Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 102038 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syifa Aina Putri
"Laporan magang ini membahas evaluasi penilaian tingkat maturitas Badan Layanan Umum (BLU) THP atas kinerja pelayanan yang diberikan pada tahun 2021 secara spesifik pada indikator Stakeholder Relationship, di bawah aspek Tata Kelola dan Kepemimpinan. Aktivitas yang dievaluasi mencakup diskusi dan pemahaman Maturity Rating, pengumpulan dokumen pendukung untuk memenuhi penilaian Stakeholder Relationship, dan prosedur penilaian Maturity Rating secara keseluruhan. Prosedur dan pedoman yang digunakan mengacu pada Buku Pedoman Maturity Rating Assessment Tools (2021), Pedoman Umum Governansi Sektor Publik (2022), serta beberapa peraturan dan Undang-Undang yang relevan. Secara umum, aktivitas penilaian tingkat maturitas BLU THP telah sesuai dengan prosedur dan pedoman yang digunakan. Namun demikian, terdapat beberapa hal yang dapat diperbaiki di masa depan terkait dengan kedisiplinan waktu penilaian, implementasi tata kelola, hingga keterbatasan pada regulasi yang telah ditetapkan. Laporan ini juga dibuat sebagai refleksi atas pengalaman magang yang didapatkan di UPLB BLU THP, demi pengembangan diri dan kemampuan sebagai bekal untuk pengembangan karir selanjutnya.

This internship report evaluates the assessment of maturity level of the THP Public Service Agency (PSA) for their services’ performance provided in 2021 specifically on the Stakeholder Relationship indicator, under the Governance and Leadership aspect. Discussion and comprehension of the Maturity Rating, gathering supporting documents to complete the Stakeholder Relationship evaluation, and the overall Maturity Rating assessment process are among the actions that were evaluated. The procedures and standards used in this report refer to the Maturity Rating Assessment Tools Handbook (2021), General Guidelines for Public Sector Governance (2022), as well as several relevant laws and regulations in Indonesia. The BLU THP maturity level evaluation activity generally complies with the standard procedures and regulations. However, there are several areas that can be improved in the future regarding governance implementation, limitations on rules that have been imposed, and discipline during evaluation. This report is additionally being generated as a reflection on the internship experience at UPLB BLU THP, for personal growth, and to develop skills in preparation for future career advancement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Situmeang, Unjur Marroha
"Abstrak Berbahasa Indonesia/Berbahasa Lain (Selain Bahasa Inggris):
Penelitian ini bertujuan untuk mengevalusi metode audit PKKN oleh BPKP. Metode penelitian ini bersifat penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di BPKP. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil wawancara kepada auditor BPKP yang pernah melaksanakan audit PKKN dan menjadi ahli di pengadilan. Data sekunder yang digunakan berupa salinan putusan pengadilan atas kasus tindak pidana korupsi yang telah inkcraht yang diunduh dari laman resmi Mahkamah Agung. Pelaksanaan audit PKKN oleh BPKP dievaluasi dengan fraud theory approach, konsep REAL Tree dan peraturan perundang-undangan. Pemberian keterangan ahli di pengadilan akan dievaluasi dengan daubert test. Hasil penelitian ini yaitu audit PKKN oleh BPKP tidak sesuai dengan fraud theory approach karena tidak membuat dan menguji hipotesis. Terdapat metode PKKN yang berbeda dengan konsep REAL Tree karena auditor BPKP menerapkan kriteria kerugian keuangan negara yang nyata dan pasti (actual loss) dan tidak memperhitungkan bunga efektif sebagai konsep time value of money. Pemberian keterangan ahli oleh auditor BPKP tidak sesuai dengan daubert test karena BPKP tidak mewajibkan monitoring dan evaluasi atas putusan pengadilan serta tidak melaksanakan peer review atas metode PKKN. Implikasi penelitian ini yaitu BPKP memitigasi risiko judgement biases dengan menerapkan frameworks atas professional judgement auditor, menyusun standar umum yang mengatur prinsip-prinsip dasar dalam audit PKKN, melaksanakan program monitoring dan evaluasi atas putusan pengadilan secara periodik, dan melaksanakan peer review metode Abstrak Berbahasa Inggris:
This research aimed to evaluate the PKKN audit method by the Finance and Development Supervisory Agency (BPKP). This research utilizes the qualitative method and uses BPKP as a case study. Primary data in this research is collected from BPKP's auditor who had performed a PKKN audit and was presented as an expert witness in court. Furthermore, verdict copies from Supreme Court (MA) for inkracht corruption infringement cases were used as secondary data. PKKN audit execution by BPKP is evaluated using the fraud theory approach, the REAL tree concept, and statutory regulations. Additionally, expert witness testimony in court is evaluated using the daubert test. This research found that PKKN audits by BPKP don't conform to the fraud theory approach due to the lack of hypothesis creation and evaluation. Some PKKN's methods differ from the REAL tree concept because the BPKP’s auditor uses certain and actual losses as criteria and doesn't calculate effective interest from the time value of money concept. Expert witness testimony in court by BPKP’s auditor also didn't conform to the daubert test because BPKP didn't mandate monitoring and evaluation for court verdict, nor well as didn't perform any peer review for the PKKN method. The implication of this research is that BPKP mitigates the risk of judgment bias by implementing frameworks for auditors' professional judgment, developing general standards that regulate the basic principles in PKKN audits, implementing periodic monitoring and evaluation programs for court decisions, and carrying out peer reviews of PKKN methods externally."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nainggolan, Putri
"Laporan ini disusun untuk mengevaluasi prosedur uji substantif pada akun kas dan setara kas Badan PTR yang dilakukan oleh KAP JMY untuk periode audit 31 Desember 2022. Badan PTR merupakan sebuah badan penghimpun dan penyedia dana murah untuk pembiayaan properti. Berdasarkan hasil evaluasi disimpulkan bahwa secara keseluruhan prosedur yang dilakukan telah memenuhi asersi yang ditetapkan dan sesuai dengan standar audit serta teori terkait. Namun, untuk pengelompokan uang muka pembelian ke dalam sub akun kas kurang tepat dilakukan, tetapi karena nominalnya tidak material, maka tidak dilakukan prosedur lanjutan. Penulis menyampaikan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan pelaksanaan prosedur uji substantif Badan PTR.

This report was prepared to evaluate the substantive test procedures on the Badan PTR’s cash and cash equivalent accounts conducted by KAP JMY for the audit period December 31st, 2022. Badan PTR is an agency that collects and provides low-cost funding for property financing. Based on the evaluation results, it was concluded that overall the procedures performed had fulfilled the established assertions and were in accordance with auditing standards and related theories. However, classifying purchase advances into cash sub-accounts was not appropriate, but because the amounts were immaterial, no further procedures were carried out. The author conveys several recommendations to improve the implementation of the Badan PTR’s substantive test procedures."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjuntak, Gordon Parulian
"Tesis ini membahas evaluasi IACM level 3 pada sistem pengawasan Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian untuk memastikan kesenjangan (gap) antara kondisi kapabilitas Inspektorat Kementerian Pertanian dengan kebutuhan pemangku kepentingan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Sekretaris lnspektorat Jenderal, Inspektorat I, Inspektorat III, Inspektorat IV, Inspektorat Investigasi dan lnspektur II Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen dan wawancara. Analisis data kualitatif dilakukan dengan melibatkan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian RI berada di Level 3 atau hanya melakukan aktivitas pengawasan pada audit ketaatan. Secara umum, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian sudah mencapai level 3 (terintegrasi). Dalam setiap elemen, seluruh kebijakan, proses, dan prosedur audit internal yang relevan ditetapkan, didokumentasikan, dan diintegrasikan.

This thesis discusses the IACM level 3 evaluation of the supervision system of the Inspectorate General of the Ministry of Agriculture to determine the gap between the capability conditions of the Inspectorate of the Ministry of Agriculture and the needs of stakeholders. The research method used is a qualitative method with a case study approach. The informants in this research consisted of Secretary of the Inspectorate General, Inspectorate I, Inspectorate III, Inspectorate IV, Investigation Inspectorate and Inspector II Inspectorate General of the Ministry of Agriculture. The data used in this research consists of primary data and secondary data. Data collection was carried out through document analysis and interviews. Qualitative data analysis is carried out involving data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research show that the supervision activities carried out by the Inspectorate General of the Indonesian Ministry of Agriculture are at Level 3 or only carry out supervision activities on compliance audits.In general, Inspectorate General of the Indonesian Ministry of Agriculture has reached level 3 (integrated). Within each element, all relevant internal audit policies, processes and procedures are defined, documented and integrated."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bian Apta Putra
"Laporan magang ini berisikan evaluasi prosedur audit KAP Hijau atas akun beban umum dan administrasi untuk klien PT Biru tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2021. Dalam melakukan prosedur audit, KAP Hijau berpedoman pada ISA. Evaluasi dilakukan dengan melakukan perbandingan prosedur audit substantif yang dilakukan KAP Hijau dengan standar audit yang telah ditetapkan KAP Hijau. Hasil evaluasi menunjukkan prosedur audit yang dilakukan KAP Hijau untuk akun beban umum dan administrasi PT Biru belum sepenuhnya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan seperti tidak menghubungkan hasil test of control dengan prosedur audit substantif, tidak melakukan test of control pada beban promosi, dan miskomunikasi dalam prosedur vouching beban perlengkapan kantor. Seharusnya KAP Hijau menghubungkan hasil test of control dengan prosedur audit substantif, melakukan test of control pada beban promosi, dan memperbaiki komunikasi setiap tim audit agar tidak terjadi lagi miskomunikasi dalam prosedur audit vouching beban perlengkapan kantor.

This internship report contains an evaluation of KAP Hijau's audit procedures of PT Biru’s general and administrative expense accounts for the financial year ending 31 December 2021. In carrying out audit procedures, KAP Hijau is guided by the ISA. The evaluation is carried out by comparing the substantive audit procedures carried out by the Green KAP with the audit standards that have been set by the Green KAP. The results of the evaluation show that the audit procedures carried out by KAP Hijau for general and administrative account expenses of PT Biru have not fully complied with the established standards, such as not linking test of control results with substantive audit procedures, not conducting test of control for promotional expense, and miscommunication in vouching procedures for office supplies expense. KAP Hijau should link the test of control results with substantive audit procedures, conduct a test of control on promotion expenses, and improve communication for each audit team so that miscommunication does not occur again in the audit procedure for vouching for office supplies expenses."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ghina Zahra Putri Sasmita
"Laporan magang ini ditulis untuk mengevaluasi prosedur audit substantif yang dilakukan oleh KAP WOW atas akun pendapatan PT OMG tahun 2022. PT OMG adalah perusahaan swasta asal Indonesia yang bergerak di bidang pertambangan emas dan perak. Prosedur audit yang dievaluasi adalah prosedur substantif yang dikerjakan oleh pegawai magang untuk memastikan asersi kelengkapan, keterjadian, keakurasian, dan pisah batas. Hasil evaluasi menunjukkan prosedur yang dilakukan KAP WOW telah sesuai dengan Standar Audit (SA) 315, SA 500, dan teori dari Elder (2020). Laporan ini juga memuat refleksi diri atas setiap pengalaman yang dijalani selama menjalankan tiga bulan program magang di KAP WOW.

This internship report was written to evaluate the substantive audit procedures carried out by KAP WOW on PT OMG's 2022 financial year income account. PT OMG is a private company from Indonesia engaged in gold and silver mining. The audit procedures evaluated are related to the application of vouching carried out by interns to ensure the completeness, occurrence, accuracy, and cutoff assertions. The evaluation results show that the procedures carried out by KAP WOW are in accordance with Auditing Standards (SA) 315, SA 500, and the theory issued by Elder (2020). This report also contains the author's self-reflection on every valuable experience lived during the three-month internship program at KAP WOW."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sunggu, Andreas Chosasi Ompu
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi formulasi strategi restrukturisasi yang dilakukan oleh PT Simodong pada PT Klien dalam perikatan restrukturisasi bisnis yang dimulai sejak pertengahan tahun 2022 dan berakhir di bulan Desember 2022. PT Simodong merupakan perusahaan konsultan manajemen yang memfokuskan operasinya di benua Asia dan PT Klien merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa kontraktor pertambangan batu bara serta penyewaan alat berat. Komponen yang menjadi pokok evaluasi penulis dalam laporan magang ini meliputi evaluasi atas metode analisis eksternal yang dilakukan oleh PT Simodong pada PT Klien, evaluasi atas metode sintesis strategi, evaluasi atas proses manajemen risiko, serta evaluasi atas proses restrukturisasi pada PT Klien. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa praktik metode analisis eksternal, sintesis strategi, proses manajemen risiko yang dilakukan oleh PT Simodong pada PT Klien, serta proses restrukturisasi PT Simodong pada PT Klien selama periode perikatan, secara umum, telah sesuai dengan kerangka evaluasi. Meskipun demikian, praktik metode analisis eksternal yang dilakukan oleh PT Simodong pada PT Klien masih belum menekankan aspek sosial dan budaya dalam analisisnya. Di samping itu, laporan magang ini juga berisi refleksi diri penulis selama melakukan kegiatan magang sebagai junior analyst di PT Simodong di mana penulis telah melakukan kegiatan magang dengan sangat baik dan telah mempelajari banyak hal. Berdasarkan hasil refleksi tersebut, penulis juga berencana mengawali karirnya sebagai seorang konsultan dan melakukan beberapa tindak lanjut sebagai bentuk respon terhadap hasil refleksi diri penulis.

This internship report aims to evaluate the formulation of a restructuring strategy carried out by PT Simodong for PT Klien. PT Simodong is a management consulting firm that focuses its operation on Asian continent while PT Klien is a firm engaging in the coal mining drilling services and heavy equipment rental. The components that the author evaluates in this internship report includes evaluation on external analysis method carried out by PT Simodong at PT Klien, evaluation on strategy syntesis method, evaluation on risk mangement process, and evaluation the restructuring process of PT Simodong at PT Klien. The results of the evaluation indicate that the practice method of external analysis, strategy synthesis, risk management process carried out by PT Simodong at PT Klien, as well as the restructuring process on PT Klien are generally in accordance with the evaluation framework used. Even so, the method of external analysis practice carried out by PT Simodong at PT Klien still does not emphasize the social and cultural aspects in its analysis. Moreover, this internship report also contains the author’s self-reflection during his internship periode as a junior analyst in PT Simodong that the author has done the internship activities well and learned new lessons. According to self-reflection result, the author plans to start his career as a consultant and conduct several actions as a response to the author’s self-reflection result."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Abigail Hanna Jessica
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi perlakuan akuntansi pada simulasi restrukturisasi kredit yang diberikan oleh Tim ACP pada PT AHK Tbk. PT AHK Tbk merupakan salah satu bank milik negara yang memiliki bisnis utama yaitu menghimpun dana berupa tabungan dan deposito dan menyalurkan dana berupa pinjaman dan kredit. Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang besar terhadap perekonomian masyarakat, oleh sebab itu sebagai respon untuk membantu stimulus perekonomian nasional, PT AHK Tbk sebagai bank memberikan restrukturisasi kredit kepada debiturnya. Evaluasi dilakukan untuk menguji kesesuaian perlakuan akuntansi pada simulasi restrukturisasi kredit oleh Tim ACP dengan ketentuan restrukturisasi yang diatur pada Buku Panduan Akuntansi Perbankan (BPAK) dan PSAK 71. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil evaluasi tersebut adalah perlakuan akuntansi yang dilakukan oleh Tim ACP telah sesuai dengan BPAK Bab III tentang kredit mengenai modifikasi/restrukturisasi kredit yang diberikan kepada debitur.

The focus of this study is to evaluate the accounting treatment of credit restructuring on the simulation made by ACP Team at PT AHK Tbk. PT AHK Tbk is one of state-owned bank whose main business is collecting funds in the form of savings or deposits and channeling funds in the form of loans or credit. The Covid-19 pandemic had a major impact on the people’s economy, therefore as a response to help stimulate the national economy, PT THK Tbk as a bank carried out a credit restructuring. The evaluation was carried out to test the compatibility of accounting treatment on credit restructuring simulation by ACP Team with credit restructuring regulations in Buku Pedoman Akuntansi Perbankan (BPAK) and PSAK 71. The conclusion from the evaluation is that the accounting treatment carried out by ACP Team complied with the BPAK Chapter III about credit specifically section modification/restructuring to debtor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Stellaluna Valen
"Laporan magang disusun dengan tujuan untuk membahas evaluasi prosedur audit pencarian utang yang belum tercatat yang dijalankan oleh KAP TXT pada PT BTS. Evaluasi dijalankan untuk menguji akun liabilitas perusahaan terkait dengan ketepatan asersi, kesesuaian pada langkah-langkah prosedur pencarian utang yang belum tercatat, serta apakah bukti audit yang diperoleh telah sesuai. Berdasarkan evaluasi, dapat disimpulkan bahwa prosedur yang dijalankan oleh KAP TXT telah sesuai dengan kerangka teori dan standar audit relevan, berhasil mencapai keyakinan memadai serta mampu mencapai asersi yang relevan. Pada akhir laporan, dilengkapi dengan refleksi diri akan pengalaman Penulis selama menjalani magang di KAP TXT selama tiga bulan.

This internship report discusses the evaluation of search of unrecorded liabilities audit procedures by KAP TXT to PT BTS. This evaluation was carried out to test the company’s liability accounts related to the relevancy and accuracy of the assertions, suitability of the steps, and to see whether the audit evidence obtained was already appropriate. Based on the evaluation, it can be concluded that the procedures by KAP TXT were in accordance with the theoretical framework and relevant audit standards, managed to achieve reliable assurance and have been able to achieve the relevant assertions. At the end of the report, there is self-reflection on author’s experience while undergoing an internship at KAP TXT for three months."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nafizal Muhammad Effendy
"Laporan magang ini disusun dengan tujuan untuk melakukan evaluasi atas proses Financial Due Diligence (FDD) pada PT TOL oleh PT PIA. FDD dilakukan terhadap PT TOL atas transaksi antara PT TOL dan OUT Pte Ltd. PT TOL merupakan perusahaan infrastruktur yang bergerak di bidang jalan tol. Evaluasi proses FDD dilakukan untuk melihat kesesuaian kegiatan dalam penugasan FDD yang dilakukan oleh PT PIA berdasarkan pendapat mengenai proses penugasan FDD oleh Sayuthi (2010), Gole & Hilger (2009), dan LehmanBrown (2014). Berdasarkan hasil evaluasi, proses FDD yang dilakukan oleh PT PIA sebagian besar telah sejalan dengan ketiga pendapat mengenai proses penugasan FDD. Kegiatan dalam FDD, fact finding dan investigation of special matters, tidak terlaksana secara efektif karena terdapat hambatan dalam pengoleksian data dan terdapat inkonsistensi dalam kalkulasi bagian pendapatan potensial dan biaya potensial. Terlepas dari evaluasi, laporan magang ini juga disusun untuk merefleksi diri Penulis selama menjadi karyawan magang selama di PT PIA sebagai pembelajaran diri ke depannya.

This internship report is made to evaluate the process of financial due diligence (FDD) on PT TOL by PT PIA. FDD on PT TOL is carried out due to the merger and acquisition transaction happening between PT TOL and OUT Pte Ltd. PT TOL is a company within infrastructural industry engaged in toll road sector. The evaluation is focused on the key activities within the FDD engagement carried out by PT PIA compared to the FDD engagement theory from Sayuthi (2010), Gole & Hilger (2009), and LehmanBrown (2014). The evaluation results in the fact that PT PIA accomplished carrying out most of the key activities of the theories. Two activities failed to be carried out effectively, fact finding and investigation of special matters, are due to the timely data collection and the calculation inconsistency between the calculation of potential gain and potential loss. Despite the evaluation, this internship report is also containing Author’s self-reflection on internship period in PT PIA."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>