Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 93537 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Meita Rosa Indah
"Inovasi merupakan faktor penting daya saing dan produktivitas perusahaan. Namun, terdapat konsensus pembiayaan sebagai hambatan mengingat inovasi membutuhkan pembiayaan secara berkelanjutan dan jangka waktu panjang. Oleh karena itu, penelitian ini membahas pengaruh komposisi pembiayaan baik formal maupun informal terhadap inovasi perusahaan di Indonesia. Setelah melihat pengaruhnya, dilakukan pula analisis perbandingan efeknya antar ukuran perusahaan yaitu perusahaan kecil, menengah, dan besar. Sampel pada penelitian adalah perusahaan di Indonesia berdasarkan data World Bank Enterprise Survey (WBES) tahun 2015 dengan menggunakan regresi Logistic Probability Model. Penelitian ini menunjukkan komposisi pembiayaan formal secara signifikan berhubungan positif terhadap inovasi produk, proses, dan inovasi produk dan proses terhadap ukuran perusahaan baik perusahaan kecil-menengah maupun besar. Temuan lainnya menyimpulkan semakin perusahaan mengalami kesulitan pembiayaan untuk kegiatan operasinal sehari-harinya (day-to-day) maka akan semakin sulit pula perusahaan berinovasi.

Innovation is an important factor in the competitiveness and productivity of firms. However, there is a consensus on financing as an obstacle considering that innovation requires sustainable and long-term financing. Therefore, This study discusses the impact of the composition of both formal and informal financing on firm innovation in Indonesia. After seeing the effect, a comparative analysis of the effect was also carried out between firm sizes, such as small-medium and large firms. The sample in this research is firms registered in Indonesia based on data from World Bank Enterprise Survey (WBES) 2015 using the Logistic Probability Model regression. This study shows that the composition of formal financing is significantly positively related to product innovation, process, and product and process innovation to firm size, both small-medium and large firm. Other findings conclude that the more firms experience financing difficulties for their daily operations, the more difficult it will be for firms to innovate."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dieno Asshidqy Dasril
"Penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh tindakan inovasi atas tingkat pengembalian perusahaan yang diukur melalui tingkat penjualan per pekerja. Setelah megetahui pengaruhnya, akan dilakukan analisis mengenai pengaruh kualitas institusi atas tingkat pengembalian perusahaan melalui tindakan inovasi yang dilakukan. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dari 6 negara ASEAN (Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos) dengan sumber data World Bank Enterprise Survey (WBES) tahun 2015, World Governance Indicator (WGI), dan Heritage Foundation. Melalui model Ordinary Least Square (OLS), hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas tindakan inovasi terhadap tingkat pengembalian perusahaan. Temuan lanjutan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas satu variabel institusi terhadap tingkat pengembalian inovasi perusahaan, yakni kualitas penegakkan hukum. Dua variabel institusi lain yang diuji, yakni kualitas regulasi dan proteksi hak milik, tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengembalian inovasi perusahaan.

This study will discuss the effect of innovation on firm’s rate of return as measured by the level of sales per worker. After the effect is determined, an analysis will be carried out regarding the influence of institutional quality on the level of firm’s returns through innovative actions taken. The sample in this research are manufacturing companies from 6 ASEAN countries (Indonesia, Malaysia, Vietnam, Philippines, Myanmar, and Laos) with the 2015 World Bank Enterprise Survey (WBES) as main data source, while World Governance Indicator (WGI) and Heritage Foundation complements the data. Through the Ordinary Least Square (OLS) model, the results show that there is a significant effect of innovation activities on the rate of return for the firms. Further findings show that there is a significant effect of one institutional variable on the rate of return on corporate innovation, namely the rule of law. Two other institutional variables tested, namely regulatory quality and property rights protection, did not show a significant effect on the rate of return of firm’s innovation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Alya Amany
"Berdasarkan data dari Global Innovation Index, peringkat inovasi Indonesia turun 2 (dua) peringkat dari sebelumnya di tahun 2019 dan 2020 menduduki peringkat 85 dan di tahun 2021 menduduki peringkat 87 dari 132 negara. Angka tersebut termasuk kedalam peringkat terendah di antara ASEAN-6 yaitu Thailand yang berada di peringkat 43, Malaysia peringkat 36, dan Singapura peringkat 8. Inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan performa organisasi. Perkembangan zaman menuntut aktualisasi atas budaya inovasi sebagai perbaikan terus menerus atas pelayanan organisasi yang ada. Secara umum, inovasi merupakan konversi dari ilmu pengetahuan dan teknologi ke sosial dan ekonomi dimana menunjukkan transformasi ide menjadi produk atau jasa yang dapat dipasarkan atau mengembangkan produksi. Untuk itu, penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk membuat rekomendasi improvement terkait organisasi pada perusahaan beton pracetak di Indonesia berbasis ISO 56002:2019 yang terintegrasi dengan Lean Six Sigma untuk membangun budaya inovasi. Pada penulisan ini menggunakan metode kuesioner yang dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi eksisting penerapan inovasi dari perusahaan beton pracetak di Indonesia masih dalam tahap “kompeten” sehingga masih diperlukan pengembangan dan pada penelitian ini diketahui bahwa melalui integrasi antara ISO 56002:2019 dengan Lean Six Sigma memiliki hubungan yang positif sehingga dapat membangun budaya inovasi pada perusahaan beton pracetak.

The development of precast concrete in Indonesia has begun to increase, as can be seen in the production capacity of precast concrete always increasing and it is recorded that until 2019 it has reached 42 million tons per year. The demand for precast concrete is also increasing and even targeted to meet 50% market share. Even foreign precast concrete companies have also begun to enter the market. This market competition requires companies in Indonesia to improve their innovation culture which began to fall 2 places from the previous year according to the 2021 GII. Innovation culture is interrelated with the innovation management system, so in order to improve it, innovation management system planning is needed. Therefore, this paper aims to make recommendations for planning an innovation management system for precast concrete companies in Indonesia based on ISO 56002:2019 which is integrated with Lean Six Sigma to build a culture of innovation. In order to achieve the goal, this writing uses the likert scale questionnaire method which is distributed to precast concrete companies in Indonesia and analyzed with a Structural Equation Model (SEM). The results show that the existing condition of the application of innovation from precast concrete companies in Indonesia is still in the "competent" stage so development is still needed and in this study, it is known that through the integration of ISO 56002: 2019 with Lean Six Sigma has a positive relationship so that it can build a culture of innovation in precast concrete companies."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deka Alpraeska
"Transformasi digital dan perkembangan teknologi yang terjadi pada semua sektor industri telah mendorong perusahaan yang bergerak di bidang TIK untuk terus mengembangkan strategi dan inovasi dalam persaingan bisnis. Pengelolaan budaya inovasi dalam perkembangan layanan bisnis yang didasarkan pada pengetahuan intensif dalam beberapa dekade terakhir dapat diartikan sebagai salah satu indikator transformasi ekonomi industri menjadi ekonomi yang berbasis pengetahuan. Penciptaan inovasi yang besar diyakini dapat dilakukan melalui salah satu sumber eksternal yaitu pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh innovation culture dan customer co- creation terhadap market performance pada perusahaan teknologi informasi dan komunikasi dengan knowledge-intensive business services (KIBS) yang dapat mendukung usaha dalam meraih performansi perusahaan yang tinggi terhadap pasar dengan memanfaatkan faktor inovasi pemasaran dan inovasi produk. Dalam memproses data dilakukan survei terhadap 235 responden yang dilakukan dan diuji dengan metode Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan Multi-Group Analisys (MGA). Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pada perusahaan KIBS dan non-KIBS, variabel innovation culture dan customer co-creation dapat mempengaruhi secara positif terhadap marketing innovation, product innovation dan market performance. Selain itu, pada perusahaan non-KIBS, variabel marketing innovation tidak memberikan pengaruh signifikan pada market performance seperti pada perusahaan KIBS. Hal ini menjadi poin penting yang perlu diperhatikan oleh pemimpin perusahaan bahwa selain mengupayakan terciptanya innovation culture dan customer co-creation pada perusahaan, konsep KIBS dapat diadaptasi sebagai salah satu strategi perusahaan dalam meraih market performance.

Digital transformation and technological developments in all industrial sectors have encouraged companies engaged in ICT to continue developing strategies and innovations in business competition. In recent decades, innovation culture and knowledge-based business development can be interpreted as an indicator of the transformation of the industrial economy into a knowledge- based economy. Customers are thought to be the source of remarkable innovation. This research examines the effect of an innovation culture and customer co-creation on market performance in information and communication technology companies. Specifically, it focuses on Knowledge- Intensive Business Services (KIBS) that can support businesses in achieving high firm performance in the market by utilizing marketing innovation and product innovation factors. A survey of 235 respondents was conducted and tested using the Partial Least Squares (PLS-SEM) method. The results of this study indicate that in KIBS and non-KIBS firms, the variables of innovation culture and customer co-creation can positively influence marketing innovation, product innovation and market performance. In addition, in non-KIBS firms, the marketing innovation variable does not have a significant effect on market performance as in KIBS firms. This is an important point that needs to be considered by firm leaders that in addition to trying to create an innovation culture and customer co-creation in the firm, also the KIBS concept can be adapted as one of the firm's strategies in achieving market performance."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lankhorst, Marc
New York : Springer, 2013
658.45 LAN e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Raksanugraha
"Upaya untuk meningkatkan layanan (service) sembari mengelola biaya telah menjadi obyek penelitian yang berkelanjutan dalam bidang manajemen rantai pasokan (supply chain). Adopsi teknologi dipandang sebagai salah satu solusi yang menjanjikan terhadap tantangan klasik pengorbanan antara layanan dan biaya (service vs cost trade-off). Namun demikian, perdebatan akademis mengenai peranan kapabilitas adopsi teknologi terhadap kinerja perusahaan masih inkonklusif. Penelitian yang berkesimpulan bahwa adopsi teknologi berdampak positif terhadap kinerja perusahaan diimbangi oleh penelitian yang menemukan hal yang sebaliknya. Penelitian empiris ini yang menjadikan industri distribusi sebagai fokus penelitian, di mana kinerja layanan dan biaya layanan (cost-to-serve) sangat penting, bertujuan menganalisa peranan kapabilitas adopsi teknologi terhadap kinerja perusahaan. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti peranan faktor pendahulu adopsi teknologi dan eksekusi strategi. Model yang diusulkan terdiri dari kapabilitas adopsi teknologi dan eksekusi strategi dengan pendekatan teknologi-organisasi-lingkungan (Technology-Organization-Environment—TOE) dan lingkungan kerja organisasi (Organizational Task Environment –OTE). Sampel penelitian terdiri dari 393 distributor independen dari sebuah perusahaan Indonesia di bidang barang konsumsi sehari-hari (fast-moving consumer goods). Hasil utama dari penelitian ini adalah bahwa adopsi teknologi sendiri tidak cukup untuk memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan. Untuk mendapatkan manfaat yang optimum dari adopsi teknologi diperlukan eksekusi strategi. Penelitian ini tidak membahas konteks lokasi perusahaan sebagai faktor pembeda.

The quest of improving service while managing cost has been an ongoing research in supply chain management. Adoption of technology has been sought as a promising solution to this classic challenge of service vs cost trade off. However, the scholarly debates on the role of technology adoption capabilities towards firm’s performance are far from conclusive. Researches indicate positive impact of technology adoption to firm performance are equally buoyed by ones that indicate otherwise. Focusing on the distribution industry where service performance and cost-to-serve are critical, this empirical study aims to analyze the role of technology adoption capabilities towards firm’s performance. Using a quantitative research method, this study explores the influence of antecedents of technology adoption and strategy execution. The proposed model comprises of technology adoption capability and strategy execution using the technology-organization-environment framework and organizational task environment approach. The sample consists of 393 independent distributors of a fast-moving consumer good company in Indonesia. This study mainly suggests that technology adoption alone does not sufficiently provide a direct positive impact on firm performance. It requires strategy execution to make the most value of a technology adoption toward positive firm performance. Limitation of this study is that it does not include location context where the firms operate as a differentiating factor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Lihardo Ranjaliba
"Perusahaan telekomunikasi tergolong perusahaan teknologi komunikasi informasi (TIK) yang memiliki tipikal biaya tinggi, untuk penyediaan dan pemeliharaan infrastruktur. Munculnya over the top (OTT) tanpa investasi infrastruktur yang mahal, kini marak digunakan, mengakibatkan banyak layanan telekomunikasi menjadi usang. Itu terjadi karena OTT secara pragmatis mampu menggantikan layanan telekomunikasi. Berkaca pada kemampuan konektivitas dan jangkauan, telekomunikasi perlu menciptakan pasar baru dengan memberikan perhatian khusus pada kota pintar yang dibangun dari koneksi internet yang masif. Model bisnis operasional telekomunikasi saat ini berbasis pelanggan manusia, sedangkan kota pintar merupakan multi service digital (non human), sehingga diperlukan proses bisnis baru untuk mengelola pelanggan kota pintar (non human). Penelitian ini menyajikan transformasi proses bisnis dalam domain pelanggan dalam operasi sistem yang kompleks dari sebuah perusahaan telekomunikasi. Kebaruan penelitian adalah metode business process reengineering (BPR) yang dikombinasikan dengan soft systems methodology (SSM) dan enterprise knowledge development (EKD) untuk mendefinisikan, memetakan, memodelkan, dan memproyeksikan proses bisnis baru. Hasilnya adalah tujuh model enterprise architecture (EA) untuk mengelola pelanggan baru kota pintar. Pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan daya saing telekomunikasi. Studi ini menghasilkan terobosan model strategi bagi transformasi proses bisnis telekomunikasi dalam domain yang berpusat pada pelanggan (customer-centric) antara lain (1) Request to answer, (2) Order to payment, (3) Usage to payment, (4) Request to change, (5) Termination to confirm, (6) Problem to solution, dan (7) Complaint to solution.

The telco is an information communications technology (ICT) company that has a typical high cost, for the provision and maintenance of the infrastructure. The emergence of over the top (OTT) without expensive infrastructure investments is now being massively used, which has resulted in many telco services becoming obsolete. It occurs because OTT is pragmatically able to substitute similar services. Reflecting on the capabilities of connectivity and coverage, telco needs to create a new market by paying special attention to smart cities that are constructed from massive internet connections. The current telco operational business model is based on human customers, whereas smart cities are a multi-service digital (non-human), so a new business process is required to manage smart city (non-human) customers. This research presents the transformation of business processes in the customer domain in the complex systems operations of a telco company. The research novelty is the business process reengineering (BPR) method combined with soft systems methodology (SSM) and enterprise knowledge development (EKD) to define, map, model, and project a new business process. The result is seven models of enterprise architecture (EA) for managing new smart city customers. In the end, it is expected to increase telco competitiveness. This study produces a breakthrough strategic model for the transformation of telecommunication business processes in a customer-centric domain: (1) request to answer, (2) order to payment, (3) usage to payment, (4) request to change, (5) termination to confirm, (6) problem to solution, dan (7) complaint to solution."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alphasius Omega Dixon
"Penelitian tentang dampak inovasi terhadap competitive advantage telah banyak dibahas. Salah satu variabel inovasi yang relevan adalah business process innovation. Inovasi tidak muncul secara tiba-tiba dalam sebuah organisasi. Diperlukan beberapa faktor pendukung, seperti iklim yang mendukung inovasi dan structural empowerment. Membahas lebih lanjut tentang structural empowerment, beberapa penelitian secara khusus menguji pengaruhnya terhadap innovative behaviour. Hubungan antara structural empowerment dan organizational performance juga telah diamati. Dalam konteks industri saat ini, perusahaan dituntut untuk lebih agile dan kreatif dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat dan cepat. Selain itu, tren industri 4.0 juga membawa banyak perubahan pada pola persaingan di pasar. Perusahaan harus mampu beradaptasi dengan proses bisnis baru, terlepas dari industrinya. Structural empowerment merupakan salah satu hal terpenting yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi organisasi dan daya pemecahan masalah. Studi ini mengkaji hubungan antara structural empowerment, innovative behaviour dan business process innovation, yang pada akhirnya mengarah pada tingkat competitive advantage suatu organisasi. Ini menghubungkan teori structural empowerment dan inovasi, yang selalu dilihat sebagai sesuatu yang terpisah dalam pengaruhnya terhadap competitive advantage. Dalam melakukan uji empiris, diambil data dari 97 manajer atau ketua tim melalui survei online. Metode SEM-PLS digunakan untuk melihat hubungan yang terjadi antar konstruk. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara structural empowerment, innovative behaviour, business process innovation, dan competitive advantage.

Research on the impact of innovation on competitive advantage has been widely discussed. One of the relevant innovation variables is business process innovation. Innovation does not appear suddenly in an organization. Several supporting factors are needed, such as a climate that supports innovation and structural empowerment. Discussing more about structural empowerment, several studies specifically examine its effect on innovative behavior. The relationship between structural empowerment and organizational performance has also been observed. In the current industrial context, companies are required to be more agile and creative in facing fierce and fast market competition. In addition, the industry 4.0 trend also brings many changes to the competition patterns in the market. Companies must be able to adapt to new business processes, regardless of the industry. Structural empowerment is one of the most important things needed to increase organizational efficiency and problem solving agility. This study examines the relationship between structural empowerment, innovative behavior and business process innovation, which ultimately leads to an organization's level of competitive advantage. This links the theory of structural empowerment and innovation, which have always been seen as separate things, especially in regards to their effect on competitive advantage. In conducting the empirical test, data were taken from 97 managers or team leaders through an online survey. The SEM-PLS method is used to see the relationship between constructs. The results showed a positive influence between structural empowerment, innovative behavior, business process innovation, and competitive advantage."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rahmadya Permana
"Pada penelitian ini, dilakukan analisis tekno-ekonomi terhadap proses peningkatan bilangan iodin minyak jelantah menggunakan reaksi dehidrogenasi oksidatif (ODH) dengan katalis Ti/NiO. Proses yang dirancang disimulasikan menggunakan software Aspen Hysys. Terdapat 2 skenario proses dengan perbedaan senyawa pendonor atom oksigen yang digunakan, yaitu gas oksigen dan gas karbon dioksida. Untuk melengkapi simulasi, dilakukan pemodelan kinetika reaksi dan optimasi bilangan iodin produk setelah melewati ODH menggunakan data penelitian terdahulu berupa suhu, rasio laju alir, waktu tinggal, neraca massa, dan bilangan iodin produk. Kapasitas produksi dari pabrik ini adalah sebesar 1 megaliter/tahun. Hasil simulasi yang diperoleh berupa spesifikasi dasar alat proses, kapasitas produksi, kebutuhan bahan baku, serta kebutuhan energi dan utilitas. Lalu, dilakukan kajian keekonomian melalui perhitungan total investasi kapital dan biaya manufaktur. Terakhir, dilakukan analisis kelayakan pabrik secara ekonomi dengan mempertimbangkan nilai net present value, internal rate of return, payback period, dan profitability index. Simulasi yang dilakukan pada menunjukkan bahwa kebutuhan energi listrik dan steam sebesar 268 megajoule/jam dan 0,46 ton/jam untuk proses dengan gas oksigen serta 815 megajoule /jam dan 10 ton/jam untuk proses dengan gas karbon dioksida. Secara berurutan, total investasi kapital dan biaya manufaktur yang diperoleh sebesar Rp37,4 miliar dan Rp39,9 miliar/tahun untuk proses dengan gas oksigen serta Rp89,4 miliar dan Rp44,1 miliar/tahun untuk proses dengan gas karbon dioksida. Proyek dengan profitabilitas terbaik adalah pabrik ODH menggunakan gas oksigen dengan net present value sebesar Rp89,8 miliar, internal rate of return sebesar 35,97%, payback period selama 2,49 tahun, dan profitability index sebesar 2,40.

In this research, a techno-economic analysis was carried out on the process of increasing the iodine value of used cooking oil using the oxidative dehydrogenation (ODH) reaction with a Ti/NiO catalyst. The designed process is simulated using Aspen Hysys software. There are 2 process scenarios with the difference is the oxygen atom donor compound used, namely oxygen gas and carbon dioxide gas To complete the simulation, modelling of the reaction kinetics and optimization of product iodine value after passing through the ODH reaction was carried out using data derived from previous research, such as temperature, flow rate ratio, residence duration, mass balance, and product iodine number. The production capacity of this factory is 1 megalitre/year. The simulation results obtained are basic specifications of process equipment, mass balance, as well as energy and utility requirements. Then, an economic study was carried out by calculating total capital investment and manufacturing costs. Finally, an analysis of the economic feasibility of the factory is carried out by considering the net present value, internal rate of return, payback period and profitability index. The simulations conducted in this study demonstrate that the electrical energy and steam requirements are 268 megajoule/hour and 0.46 tons/hour for the process with oxygen gas and 815 megajoule /hour and 10.18 tons/hour for the process with carbon dioxide gas. Sequentially, the total capital investment and manufacturing costs obtained were IDR 37.4 billion and IDR 39.9 billion/year for processes using oxygen gas and IDR 89.4 billion and IDR 44.1 billion/year for processes using carbon dioxide gas. The project with the best profitability is the ODH factory which uses oxygen gas with a net present value of IDR 89.8 billion, an internal rate of return of 35.97%, a payback period of 2.49 years, and a profitability index of 2.40."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vicky Andryanda Pratama
"Memiliki performa keuangan dan operasional yang superior akan selalu menjadi tujuan akhir semua perusahaan di dunia. Salah satu cara terbaru untuk mencapainya adalah memiliki kapabilitas dinamis dynamic capabilities . Di sisi lain, meningkatnya kontribusi dari sektor jasa terhadap ekonomi secara keseluruhan meningkatkan pentingnya melakukan inovasi jasa. Namun, inovasi jasa berbeda dengan inovasi lainnya yang sudah dikenal lebih luas. Perlu pemahaman yang berbeda mengenai inovasi jasa untuk mengetahui dampaknya terhadap competitive advantage sebuah perusahaan. Beberapa ahli berpendapat bahwa kapabilitas dinamis membantu perusahaan untuk melakukan inovasi jasa. Namun, studi yang pernah dilakukan tentang konsep-konsep yang berbeda ini tersebar.
Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk meringkas dan menyatukan temuan-temuan dalam studi tersebut, yang dirumuskan dalam pernyataan masalah sebagai berikut: ldquo;apa hubungan antara kemampuan dinamis dan kinerja perusahaan, dan apa pengaruh inovasi layanan terhadap hubungan antara kemampuan dinamis dan kinerja perusahaan? rdquo; . Studi ini pertama-tama mendefinisikan bahwa kapabilitas dinamis terbagi menjadi 3 kapabilitas: adaptif, serap, dan inovatif. Selain itu, studi ini juga mengasumsikan konsep inovasi jasa secara lebih komprehensif, yang mencakup perubahan dan peningkatan dalam konsep produk jasa, proses penyampaian jasa, serta pendapatan dan model bisnis dari jasa tersebut. Selain itu, inovasi jasa tidak hanya mencakup inovasi yang bersifat radikal, akan tetapi juga mencakup inovasi yang bersifat incremental.
Studi ini menyimpulkan bahwa inovasi jasa memediasi hubungan antara kapabilitas dinamis dan kinerja perusahaan. Oleh karena itu, bagi perusahaan yang ingin meningkatkan performan keuangan dan operasional mereka, mereka dapat melakukan inovasi jasa untuk meningkatkan dan menciptakan penawaran jasa baru. Namun, untuk dapat melakukannya, mereka harus melakukan dan memiliki kemampuan dinamis terlebih dahulu. Implikasi praktis, batasan, dan rekomendasi untuk studi ke depannya juga dibahas dalam studi ini.

Gaining a superior financial and operational performance has always been the ultimate goal of all firms in the world. One of the emergent ways to achieve them is to possess dynamic capabilities. On the other hand, the increasing contribution from service to the overall economies makes the needs to innovate the service product become increasingly important. But, service innovation is a different thing with other kinds of innovation commonly known. It needs different understanding to know its impact on the achievement of superior firm performance. Some scholars argue that dynamic capabilities help the firm to do service innovation. However, the research about these different concepts is scattered.
Therefore, this research aims to summarize and integrate them, which can be formulated in the problem statement of ldquo;what is the relationship between dynamic capabilities and firm performance, and what influence does service innovation have on the relationship between dynamic capabilities and firm performance? rdquo;. This research firstly defines that dynamic capabilities can be disaggregated into adaptive, absorptive, and innovative capabilities. Also, this research views service innovation in a more comprehensive way, which includes any changes and improvement in the service concept, service delivery process, and revenue and business model. Furthermore, service innovation involves not only radical innovation but also incremental innovation.
This research concludes that service innovation mediates the relationship between dynamic capabilities and firm performance. So, for firms who want to improve their financial and operational performance, they can do service innovation to improve and create new service offerings. But, to be able to do so, they should do and possess the dynamic capabilities beforehand. Lastly, the practical implications, limitations, and recommendations for future research are also discussed in this research.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>