. The phenomena of language using in media, especially verbal and non-verbal, is interesting content to examine. According to Van Dijk, there are three important components, which are superstructure, macrostructure, and microstructure, to observe the signs and language using in advertisement. The superstructure theory of Van Dijk is supported by Geofrey Leech theory. In his theory, he thinks that there is supporting structures in advertisement, which are headline, illustration(s), body copy, signature line (logo), and standing details. I assume that advertisements in print media often use words or sentences that have implicit meanings besides its real meaning. The using of storylines, images, and visual contents are found in advertisement on television to attract the audiences. The advertisement of Nike on print media is interesting one to discuss because it has many persuasive verbal and non-verbal elements. In this article, I will examine the advertisement of Nike “Garuda di Dada Kita” as an object of my analysis.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tengku Amir Hamzah, 1911-1946
Jakarta: Dian Rakyat, 1995
899.221 AMI n (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Amir Hamzah
Jakarta : Dian Rakyat, 1985
899.221 AMI n
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Amir Hamzah
Jakarta : Dian Rakyat, 1978
899.221 AMI n
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Brahmanto Anindito
Jakarta: Transmedia, 2012
808.3 BRA r (1);808.3 BRA r (2);808.3 BRA r (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Budhi Setyawan
Jakarta: Tarebooks, 2019
808.81 BUD m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>