Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 140993 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agung Fajarudin
"Tulisan ini membahas mengenai pengaplikasian metode analogi yang perkenalkan oleh Itkonen (2005) untuk melihat persamaan proses sistem dalam dua kasus yaitu Witch Hunt di Salem, Massachusetts dan JusticeForAudrey di Twitter. Hasilnya adalah dengan memakai prototipe analogi, kedua kasus ini bisa dianalogikan yang artinya kasus JusticeForAudrey sama dengan Witch Hunt Salem, dengan memakai function yang sama pada setiap sistem yaitu function accused, accuser, moral panic dan law enforcer. Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana manusia mempunyai pola perilaku yang sama dari waktu ke waktu meskipun dengan jarak dan periode yang berbeda.

This paper discusses the application of the analogy method introduced by Itkonen (2005) to see the similarity of system processes in two cases, namely Witch Hunt in Salem, Massachusetts and JusticeForAudrey on Twitter. The result is by using an analogy prototype, these two cases can be analogized, which means that the JusticeForAudrey case is the same as Salem's Witch Hunt, broadly speaking they are the same in terms of the spread of false accusations that can harm the person accused. The equation is analyzed by using the same function on each system, namely the function accused, accuser moral panic and law enforcer. The aim is to see how humans have the same behavior patterns from time to time even though at different distances and periods."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifa Diba Widjaya
"Penyihir perempuan adalah salah satu tokoh paling ambivalen dalam film horor karena mereka dapat bertindak sebagai kekuatan subversif, namun juga tokoh yang sesuai dengan stereotip misoginis perempuan. Berdasarkan buku Barbara Creed tentang monstrositas keperempuanan (monstrous-feminine), serta teori 'hina' (abject) dari Julia Kristeva, makalah ini mengeksplorasi bagaimana seksualitas dan kekuasaan perempuan direpresentasikan melalui figur penyihir dalam film horor—khususnya dalam konteks film Suspiria versi 2018 dan film The Lords of Salem (2012). Melalui pendekatan psikoanalitik terhadap narasi, karakter, serta simbol, yang dihubungkan dengan konsep monstrositas keperempuanan dan teori ‘hina,' makalah ini mencoba menggambarkan interpretasi tentang perempuan yang kompleks—dan seringkali saling bertentangan—dalam film horor bertema penyihir, di mana mereka sering digambarkan sebagai perempuan yang merdeka dan berkuasa tetapi pada dasarnya masih dianggap sebagai sesuatu yang 'lain' dan menakutkan. Penulis menemukan bahwa penggambaran sifat keibuan dan fungsi reproduksi perempuan dalam kedua film tersebut berperan dalam membangun ketakutan bawah sadar terhadap seksualitas dan kekuasaan perempuan. Selanjutnya, analisis ini menunjukkan bahwa kekuasaan perempuan masih digambarkan di bawah pengaruh konstruksi patriarki, terutama terkait dengan gagasan kuno tentang kecemasan pengebirian (castration anxiety). Pada akhirnya, penulis berpendapat bahwa representasi penyihir dalam kedua film masih penuh dengan ambiguitas, yang menjadikan mereka sebagai representasi pemberdayaan perempuan yang masih kurang stabil.

The female witch is one of horror cinema’s most ambivalent figures as they may act as a subversive force while still conforming to older misogynistic stereotypes of women. Drawing primarily on Barbara Creed’s book about the monstrous-feminine, as well as Julia Kristeva’s theory of the abject, this paper explores the way female sexuality and power are represented through the witch figures in horror cinema–specifically in the context of the 2018 version of Suspiria and the horror film The Lords of Salem (2012). Through a psychoanalytic examination of the narratives, characters, and symbols, in conversation with the concept of monstrous-feminine and ‘the abject,’ the paper attempts to illustrate the complex—and often conflicting—interpretation of women in witch-themed horror movies, in which they are frequently portrayed as liberated and empowered but are still being fundamentally regarded as ‘other’ and terrifying. The writer finds that the portrayal of the maternal traits and female reproductive function in both movies are instrumental in constructing the subconscious fear towards female sexuality and power. Furthermore, the analysis suggests that female power is still portrayed under the influence of patriarchal construction, particularly related to the ancient notion of castration anxieties. Ultimately, the writer contends that the representations of the witch in both movies are still fraught with ambiguities, which render them as an unstable figure of female empowerment. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Walton, Evangeline
Sauk City: Arkham House, 1945
813.52 WAL w
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Febi Ghela Tinaruly
"Artikel ini mempelajari tindakan mempublikasi insiden kekerasan seksual di Internet untuk mendapatkan keadilan, juga dikenal dengan istilah delik viral. Mencari keadilan melalui ruang digital seringkali dijadikan pilihan terakhir bagi korban kekerasan seksual. Di Indonesia, banyak korban kekerasan seksual yang masih ragu untuk menyuarakan pelecehan seksual yang mereka alami karena perspektif konservatif terhadap subjek tersebut dan mekanisme pelaporan yang kompleks. Oleh karena itu, media sosial, yang menyediakan anonimitas, memungkinkan korban kekerasan seksual untuk memperjuangkan keadilan melalui viralitas. Namun, diskusi mengenai bahaya yang dapat ditimbulkan oleh metode tersebut juga bermunculan. Dengan mempertimbangkan teori penularan emosi digital oleh Goldenberg dan Gross (2020) untuk memahami kejadian viral #JusticeForAudrey pada tahun 2019, artikel ini membahas pro dan kontra delik viral. Selain itu, artikel iniakan memberikan refleksi tentang delik viral di masa kekerasan seksual semakin mendesak.

This article studies the act of publishing sexual violence incidents on the Internet to seek justice, often referred to as viral-based justice (Triastuti, 2022). It is becoming a common last resort for sexual assault victims to seek justness through digital spaces. In Indonesia, many victims of sexual crime are still hesitant to voice their encounters with sexual abuse (KPPA, 2020) due to conservative perspectives on the subject (Triastuti, 2022) and the complex reporting mechanism (IJRS, 2021). Hence, social media, providing anonymity, allows victims of sexual harassment to strive for their deserved justice through virality. However, discussions regarding the potential harm this method may yield have also emerged. Considering Goldenberg and Gross’ (2020) digital emotion contagion theory to understand the viral occurrence of #JusticeForAudrey in 2019, this article problematises the pros and cons of viral-based justice. Furthermore, it will reflect on viral-based justice in a time when sexual violence is increasingly urgent.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Coelho, Paulo
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014
869.342 COE w
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Lewis, C.S.
New York: Harpercollins Publishers, 1994
813 LEW l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Kagiya, Akiko
Tokyo: Japan Publications, 2010
R 306.082 KAG f
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Amalia
"Proses adaptasi teks dongeng menjadi film semakin banyak dilakukan oleh produser film Hollywood. Salah satunya ialah film Hansel and Gretel: Witch Hunters (2013) produksi Paramount Pictures yang diadaptasi dari dongeng Grimm bersaudara. Penelitian ini membahas imaji Hollywood yang direpresentasikan dalam film Hansel and Gretel: Witch Hunters (2013). Dengan metode kualitatif berupa deskriptif analisis, penelitian ini berfokus pada bagaimana imaji Hollywood dikemas dalam film. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya imaji-imaji baru yang berbeda dengan versi aslinya disebabkan karena adanya pengembangan cerita serta perubahan motif yang dilakukan oleh tim produksi. Imaji Hollywood dalam film ini digambarkan melalui penokohan, alur dan cerita, dialog antar tokoh serta ekspresi yang dikemas berbeda dari versi dongeng Grimm. Hal ini berkaitan dengan tujuan Hollywood sebagai industri global yang ingin menciptakan suatu hiburan massa yang menjangkau pasar internasional.

The adaptation of fairy-tale texts into films is increasingly being carried out by Hollywood film producers. The film Hansel and Gretel: Witch Hunters (2013) is produced by Paramount Pictures which was adapted from the fairy tale of the Brothers Grimm Hansel und Gretel. This study discusses Hollywood images represented in the film Hansel and Gretel: Witch Hunters (2013). With qualitative methods in the form of descriptive analysis, this study focuses on how Hollywood images are packaged in films. The results of the study show new images that are different from the original version. The result is due to the development of stories and changes in motives carried out by the production team. Hollywood images in this film are portrayed through characterizations, lines and stories, dialogues between characters and expressions that are packaged differently from the fairytale version of Grimm. The result also show how Hollywood as a global industry create a mass entertainment that reaches international markets."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rezkita Rasyid
"Utopia hadir sebagai bagian dari ruang imajinasi yang mensimulasikan ruang ideal dengan latar belakang ketidaksempurnaan dalam realita.  Kehadiran utopia dilengkapi dengan heterotopia, sebuah bentuk aktualisasi tempat dengan karakter ideal.  Heterotopia digambarkan sebagai sebuah konsep ruang merujuk pada simulasi utopia dapat termanifestasi sebagai representasi sehingga kehadirannya terlihat nyata. Media film mampu menangkap konsep utopia dan heterotopia, lalu mentranslasikannya dalam bentuk gambar bergerak yang menggambarkan realitas yang beriringan dengan ruang dan waktu.  Kemampuan pada film tersebut kemudian memunculkan simulacra, sebuah situasi saat realitas yang dilihat di media adalah realitas semu.  Akibatnya, perbedaan antara bagian original (asli) dan copy (imitasi) menjadi samar dan batasnya memudar.  Implementasi yang hadir pada film adalah penonton dapat melihat ruang sebagai sebuah realita.  Tujuan studi ini adalah melihat konsep utopia dan heterotopia melalui melalui simulasi dan hubungan original dan copy dalam film The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch, and the Wardrobe.  Film tersebut menghadirkan pada penonton sebuah ruang untuk masuk dan melarikan diri ke dalamnya sebagai sebuah ruang bersifat utopia.  Sehingga dari potensi tersebut, dapat terlihat bahwa peran media sangat besar dalam mencerminkan ide ruang utopia dalam simulacara.

 


Utopia exist as a part of imagination realm that simulated an ideal space with imperfect reality background.  The idea of utopia as an ideal space is also related to heterotopia, a space used to describe the idea of utopia.  Heterotopia can be seen as the physical form of utopia condition.  Utopia can be visualized through film as a media and can manifest the idea of utopia and heterotopia then translate it into a sequence of images that picture reality in different time and space.  The ability of film as a media to present utopia in a space is connected simulacra.  In media, simulacra often showed as a duplication of the reality and people believe what they see instead of the existing facts, or what it’s called as a fake reality.  As a result, the distinction between the original and the copy starts to blur.  The implementation that came with the result is, the viewer could see the space in film as a reality.  Because of the implementation, the purpose of this study is to capture the concept of utopia and heterotopia through the simulation and its relation to the original and the copy.  This study also shows how the media could reflect the idea of utopia in space and heterotopia inside simulacra.  This research leads to how The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch, and the Wardrobe could reflect the idea of utopia within it spaces and how it copies the reality in real world and turns it into a simulation.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Micklethwait, John
Jakarta: Elex Media Komputindo kelompok Gramedia, 1996
658.001 MIC wt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>