Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 110668 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Erlina Rufaidah
Yogyakarta: Graha Ilmu, 2018
338.7 ERL p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kurniawan Lutfi P
"ABSTRAK
Masalah pengangguran merupakan masalah pelik yang dihadapi oleh Indonesia saat ini. Masalah ini bertambah pelik dikarenakan kenyataan bahwa, separuh dari jumlab pengangguran adalab mereka yang berasal dari kalangan dengan latar pendidikan yang cukup atau pengangguran terdidik. Oleh karena itulab, diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasi masalab tersebut. Salah satu solusi yang ditawarkan adalab dengan mengembangkan jiwa kewirausahaan pada lemhaga pendidikan. Oleh karena itulah, penulis melakukan pene!itian mengenai peranan lembaga pendidikan dalam rangka mengembangkan kewirausahaan peserta didiknya. Dalam hal ini, penulis melakukan penelitian mengenai peranan perguruan tinggi dalam pengembangan kewimusahaan mahasiswa Disamping itu, penulis juga melakukan penelitian terbadap dampak kebijakan yang diambil oleh pemerintah berkaitan dengan pengembangan kewirausahaan pada lembaga pendidikan Berdasarkan hasil analisis dan dan informasi yang diperoleb melalui penelitian kualitalif dan kuantitatif, diperoleh hasil bahwa dalam rangka pengembangan kewirausahaan mahasiswa, perguruan tinggi menitikberatkan kepada pembangunan jiwa kewirausabaan ( entrepreneurship ) dan bukan pada pembentulkan usaha bam ( enterprise ), dengan didnkeng oleh tiga samna, yaitu perkuliaban, Bussiness Development Service Provider ( BDSP ) dan juga Unit Kegiatan Kemabaslswaan Kewirausahaan (Koperusi Mahasiswa ). Danjika dilibet dari kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah yang berkaitan dengao sarana pengembangan kewirausahaan pada pergnruan tinggi, belum sepenuhnya berdampak terhndap sarana pengembangan tersebut. Kebijukan mengenai mala kuJiab kewiransahaan, berdampak terhadap perobahan status mata kuliah menjadi mata kuliah wajib, akan tetapi pada kebijukan mengenai lroperasi mahasiswa, tidak berdampak terhadap pendirian koperasi mahasiswa baru. Sedangkan kebijakan mengonai BDSP, walaupun kebijakan tidak berdampak terbadap pendirian BDSP bam pada Perguruan Tinggi, akan tetapi kebijakan pemerintab berdampak terhadap semakin banyak kegiatan yang dilakakan oleb BDSP alas bantuan pemerintah, salah satunya adalah Program Mahasisvm Wirausaha (PMW). Dan dengan melalui penelitian kuantitatif, diketahui bahwa sikap kewimusahaan mahasiswa yang mengikuti program PMW dengan yang belum mengikuti program PMW, tidak didapalkan perbedaan signifikan diantara keduanya, sehingga penulis menyimpulkan bahwa program PMW belum mampu meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa yang mengikutinya.

ABSTRACT
The problem of unemployment is still a complicated trouble. It is gelling worse because in fact, half of them come from the high education background or well educated unemployment. Therefore, it is needed a proper strategy to overcome the problem. One of the solutions offered is developing entrepreneurship in the higher education institutions. For that reason, the writer conducts a research about the role of higher education institution in developing entrepreneurship to its students. In this case, the writer did a research in several universities in Jakarta. Besides, the writer also analyze the impact of the policy made by the government in correlation with the entrepreneurship development in education institutions. Based on the result of data and information analysis gathered by qualitative and quantitative research method, it is concluded that In order to develop entrepreneurship among students, the universities only stress on the development of the entrepreneurship and not on the enterprise, with support of three media, which are learning, Business Development Service Provider (BDSP} and student organization of which focus is entrepreneurship such as Koperasi Mahasiwa (Student Cooperative ). From the policies perspective which is made by the government that related to the development of entrepreneurship for universally students, there is almost no significance impact to this effort. The policy about the subject of entrepreneurship makes a change to the status of the subject into a compulsory subject. Nevertheless, related to the policy of the establishment of student cooperative, there is no direct impact to the establishment of new student cooperative. About the policy of BDSP, although it does not affect directly such as the establishment of new BDSP in university, it forces many activities held by BDSP with support from government, one of them is the Student Entrepreneur Program - Program Mahasiswa Wirausaba (PMW). From the quantitative research about the entrepreneurship among the students who had joined the program compared to those who had not, it is fond that there is no significant difference between the two groups; therefore, the writer concludes that the Student Entrepreneur Program - Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) has not yet increase the student's entrepreneurship. "
2010
T33692
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: DIKTI, 2002
R 338.04 IND d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Basrowi
Bogor: Ghalia Indonesia, 2011
338.04 BAS k (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1999
338.04 PAN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sara Adiza Nursyahbani
"Siswa SMK di Indonesia cenderung memiliki minat berwirausaha rendah yang berakibat Tingkat Pengangguran Tertinggi (TPT) didominasi oleh lulusan SMK. Walaupun Indonesia telah mencapai standar nasional di jumlah rasio wirausaha, namun hanya tiga persen pemuda Indonesia yang menggeluti wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat dukungan sosial keluarga, tingkat pendidikan kewirausahaan, dan tingkat literasi digital dengan tingkat minat berwirausaha online. Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukan bahwa minat berwirausaha lebih banyak dijelaskan melalui peran lingkungan keluarga, efikasi diri, dan pendidikan kewirausahaan. Untuk memperkaya studi sebelumnya, peneliti memfokuskan permasalahan terkait minat berwirausaha online pada siswa SMK yang dipengaruhi faktor dukungan sosial keluarga, pendidikan kewirausahaan, dan literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei pada siswa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 41 Jakarta. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 102 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat dukungan sosial keluarga, pendidikan kewirausahaan, dan literasi digital memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat minat berwirausaha online siswa. Dukungan sosial keluarga merefleksikan tingkat dukungan keluarga pada siswa saat berminat berwirausaha. Sebelum menumbuhkan minat berwirausaha pada siswa dibutuhkan keinginan, kompetensi, dan kesadaran berwirausaha, sehingga pendidikan kewirausahaan berperan penting. Selain itu, memiliki kompetensi digital juga berperan dalam menunjang kegiatan wirausaha online.

Vocational high school students in Indonesia have a low interest in entrepreneurship which results in the Highest Unemployment Rate (TPT) being dominated by SMK graduates. Although Indonesia has achieved the national standard in the entrepreneurial ratio, only three percent of youth in Indonesia are entrepreneurs. This study aims to analyze the relationship between the level of family social support, the level of entrepreneurship education, and the level of digital literacy with the level of interest in online entrepreneurship. Previous studies have shown that interest in entrepreneurship is mostly explained through the role of the family environment, self-efficacy, and entrepreneurship education. To enrich the previous study, this research focuses on the issue of interest in online entrepreneurship in vocational students which is influenced by factors of family social support, entrepreneurship education, and digital literacy. This study uses quantitative methods with survey data collection techniques on students majoring in Online Business and Marketing at 41 State Vocational High School Jakarta. The sampling technique in this study used proportionate stratified random sampling with a total of 102 students as respondents. The results of this study indicate that the level of family social support, entrepreneurship education, and digital literacy have a significant relationship with the level of student interest in online entrepreneurship. Family social support reflects the level of family support for students when they are interested in entrepreneurship. Before growing interest in entrepreneurship in students, it takes desire, competence, and awareness of entrepreneurship, so entrepreneurship education plays an important role. Furthermore, having digital competence also plays a role in supporting online entrepreneurial activities."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wasty Soemanto
Jakarta: Bumi Aksara, 1999
338.07 WAS p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Kompetensi profesional merupakan kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan mengelola pembelajaran. Prakerin merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di dunia kerja. Sikap kewirausahaan merupakan kesiapan merespon secara konsisten dalam bentuk positif atau negatif terhadap obyek atau situasi. Artikel ini menelaah pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik terhadap mutu proses prakerin dan sikap kewirausahaan siswa SMK AL-Huda Sariwangi Tasikmalaya."
JURPEND 15:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Djainal Abidin
Depok: D3 AKK FKM-UI, 2003
650.07 DJA m (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Marlinna Budiarti
"Kewirausahaan dipercaya sebagai kekuatan penting dalam pertumbuhan ekonomi global yang menciptakan usaha baru dan pertumbuhan ekonomi dan sebagai salah satu solusi untuk masalah pengangguran. Sedangkan pendidikan kewirausahaan merupakan komponen penting dari bisnis pendidikan sekolah yang telah terbukti memberikan stimulus bagi individu dalam membuat dan atau mempertimbangkan wirausaha sebagai pilihan karir sehingga meningkatkan penciptaan usaha baru dan pertumbuhan ekonomi.
Penelitian ini didesain untuk melihat bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan sebelumnya berkontribusi pada niat kewirausahaan mahasiswa dengan pendekatan dari integrasi dua teori yaitu Theory of Entrepreneurial Event (Shapero and Sokol, 1982) dan Theory of Planned Behaviour ( Ajzen, 1991) yang memiliki tiga konstruksi pusat ? Perceived Desirability of Self Employment, Perceived Feasibility of Entrepreneurship , dan Entrepreneurship Intention.
Penelitian dilakukan dengan sampel 71 responden mahasiswa PE FE UI. Survey dilakukan secara online selama bulan Mei - Juni 2012. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis multivariate dengan metode Partial Least Square. Dan hasil analisis diperoleh hasil bahwa Entrepreneurial Education memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Entrepreneurial Intention.

Entrepreneurship is believed to be an important force in global economic growth that creates new businesses and economic growth, and as one solution to the problem of unemployment. While entrepreneurship education is an important component of business school education has been shown to provide stimulus for the individual in making or considering entrepreneurship as a career choice that enhances the creation of new businesses and economic growth.
This study was designed to see how the influence of the earlier entrepreneurial education contributed to the entrepreneurial intentions of students with the approach of integration of the two theories : Theory of Entrepreneurial Event (Shapero and Sokol, 1982) and Theory of Planned Behaviour (Ajzen, 1991) which has three central constructs - Perceived Desirability of Self Employment, Perceived Feasibility of Entrepreneurship, and Entrepreneurship Intention.
The study was conducted with a sample of 71 respondents of PE FE UI students. The survey was conducted online during the month of May-June 2012. Data analysis methods used are the multivariate analysis by Partial Least Square method. And analytical results obtained results that Entrepreneurial Education has a significant positive effect on Entrepreneurial Intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>