Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6555 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adli Muaddib Aminan
"Penelitian ini membahas puisi karya Rasul Gamzatov "Dagestan" yang ditulis pada tahun 1951. Penelitian ini menganalisis penerjemahan lintas-budaya dalam puisi tersebut. Puisi ini terdiri dari delapan bait dan diterjemahkan oleh Ladinata Jabarti. Teori yang digunakan adalah Teori Puisi (Eliot,1986) dan Teori Penerjemahan Lintas Budaya (Bassnett, 2011). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif (Ritchie dan Lewis, 2004). Puisi ini mencerminkan kecintaan Gamzatov terhadap Dagestan, negara bagian multietnis di Rusia. Penerjemahan puisi ini memuat konteks Dagestan terkait alam dan budayanya. Penerjemahan puisi dilakukan dengan melibatkan dua bahasa yaitu bahasa Rusia dan bahasa Indonesia. Pembahasan penerjemahan ini dilakukan perbait dan meliputi lintas-budaya antara Rusia dan Indonesia. Empat hasil penelitian terkait lintas-budaya didapatkan dalam penelitian ini, yaitu rantau, cinta tanah air, patriarki, dan agraris.

This research discusses the poetry by Rasul Gamzatov "Dagestan" which was written in 1951. This research analyzes the cross-cultural translation of the poem. This poem consists of eight verses and was translated by Ladinata Jabarti. There are two theories used: Poetry Theory (Eliot, 1986) and Cross-Cultural Translation Theory (Bassnett, 2011). The method used is descriptive-qualitative method (Ritchie and Lewis, 2004). This poem reflects Gamzatov's love for Dagestan, a multi-ethnic state in Russia. The translation of this poem contains the context of Dagestan regarding its natures and cultures. The translation of the poem involves two languages, namely Russian and Indonesian. The discussions on this translation are carried out for each verse and cover cross-cultural relations between Russia and Indonesia. Four research results related to cross-culture are obtained in this research, namely wandering, love of homeland, patriarchy, and agrarian."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Tulodong, 2013
808.81 SIR r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Yayasan Puisi, Jakarta,
404 PUISI
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Remy Sylado
Jakarta: Gramedia, 2005
808.81 SYL p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Remy Sylado
Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2023
808.81 SYL p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fiori Aivesa Violetta
"Penelitian ini membahas tentang pemaknaan warna biru dalam dua buah puisi berbahasa Jerman karya Else Lasker-Schueler dengan menggunakan teori semiotik dari Saussure. Penggunaan tanda dalam puisi seperti warna adalah bukan sesuatu yang asing dalam sebuah karya sastra. Penggunaan tanda ini sering digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan ataupun emosi dari sang penyair, terutama di era ekspresionisme. Namun, penggunaan tanda dalam sebuah karya dapat menimbulkan interpretasi yang berbeda-beda. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat pemaknaan warna biru dalam kedua puisi ini oleh sang penyair dan melihat alasan mengapa Lasker-Schueler menggunakan warna biru dalam kedua karya tersebut serta melihat bagaimana pemaknaan biru dalam budaya jerman dan dalam kedua puisi ini. Korpus data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua puisi karya Lasker-Schueler yang berjudul Gebet dan Mein blaues Klavier. Keduanya diterbitkan tahun 1943 dalam sebuah buku kumpulan puisi dengan judul Mein blaues Klavier. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Lasker-Schueler memaknai warna biru dalam Gebet sebagai sesuatu yang positif yaitu harapan dan dalam Mein blaues Klavier sebagai kenangan bahagia dari masa kecilnya.

This study discusses the meaning of blue in two German poems by Else Lasker-Schueler using the semiotic theory of Saussure. The use of signs in poetry like colors is not something unusual in a literary work. Sign in literature are often used to convey a message or emotion from the poet, especially in the era of expressionism. However, the use of signs in a literature work can also lead to different interpretations. Therefore, this study aims to see how the poet defines the meaning of blue in these two poems and to see the reasons behind the usage of blue in both works, and see how German culture interprets blue and how it relates to blue in these two poems. Corpus data used in this studyare two poems by Lasker-Schueler entitled Gebet and Mein blaues Klavier. Both poems were published in 1943 in a book under the title Mein blaues Klavier. The results from this study found that Lasker-Schueler interpreted the blue color in Gebet as something positive, hope, and in Mein blaues Klavier as a piece of a happy memory from her childhood."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Thompson, Denys
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1980
809.1 THO u
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nanny Sri Lestari
"ABSTRAK
Letak keistimewaan sebuah puisi Jawa baru, memang berbeda dengan puisi Jawa tradisional. Penelitian terhadap puisi Jawa baru sama rumitnya dengan penelitian puisi Jawa tradisional. Nuansa sosial yang menjadi perhatian peneliti di dalam puisi Jawa baru perhatian peneliti sering sekali bias dengan kenyataan sosial yang ada di maayarakat, meskipun garis pemisahnya jelas sekali terlihat.
Karya sastra memang merupakan hasil pemikiran seorang
penyair. Penyair membuat dunia tiruan yang diilhami dari apa yang dilihat dan dirasakannya di alam nyata. Oleh karena itu dunia tiruan yang diciptakan oleh penyair memiliki jaringan struktur yang utuh dalam mendukung bangun karya sastra tersebut.
Analisis terhadap jaringan sebuah karya sastra membawa
peneiiti kepada pemahaman yang menyeluruh terhadap karya sastra teraebut. Sekaligus melihat keistimewaan karya sastra tersebut sebagai dunia tiruan yang berbeda dengan dunia kenyataan.
Sebelum memasuki pemahaman yang menyeluruh terhadap
keseluruhan sebuah karya sastra, perhatian terlebih dahulu diarahkan pada bentuk dan isi karya sastra itu sandiri. Sebab penelitian terhadap bentuk dan isi memberikan pemahaman yang dasar terhadap keseluruhan dari karya sastra tersebut. Baru pada langkah berikutnya adalah melihat Salah satu kekayaan
yang menonjol dari karya saatra tersebut, antara lain adalah nuansa soaial yang dikandungnya.
Nuansa sosial yang terdapat pada sabuah karya sastra
dapat memperkaya pemahaman peneliti pada suatu keadaan yaitu bertemunya kenyataan dengan imajinasi penyair. Di dalam pertemuan ini ternyata penyair sebagai bagian dari masyarakatnya tetap tidak dapat melepaskan ikatan yang telah terjadi dengan sendirinya. Sehingga ketika dunia nyata hendak ia masukkan ke dalam dunia tiruan ciptaan sang penyair faktor penilaian sang penyair menjadi dominan sekali. Akibatnya kenyataan sosial yang terjadi di masyarakat pada saat dituliskan menjadi sebuah karya sastra berubah menjadi nuansa."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Padang: Kelompok Penggiat Puisi Padang, 2003
811 Bun
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: AG Publishing, 2022
808.81 PUI
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>