Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 195354 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Faiz Makarim
"Salah satu permasalahan yang ditemukan pada masa perubahan pembelajaran masa pandemi dan tatap muka adalah keterlibatan agentik dalam belajar, hal tersebut erat kaitannya dengan persepsi gaya mengajar controlling guru serta locus of control pada siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran internal locus of control dan external locus of control sebagai moderator dalam hubungan antara persepsi gaya mengajar controlling guru dengan keterlibatan agentik pada siswa SMA. Responden penelitian berjumlah 1474 siswa SMA di Jakarta. Penelitian ini menggunakan tiga alat ukur, yaitu Agentic Engagement Scale, Perceived Teacher’s Teaching Style Scale, dan Levenson Multidimensional Locus of Control. Pengolahan data dilakukan menggunakan analisis regresi berganda menggunakan perangkat JASP. Hasil analisis menemukan bahwa internal locus of control memoderasi hubungan antara perspsi gaya mengajar controlling dengan keterlibatan agentik siswa SMA. Kemudian ditemukan juga bahwa external locus of control memoderasi hubungan antara persepsi gaya mengajar controlling guru dengan keterlibatan agentik siswa SMA. Hasil ini menjelaskan bahwa kedua locus of control memiliki peran dalam memoderasi hubungan antara persepsi gaya mengajar controlling dengan keterlibatan agentik pada siswa SMA. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak sekolah, terutama guru dan konselor di SMA untuk dapat memberikan gaya mengajar yang tepat bagi siswa dalam rangka meningkatkan keterlibatan dalam belajar.

One of the problems found during the pandemic and face-to-face learning changes is agentic engagement in learning, which is closely related to the perception of the teacher's controlling teaching style and locus of control in high school students. This study aims to examine the role of internal and external locus of control as moderators in the relationship between controlling teaching style and agentic engagement in high school students. The research respondents totaled 1474 high school students in Jakarta. This study used three measuring instruments, namely Agentic Engagement Scale, Perceived Teacher's Teaching Style Scale, and Levenson Multidimensional Locus of Control. Data processing was conducted using multiple regression analysis using the JASP tool. The analysis found that internal locus of control moderated the relationship between perceived controlling teaching style and agentic engagement. It was also found that external locus of control moderated the relationship between perceived controlling teaching style and agentic engagement. These results explain that both locus of control have a role in strengthening or weakening the relationship between perceived controlling teaching style and agentic engagement in high school students. The implication of this study can be an input for schools, especially teachers and counselors in high school to be able to provide the right teaching style for students in order to increase engagement in learning."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Meity Sulistia Ayu
"ABSTRAK
Perilaku kesehatan dan keselamatan kerja perawat perlu ditingkatkan dengan
menggunakan panduan keselamatan perawat. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan panduan keselamatan perawat terhadap perilaku
kesehatan dan keselamatan kerja perawat di Rumah Sakit Siaga Raya. Penelitian ini
menggunakan metode quasi experiment design: non equivalent control group.
Sampel yang digunakan 68 perawat, 34 pada kelompok intervensi di Rumah Sakit
Siaga Raya dan 34 pada kelompok kontrol di Rumah Sakit Setia Mitra. Penelitian
menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan panduan keselamatan perawat terhadap
perilaku kesehatan dan keselamatan kerja perawat (p= 0,001; α= 0,05), mencakup
subvariabel pengetahuan (p= 0,001; α= 0,05), sikap (p=0,04; α=0,05), dan tindakan
(p=0,02; α=0,05). Penelitian ini merekomendasikan panduan keselamatan perawat
dapat digunakan sebagai acuan bagi perawat untuk meningkatkan perilaku kesehatan
dan keselamatan kerja perawat di rumah sakit

ABSTRACT
Nurses behaviour of work health and safety needs to be improved by using nurses
safety guidelines. This study aims is to determine the effect of the use of nurses safety
guidelines for nurses behavioral work health and safety in Siaga Raya Hospital. This
research used quasi experiment design: non-equivalent control group.The sample
used 68 nurses, 34 in the intervention group in Siaga Raya Hospital and 34 in the
control group in Setia Mitra Hospital. Research shows there is an influence of use of
nurses safety guidelines to the nurse behavior of work health and safety (p = 0.001;
α= 0.05), includes subvariabel knowledge (p = 0.001; α= 0.05), attitudes (p = 0,
04: α= 0.05), and action (p = 0.02; α= 0.05). Study recomendation is nurse safety
guidelines can be used as a reference for nurses to improve nurses behavior of work
health and safety in hospitals."
2012
T30746
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Elsevier, 1978
004 INF
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
London: CLIT, 1974
418.007 1 CEN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Lembaga Pengkajian Strategi dan Pembanguna (LPSP) dan PT. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo), 1994
320.12 PEN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1999
907.2 KON II
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan R.I., 1997
907.2 KON (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Diterbitkan atas kerja sama Lembaga Pengkajian Strategi dan Pembangunan (LPSP) dan Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo), 1994
342.083 PEN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Larasati
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara manajemen waktu, locus of control, dan prestasi akademik pada siswa SMA. Prestasi akademik merupakan merupakan hal yang penting pada siswa SMA sebagai bahan evaluasi performa mereka di akademik. Evaluasi tersebut membantu siswa untuk mengetahui pekerjaan yang tepat di masa depan. Penelitian ini dilakukan ke 66 siswa SMA. Pengambilan data dilakukan menggunakan alat ukur Time Management Behavior Scale (TMBS) untuk mengukur manajemen waktu, Levenson Multidimensional Locus of Control Scale (LMLoC) untuk mengukur locus of control, dan nilai rata-rata rapor untuk mengukur prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin tinggi kepercayaan siswa bahwa konsekuensi yang mereka terima disebabkan oleh orang lain, maka semakin rendah prestasi akademik siswa. Lebih lanjut, semakin tinggi kepercayaan siswa bahwa konsekuensi yang mereka terima disebabkan oleh faktor kebetulan, keberuntungan atau takdir, maka prestasi akademiknya semakin rendah.

This study was conducted to examine the relationship between time management, locus of control and academic achievement. Academic achievement is important to senior high school students as an evaluation of their perform. That evaluation help students knowing the right job for them in the future. 66 students participated in this study. Time management measured with Time Management Behavior Scale (TMBS), locus of control measured with Levenson Multidimensional Locus of Control Scale (LMLoC) and academic achievement measured with report card grades. The result of this study is the higher student’s trust that the consequences they received were caused by other people, the lower student’s academic achievement. Furthermore, the higher student’s trust that the consequences they received were caused by fate, luck, chance, the lower student’s academic achievement"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mahwah, N.J. :, 2005.: Erlbaum Associates, 2005
371.914 CON (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>