Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 71747 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Laras Ayu Nareswari
"Inovasi Aplikasi C-Access disebut sebagai inovasi layanan karena merupakan bentuk modifikasi dari gagasan sebelumnya, yaitu KRL Access. Penelitian ini menjelaskan hubungan antara karakteristik inovasi dengan keputusan adopsi inovasi layanan Aplikasi C-Access oleh pengguna KRL Jabodetabek. Penelitian ini adalah penelitian bivariat dengan menggunakan dua variabel yang terdapat dalam teori difusi inovasi oleh Rogers (2003), yaitu variabel karakteristik inovasi dan keputusan adopsi inovasi. Variabel karakteristik inovasi terbagi menjadi empat dimensi, yaitu relative advantage, compatibility, complexity, dan observability. Lalu variabel keputusan adopsi inovasi terbagi menjadi empat dimensi, yaitu continued adoption, later adoption, replacement discontinuance, dan disenchantment discontinuance. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data mixed methods, yaitu dengan memperoleh data kuantitatif dan kualitatif melalui survei dan wawancara. Survei dilakukan secara daring melalui platform Survey Monkey dengan menghasilkan sebanyak 103 responden. Selain itu, dilakukan juga wawancara dengan Tim Humas PT KCI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik inovasi berhubungan dengan keputusan adopsi inovasi layanan Aplikasi C-Access oleh pengguna KRL Jabodetabek, dengan tingkat kekuatan hubungannya adalah moderat (sedang). Kemudian, arah hubungan antara kedua variabel adalah positif atau searah. Hasil ini diperoleh melalui uji korelasi Somers’d. Penelitian ini juga menemukan novelty (kebaruan) yaitu dimensi baru dalam keputusan adopsi inovasi yang disebut sebagai discontinuance lainnya. Penelitian di masa depan disarankan untuk mengembangkan penemuan tersebut lebih lanjut.

The C-Access Application Innovation is referred to as a service innovation because it is a modified form of the previous idea, namely KRL Access. This study describes the relationship between the characteristics of innovation and the decision to adopt the C-Access Application service innovation by Jabodetabek KRL users. This research is a bivariate study using two variables contained in the theory of innovation diffusion by Rogers (2003), namely the variable characteristics of innovation and innovation adoption decisions. The innovation characteristics variable is divided into four dimensions, namely relative advantage, compatibility, complexity, and observability. Then the innovation adoption decision variable is divided into four dimensions, namely continued adoption, later adoption, replacement discontinuance, and disenchantment discontinuance. This study uses mixed methods data collection techniques, namely by obtaining quantitative and qualitative data through surveys and interviews. The survey was conducted online through the Survey Monkey platform by producing 103 respondents. In addition, an interview was also conducted with the PT KCI Public Relations Team. The results show that the characteristics of innovation are related to the decision to adopt the C-Access Application service innovation by Jabodetabek KRL users, with a moderate level of relationship strength. Then, the direction of the relationship between the two variables is positive or unidirectional. These results were obtained through the Somers'd correlation test. This study also found novelty, which is a new dimension in innovation adoption decisions which is referred to as other discontinuance. Future research is suggested to further develop the findings."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bintang Aprilio Putra
""ABSTRACT
"
Tanggung jawab dan tuntutan ganti rugi penyedia aplikasi merupakan hal penting untuk diketahui oleh masyarakat dalam menggunakan layanan jasa transportasi berbasis teknologi informasi yang mana dapat ditemukan dalam syarat dan ketentuan yang dikeluarkan oleh penyedia aplikasi pada website masing-masing penyedia aplikasi, khususnya terhadap konsumen yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan sebagaimana yang menjadi inti dari penelitian ini. Selain membandingkan syarat dan ketentuan dua penyedia aplikasi, penelitian ini juga membahas permasalahan mengenai permintaan tuntutan ganti rugi kepada dua penyedia aplikasi. Adapun metode penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan alat pengumpulan data primer yaitu studi dokumen dan wawancara. Sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan melalui pendekatan yuridis normatif. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah lebih dalam mengenai perbandingan tanggung jawab dua penyedia aplikasi terhadap para konsumen yang mengalami kecelakaan yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan ketika menggunakan layanan transportasi yang ditawarkan oleh penyedia aplikasi. Dari hasil penelitian ini dapat ditemukan bahwa terdapat perbedaan dan persamaan antara dua penyedia aplikasi yang Penulis tinjau. Selain itu, diketahui dalam penelitian ini bahwa penyedia aplikasi tidak dapat dituntut rugi oleh konsumen yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan ketika mengalami kecelakaan saat menggunakan layanan jasa transportasi yang ditawarkan oleh penyedia aplikasi.
"hr>"
"b>ABSTRACT
"
The liability and claim for compensation of application provider are important aspects to be acknowledged by the people when using the online transportation services which can be found through the terms and conditions made by the application providers on each of application provider 39 s website, especially for the consumers who do not comply with the terms and conditions. Other than comparing the terms and conditions of two application provers, this research will also discuss about the claim for compensation for the two application providers. The research rsquo s method is analytical descriptive with the primary data collection tool is document studies and interview. While the secondary data is collected through literature studies and juridical normative approach. This research 39 s goal is to review much deeper about the comparison between two application providers rsquo liability towards its consumers who do not comply with the terms and conditions who also undergo an accident while using the transportation service offered by the application provider. From this research, writers will be able to know that there are differences and also similarities between the two application providers rsquo terms and conditions. Other than that, the writers will also know that the application providers can not be claimed for compensation by the consumers who do not comply with the terms and conditions when undergo accident while using the online transportation services offered by the application providers. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Contents :
- Chapter One Executive Summary
- Chapter Two Introduction to Application Service Providers
- Chapter Three ASP Market Status
- Chapter Four Technologies and Architectures for ASPs
- Chapter Five ASP Vendors, Services,and Case Studies
- Chapter Six Profiles of ASP Companies
- Chapter Seven Strategies for Success
- Chapter Eight Final Analysis and Conclusions
- Appendix A Survey on ASPs and Its Results
- Appendix B:Sources of Information on ASPs
- Appendix C:Acronym Guide
- Appendix D:Glossary
- Appendix E:Selected Bibliography "
Chicago: International Engineering Consortium, 2001
e20451403
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Arga Hananto
"The use of post-purchase online consumer review in hotel attributes study was still scarce in
the literature. Arguably, post purchase online review data would gain more accurate attributes that
consumers actually consider in their purchase decision. This study aims to extract attributes from two
samples of five-star hotel reviews (Jakarta and Singapore) with text mining methodology. In addition,
this study also aims to describe positioning of five-star hotels in Jakarta and Singapore based on
the extracted attributes using Correspondence Analysis. This study finds that reviewers of five star
hotels in both cities mentioned similar attributes such as service, staff, club, location, pool and food.
Attributes derived from text mining seem to be viable input to build fairly accurate positioning map
of hotels. This study has demonstrated the viability of online review as a source of data for hotel
attribute and positioning studies."
Management Research Center (MRC) Department of Management, Faculty of Economics, University of Indonesia and Philip Kotler Center,
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dea Wemona Rahma
"Transaksi belanja online di Indonesia diperkirakan mencapai Rp429 triliun pada tahun 2020. Penambahan pengguna baru di e-marketplace pun meningkat sebanyak 51% selama masa pandemi COVID-19. Pada kuartal tiga tahun 2020, Shopee menduduki peringkat pertama pada kategori peringkat aplikasi di App Store dan peringkat aplikasi di Play Store. Meskipun menempati posisi pertama, Shopee masih menerima banyak keluhan dari para penggunanya. Adanya keluhan dari pengguna menandakan bahwa ada ketidakpuasan dalam menggunakan aplikasi. Pengguna yang tidak puas sangat rentan untuk berhenti menggunakan aplikasi dan beralih ke kompetitor. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna (sisi pembeli) dan kaitannya dengan keberlanjutan niat untuk menggunakan aplikasi mobile Shopee. Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk menyusun usulan rekomendasi yang ditujukan pada Shopee untuk meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi mobile Shopee. Penelitian dilakukan dengan metode campuran, yaitu secara kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner dan secara kualitatif dengan melakukan wawancara. Model penelitian dibangun menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) dan teori E-Service Quality. Analisis sebanyak 237 data responden dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS-SEM). Selanjutnya dilakukan wawancara untuk mendalami kondisi dan permasalahan yang dirasakan oleh pengguna (sisi pembeli) aplikasi mobile Shopee. Hasil penelitian menujukkan bahwa faktor mobile app design, fulfillment, security/privacy, perceived enjoyment, dan social influence memengaruhi kepuasan pengguna yang lebih lanjut memengaruhi niat penggunaan aplikasi secara berkelanjutan. Sedangkan faktor customer service tidak ditemukan memengaruhi kepuasan pengguna. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi yang disusun untuk mengurangi keluhan dan ketidakpuasan pengguna aplikasi mobile Shopee.

Online shopping transactions in Indonesia are estimated to reach IDR 429 trillion in 2020. The addition of new customers on the e-marketplace also increased by 51% during the COVID-19 pandemic. In the third quarter of 2020, Shopee was ranked first in the categories of App rating on the App Store and App rating on the Play Store. Even though it occupies the first position, Shopee still receives a lot of complaints from its users. The existence of complaints from users indicates that there is dissatisfaction in using the application. Dissatisfied users are vulnerable to stop using the app and turning to competitors. This research aims to analyze what factors affect user satisfaction (buyer side) and its relation to the continued intention to use the Shopee mobile application. Furthermore, this research also aims to formulate recommendations aimed at Shopee to increase the satisfactio of Shopee mobile application’ users. The research was conducted using mixed methods, namely quantitatively by distributing online questionnaires and qualitatively by conducting interviews. The research model is built using the Technology Acceptance Model (TAM) and E-Service Quality theory. An analysis of 237 respondents’ data was carried out using the Partial Least Square (PLS-SEM) method. The findings reveal that mobile app design, fulfillment, security/privacy, perceived enjoyment, and social influence affect user satisfaction which further affects the intention to use the application continuously. Customer Service was not found to affect user satisfaction. In addition, this research also provides recommendations to reduce complaints and dissatisfaction from Shopee mobile application’ users."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Trisna Gunawan
"Penelitian ini adalah mengenai inovasi layanan permohonan Penerbitan
paspor melalui website pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat. Dalam
penelitian ini juga dianalisis alasan dan faktor yang melandasi mengapa inovasi
layanan permohonan Penerbitan paspor melalui website kurang terdifusikan
secara maksimal.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif di mana akan berusaha
untuk menggambarkan fakta-fakta mengenai proses komunikasi yang dilakukan
untuk menyebarkan inovasi layanan permohonan penerbitan paspor melalui
website, menjelaskan keadaan dari objek penelitian, dan membuktikan teori difusi
inovasi yang dikemukakan oleh Rogers dengan mendapatkan sebagian besar data
dari responden. Pisau bedah yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan empat dimensi difusi inovasi yang dikemukakan oleh Rogers, yaitu
inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu, dan sistem sosial. Sampel dalam
penelitian ini adalah responden yang telah menggunakan inovasi layanan
permohonan penerbitan paspor melalui website. Informan dalam penelitian ini
adalah para pejabat yang terkait dengan masalah Penerbitan paspor di Kantor
Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat. Pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Mayoritas responden
memberikan pendapat bahwa inovasi layanan permohonan penerbitan paspor
melalui website mempunyai keuntungan yang relatif tinggi, dengan tingkat
kompatibilitas, triabilitas, obserabilitas yang tinggi dan tingkat kompleksitas yang
rendah. 2) Akan tetapi layanan ini kurang terdifusikan secara maksimal karena
Kantor Imigrasi Jakarta Barat belum melaksanakan promosi baik itu melalui
media massa maupun media interpersonal secara maksimal. 3) kendala utama
yang dihadapi dalam masalah ini adalah rendahnya komitmen dari Kantor
Imigrasi Jakarta Barat untuk melakukan sosialisasi tentang inovasi, belum adanya
anggaran untuk melakukan sosialisasi, dan masih kentalnya unsur birokrasi yang
hierarkis dalam melakukan pelayanan publik.
Hasil penelitian menyarankan bahwa Kantor Imigrasi Jakarta Barat perlu
untuk lebih menggencarkan usaha promosi inovasi kepada masyarakat, perlu
ditingkatkan kesadaran dan komitmen agen pembaharu untuk lebih
menyebarluaskan inovasi dan perlu adanya suatu langkah untuk memasukkan
semangat kompetisi dalam menjalankan birokrasi demi mewujudkan pelayanan
prima kepada masyarakat.

The research is about analyzing respondent’s opinion on the innovation of
passport application using website in Immigration Office Class I West Jakarta.
The research also analyses the reasons as well as factors underlying the fact that
service innovation an passport application through website is less diffused
exellently.
The research adopts quantitative method as it is regarded suitable for the
research where it enables the researcher to illustrate the facts dealing with
communication process carried out to diffuse service innovation on paspport
aplication through website, describe the condition of the research object and
prove Rogers’s Theory of diffusion of innovation by gaining most of the data
from the respondents. The research uses four elements of Rogers’s Diffusion of
Innovation Theory, which are innovation, communication channel, time, and
social system. However, in the element of social system, the researcher focuses
more on adopter characteristic and change agents. Sample of this research are
people who have used service innovation on passport application through website.
The informants involved in the research are officials who are related to passport
issuance matters in the Immigration Office Class I West Jakarta. Data collection is
conducted by distributing questionnaire and conducting in depth interview.
The research results conclude that: 1) the majority of the respondents said
that service innovation on paspport application through website processes high
relative profit, with high level of compatibility, triability, and observability and
low level of complexity. They also stated that the service innovation offers
positive values and profit in terms of passport application voiewed from the quick
annual decision making process. 2) Nonetheless, the service is less diffused
excellently due to the lack of promotion performed by West Jakarta Immigration
Office, neither in mass media nor interpersonal media, optimally. In addition, it
only relied on information board as a media to deliver information on innovation.
3) Main obstacles faced in this case are the low level of commitment from West
Jakarta Immigration Office to conduct socialization on innovation, the absence of
budget to conduct socialization, and the stong hierarchical bureaucratic element in
the implementation of public service.
The research resuts suggest that Immigration Office Class I West Jakarta
needs to promote the service innovation unceasingly to the society, increase the
awareness and commitment of reformer agents in order to diffuse innovation, and
create a step to insert spirit of competition in implementing bureaucracy to
achieve service quality to the society.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2012
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aryaputra Athallah
"Pengukuran tingkat kematangan implementasi scrum dunia pengembangan perangkat lunak memerlukan survei berbasis scrum maturity model. Namun demikian, terdapat keterbatasan waktu dalam membuat survei secara berulang di setiap awal bulan untuk mengevaluasi proses tersebut. Hambatan tersebut mendorong dibuatnya sebuah aplikasi bernama Scrum Maturity Tool (SMT) yang berbasis web untuk mengukur tingkat kematangan scrum. Aplikasi SMT dikembangkan menggunakan metode waterfall karena seluruh kebutuhan sistem sudah matang dari awal sehingga meminimalisir adanya perubahan kebutuhan pada aplikasi. Aplikasi yang dikembangkan akan memiliki manfaat untuk mempersingkat waktu anggota scrum dalam pembuatan, pengisian, dan pengolahan data survei pada setiap sprint retrospective. Pada evaluasi fungsionalitas aplikasi, semua skenario usability testing yang dilakukan oleh developer dan product manager perusahaan XYZ serta user acceptance testing berhasil dilalui dengan sukses. Nilai dari System Usability Scale (SUS) masuk dalam kategori good dengan skor B. Performa dari aplikasi SMT juga dapat dikatakan sangat baik dari segi response time dan aksesibilitas pengguna yang diukur menggunakan Locust untuk backend dan Google Lighthouse untuk frontend.

Measuring the maturity level of scrum implementation in the world of software development requires a survey based on the scrum maturity model. However, there is a time limit for conducting repeated surveys at the beginning of each month to evaluate the process. These obstacles prompted the creation of a web-based application called the Scrum Maturity Tool (SMT) to measure the level of scrum maturity. The SMT application was developed using the waterfall method because all system requirements have been prepared from the start so as to minimize any changes in application requirements. The developed application will have the benefit of shortening Scrum members' time in creating, filling in, and processing monitoring data at each sprint retrospective. In the evaluation of application functionality, all scenario usability tests conducted by XYZ company developers and product managers as well as user acceptance tests were passed successfully. The value of the System Usability Scale (SUS) is in a good category with a score of B. The performance of the SMT application can also be said to be very good in terms of response time and user accessibility as measured using Locust for the backend and Google Lighthouse for the front end."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salma Dhiya
"Penggunaan aplikasi m-health (mobile health) selama pandemi COVID-19 menjadi hal yang umum dilakukan oleh masyarakat, dikarenakan efisiensi dan penggunaan aplikasi m-health yang praktis sehingga masyarakat tidak perlu langsung ke rumah sakit apabila ingin konsultasi masalah kesehatan dan diagnosis awal penyakit. Salah satu aplikasi m-health paling populer di Indonesia adalah Halodoc. Penelitian ini bertujuan untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi user satisfaction (kepuasan pengguna), routine use intention (niat penggunaan rutin/berkelanjutan), dan user loyalty (loyalitas pengguna) dalam penggunaan aplikasi m- health Halodoc. Penelitian menerapkan elaboration likelihood model yaitu central route yang direpresentasikan oleh variabel m-health argument quality (kualitas argumen) dan peripheral route yang direpresentasikan oleh variabel m-health source credibility (kredibilitas sumber), serta tambahan karakteristik/motivasi individu yang direpresentasikan oleh variabel health consciousness (kesadaran akan kesehatan). Model yang digunakan dalam penelitian adalah Structural Equation Modeling dengan subjek penelitian pengguna aplikasi Halodoc selama pandemic COVID-19 dan terkumpul 270 responden sebagai sampel penelitian. Penelitian menemukan bahwa kualitas argumen yang diberikan oleh Halodoc berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna aplikasi tersebut karena pengaplikasian saran kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi diri pengguna, sedangkan kredibilitas sumber Halodoc tidak berpengaruh signifikan kepada kepuasan pengguna karena umumnya pengguna aplikasi tersebut tidak terlalu memperdulikan kredibilitas yang tinggi dari para dokter/tenaga kesehatan Halodoc. Sementara itu, peneliti juga menemukan bahwa semakin tinggi tingkat kesadaran pengguna akan kesehatan, semakin rendah kemungkinannya untuk menggunakan aplikasi Halodoc secara rutin. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa kepuasan pengguna akan berpengaruh positif terhadap niat penggunaan berkelanjutan, dan niat penggunaan berkelanjutan itu juga berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen.

The use of the m-health application (mobile health) during the COVID-19 pandemic has become a common thing to be used by people, because of the efficiency and practical use of the m-health application so that people do not need to go directly to the hospital if they want to consult health problems and early diagnosis of diseases. One of the most popular m-health applications in Indonesia is Halodoc. This study aims to discuss the factors that influence user satisfaction, routine use intentions, and user loyalty in using the Halodoc m-health application. The research applies an elaboration likelihood model, namely the central route represented by the m-health argument quality variable and the peripheral route represented by the m-health source credibility variable, as well as additional individual characteristics/motivations represented by the health consciousness variable. The model used in this study is Structural Equation Modeling, with the research subjects that are active Halodoc users during the COVID-19 pandemic and had collected 270 respondents for this research sample. The study found that the argument quality given by Halodoc has a positive effect on user satisfaction of the application because the application of health advice is very important for the user, while Halodoc's source credibility has no significant effect on user satisfaction because generally the application users do not really care about the high credibility of Halodoc’s doctors/health professionals. Meanwhile, the researcher also found that when a user has a higher health consciousness level, they will be less likely to use the Halodoc application on a regular basis. This finding proves that user satisfaction will have a positive effect on the routine use intention, and the routine use intention will also have a positive effect on user loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tamara Rizkiputri Herdiani
"Pandemi telah menyebabkan perubahan dalam pendidikan di mana berbagai kegiatan sekolah dan belajar sekarang dilakukan secara online dengan alat dan platform digital. Namun, perubahan ini ditemukan telah mempengaruhi minat dan frekuensi membaca siswa secara negatif. Aplikasi pembaca eBook oleh penerbit buku teks yang paling banyak digunakan, Erlangga, akan ditingkatkan untuk menyediakan platform bagi siswa untuk membantu studi online mereka. Aplikasi ini juga akan dioptimalkan sebagai branded app, sehingga memungkinkan Erlangga untuk memaksimalkan peluang ini dengan memanfaatkan apa yang dapat ditawarkan oleh branded app untuk membantu tujuan pemasaran dan pencitraan brand perusahaan. Studi ini mengikuti metodologi pemikiran desain dan menggunakan berbagai analisis statistik, termasuk rekayasa Kansei untuk pengumpulan dan pemrosesan data, analisis komponen prinsip sebagai alat pengurangan dimensi faktor dengan solusi varimax yang diputar, dan kuadrat terkecil parsial untuk menentukan elemen desain antarmuka pengguna. Hasil penelitian ini divisualisasikan dalam wireframe desain antarmuka pengguna menggunakan rapid prototyping dan dievaluasi menggunakan seperangkat ukuran penilaian pengujian kegunaan (usability). Selain itu, mock-up yang dapat diklik dibuat untuk mewakili desain pengalaman pengguna. Penelitian ini menghasilkan dua desain antarmuka pengguna akhir yang sesuai dengan target audiens, serta rekomendasi untuk desain pada peneletian lanjutan.

The pandemic has caused a change in education where various school and studying activities are now conducted online with digital tools and platforms. These changes was found to have affected the students’ reading interest and frequency negatively. An eBook reader app by the most used textbook publisher, Erlangga, will be improved, in order to provide students a platform to help with their online studies. The app will also be optimized as a branded app, enabling Erlangga to maximize this opportunity, utilizing what branded apps can offer to aid in the company’s marketing and branding objectives. This study followed the design thinking methodology and used a variety of statistical analyses, including Kansei engineering for data collection and processing, principle component analysis as a factor dimension reduction tool with rotated varimax solution, and partial least square for determining the user interface's design elements. The results of this study were visualized in user interface design wireframes using rapid prototyping and evaluated using a set of usability testing scoring measures. In addition, a clickable mock-up was created to represent the user experience design. This research yielded two final user interface designs that were appropriate for the target audience, as well as recommendations for future designs.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Aryani
"Transportasi merupakan salah satu aspek penting dalam distribusi obat dan alat kesehatan karena berhubungan dengan kualitas obat selama pengiriman. Oleh karena itu, pemeriksaan harian kendaraan penting untuk dilakukan guna mencegah risiko adanya kerusakan obat dan alat kesehatan selama perjalanan. Pemeriksaan harian kendaraan didokumentasikan menggunakan form tertulis untuk mencegah kesalahan dari komunikasi lisan dan memenuhi prinsip ketertelusuran, keamanan, aksesibilitas, integritas, dan validitas. Laporan ini ditulis sebagai usulan pengembangan aplikasi sebagai bentuk digitalisasi pengisian form pemeriksaan harian kendaraan di PT. Anugerah Pharmindo Lestari. Usulan ini didapatkan dengan melakukan diskusi dan pengkajian literatur terkait solusi untuk masalah-masalah yang terdapat di PT. Anugerah Pharmindo Lestari terutama dalam hal dokumentasi. Pengembangan aplikasi diharapkan dapat mempermudahkan personel dalam mengakses form, mengurangi risiko kehilangan dokumen, dan memudahkan pemantauan serta rekap dokumen yang dilakukan oleh penanggungjawab terhadap form yang sudah diisi oleh personel.

Transportation is an important aspect of drug and medical device distribution as it relates to the quality of drugs during delivery. Therefore, daily inspection of vehicles is important to prevent the risk of damage to drugs and medical devices during transportation. Daily vehicle inspection is documented using a written form to prevent errors from verbal communication and fulfill the principles of traceability, security, accessibility, integrity, and validity. This report is written as a proposal for application development as a form of digitalization of filling out the daily vehicle inspection form at PT Anugerah Pharmindo Lestari. This proposal was obtained by conducting discussions and reviewing literature related to solutions for existing problems at PT Anugerah Pharmindo Lestari, especially in terms of documentation. Application development is expected to make it easier for personnel to access the form, reduce the risk of losing documents, and facilitate monitoring and recap of documents carried out by the person in charge of the form that has been filled out by personnel."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>