Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61998 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rosa Lee
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perkembangan kinerja keuangan sebelum dan sesudah terjadinya pandemi Covid-19 pada perusahaan-perusahaan teknologi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis dilakukan dengan metode uji beda berpasangan dan regresi data panel untuk melihat pengaruh Variabel COVID-19 dan Variabel Kontrol seperti Usia Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Tingkat Leverage Perusahaan terhadap Variabel Kinerja Perusahaan yang dicerminkan oleh nilai Net Profit Margin. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan mean yang signifikan pada kinerja perusahan sebelum dan sesudah terjadinya pandemi COVID-19. Selain itu, secara simultan, variabel COVID-19 dan Variabel kontrol berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan, secara parsial, variabel COVID-19 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja perusahaan teknologi di Bursa Efek Indonesia.

This study aims to analyze the development of financial performance before and after the Covid-19 pandemic in technology-based companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The analysis was carried out using the 2 paired t-test method and panel data regression to see the implication of COVID-19 Variable and Control Variables such as Company Age, Company Size, Company Growth and Company Leverage Level on Company Performance Variable as reflected by the Net Profit Margin value. The results of the analysis show that there is no significant difference in the company's performance >before and after the COVID-19 pandemic. In addition, simultaneously, the COVID-19 variable and the control variables have a significant effect on company performance. Meanwhile, partially, the COVID-19 variable has no significant effect on the performance of technology companies on the Indonesia Stock Exchange."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Trias Andriyanto
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan korporasi dan fundamental makroekonomi terhadap return saham dalam sektor infrastruktur dan telekomunikasi selama pandemi COVID-19. Pandemi ini telah memberikan tekanan signifikan terhadap sektor-sektor ini, yang menghadapi tantangan dalam menjaga kinerja keuangan dan menghadapi perubahan kondisi ekonomi yang tidak pasti. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menganalisis data keuangan perusahaan infrastruktur dan telekomunikasi yang terdaftar di bursa saham Indonesia. Data diperoleh dari laporan keuangan perusahaan dan data makroekonomi terkait selama periode pandemi COVID-19. Analisis regresi digunakan untuk menguji hubungan antara kinerja keuangan korporasi, fundamental makroekonomi, dan return saham. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan korporasi, tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Selain itu, fundamental makroekonomi, seperti suku bunga (BI rate) dan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB), menunjukan pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Perubahan suku bunga dapat mempengaruhi sentimen investor, sementara pertumbuhan PDB yang kuat dapat mendorong kinerja saham perusahaan infrastruktur dan telekomunikasi.

This study aims to analyze the effect of corporate financial performance and macroeconomic fundamentals on stock returns in the infrastructure and telecommunications sectors during the COVID-19 pandemic. The pandemic has put significant pressure on these sectors, which face challenges in maintaining financial performance and facing changing uncertain economic conditions. This research method uses a quantitative approach by analyzing financial, corporate, infrastructure, and telecommunications data listed on the Indonesian stock exchange. Data is obtained from the company's financial statements and related macroeconomic data during the COVID-19 pandemic period. Regression analysis is used to examine the relationship between a corporation's financial performance, macroeconomic fundamentals, and stock returns. The results of this study show that the financial performance of the corporation does not have a positive and significant influence on stock returns. In addition, macroeconomic fundamentals, such as interest rates (BI rate) and gross domestic product (GDP) growth, have a positive and significant influence on stock returns. Changes in interest rates can affect investor sentiment, while strong GDP growth can boost the performance of shares of infrastructure and telecommunications companies."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pande Putu Khrisna Ariyudha
"Setelah pandemi Covid-19, orientasi terhadap keberlanjutan menjadi semakin penting untuk memastikan kelangsungan dan pertumbuhan perusahaan. Apakah kriteria lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) memengaruhi risiko dan tingkat pengembalian portofolio investasi adalah pertanyaan yang semakin sering diperdebatkan. Artikel-artikel terbaru dalam penelitian keuangan menunjukkan bahwa saham-saham dari perusahaan berkinerja ESG baik memiliki kinerja yang relatif lebih baik selama periode krisis sehingga ESG diklaim berfungsi sebagai "equity vaccine" bagi para investor. Studi ini menyelidiki dampak kinerja ESG dan fleksibilitas finansial terhadap kinerja saham perusahaan. Peneliti menguji hipotesis dalam ruang lingkup ASEAN-5 dengan cara menilai hubungan antara ESG dan fleksibilitas finansial terhadap resiliensi korporasi dalam proksi kecepatan pemulihan harga saham selama krisis Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dengan data cross section. Dalam sampel 142 perusahaan yang memiliki nilai ESG di 5 negara yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Singapura, peneliti menemukan bahwa perusahaan dengan peringkat ESG yang tinggi mampu memulihkan harga saham lebih cepat selama masa krisis. Peneliti juga mendokumentasikan bahwa tingkat aset likuid yang lebih tinggi pada periode pra-Covid tidak dapat membantu perusahaan untuk menyerap eksternalitas Covid-19 lebih baik dibanding perusahaan lain. Temuan ini berkontribusi pada perdebatan teoritis dan empiris tentang peran kinerja ESG dan fleksibilitas finansial sebagai sumber ketahanan perusahaan terhadap guncangan yang tidak terduga.

Following the Covid-19 outbreak, orientation toward sustainability is critical in ensuring firm survival and growth. Whether incorporating environmental, social, and corporate governance (ESG) criteria affects the risk and return of investment portfolios is a much-debated question. Recent articles in financial research suggest that the stocks of substantial ESG firms may perform relatively well during crisis periods and thus serve as an "equity vaccine" for investors. This study investigates ESG ratings and financial flexibility's impact on the companies' stock performance. We test these hypotheses in the ASEAN-5 setting by assessing the relation between ESG and financial flexibility to stock price resilience in terms of time to recovery during the Covid-19 crisis. The method used in this study is a cross-sectional data regression analysis. In a sample of 142 stocks in 5 countries consisting of Indonesia, Malaysia, Thailand, Philippines, and Singapore, we find that firms with higher ESG ratings had a better stock market performance during Covid-19 pandemic. They tend to recover faster to achieve their lowest price before 2020. We also document that higher levels of liquid assets in the pre-Covid period can not help firm to perform and absorb the Covid-19 externalities better than other firms. These findings contribute to the theoretical and empirical debate on the role of sustainability and financial flexibility as a source of corporate resilience to unexpected shocks."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pelawi, Elsha Giovanni Ekania
"Pandemi COVID-19 yang melanda dunia mendorong pemerintah untuk melakukan berbagai kebijakan sebagai upaya untuk memperlambat laju penyebaran virus. Di Indonesia, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak April 2020 dilakukan dengan menerapkan pembatasan jarak sosial dan pembatasan waktu operasional pada tempat publik. Kendati memiliki tujuan yang baik, kebijakan ini berdampak buruk bagi pelaku usaha, dilihat dari menurunnya pendapatan di berbagai sektor yang berdampak negatif pula bagi perekonomian nasional. Salah satu sektor usaha yang terdampak ialah industri perbankan, yang mempunyai peranan penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi sektor usaha lainnya, terutama dalam memberikan kelonggaran kredit bagi pelaku usaha yang gagal membayar pinjamannya tepat waktu akibat pandemi. Meningkatnya jumlah nasabah yang mengalami gagal bayar juga mengakibatkan penurunan pada pendapatan dan performa rasio perbankan lainnya. Hal ini mendorong pihak pemerintah untuk melakukan intervensi dalam bentuk dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Penelitian ini berupaya untuk mempelajari fenomena tersebut pada salah satu bank pemerintah yaitu Bank X dengan fokus utama kredit pada segmen korporasi menggunakan metode sistem dinamis. Dua indikator utama yang dijadikan bahan penilaian dampak ialah rasio Non-Performing Loan (NPL) dan Capital Adequacy Ratio (CAR). Keluaran dari penelitian ini berupa evaluasi terhadap dampak pandemi COVID-19 untuk mengetahui seberapa efektif dampak intervensi yang dilakukan pemerintah dalam bentuk dana PEN terhadap indikator kredit korporasi.

The COVID-19 pandemic hits the world and prompted governments to carry out various policies in an effort to slow down the spread of the virus. In Indonesia, the implementation of Large-Scale Social Restrictions since April 2020 has been carried out by implementing social distancing restrictions and operating time restrictions in public places. Despite having good intentions, this policy has a negative impact on business actors, seen from the decline in income for various sectors, which also has a negative impact on the national economy. One of the affected business sectors is the banking industry, which has an important role in helping the economic growth of other business sectors, especially in providing credit concessions for business actors who fail to pay their loans on time due to the pandemic. The increasing number of customers experiencing default also resulted in a decrease in income and the performance of other banking ratios. This prompted the government to intervene in the form of granting Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) fund. This study attempts to study this phenomenon at one of the state-owned banks, namely Bank X, with the main focus of credit on the corporate segment using dynamic system method. The two main indicators used as material for the impact assessment are Non-Performing Loan (NPL) ratio and Capital Adequacy Ratio (CAR). The output of this research is an evaluation of the impact of the COVID-19 pandemic to find out how effective the government's intervention in the form of PEN funds is on corporate credit indicators."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Alief Rizal Romadhoni
"Investor baru yang signifikan tentunya akan berdampak pada perilaku pasar secara umum dalam bereaksi terhadap suatu pengumuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris reaksi pasar terhadap aksi korporasi sebelum dan selama pandemi COVID-19 di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode event study dengan event window selama 31 hari (-15, 0, +15) yang dilakukan terhadap 1081 aksi korporasi yang terdiri dari aksi korporasi untuk pembagian dividen, rights issue, dan stock split. Penulis menemukan perbedaan yang signifikan dalam reaksi pasar terhadap dividen dan rights issue. Pada periode pandemi, pergerakan CAAR signifikan terjadi sebelum pengumuman resmi aksi korporasi yang menunjukkan adanya indikasi kebocoran informasi pada sekelompok investor. Hasil analisis regresi menggunakan OLS menemukan bahwa pergerakan cumulative abnormal trading volume pada -1 hingga +1 hari setelah pengumuman dan masa pandemi berpengaruh positif secara signifikan terhadap dalam pengumuman dividen dan right issue. Berbeda dengan dua aksi korporasi lainnya, tidak terdapat perbedaan perilaku abnormal return yang signifikan pada pengumuman stock split.

The Covid-19 Pandemic period that began in 2020 caused the economy in various parts of the world significantly, especially in the capital market sector in Indonesia, which fell by 38.24% from January 2020 to March 2020. During the crisis period, the number of new investors on the Stock Exchange increased. Indonesia reached 56.21% in 2020 and 92.99% in 2021. The significant number of new investors will certainly have an impact on the general market behavior in reacting to an announcement. This study aims to empirically examine the market reaction to corporate actions before and during the COVID-19 pandemic on the Indonesia Stock Exchange. This study uses the event study method with an event window for 31 days (-15, 0, +15) which was conducted on 1081 corporate actions consisting of corporate actions for dividend distribution, rights issue, and stock split. The author finds significant differences in market reactions to dividends and rights issues. During the pandemic period, significant CAAR moves occurred prior to the official announcement of corporate actions indicating a lack of information among a group of investors. The results of the analysis using OLS found that cumulative abnormal trading volume during -1 up to +1 after announcement day and the pandemic period have a significant positive effect on in dividend announcements and rights issues. In contrast to other corporate actions, there is no significant difference in abnormal return behavior in stock split announcements. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yessy Marcella
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak perusahaan yang termasuk dalam indeks syariah terhadap struktur modal perusahaan. Pengukuran tingkat leverage menggunakan proksi debt to equity ratio (DER), dan jangka waktu utang dengan proksi short term debt (STD). Kemudian dilihat pengaruhnya pada kinerja perusahaan dengan proksi return on equity (ROE), dan market to book ratio (MBR). Penelitian ini menggunakan data 640 perusahaan non finansial yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Bursa Malaysia dengan priode tahun 2011 hingga 2014. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel melalui metode OLS Pooled dengan Generalized Least Square (GLS). Penelitian menghasilkan dua kesimpulan yang pertama, jenis perusahaan berbasis syariah merupakan faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan struktur modal perusahaan yang kedua pada akhirnya faktor determinan struktur modal ini juga mempengaruhi kinerja perusahaan.

ABSTRACT
The purpose of this study to examine the impact of the companies include in the index shariah on firm capital structure. Measuring the level of leverage using proxy debt to equity ratio (DER), and short-term debt (STD). Then see the effect on the performance of companies with proxy return on equity (ROE), and market-to-book ratio (MBR). This study uses data 640 non-financial companies listed on the Indonesian Stock Exchange (BEI) and Bursa Malaysia from 2011 to 2014. The regression model in this research is panel data and Pooled OLS method with Generalized Least Square (GLS). There are two conclusions first, of sharia-based company is a factor that can influence the selection of the company's capital structure at the end of this capital structure determinant factors also affect the firm performance;The purpose of this study to examine the impact of the companies include in the index shariah on firm capital structure. Measuring the level of leverage using proxy debt to equity ratio (DER), and short-term debt (STD). Then see the effect on the performance of companies with proxy return on equity (ROE), and market-to-book ratio (MBR). This study uses data 640 non-financial companies listed on the Indonesian Stock Exchange (BEI) and Bursa Malaysia from 2011 to 2014. The regression model in this research is panel data and Pooled OLS method with Generalized Least Square (GLS). There are two conclusions first, of sharia-based company is a factor that can influence the selection of the company's capital structure at the end of this capital structure determinant factors also affect the firm performance, The purpose of this study to examine the impact of the companies include in the index shariah on firm capital structure. Measuring the level of leverage using proxy debt to equity ratio (DER), and short-term debt (STD). Then see the effect on the performance of companies with proxy return on equity (ROE), and market-to-book ratio (MBR). This study uses data 640 non-financial companies listed on the Indonesian Stock Exchange (BEI) and Bursa Malaysia from 2011 to 2014. The regression model in this research is panel data and Pooled OLS method with Generalized Least Square (GLS). There are two conclusions first, of sharia-based company is a factor that can influence the selection of the company's capital structure at the end of this capital structure determinant factors also affect the firm performance]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miharni Tjokrosaputro
"Maksud utama penelitian ini untuk meneliti etika pemasaran sebagai moderasi terhadap hubungan antara CSR, reputasi perusahaan dan implikasinya pada kinerja pemasaran perusahaan. Kinerja pemasaran diukur melalui kepuasan dan loyalitas pelanggan. Ranah penelitian ini termasuk dalam teori pemasaran sosial, dimana teori pertukaran sosial menjadi fondasinya. Selain itu, Resource based Theory digunakan untuk memperkuat penelitian ini guna menjelaskan kinerja pemasaran. Kesenjangan yang hendak dipecahkan adalah inkonsistensi pada sikap konsumen terhadap etika pemasaran dan CSR, inkonklusif pada hubungan CSR dan reputasi perusahaan, serta hubungan antara CSR dan kinerja pemasaran.
Adapun tujuan penelitian ini adalah menjawab pertanyaan penelitian sebagai berikut:
1. Apakah keyakinan konsumen terhadap CSR mempengaruhi reputasi perusahaan ?
2. Apakah reputasi perusahaan memediasi kaitan antara keyakinan konsumen terhadap CSR dan kinerja pemasaran perusahaan?
3. Apakah etika pemasaran memoderasi interaksi keyakinan konsumen terhadap CSR dan reputasi perusahaan?
4. Apakah etika pemasaran memoderasi interaksi reputasi dan kinerja pemasaran perusahaan?
5. Apakah keyakinan konsumen terhadap CSR mempengaruhi kinerja pemasaran perusahaan ?
Subyek penelitian ini adalah konsumen dari industri produk konsumen yang terdiri dari PT. Unilever Indonesia, Tbk., PT. Loreal Indonesia, PT. Procter and Gamble Indonesia, PT. Lion Wings Indonesia, dan PT. Kao Indonesia Chemicals. Penelitian berupa survei pada konsumen akhir dengan menggunakan metode analisis SEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keyakinan konsumen terhadap CSR mempengaruhi reputasi perusahaan, etika pemasaran memoderasi interaksi keyakinan konsumen terhadap CSR dan reputasi perusahaan dengan pengaruh yang lebih besar pada kelompok dengan skor persepsi etika pemasaran dibawah rata-rata, dan persepsi konsumen terhadap etika pemasaran memoderasi interaksi reputasi dan kinerja pemasaran perusahaan terutama pada loyalitas pelanggan. Temuan ini menunjukkan bahwa etika pemasaran sebagai isu etis dapat mendorong peran CSR menjadi sumberdaya nirwujud yang memberi nilai strategis bagi perusahaan dengan membentuk reputasi sebagai aset perusahaan berbasis pasar (Market-based assets), yang akhirnya memberi pengaruh pada kinerja pemasaran perusahaan, dalam hal ini berupa kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa efek moderasi etika pemasaran menguat pada kelompok dengan skor etika pemasaran dibawah rata-rata dibandingkan pada kelompok diatas rata-rata. Hal ini karena penelitian dilakukan pada produk konsumen yang memiliki harga relative murah dan perbedaan konteks penelitian karena penelitian sebelumnya tidak diadakan di Indonesia.
Kontribusi teoritis yang dicapai adalah sumbangan berupa pendalaman dan perluasan terhadap teori pertukaran sosial. Pendalaman terhadap teori pertukaran sosial berupa penggunaan persepsi konsumen terhadap etika pemasaran dan perluasan teori berupa pengukuran kinerja pemasaran. Sedangkan kontribusi dari konteks penelitian yang dilakukan berupa sumbangan pada penerapan pemasaran sosial dalam konteks bisnis di Indonesia.

The main purpose of this research is to study marketing ethics as moderator between CSR, firm’s reputation, and marketing performance. Marketing performance measured by consumer satisfaction and loyalty. The territory this research is social marketing theory and social exchange theory as the basis theory. In addition, Resource-based Theory is used to strengthen the research in order to explain the marketing performance. The lack of previous researches to be filled is the inconsistence relationship between marketing ethics and CSR upon the customer’s attitude, inconclusivity on the relationship of CSR and firm’s reputation, also the relationship between CSR and marketing performance.
The purpose of this research is to answer the research questions, which are:
1. How CSR beliefs affect firms’s reputations?
2. How firm’s reputation mediates CSR and firm’s marketing performance.
3. How marketing ethics moderates the relationship between CSR and firm’s reputation?
4. To show the moderation effect of marketing ethics in the relationship between firm’s reputation and firm’s marketing performance.
5. To show the influence of CSR to the firm’s marketing performance.
The subjects of this study were consumers of PT. Unilever Indonesia, Tbk., PT. L’Oreal Indonesia, PT. Procter and Gamble Indonesia, PT. Lion Wings Indonesia, and PT. Kao Indonesia Chemicals. This research utilizes survey method to collect data and were analyzed with SEM.
The results showed that consumer beliefs in CSR affect company reputation, marketing ethics moderate the relationship between consumer beliefs of CSR and firm’s reputation with a greater influence in the group with perception of marketing ethics score is below average, and marketing ethics moderate interaction between firm’s reputation and marketing performance especially in consumer loyalty. These findings suggest that marketing ethics can enhance the role of CSR as intangible resource that provides strategic value to the firm by establishing a reputation as market-based assets, which finally contributes on marketing performance, in this case a satisfaction and customer loyalty.
Furthermore, this study found that the moderating effects of marketing ethics is higher in below-average scores group than the above-average group. This phenomenon happened because this research conducted on consumer products that have a relatively low price and the difference in the context of the study, by which previous studies have not held in Indonesia.
Theoretical contribution of this research is ??in the form of deepening and widening to social exchange theory. The deepening of social exchange theory in the form of the use of consumer perceptions of marketing ethics and the expansion of the theory purports to measure marketing performance. Whilst the context contribution of the research was based on the contribution on the application of social marketing in the context of business in Indonesia
"
Depok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2014
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tommy Rahadian Setiaji
"PT. Dirgantara Indonesia merupakan industri kedirgantaraan terbesar di Indonesia sekaligus Perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara yang dikembangkan sejak zaman Orde Baru dan berganti nama menjadi PT.DI yang berkecimpung dalam industri penerbangan. Peneliti mencoba berfokus pada aspek dampak dari Covid-19 terhadap kinerja perusahaan PT. DI guna mencari tahu celah kelemahan serta dapat menjadi acuan peneliti dalam menganalisis terkait perumusan kebijakan yang dilakukan oleh jajaran direksi PT. DI dalam menghadapi pandemi Covid-19 terkait produksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data terdiri dari primer dan sekunder, data primer diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui hasil kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang terjadi pada produksi selama pandemi Covid-19. pesawat pada PT. DI dan terkait kebijakan apa yang diambil oleh PT. DI dalam mengurangi dampak dari COVID-19 terhadap kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dari penelitian ini menunjukakan bahwa dampak pandemi bagi produksi di PT. DI mengalami penghambatan di sektor produksi dan distribusi, maupun pemasaran yang tidak berjalan akibat pandemi Covid-19, dan juga terjadi penurunan penjualan sehingga mengurangi pendapatan, dan kurang permodalan.

PT. Dirgantara Indonesia is the largest aerospace industry in Indonesia as well as a company from a State-Owned Enterprise which was developed since the New Order era and changed its name to PT.DI which is involved in the aviation industry. Researchers try to focus on aspects of the impact of Covid-19 on the performance of the PT. DI company in order to find out the weaknesses and can be used as a reference for researchers in analyzing the policy formulation carried out by the PT. DI board of directors in dealing with the Covid-19 pandemic related to production. This study used descriptive qualitative method. For data collection consists of primary and secondary, primary data obtained by means of observation, interviews and documentation. While secondary data obtained through the results of the literature. This study aims to determine the impact that occurs on production during the Covid-19 pandemic. aircraft at PT. DI and related to what policies were taken by PT. DI in reducing the impact of COVID-19 on company performance. Based on the results obtained from this study, it shows that the impact of the pandemic on production at PT. DI experienced bottlenecks in the production and distribution sectors, as well as marketing that did not work due to the Covid-19 pandemic, and there was also a decline in sales resulting in reduced income and lack of capital."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Renata Manik
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh masing-masing dimensi ESG (lingkungan, sosial, dan tata kelola) dengan metode analisis konten terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan variabel moderasi keragaman dewan dan COVID-19. Menggunakan dataset panel dengan sampel 39 perusahaan nonfinansial yang terdaftar dalam ESGSKEHATI selama periode 2017 sampai 2021, didapatkan bahwa dimensi ESG secara parsial dan simultan tidak memengaruhi kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan dengan ROA dan Tobin’s Q. Hal ini dapat dijelaskan dengan fenomena greenwashing yang dapat menjadi dasar keputusan para pemegang saham. Selain itu ditemukan bahwa keragaman gender dewan mampu memperkuat pengaruh positif dimensi sosial terhadap ROA maupun nilai pasar. Ditemukan juga  bahwa COVID-19 mampu memperlemah pengaruh negatif dimensi tata kelola terhadap nilai pasar perusahaan. Para pemangku kepentingan perlu menyadari dampak potensial dari keterbukaan masing-masing dimensi ESG serta keuntungan memiliki keragaman dewan.

The purpose of this study is to evaluate impact of each ESG dimension (environmental, social, and governance) using content analysis method to corporate financial performance (CFP) using board diversity and COVID-19 as moderating variables. Using panel data set consisting of sample of 39 nonfinancial companies listed in ESGSKEHATI during the period 2017 – 2021, it is found that ESG dimension partially and simultaneously has no impact on CFP proxied by ROA and Tobin’s Q. This finding can be explained by greenwashing behavior theory. Beside that, it is found that positive impact of social dimension to ROA as well as Tobin’s Q strengthens through moderating role of board gender diversity. COVID-19 is also found to weaken negative impact of governance dimension to firm market value. Stakeholders need to be aware of potential impact of each ESG dimension and benefits of having board diversity."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Hamdita
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari pemanfaatan kebijakan insentif pajak yang diberikan oleh pemerintah terhadap manajemen laba perusahaan selama masa pandemi Covid-19. Wabah virus corona menyebabkan ketidakstabilan perekonomian dunia termasuk negara Indonesia, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan insentif pajak untuk meringankan beban pajak perusahaan. Namun, di sisi lain dengan adanya kebijakan tersebut menimbulkan sikap oportunis manajer untuk melakukan manajemen laba agar perusahaan dapat memangkas beban pajak yang harus dibayar. Manajer akan mengatur jumlah laba yang dilaporkan agar beban pajak yang dibayarkan tidak memberatkan perusahaan. Tindakan manajemen laba tersebut dipengaruhi oleh insentif pajak.

The research was conducted to see how the influence of the utilization of tax incentive schemes given by a government against a company profit during the Covid-19 pandemics. The coronavirus outbreak caused instability in the world economy including Indonesia, so the government issued a tax incentive policy to ease the corporate tax burden. However, on the other hand, the policy gives rise to the opportunist attitude of managers to conduct profit management so that the company can cut the tax burden to be paid. The manager will set the reported profit amount so that the tax expense paid does not burden the company. Such profit management actions are influenced by tax incentives."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indinesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>