Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 161460 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rohmad Rudianto
"Jakarta merupakan pusat bisnis dan ekonomi di Indonesia. Mobilitas di kota ini sangat tinggi. Bus Transjakarta merupakan salah satu mode transportasi yang disediakan pemerintah DKI Jakarta untuk mendukung dan memfasilitasi mobilitas ini sekaligus salah satu cara untuk mengurangi kemacetan. PT Transportasi Jakarta bekerja sama dengan PT Mayasari Bakti untuk mengoperasikan armada Bus Transjakarta dengan merk Scania. PT Mayasari Bakti menggandeng PT United Tractors sebagai Agen Pemegang Merk melakukan kontrak maintenance khususnya untuk Bus Scania tipe K320IA (Articulated Bus). Dengan tipe mesin gas, articulated bus ini dituntut untuk seminimal mungkin mengalami kerusakan di jalur (busway). Untuk itu strategi predictive maintenenace menjadi kunci utama dalam menjaga unit performance mengingat bus ini adalah jenis bus dengan mesin gas satu-satunya di Indonesia. Predictive maintenance yang dilakukan adalah dengan menganalisis pelumas mesin (engine oil). Dengan menganalisis engine oil yang sample-nya diambil secara periodic setiap 10.000 kilometer sejak awal bus beroperasi dari nol kilometer hingga saat ini maka akan didapat trend keausan (wear metal) dari internal part-nya. Wear metal ini nanti akan sangat berguna untuk memprediksi internal part mana yang mengalami kerusakan lalu akan diambil tindakan preventive untuk mencegah kerusakan yang lebih parah yang berpotensi menimbulkan kehilangan jam operasi dan biaya yang lebih tinggi. Sebanyak 56 bus Scania tipe articulated yang dilakukan analisis engine oil yang diambil setiap kelipatan 10.000 kilometer. Dari engine oil analysis ini didapatkan trend keausan yang semakin mendekati batas limit-nya (critical) untuk keausan logam besi (Fe), aluminium (Al) dan tembaga (Cu). Ketiga wear metal ini adalah mayoritas logam yang terdapat di bearing, oil cooler, dan oil mist separator. Dengan metode kualitatif hasil dari analisis ini menemukan bahwa di umur engine yang memasuki tahun kelima atau sekitar 500.000 kilometer menunjukkan tingkat keausan wear metal yang sudah melebihi ambang batasnya dan perlu segera dilakukan overhaul. Hasil akhir dari engine oil analysis ini adalah standard part overhaul yang dapat menjadi alat kontrol untuk melakukan preventive maintenance articulated bus Scania K320IA yang bermesin gas agar tercapai di optimum lifetime-nya.

Jakarta is the center of business and economy in Indonesia. Mobility in this city is very high. The Transjakarta Bus is a mode of transportation provided by the DKI Jakarta government to support and facilitate this mobility as well as a way to reduce congestion. PT Transportasi Jakarta cooperates with PT Mayasari Bakti to operate a fleet of Transjakarta buses with the Scania brand. PT Mayasari Bakti cooperates with PT United Tractors as a Brand Holder Agent to carry out a maintenance contract, especially for the Scania Bus type K320IA (Articulated Bus). With the gas engine type, this articulated bus is required to experience minimal damage on the busway. For this reason, the predictive maintenance strategy is the main key in maintaining unit performance, considering that this bus is the only type of bus with a gas engine in Indonesia. Predictive maintenance is carried out by analyzing engine oil. By analyzing the engine oil whose samples are taken periodically every 10,000 kilometers since the bus started operating from zero kilometers until now, the wear metal trend of its internal parts will be obtained. This wear metal will later be very useful for predicting which internal part is damaged and then preventive action will be taken to prevent more severe damage which has the potential to cause lost operating hours and higher costs. A total of 56 Scania buses of the articulated type were analyzed for engine oil taken every 10,000 kilometers. From this engine oil analysis, it is found that the wear trend is getting closer to its limit (critical) for iron (Fe), aluminum (Al) and copper (Cu) wear. These three wear metals are the majority of metals found in bearings, oil coolers, and oil mist separators. Using a qualitative method, the results of this analysis found that at the age of the engine, which is entering its fifth year or around 500,000 kilometers, the wear level of wear metal has exceeded its threshold and needs to be overhauled immediately. The final result of this engine oil analysis is a standard part overhaul which can be used as a control tool to carry out preventive maintenance of the Scania K320IA articulated bus with a gas engine to achieve its optimum lifetime."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rustanto
"Full Maintenance Contract (FMC) merupakan salah satu lini bisnis dari departemen service PT United Tractors dalam melakukan kontrak perawatan dengan pelanggan. Reliability mesin dengan indikator physical availability (PA) dan mean time between failure (MTBF) adalah KPI yang disepakati dengan pelanggan dengan target minimum tertulis dalam perjanjian. FMC Scania SIS Adaro mengalami permasalahan MTBF tidak mencapai target selama empat bulan berturut-turut, yaitu selama bulan November 2022 sampai dengan bulan Februari 2023. Unscheduled breakdown adalah hal yang paling berpengaruh terhadap MTBF. Project ini bertujuan untuk meningkatkan MTBF dengan menurunkan frequensi unscheduled breakdown. Proyek ini dikerjakan mengikuti kerangka kerja PDCA dan beberapa kombinasi tools analisa, yaitu diantaranya pareto diagram, 5-why analysis, FMEA, dan 5W2H. Hasil perbaikan dalam proyek ini mampu meningkatkan MTBF dari 106,8 jam menjadi 142,9 jam (target minimal MTBF 120 jam).

Full Maintenance Contract (FMC) is one of the business lines of the PT United Tractors service department in carrying out maintenance contracts with customers. Machine reliability with physical availability (PA) and mean time between failure (MTBF) indicators is a KPI agreed with the customer with the minimum target written in the agreement. FMC Scania SIS Adaro experienced MTBF problems not reaching the target for four consecutive months, from November 2022 to February 2023. Unscheduled breakdown was the thing that most affected MTBF. This project aims to increase MTBF by reducing the unscheduled breakdown frequency. This project was carried out following the PDCA framework and several combinations of analysis tools, including pareto diagrams, 5-why analysis, FMEA, and 5W2H. The results of the improvements in this project were able to increase the MTBF from 106.8 hours to 142.9 hours (minimum target of 120 hours MTBF)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Maleev, Vladimir Leonidas, 1879-
Jakarta: Erlangga, 1995
621.436 MAL dt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wisnu Buntoro
"Laporan Praktik Keinsinyuran ini membahas tentang bagaimana cara PT. United Tractors Site Batu Kajang melakukan optimalisasi strategi maintenance pada HD785-7 untuk mengoptimalkan PA (Performance Availability) dan MTBF (Main Time Between Failure) dengan cara mengevaluasi dan memberikan rekomendasi langkah perbaikan agar tidak terjadi problem yang lebih besar. Latar belakang laporan ini adalah dampak dari bisnis batu bara tahun 2016 yang mengalami penurunan dan rendahnya harga batu bara semakin mendesak industri bisnis maintenance alat berat PT. United Tractors di Batu Kajang, beresiko mengalami penurunan revenue dan profit yang disebabkan oleh minimnya unit yang tidak beroperasi. Oleh karena itu diperlukan strategi maintenance yang bisa mempertahankan bisnis PT. United Tractors khususnya Project FMC (Full Maintenance Contract) yang berada di PAMA Batu Kajang agar dapat mempertahankan bisnis maintenance alat berat tersebut sesuai kontak dengan PT. Pama Persada Nusantara Site Kideco Jaya Agung, Kalimantan Timur. Subject dalam laporan ini adalah unit HD785-7 Komatsu, yaitu Dump Truck kapasitas muatan 91 ton yang dikelola oleh PT. United Tractors dengan pola bisnis Full Maintenance Contract. Langkah-langkah dalam laporan ini adalah meningkatkan pelaksanaan Comprehensive Cost Effectiveness (CCE), melakukan basic maintenance activity, dan melakukan extend life time component sesuai mandatory dari management PT. United tractors.

This Engineering Practice Report discusses how PT. United Tractors Site Batu Kajang optimizes the maintenance strategy on HD785-7 to optimize PA (Performance Availability) and MTBF (Main Time Between Failures) by evaluating and providing recommendations for corrective steps to avoid bigger problems. The background of this report is the impact of the coal business in 2016 which experienced a decline and the low price of coal is increasingly urging the heavy equipment maintenance business industry of PT. United Tractors in Batu Kajang, is at risk of experiencing a decrease in revenue and profit caused by the lack of units that are not operating. Therefore a maintenance strategy is needed that can maintain PT. United Tractors especially the FMC (Full Maintenance Contract) Project which is at PAMA Batu Kajang in order to be able to maintain the heavy equipment maintenance business according to contact with PT. Pama Persada Nusantara Site Kideco Jaya Agung, East Kalimantan. The subject of this report is the HD785-7 Komatsu unit, which is a Dump Truck with a payload capacity of 91 tons managed by PT. United Tractors with a Full Maintenance Contract business model. The steps in this report are improving the implementation of Comprehensive Cost Effectiveness (CCE), carrying out basic maintenance activities, and extending life time components according to the mandatory management of PT. united tractors."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Norman Yazid
"Full Maintenance Contract (FMC) merupakan salah satu lini bisnis dari departemen service PT United Tractors Tbk. dalam melakukan kontrak perawatan dengan pelanggan. Terdapat beberapa hal penting sebagai tolok ukur berhasilnya bisnis FMC ini, yang pertama dari sisi eksternal (ke pelanggan) adalah unit performance PA (Physical Availability) dan yang kedua dari sisi internal (ke perusahaan) adalah bisnis performance GP (Gross Profit). Biaya perawatan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pencapaian profit FMC, dimana persentase terbesar dari biaya perawatan adalah biaya penggantian komponen mayor (Engine, Transmission, Axle) yaitu mencapai 46%. Berdasarkan pengamatan pada studi kasus Proyek FMC Adaro Tanjung, perlu dilakukan aktifitas Prolong Lifetime Component Engine agar biaya perawatan sampai dengan akhir periode kontrak lebih efisien. Dengan memperhatikan K3LH dan memperhatikan potensi resiko proyek ini dikerjakan dengan beberapa kombinasi tools analisa, yaitu diantaranya FMEA dan Fishbone Diagram Analysis. Hasil perbaikan dalam proyek ini mampu meningkatkan lifetime component Engine HD1500-7 sebesar 47%, dari rata-rata awal 17000 jam operasi menjadi 25000 jam operasi. Serta telah menerapkan 3 aspek keinsinyuran yaitu KEEI, K3LH dan Profesionalisme

Full Maintenance Contract (FMC) is one of the business lines of the service department of PT United Tractors Tbk. There are several important things as Key Performance Indicator for the success level of this FMC business, the first is for the external side (to customers) is the PA (Physical Availability) performance unit and the second for the internal side (to the company) is the GP (Gross Profit) business performance. Maintenance costs are one of the most affected factor to the achievement of FMC's profit, where the largest percentage of maintenance costs is came from replacing major components (Engine, Transmission, Axle), which reaches 46%. Based on observations in the Adaro Tanjung FMC Project case study, it is necessary to carry out Prolong Lifetime Component Engine activities so that maintenance costs are more efficient until the end of the contract period. By paying attention to K3LH and paying attention to potential risks, this project was carried out using several combinations of analysis tools, namely FMEA and Fishbone Diagram Analysis. The results of the improvements in this project were able to increase the lifetime of the Engine HD1500-7 component by 47%, from an initial average of 17,000 hours of operation to 25,000 hours of operation and has implemented three aspects in engineering the three aspects are KEI, K3LH, and professionalism.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yuliarti Rahayu Ningsih
"Penelitian ini melakukan studi pemanfaatan minyak sawit termodifikasi sulfur sebagai minyak dasar broaching oil untuk logam steel dengan viskositas max 86 cSt. Bahan baku adalah minyak sawit termodifikasi melalui proses sulfurisasi non katalis, suhu 150-160 oC selama 3 jam. Sulfur yang digunakan adalah elemental sulfur. Broaching oil disintesis dengan cara mencampur minyak dasar dan paket aditif.
Dari studi diketahui bahwa FAME termodifikasi sulfur meghasilkan sifat extreme pressure yang handal. Formulasi optimum diperoleh pada komposisi FAME termodifikasi sulfur-minyak mineral berkadar sulfur 6% w/w. Hasil uji viskositas 25,3 cSt (40 oC), load carrying capacity 400 kgf, scar diameter 0,407 mm, tingkat proteksi korosi kelas 1.b, dan kekasaran permukaan benda kerja 0,0418-0,0579 μm.

This research studies the utilization of sulfurized palm oil as base oil for broaching process with maximum viscosity 86 cSt. The raw material are modified palm olein via non-catalytic sulfurization, temperature of 150-160 oC for 3 hours. The sulfur from elemental sulfur. Broaching oil made by blending the base oil and additive packages.
From this study it was found that sulfurized FAME will generate excelent extreme pressure properties. The optimum formulation obtained on composition of sulfurized FAME-mineral oil with 6% w/w of sulfur. Result of viscosity are 25,3 cSt (40 oC), load carrying capacity 400 kgf, scar diameter 0,407 mm, class of corrosion protection 1.b, and the surface roughness of workpiece are 0,0418-0,0579 μm.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T45579
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riau Andriana Setiawan
"Indonesia adalah negara terbesar kedua penghasil CPO dunia dengan total produksi CPO mencapai 10,6 juta ton (tahun 2003). Namun amat disayangkan, dari sedemikian besarnya CPO yang dihasiikan Indonesia, hanya sekilar 7% yang dimanfaatkan sebagai bahan baku industri oleokimia.
Salah satu produk oleokimia yang cukup menarik untuk dikaji adalah pelumas deep drawing. Deep drawing adalah proses pengerjaan logam yang digunakan untuk membentuk lembaran datar menjadi bentuk mangkuk (cup) tanpa kerut ataupun robek. Pelumas deep drawing berperan panting dalam mendinginkan dies dan blank, memberikan pelumasan batas, mencegah adhesi (welding), dan memberikan efek bantalan kepada dies selama proses drawing, nmenghasilkan cup dengan kedalaman yang memadai serta sisa pelumas mudah untuk dibersihkan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, minyak sawit beserta senyawa turunannya dapat digunakan sebagai bahan haku pelumas mengingat kemampuan pelumasan minyak sawit yang balk dalam suhu tinggi serta komposisi-asam lemak yang dikandlmgnya RBDPO sebagai varian dari minyak sawit yang digunakan pihak industri sebagai pelumas memiliki kelemahan antara lain kurang tahan terhadap oksidasi S6118 sisa pelumas yang sukar menguap oenderung men gotori cup. Untuk mengurangi beberapa kelemahan dari RBDPO digunakanlah senyawa turuuan minyak sawit sebagai pelumas.
Berdasarkan uji deep drawing, diketahui bahwa ketinggian cup saat RBDPO digunakan sebagai pelumas kuningan dengan ketebalan 0,4 mm; 0,5 mm dan 0,6 mm adalah 34,5 mln; 32,9 mm dan 32,8 mm. Pada ketebaian yang sama, kctika HVIEPBIM dan EP GLI Z digunakan sebagai aditif pada minyak mineral HV] 60, ketinggian cup yang terbentuk adalah 34,9 mm; 34,2 mm dan 36 mm.
Diharapkan jika hasil pengujian bebempa senyawa turunan minyak sawit ini melalui proses deep drawing memuaskan, maka hal ini akan membuka peluang dalam membangun _industri hilir minyak sawit di lndoneéia., temtama sebagai pelumas industri meralforming."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S49527
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Ikhwan
"Salah satu produk oleokimia yang cukup menarik untuk dikaji adalah pelumas deep drawing. Deep drawing adalah proses pengerjaan logam yang digunakan untuk membentuk lembaran datar menjadi bentuk mangkuk (cup) tanpa kerut ataupun robek.
Pelumas deep drawing berperan penting dalam mendinginkan dies dan blank, memberikan pelumasan batas, mencegah adhesi (welding), dan memberikan efek bantalan kepada dies selama proses drawing, menghasilkan cup dengan kedalaman yang memadai serta sisa pelumas mudah untuk dibersihkan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, minyak jarak (castor oil) beserta senyawa turunannya dapat digunakan sebagai bahan baku pelurnas mengingat kemampuan pelumasan minyak jarak yang baik dalam suhu tinggi serta komposisi asam iemak ya.ng dikandungnya.
Minyak jarak yang digunakan pihak industri sebagai pelumas memiliki kelemahan antara lain kurang tahan terhadap oksidasi serta sisa pelumas yang sukar menguap cenderung mengotori cup. Untuk mengurangi beberapa kelemahan dari jarak digunakanlah senyawa turunannya pelumas.
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji kemampuan beberapa senyawa tumnan minyak jarak pada proses deep drawing lembaran kuningan, dan membandingkannya dengan BIMOLI yang digunakan di industri.
Penelitian dilakukan dengan melakukan percobaan analisa sifat iisikokirnia yang meliputi viskositas kinematik, bilangan asam, bilangan penyabunan, bilangan iod, kandungan abu dan berat jenis serta uji deep drawing, yang mcliputi beban drawing, earjng dan kedalaman cup.
Dari semua percobaan yang dilakukan didapatkan hasil yang menggambarkan bahwa semua campuran CASTOR OIL dan turunannya sccara umum mcnunjukkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan BIMOLI dan turunannya yang merupakan pembanding. Sementara minyak mineral HVI 60 dengan viscositas 25,26 cSl selalu mengghasilkan performa yang buruk pada semua kondisi deep drawing dibawah BIMOLI, CASTOR OIL dan senyawa turunannya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S49510
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S35955
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bonddie Winanda
"
ABSTRAK
Dewasa ini penggunaan komposit sebagai pengganti bahan metal semakin berkembang. Tetapi pengetahuan mengenai karakteristik gesekan dan keausan bahan komposit itu sendiri masih dirasakan kurang.
Penelitian yang dilakukan adalah keausan bahan komposit (serat karbon T 300 dan matrik vynil ester ripoxy R-802 EX-1) pada kondisi kering. Pengamatan yang dilakukan adalah pengaruh struktur, arah struktur, volume serat terhadap laju keausan. Selain itu juga dilakukan analisa pengaruh beban terhadap laju keausan, serta mengamati bagairnana mekanisme keausan tersebut berlangsung.
Penelitian dilakukan dua tahap; penelitian pertama menggunakan beban 5,886 N, 8,829 N, 11,76 N, dan 14,7 N dengan variasi volume serat O %, 14,3 %, 28,5 %, dan 42,5 %, sedangkan penelitlan kedua menggunakan beban 4,5 N, 7,35 N, 9,8 N, dan 14,7 N dengan variasi volume serat 19%, 23,3%, 26%, 33%, dan 66%.
Struktur yang diamati pada kedua percobaan adalah uni-directional, bi-directional, dan tri-directional dengan arah yang berbeda-beda.
Dalam eksperimen ini, pengujian ketahanan aus menggunakan mesin uji aus abrasif dengan sistem pin on disk yang dilakukan di Laboratorimun Balai Besar.
Penelitian dan Pengembangan Industri Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung dan untuk mengamati mekanisrne keausan abrasif digunakan foto metalografi dengan mempergunakan fasilitas Laboratorium Metalografi Jurusan Metalurgi Fakultas Teknik Universitas Indonesia.
Dari hasil pengujian yang dilakukan menjelaskan bahwa:
Komposit dengan arah serat bi directional 45° dan 0°, 90° memiliki hasil pengujian yang paling baik, sedangkan pada struktur tri directional tidak menunjukkan hasil yang lebih baik dari dua struktur di atas.
Modulus elastisitas longitudinal dan modulus elastisitas tranversal tidak mempengaruhi perilaku keausan.
"
1997
S36774
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>