Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 33549 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shafira Putri Indika
"Laporan magang ini bertujuan untuk membahas dan mengevaluasi pelaksanaan monitoring keuangan Lembaga X yang dilakukan oleh Divisi Y. Lembaga X merupakan lembaga negara yang memegang peranan sebagai bank sentral di Indonesia. Sedangkan Divisi Y merupakan salah satu unit kerja di bawah Departemen Keuangan yang bertanggung jawab atas beberapa aktivitas monitoring keuangan. Monitoring keuangan ini dilakukan secara periodik, yakni secara mingguan dan bulanan. Selain melakukan monitoring, Divisi Y juga bertanggung jawab untuk menyusun laporan monitoring yang diperuntukkan bagi pihak internal dan eksternal tergantung peraturan yang berlaku. Laporan magang ini disusun dengan membandingkan aktivitas monitoring tersebut terhadap teori terkait dan peraturan yang berlaku. Peraturan-peraturan ini meliputi peraturan perundang-undangan mengenai Lembaga X serta peraturan internal Lembaga X. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aktivitas monitoring keuangan Lembaga X yang dilakukan oleh Divisi Y telah sesuai dengan teori terkait serta peraturan-peraturan yang berlaku. Laporan magang ini juga memuat refleksi diri selama pelaksanaan magang.

This internship report aims to discuss and evaluate the implementation of financial monitoring in Institution X which is carried out by Division Y. Institution X is a state institution that acts as a central bank in Indonesia. Meanwhile, Division Y is a work unit under the Finance Department which is responsible for several financial monitoring activities. This financial monitoring is carried out periodically, namely on a weekly and monthly basis. In addition to monitoring, Division Y is also responsible for preparing monitoring reports for internal and external parties depending on the regulations. This internship report was prepared by comparing the monitoring activity with related theory and applicable regulations. These regulations include statutory regulations regarding Institution X as well as Institution X's internal regulations. The result of the evaluation shows that the financial monitoring activities of Institution X which are carried out by Division Y are in accordance with related theories and applicable regulations. This internship report also contains self-reflection during the internship."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Donny Dharmawan Adhitama
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai sistem monitoring dan evaluasi kinerja anggaran yang disusun oleh Kementerian Keuangan pada tahun 2011, terdiri dari aspek konteks, aspek manfaat, dan aspek implementasi. Dalam implementasinya, sistem monitoring dan evaluasi kinerja anggaran yang disusun oleh Kementerian Keuangan, masih belum memenuhi komponen-komponen yang ada dalam sistem monitoring dan evaluasi. Oleh karena itu, penelitian ini membahas lebih rinci bagaimana implementasi sistem monitoring dan evaluasi kinerja anggaran oleh Kementerian Keuangan dan faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi sistem monitoring dan evaluasi kinerja anggaran tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah post positivist. Hasil dari penelitian ini adalah sistem monitoring dan evaluasi kinerja anggaran yang dibuat oleh Kementerian Keuangan, dalam implementasinya masih belum memenuhi semua komponen yang ada, dimana diantara 12 komponen hanya 9 diantaranya yang sudah terpenuhi. Sementara itu, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi implementasi sistem monitoring dan evaluasi kinerja anggaran, seperti: arsitektur dan informasi kinerja anggaran, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, alokasi dana dalam melakukan monitoring dan evaluasi, dan kelengkapan serta validitas data yang diperoleh.Kata Kunci: Sistem Monitoring dan Evaluasi, Kinerja Anggaran, Komponen Sistem Monitoring dan Evaluasi, Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Sistem Monitoring dan Evaluasi.

ABSTRACT
This thesis discusses about the monitoring and evaluation budget performance system that arranged by Ministry of Finance in 2011, consists of aspecst of context, aspects of the benefits, and implementation aspects. In that implementation, the monitoring and evaluation budget performance system that arranged by Ministry of Finance, still does not meet the existing components in the monitoring and evaluation system. Therefore, this research discuss more about how the implementation of monitoring and evaluation budget performance system by Ministry of Finance and what factors that influence the implementation of monitoring and evaluation budget performance system. The method that used in this research is post positivist. The result from this research is monitoring and evaluation budget performance system that arranged by Ministry of Finance, in that implementation still does not meet all components, where in among of the 12 components only 10 of them that already complete. Meanwhile, there are several factors that influence the implementation of monitoring and evaluation budget performance system, such as architecture and information of budget performance, quantity and quality of human resource, allocation of funds in monitoring and evaluation, and the completeness and the validity of data.Keywords Monitoring and evaluation system, Budget performance, Components of monitoring and evaluation system, Factors that influence the implementation of monitoring and evaluation system."
2017
S66047
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuraini Ayuningtyas
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan strategi pada divisi Industrial Engineering di PT X berdasarkan 6 tahapan dalam konsep execution premium yaitu develop the strategy, plan the strategy, align the organization, plan operations, monitor and learn, test and adapt. Perolehan data penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan data yang digunakan dalam kurun waktu satu tahun selama tahun 2013. Hasil evaluasi menunjukan bahwa tahap-tahap tersebut belum sepenuhnya dilakukan oleh PT X. Salah satunya adalah proses penyusunan anggaran yang dilakukan secara terpisah dari perencanaan strategi objektif dan KPI pada Divisi Industrial Engineering. Hal ini menunjukan bahwa anggaran tersebut belum efektif dalam menentukan pencapaian strategi objektif yang dimiliki oleh Divisi Industrial Engineering.

The objective of this research is to eveluate the implementation of strategy in  Industrial Engineering Division at PT X based on the concept of execution premium which has six stage i.e., develop strategy, plan the strategy, align the organization, plan operation, monitor and learn, test and adapt. This research is based on the case study in PT X with data analysis done in one year during 2013. Result shows that those six major stages are not fully executed by PT X. For example, the budgeting process is done saparetly from division’s strategic objective and KPI planning process. This reveals that the budget is not effective to determine the achievement of objective strategy belongs to Industrial Engineering Division."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oetari Nur Rahmah
"ABSTRACT
Skripsi ini membahas standar operasional prosedur divisi finance collection di perusahaan asuransi jiwa dan praktik atas standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh Perusahaan Asuransi XYZ untuk menekan risiko terjadinya kecurangan atau kesalahan atas pencatatan premi yang diterima perusahaan. Dari analisis penelitian studi kasus, diperoleh masih ada celah atas standar operasional prosedur untuk terjadinya kecurangan maupun kesalahan pada proses penagihan premi, penerimaan premi, dan rekonsiliasi serta pencatatan premi. Selain dari analisis celah standar operasional prosedur, peran dari manajer sebagai pertahanan lini pertama juga kurang efektif dalam memitigasi risiko. Hal ini dikarenakan dari proses penerimaan premi masih manual sehingga manajer masih fokus dengan kegiatan pengendalian yang sifatnya manual.

ABSTRACT
The focus on this study is the operational standards procedure of finance collection division in life insurance companies and the practice of standard operating procedures established by Perusahaan Asuransi XYZ to reduce the risk of fraud or errors in recording premiums received by the company. From the analysis of case study, it was found that there were still gaps in the standard operating procedures for fraud and errors in the premium collection process, receipt of premiums, and reconciliation and recording of premiums. Apart from standard operational gap analysis procedures, the role of managers as first-line defenses is also less effective in mitigating risk. This happened because process of premi receipt still done manually so managers are still focused on manual control activities."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifa Fitria
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi proses loan review yang dilakukan oleh KAP RFR untuk mencari tahu permasalahan utama penyebab tidak lancarnya pembayaran kembali oleh debitur Lembaga Keuangan Bukan Bank X (LKBB X) secara tepat waktu serta memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Proses loan review dilakukan dalam 5 (lima) tahap dan mengacu pada Lampiran 1 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 40/POJK.05/2015. Penulis hanya melakukan evaluasi pada tiga tahap proses loan review yaitu pengumpulan dokumen, pengisian kertas kerja, dan pemberian kualitas kredit. Secara keseluruhan proses loan review yang dilakukan oleh KAP RFR pada LKBB X sudah sesuai dengan ketentuan dari Lampiran 1 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 40/POJK.05/2015. Selain itu laporan magang ini juga memuat refleksi diri penulis selama melaksanakan magang di KAP RFR.

This internship report aims to evaluate the loan review process carried out by KAP RFR to find out the main problem that causes non-smooth repayment of non-bank financial institution X (NBFI X) debtors in a timely manner and to provide solutions to these problems. The loan review process is carried out in 5 (five) stages and based on Lampiran 1 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 40/POJK.05/2015. The author only evaluates the three stages of the loan review process, namely collecting documents, filling in working papers, and providing credit quality. Overall, the loan review process carried out by KAP RFR at NBFI X is in accordance with the provisions of Lampiran 1 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 40/POJK.05/2015. In addition, this internship report also contains the author's self-reflection during his internship at KAP RFR."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Ridha Nurma Sari
"Penelitian ini berfokus pada hubungan antara leader-member exchange dan work engagement pada pegawai generasi X dan Y di Lembaga Keuangan A. Penelitian ini menggunakan mix method research. Penelitian ini dilakukan kepada 193 pegawai yang berasal dari generasi X dan generasi Y. Alat ukur yang digunakan adalah adaptasi dari Utrecht Work Engagement Scale (Schaufeli & Bakker, 2003) dengan nilai koefisien alpha (α) sebesar .960 dan alat ukur LMX-MDM (Liden & Maslyn, 1998) dengan nilai koefisien alpha (α) sebesar .934.
Dari analisis data, disimpulkan bahwa: (1) Tingkat mean skor work engagement dan leader-member exchange karyawan Lembaga Keuangan A rata ? rata berada dalam taraf sedang baik secara umum maupun antara generasi X dan Y. Namun, bila dilihat lebih mendalam, tingkat mean skor antara generasi X memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan generasi Y baik work engagement maupun leader-member exchange, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara leader-member exchange dengan work engagement pada karyawan Lembaga Keuangan A, (3) dari keempat dimensi leader-member exchange, kesemuanya, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap work engagement, dan (4) bentuk intervensi yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hubungan leader-member exchange dan work engagement pada karyawan Lembaga Keuangan A adalah dengan memberikan pelatihan trust building dan mutual support untuk meningkatkan loyalitas karyawan.
Hasil evaluasi yang dilakukan terhadap pelatihan menyatakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pelatihan dengan nilai signifikansi adalah .007 signifikan pada l.o.s .05 dan nilai z pada wilcoxon test adalah -2.694 yang menunjukkan bahwa nilai post-test lebih besar daripada nilai pre-test.

This study focused on the relationship between leader-member exchange and work engagement between Generation X and Generation Y employees at Financial Institutions A. This study used a mixed method research. This study was conducted to 193 employees coming from generation X and generation Y. Measurement instruments used in this research are the adaptation of Utrecht Work Engagement Scale (Schaufeli & Bakker, 2003) with coefficient alpha (α) of .960 and LMX-MDM (Liden & Maslyn, 1998) with coefficient alpha (α) of .934.
From the data analysis, it was concluded that: (1) majority of respondents have a moderate level of leader-member exchange and work engagement. However, the mean level of generation X has a higher value than generation Y both work engagement and leader-member exchange, (2) there is a significant effect between leader-member exchange and work engagement, (3) the fourth dimensions of leader-member exchange, all of which, have a significant effect on work engagement, (4) intervention held to improving the loyalty dimension is with giving the training of trust building and mutual support.
The results of training's evaluation stated that there are significant differences between before and after training with a significance value of .007 is significant at the .05 l.o.s and the z value of Wilcoxon test is -2.694 which indicate that the post-test is greater than the pre-test.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41794
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Almaas Saliani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesadaran kinerja lingkungan di PT Y Cabang X. Analisis dilakukan melalui kinerja lingkungan perusahaan dan kesadaran karyawan yang tercermin dalam perilaku karyawan di lingkungan perusahaan. PT Y Cabang X bergerak di bidang logistik, secara spesifik pada pengelolaan dan pengembangan pelabuhan yang aktivitas operasionalnya sebagian besar berhubungan langsung dengan lingkungan, khususnya laut sehingga peran perusahaan di lingkungan sekitarnya sangat besar. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data-data yang digunakan diperoleh melalui Laporan Keberlanjutan, wawancara dengan pihak terkait aktivitas lingkungan perusahaan, dan survei menggunakan kuesioner kepada 58 karyawan perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa manajemen dan karyawan PT Y Cabang X memiliki kesadaran kinerja lingkungan yang ditunjukkan dengan hasil analisis Laporan Keberlanjutan, hasil wawancara dan hasil survei kuesioner (4,2 dari skala 5). Adanya kesadaran lingkungan ini juga terlihat dari target kinerja lingkungan PT Y Cabang X di tahun 2022 yaitu meningkatkan PROPER dan mendapatkan sertifikasi ISO 14001:2015.

This research aims to evaluate the environmental performance awareness at PT Y Branch X. The analysis is carried out through the company's environmental performance and employee awareness which is reflected in employee behavior in the company environment. PT Y Branch X is engaged in logistics, specifically in the management and development of ports whose operational activities are mostly directly related to the environment, especially the sea, so the company plays a significant role in the surrounding environment. The method in this research uses descriptive qualitative with a single case study approach. The data used were obtained through the Sustainability Report, interviews with parties related to the company's environmental activities, and a survey using a questionnaire to 58 employees. This research found that the management and employees of PT Y Branch X have an awareness of environmental performance as indicated by the results of the analysis of the Sustainability Report, the results of interviews and the results of the questionnaire survey (4.2 out of a scale of 5). The existence of environmental awareness at PT Y Branch X can also be seen from its target in 2022, namely increasing PROPER and obtaining certification of ISO 14001: 2015."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fashadilla Khalida Susilo
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi prosedur pengendalian internal divisi keuangan Lembaga FAN. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan prosedur pengendalian internal yang dilakukan oleh divisi keuangan Lembaga FAN dan prosedur pengendalian internal yang disyaratkan oleh Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO) Framework. Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa prosedur pengendalian internal yang dilaksanakan oleh Lembaga FAN telah sesuai dengan prosedur pengendalian internal yang disyaratkan oleh COSO Framework. Laporan magang ini juga membahas refleksi diri yang merupakan hasil pembelajaran berkelanjutan atas pelaksanaan aktivitas magang di Lembaga FAN.

This internship report discusses the evaluation of the internal control procedures of the FAN Institute finance division. The evaluation was carried out by comparing the internal control procedures carried out by the financial division of the FAN Institute and the internal control procedures required by the COSO (Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission) Framework. The results of the evaluation show that the internal control procedures implemented by the FAN Institute are in accordance with the internal control procedures required by the COSO Framework. This internship report also discusses self-reflection which is the result of continuous learning on the implementation of internship activities at the FAN Institute."
2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Susan Faustine
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan sistem manajemen stratejik pada Divisi Paper Bag di PT X berdasarkan 6 langkah dalam konsep execution premium yaitu develop the strategy, plan the strategy, align the organization, plan operations, monitor and learn, test and adapt. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa langkah-langkah tersebut belum sepenuhnya dilakukan oleh perusahaan. Salah satunya adalah proses penyusunan anggaran yang dilakukan secara terpisah dari perancangan strategi objektif dan KPI pada Divisi Paper Bag. Hal ini menunjukkan bahwa anggaran tersebut belum efektif dalam menentukan pencapaian strategi objektif yang dimiliki oleh Divisi Paper Bag.

The research?s objective is to evaluate the implementation of management strategy system at Paper Bag division in X Corporation based on the concept of execution premium which has six stages i.e., develop the strategy, plan the strategy, align the organization, plan operations, monitor and learn, test and adapt. Result shows that those six major stages are not fully executed by the Company. For example, the budgeting process is done separately from division?s strategic objective and KPI planning process. This reveals that the budget is not effective to determine the Paper Bag Division?s achivement to meet the strategy objective."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T31463
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Timotius Sutto Halim
"ABSTRAK
Tesis ini membahas apakah Divisi Internal Audit Bank X telah memenuhi sistem manajemen mutu yang sesuai dengan standar ISO 9001:2008 serta kelebihan dan kelemahan dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Descriptive Comparative. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sejak tahun
2008-2012 Divisi Internal Audit Bank X telah memperoleh Sertifikat ISO
9001:2008 untuk Internal Audit Services (General, Syariah and IT Audits), tetapi
tidak terjadi peningkatan kualitas yang berarti atas jasa yang diberikan oleh Divisi
Internal Audit Bank X.

ABSTRACT
This thesis will discuss regarding what the Internal Audit Division of Bank X has fulfill the quality management system requirements with the standard of ISO
9001:2008 along with the strength and weaknesses in implementing the quality
management system of ISO 9001:2008. This observation is a qualitative study applying the descriptive comparative method. The research concludes since the year 2008-2012 the Internal Audit Division of Bank X has received a Certificate ISO 9001:2008 for Internal Audit Services (General, Syariah and IT Audits), but has not continuous improvement the quality of services that was given by Internal Audit Division of Bank X."
2013
T34682
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>