Ditemukan 90304 dokumen yang sesuai dengan query
Maharani Dwi Prawida
"Dalam mengekspreiskan identitas, orientasi seksual, dan gaya hidup dapat diwujudkan melalui salah satu kesenian, yaitu mode. Selain itu, mode juga dapat memproyeksikan pesan-pesan tertentu, contohnya melalui media sosial. Media sosial memiliki daya tarik yang tinggi serta kekuatan yang mampu menarik isu-isu tertentu ke dalam masyarakat, misalnya ketidakpekaan budaya, ras, politik, dan sebagainya. Salah satu contohnya adalah platform Instagram yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk bertukar informasi atau pun menyebarkan suatu wacana, salah satunya isu politik yang terus berkembang dan seringkali didukung oleh acara- acara tertentu seperti Berlin Fashion Week. Tema yang diangkat dalam Berlin Fashion Week 2023 adalah isu fashion-political statement terhadap Ukraina yang baru saja diinvasi oleh Rusia. Sebagai pemilik identitas pusat mode masa depan, Berlin tentunya ikut andil dalam merepresentasikan pernyataan mengenai isu teraktual publik. Dengan demikian, penelitian ini akan membahas bagaimana keterkaitan Instagram Berlin Fashion Week 2023 dalam perspektif anti-perang invasi Rusia terhadap Ukraina yang dianalisis dengan teori representasi oleh Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya representasi sikap anti-perang pada rangkaian fashion show Ukraina melalui Berlin Fashion Week 2023.
In expressing identity, sexual orientation, and lifestyle can be realized through one of the arts, namely fashion. Apart from that, fashion can also project certain messages, for example through social media. Social media has high appeal and power that is able to attract certain issues into society, for example cultural insensitivity, racial, political, and so on. One example is the Instagram platform which is widely used by the public to exchange information or spread a discourse, one of which is a political issue which continues to develop and is often supported by certain events such as Berlin Fashion Week. The theme raised at Berlin Fashion Week 2023 is the issue of fashion-political statements against Ukraine which was recently invaded by Russia. As the owner of the identity of the future fashion center, Berlin certainly takes part in representing statements regarding the public's current issues. Thus, this study will discuss how Instagram Berlin Fashion Week 2023 is related to the anti-war perspective of the Russian invasion of Ukraine which is analyzed with representation theory by Stuart Hall. The results of the study show that there is a representation of anti-war attitudes in a series of Ukrainian fashion shows through Berlin Fashion Week 2023."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Imamatul Silfia
"Tesis ini mengkaji praktik konsumsi budaya fesyen serta pemaknaan terhadap konten TikTok pada fenomena Citayam Fashion Week. Para sarjana mengkaji konsumsi budaya sebagai faktor yang melahirkan hierarki kelas sosial berbasis modal budaya atau selera, termasuk konsumsi budaya fesyen. Hierarki pada praktik konsumsi budaya fesyen menempatkan kelas pekerja pada posisi inferior secara artistik dibandingkan dengan kelas elite. Selera fesyen kelas pekerja dianggap bersifat terbatas secara ekonomi dan mereka hanya meniru selera kelas dominan. Anggapan ini membuat apropriasi budaya fesyen kelas pekerja dianggap sebagai sesuai yang asing dan subordinat. Tesis ini meneliti tren fenomena Citayam Fashion Week yang populer melalui media sosial TikTok. Partisipan Citayam Fashion Week yang diteliti dalam tesis ini berasal dari kalangan kelas pekerja. Untuk itu, studi ini menganalisis praktik konsumsi budaya fesyen partisipan Citayam Fashion Week serta bagaimana pemaknaan mereka terhadap tren konten TikTok guna memahami fenomena dari sisi internal partisipan. Studi ini menunjukkan partisipan Citayam Fashion Week mengonsumsi budaya fesyen dengan cara yang spesifik, yakni dengan konsumsi aktif yang mengeksplorasi mode fesyen, konsumsi pragmatis, dan konsumsi pasif. Sementara itu, partisipan juga memiliki posisi pemaknaan yang khusus terhadap konten TikTok. Dari hasil temuan, penelitian menyimpulkan adanya hierarki sosial pada fenomena Citayam Fashion Week melalui praktik konsumsi budaya fesyen dan tren konten TikTok. Apropriasi fesyen partisipan Citayam Fashion Week diperlakukan sebagai suatu hal yang abnormal dan representasi serta identitas mereka ditentukan oleh kelompok dominan. Temuan ini menunjukkan konsumsi budaya fesyen dan tren konten TikTok tentang Citayam Fashion Week melanggengkan kendali posisi kelas dan ekonomi oleh kelompok dominan.
This thesis examines the consumption practices of fashion culture and the meaning of TikTok content in the Citayam Fashion Week phenomenon. Scholars have studied cultural consumption as a factor that creates social class hierarchies based on cultural capital or tastes, including the consumption of fashion culture. Hierarchy in the practice of cultural consumption of fashion places the working class in an artistically inferior position compared to the elite class. The fashion tastes of the working class are considered to be economically limited and they primarily imitate the tastes of the dominant class. This assumption considers the cultural appropriation of working-class fashion as foreign and subordinate. Following this assumption, this thesis studies the the trend of the Citayam Fashion Week phenomenon which is popular through social media TikTok. It researches Citayam Fashion Week participants who come from the working class. For this reason, this study analyzes the consumption practices of Citayam Fashion Week participants' fashion culture and how they interpret the trend of TikTok content in order to understand the phenomenon from the participants’s side. This study shows that Citayam Fashion Week participants consume fashion culture in distinctive ways, namely by exploring fashion, pragmatic consumption, and passive consumption. Meanwhile, participants also have specific interpretations of TikTok content. From the findings, the study concluded that there is a social hierarchy in the Citayam Fashion Week phenomenon through the practice of consuming fashion culture and TikTok content trends. The fashion appropriation of Citayam Fashion Week participants is treated as something foreign and their representation and identity are determined by the dominant group. These findings show that consumption of fashion culture and TikTok content trends regarding Citayam Fashion Week perpetuate control of the class and economic positions by the dominant group."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yoelia Maretta Pratiwi
"Dua teks artikel VOGUE Germany berjudul Frankfurt Fashion Week: Drei wichtige Looks – und was sie für den neuen Modestandort bedeuten (Frankfurt Fashion Week: Tiga penampilan yang penting – dan apa artinya untuk lokasi fashion show baru) dan Berlin Fashion Week 2023: 7 bewegende und modische Momente der deutschen Modewoche (Berlin Fashion Week: 7 momen yang emosional dan modis di pekan mode Jerman) diduga memiliki relasi antarteksnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan intertekstualitas yang terjadi pada kedua teks tersebut meliputi persamaan, perbedaan, dan hipogram yang terdapat dalam teks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif kajian intertekstualitas oleh Julia Kristeva (1980) dan analisis teks linguistik oleh Klaus Brinker (1988). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua teks memiliki tema yang sama, urutan kata yang sama, pola kalimat yang mirip, sudut pandang orang yang sama, adanya persamaan kalimat, perujukan, dan jenis teks yang sama. Perbedaan pada kedua teks terletak pada latar, perbedaan urgensi unggahan, penggunaan kalimat, dan kuantitas teks. Teks 1 merupakan hipogram untuk teks 2. Kedua teks juga dapat dipengaruhi teks lain sehingga kedua teks dapat menjadi landasan penelitian selanjutnya yang lebih luas dan memperluas analisis intertekstualitas serta melihat keterhubungan yang lebih kompleks.
Two VOGUE Germany articles titled Frankfurt Fashion Week: Drei wichtige Looks – und was sie für den neuen Modestandort bedeuten (Frankfurt Fashion Week: Three important looks – and what they mean for the new fashion show location) and Berlin Fashion Week 2023: 7 bewegende und modische Momente der deutschen Modewoche (Berlin Fashion Week 2023: 7 touching and stylish moments of the German fashion week) are suspected to have intertextual relations. This research explores the intertextuality that occurs in these two texts, including similarities, differences, and the hypogram within the texts. The research adopts a descriptive qualitative research method with a focus on intertextuality from Julia Kristeva and linguistic text analysis from Klaus Brinker. Both texts share the same theme, word order, similar sentence patterns, the same first-person perspective, and exhibit similarities in sentences, references, and text type. The differences between the two texts lie in the background, posting urgency, sentence usage, and quantity of text. Text 1 serves as a hypogram for Text 2. Both texts can also be influenced by other texts, allowing them to serve as a foundation for further research that is broader in scope, expanding intertextual analysis and examining more complex interconnections."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Yoelia Maretta Pratiwi
"Dua teks artikel VOGUE Germany berjudul Frankfurt Fashion Week: Drei wichtige Looks – und was sie für den neuen Modestandort bedeuten (Frankfurt Fashion Week: Tiga penampilan yang penting – dan apa artinya untuk lokasi fashion show baru) dan Berlin Fashion Week 2023: 7 bewegende und modische Momente der deutschen Modewoche (Berlin Fashion Week: 7 momen yang emosional dan modis di pekan mode Jerman) diduga memiliki relasi antarteksnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan intertekstualitas yang terjadi pada kedua teks tersebut meliputi persamaan, perbedaan, dan hipogram yang terdapat dalam teks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif kajian intertekstualitas oleh Julia Kristeva (1980) dan analisis teks linguistik oleh Klaus Brinker (1988). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua teks memiliki tema yang sama, urutan kata yang sama, pola kalimat yang mirip, sudut pandang orang yang sama, adanya persamaan kalimat, perujukan, dan jenis teks yang sama. Perbedaan pada kedua teks terletak pada latar, perbedaan urgensi unggahan, penggunaan kalimat, dan kuantitas teks. Teks 1 merupakan hipogram untuk teks 2. Kedua teks juga dapat dipengaruhi teks lain sehingga kedua teks dapat menjadi landasan penelitian selanjutnya yang lebih luas dan memperluas analisis intertekstualitas serta melihat keterhubungan yang lebih kompleks.
Two VOGUE Germany articles titled Frankfurt Fashion Week: Drei wichtige Looks – und was sie für den neuen Modestandort bedeuten (Frankfurt Fashion Week: Three important looks – and what they mean for the new fashion show location) and Berlin Fashion Week 2023: 7 bewegende und modische Momente der deutschen Modewoche (Berlin Fashion Week 2023: 7 touching and stylish moments of the German fashion week) are suspected to have intertextual relations. This research explores the intertextuality that occurs in these two texts, including similarities, differences, and the hypogram within the texts. The research adopts a descriptive qualitative research method with a focus on intertextuality from Julia Kristeva and linguistic text analysis from Klaus Brinker. Both texts share the same theme, word order, similar sentence patterns, the same first-person perspective, and exhibit similarities in sentences, references, and text type. The differences between the two texts lie in the background, posting urgency, sentence usage, and quantity of text. Text 1 serves as a hypogram for Text 2. Both texts can also be influenced by other texts, allowing them to serve as a foundation for further research that is broader in scope, expanding intertextual analysis and examining more complex interconnections."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Hasibua, Primania Putri
"
ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk menggambarkan pengaruh Sources of fashion knowledge, Dressing style, Fashion motivation dan Fashion uniqueness terhadap Fashion consciousness pada Hijab fashion consumption melalui online shop di wilayah Indonesia yang direplikasi dari penelitian Hassan Harrun 2016 . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, self-administered survey, menggunakan teknik purposive sampling dengan total responden sebanyak 200 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Sources of fashion knowledge, Dressing style, Fashion motivation dan Fashion uniqueness memiliki pengaruh terhadap Fashion consciousness dan secara tidak langsung mempengaruhi Hijab fashion consumption.
ABSTRACTThis research is conducted to describe the influences of Sources of fashion knowledge, Dressing style, Fashion motivation and Fashion uniqueness through Fashion consciousness in Hijab fashion consumption through online shop in Indonesia, which is replicated from the previous reseach by Hassan Harrun 2016 . The research is a descriptive research, self administered survey, purposive sampling technique with total 200 respondents. The results show that Sources of fashion knowledge, Dressing style, Fashion motivation and Fashion uniqueness positively influence Fashion consciousness indirectly influences Hijab fashion consumption."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Annisaa Aprilia Puspitasari
"Suatu ruang sosial terbentuk karena adanya tindakan sosial secara individual maupun beramai-ramai. Tindakan sosial ini kemudian berkontribusi dalam pemberian makna pada suatu ruang spasial dengan konteks penghidupan dan pemberian warna pada ruang dengan aktivitasnya. Produksi ruang merupakan sebuah ruang sebagai produk sosial yang kompleks melalui persepsi lingkungan yang dibangun atas dasar jaringan dengan berbagai aktivitas sosial seperti hidup secara pribadi, pekerjaan, dan waktu yang luang (Lefebvre, 1991). Third place atau ruang ketiga dimanfaatkan sebagai tempat untuk melepaskan stres, membuang rasa penat, atau mengalihkan pikiran-pikiran agar mental dan fisik terasa lebih segar dari sebelumnya. Dalam proses produksi ruang sosial sebagai ruang ketiga, terdapat pelaku dalam ruang yang mendominasi sebagai pembentuk ruang sehingga terdapat sebuah interaksi sosial di dalamnya. Kawasan Dukuh Atas sebagai tempat berlangsungnya fenomena ini merupakan kawasan perkantoran atau tempat melakukan transit transportasi umum yang dialihfungsikan oleh remaja-remaja pinggiran kota karena fasilitas penunjang yang mendukung aktivitas mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan ruang baik secara spasial maupun sosial yang tercipta selama berlangsungnya Citayam Fashion Week dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi ruang yang terbentuk mengakibatkan pergeseran guna ruang akibat pemanfaatan ruang yang baru tidak seperti sebelumnya. Ruang publik pada tempat berlangsungnya fenomena Citayam Fashion Week memenuhi karakteristik dari ruang ketiga.
A social space is formed because of social action individually or in groups. This social action then contributes to giving meaning to a spatial space with the context of life and giving color to space with its activities. Production of space is a space as a complex social product through the perception of the environment which is built on the basis of networks with various social activities such as private life, work, and leisure (Lefebvre, 1991). Third place is used as a place to release stress, get rid of fatigue, or divert thoughts so that mentally and physically feel fresher than before. With the production process of social space as a third space, there are actors in space who dominate as shapers of space so that there is a social interaction in it. The Dukuh Atas area as the place where this phenomenon takes place is an office area or a place for public transportation transit which is converted by suburban youth because of the supporting facilities that support their activities. Therefore, this study aims to determine the spatial and social formation process created during Citayam Fashion Week using qualitative research methods and using descriptive analysis. The results of the study show that the production of space that is formed results in a shift in the use of space due to the new use of space that is not like before. The public space where the Citayam Fashion Week phenomenon takes place fulfills the characteristics of the third space."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Amanda Puspita Aprilia
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut celebrity endorsement (trustworthiness, familiarity, expertise) yang dimiliki selebritas CFW terhadap place attachment pengunjung CFW melalui atribut brand equity (trustworthiness, familiarity, expertise). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan explanatory research design. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 406 responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner yaitu Google-Form dan kuesioner disebarkan secara hybrid yakni, online (media sosial) dan langsung di lokasi CFW (depan MRT Dukuh Atas, Jakarta). Analisis data menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) dengan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SMARTPLS-3. Hasil dari penelitian menunjukkan seluruh hubungan yang ada di dalam penelitian ini memiliki hubungan positif dan signifikan. Studi ini memberikan rekomendasi untuk menciptakan keterikatan pengunjung dengan lokasi, maka perlu meningkatkan ekuitas merek atau nilai tambah event Citayam Fashion Week ataupun event lokal sejenisnya. Hal ini dapt dilakukan dengan pengelolaan event yang terencana, mulai dari mempopulerkan event, menjaga citra positif event, mematuhi peraturan setempat, serta menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Tujuannya agar pengunjung merasa puas setelah datang ke lokasi dan terbentuk loyalitas pengunjung. Kajian ini menunjukkan bahwa loyalitas sangat memengaruhi keterikatan pengunjung dengan lokasi Citayam Fashion Week.
This study aims to analyze the effect of celebrity endorsement attributes (trustworthiness, familiarity, expertise) owned by CFW celebrities on the place attachment of CFW visitors through brand equity attributes (trustworthiness, familiarity, expertise). This study uses a quantitative approach with an explanatory research design. The number of samples in this study was 406 respondents. The instrument in this study used a questionnaire, namely the Google Form. The questionnaire was distributed in a hybrid manner, namely, online (social media) and directly at the CFW location (in front of the Dukuh Atas MRT, Jakarta). Data analysis used SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) with data processing using SMARTPLS-3 software. The results of this study indicate that all the relationships in this study have a positive and significant relationship. This study provides recommendations to create visitor engagement with the location, it is necessary to increase brand equity or added value for the Citayam Fashion Week event or similar local events. This can be done by managing planned events, starting from popularizing the event, maintaining a positive image of the event, complying with local regulations, and maintaining environmental security and order. The goal is that visitors feel satisfied after coming to the location and form visitor loyalty. This study shows that loyalty greatly influences visitor attachment to the Citayam Fashion Week location."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Farida Hasna Annuha
"Saat ini wanita muslim telah melakukan revolusi gaya berpakaian dengan mengikuti tren fashion namun tetap sesuai aturan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fashion consciousness terhadap hijab fashion consumption pada hijabers Generasi X dan Y. Penelitian ini melibatkan 430 hijabers dari seluruh Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fashion consciousness secara signifikan berpengaruh terhadap hijab fashion consumption. Fashion consciousness pada Generasi X dipengaruhi oleh source of fashion knowledge dan fashion uniqueness. Fashion consciousness pada Generasi Y dipengaruhi oleh source of fashion knowledge, dressing style dan fashion uniqueness. Pada kedua generasi, fashion consciousnesss tidak dipengaruhi oleh fashion motivation.
Muslim women have transformed themselves in the way they dress to follow fashion trends while complying Islamic rules. This study aims to analyze the effect of fashion consciousness towards hijab fashion consumption on hijabers Generation X and Y. Data for this research were 430 hijabers from around Indonesia. The result of this research shows that fashion consciousness has significant effect on hijab fashion consumption. Fashion consciousness on Generation X is significantly affected by source of fashion knowledge and fashion uniqueness. Meanwhile fashion consciousness on Generation Y is significantly affected by source of fashion knowledge, dressing style and fashion uniqueness. On both generations, fashion consciousnesss is not affected by fashion motivation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S69829
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Salsa Meilivia
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konstruksi identitas individu melalui presentasi diri dalam unggahan tren self-reward menggunakan luxury fashion goods di media sosial, serta mengungkap pemaknaan dari self-reward tersebut. Studi-studi terdahulu mengenai fenomena ini terbagi menjadi dua, yaitu presentasi diri melalui praktik self-reward, dan konstruksi identitas melalui konsumsi luxury fashion goods. Namun, hingga kini belum banyak studi yang melihat perpaduan antara kedua aspek ini, yaitu pemaknaan terhadap self-reward dan kaitannya dengan konstruksi identitas melalui praktik self-reward menggunakan luxury fashion goods, khususnya dalam konteks di media sosial. Peneliti berargumen bahwa presentasi diri yang ditampilkan dalam unggahan self-reward menggunakan luxury fashion goods di media sosial merupakan perilaku konsumsi mencolok yang berpengaruh terhadap konstruksi identitas individu. Dengan menggunakan teori presentasi diri yang disampaikan oleh Erving Goffman dan konsep conspicuous consumption oleh Veblen sebagai alat analisis, hasil temuan penelitian ini menyatakan bahwa self-reward menggunakan luxury fashion goods merupakan justifikasi gaya hidup hedonic yang berkontribusi pada pembentukan identitas individu. Kegemaran mengkonsumsi produk tersier seperti luxury fashion, membuat setiap pembeliannya dimaknai sebagai wujud apresiasi dan mencintai diri sendiri. Dengan mengunggah hadiah yang memiliki keterbatasan jumlah, harga yang tinggi, dan nilai materialisme seperti luxury fashion, mampu membentuk identitas diri pada pengguna, seperti elegan, pekerja keras, mampu, independen, hingga stand-out. Namun, keterbatasan atribut komunikasi secara digital dapat pula membentuk identitas yang tidak diharapkan, seperti sombong dan pamer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan observasi digital pada individu yang mengunggah self-reward menggunakan luxury fashion goods di Instagram dan TikTok.
This study aims to explain the construction of individual identity through selfpresentation in uploading self-reward trends using luxury fashion goods on social media, as well as uncovering the meaning of self-reward. Previous studies on this phenomenon are divided into two, namely self-presentation through self-reward practices, and identity construction through the consumption of luxury fashion goods. However, until now not many studies have looked at the combination of these two aspects, namely the meaning of self-reward and its relation to identity construction through self-reward practices using luxury fashion goods, especially in the context of social media. Researchers argue that self-presentation shown in self-reward uploads using luxury fashion goods on social media is conspicuous consumption behavior that influences the construction of individual identities. By using the self-presentation theory presented by Erving Goffman and the concept of conspicuous consumption by Veblen as analytical tools, the findings of this study suggest that self-reward using luxury fashion goods is a justification for a hedonic lifestyle that contributes to the formation of individual identity. The penchant for consuming tertiary products, such as luxury fashion, interprets every purchase as a form of appreciation and self-love. Uploading gifts that have limited quantities, high prices, and materialistic values, such as luxury fashion, can form self-identities in users, such as elegant, hardworking, capable, and independent, to stand out. However, with limited digital communication can also form unexpected identities, such as being arrogant and showing off. This study uses a qualitative method with in-depth interview techniques and digital observation of individuals who upload self-rewards using luxury fashion goods on Instagram and TikTok."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anamika Fabriarni Mulia
"Perkembangan industri fesyen memberikan dampak signifikan bagi seluruh orang di dunia, namun tanpa disadari perkembanganya menimbulkan permasalahan lingkungan yang cukup besar. Terdapat banyak upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak lingkungan tersebut, salah satunya adalah dengan menggencarkan pemasaran sustainable fashion melalui word-of-mouth. Beberapa studi empiris telah mengkonfirmasi bahwa personality traits, aktivitas media sosial, dan perilaku eco-friendly merupakan faktor yang dapat mempengaruhi penyebaran word-of-mouth pada industri sustainable fashion. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh personality traits terhadap aktivitas media sosial Instagram yang berujung pada penyebaran word-of-mouth pada industri tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan teori big five personality traits. Penelitian ini melibatkan total 208 responden yang merupakan warga negara Indonesia, telah mengikuti akun Instagram salah satu brand sustainable fashion, serta pernah melakukan pembelian produk tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan personality traits openness yang paling signifikan mempengaruhi individu secara positif dalam melakukan aktivitas media sosial. Aktivitas media sosial Instagram juga mempengaruhi secara positif signifikan perilaku eco-friendly seseorang sehingga mereka akan memilih produk sustainable fashion dan menyebarkan word-of-mouth yang positif terkait industri sustainable fashion.
The development of the fashion industry has had a significant impact on all people in the world, but unknowingly its development has created significant environmental problems. There have been many efforts made to reduce the environmental impact, one of which is to intensify marketing of sustainable fashion through word-of-mouth. Several empirical studies have confirmed that personality traits, social media activities, and eco-friendly behavior are factors that can influence the spread of word-of-mouth in the sustainable fashion industry. For this reason, this study aims to determine how much influence personality traits have on Instagram social media activities which lead to the spread of word-of-mouth in the industry. This research was conducted using the Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method with the big five personality traits theory. This research involved a total of 208 respondents who are Indonesian citizens, have followed the Instagram account of one of the sustainable fashion brands, and have purchased this product. From the results of the study it was found that the personality traits of openness most significantly influence individuals positively in carrying out social media activities. Instagram social media activity also significantly influences a person's eco-friendly behavior so that they will choose sustainable fashion products and spread positive word-of-mouth regarding the sustainable fashion industry."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library