Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116952 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hanna Karmila
"Latar belakang. Penolakan tindakan pungsi lumbal cukup besar. Salah satu faktor yang berperan adalah pengetahuan, pemahaman serta persepsi pasien dan keluarga yang kurang tepat terhadap tindakan pungsi lumbal. Informed consent yang baik diharapkan dapat memperbaiki hal ini. Penelitian ini dilakukan untuk menilai kualitas informed consent pungsi lumbal.
Metode penelitian. Penelitian ini dilakukan dua tahap. Tahap 1 penyusunan dan analisis kuesioner. Tahap 2 uji coba dan penilaian reliabilitas. Tahap 1 menggunakan desain uji validasi isi. Populasi adalah dokter spesialis neurologi yang memiliki pengetahuan dan pemahaman pungsi lumbal. Sampel diambil dengan cara intentional sampling. Tahap 2 menggunakan desain potong lintang. Populasinya adalah pasien/wali pasien yang telah mendapakan informed consent pungsi lumbal di IGD, bangsal/poli neurologi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo  bulan Desember 2022-Januari 2023. Sampel diambil dengan cara consecutive sampling.
Hasil. Kuesioner pungsi lumbal 2022 memiliki validitas isi yang baik namun tingkat pemahaman memiliki reliabilitas yang kurang baik. Sebanyak 75% tenaga medis profesional dalam memberikan informed consent pungsi lumbal. Sebanyak 28,12% penerima informasi memahami informasi yang diberikan. Sebanyak 68,8% penerima informasi puas terhadap proses informed consent. Sebanyak 25% proses informed consent pungsi lumbal berkualitas. Kesimpulan. Sebagian besar tenaga medis sudah profesional dalam melakukan informed consent pungsi lumbal meskipun belum seluruhnya penerima informasi memahami informasi yang disampaikan. Sebagian besar penerima informasi puas dengan proses informed consent pungsi lumbal. Kualitas informed consent pungsi lumbal di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo masih harus ditingkatkan.

Background: There is quite a number of rejection for lumbar puncture procedure. One of its most contributing factor is inadequate understanding of the procedure itself from the patient or family. A well prepared informed consent is aimed to mitigate this issue. This study was conducted in order to evaluate the quality of informed consent for lumbar puncture in our centre.
Methods. This study is done in 2 phases, on the 1st phase we compose and analyze the questionnaire and on the 2nd phase is to test and evaluate its reliability. Content validation test design was used on the 1st phase. Study population are neurologists who possess the understanding and competency of lumbar puncture. Samples are chosen by intentional sampling. For the 2nd phase, we used the cross-sectional design study. And the population are patients or their family who received lumbar puncture informed consent in ER unit, neurology ward or clinic at RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, starting from December 2022 to January 2023. Sample was chosen by consecutive sampling.
Results. Lumbar puncture questionnaire is pretty well validated for its content, although it’s not that well defined on how much it can be understood by the patient. As much as 75% of neurologists have given professional informed consent for their patient. But only 28.12% of the patients truly understood the information they received. And 25% of all informed consent was done in a good quality.
Conclusion. Most of neurologists have done their informed consent in a professional manner, even though not all patient could understand the information quite fully. Most of the patients are satisfied with how well the informed consent was explained. The conclusion is there are still ways to improve the quality of lumbar puncture informed consent in RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo 
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2023
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Samino
"Era globalisasi menuntut penyedia pelayanan kesehatan meningkatkan mutu pelayanannya. Pelayanan paripurna merupakan hak setiap individu, keluarga, kelompok dan masyarakat. Upaya peningkatan kesehatan diarahkan agar memberi manfaat sebesar-besamya bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat, serta dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Salah satu indikator pelayanan bermutu terpenuhinya pelaksanaan informed consent sesuai dengan hukum. Perjan RS CM merupakan RS rujukan nasional, pelaksanaan informed consent harus lebih balk dibandingkan dengan RS setingkat lainnya, namun sampai saat ini belum diketahui sejauh mana pelaksanaannya.
Penelitian dilakukan di IRNA A (lantai I kid, III kanan-kiri, dan IV kanan) Perjan RSCM, Jakarta pada Juni - Agustus 2003. Desain penelitian, kualitatif deskriptif yang bersifat eksploratif dengan pendekatan sistem. Informannya : pasien (7), perawat (8), dokter (4), dan pengkajian dokumen informed consent (60). Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, focus group discussion, observasi, kuesioner (pertanyaan terbuka - khusus dokter), dan pengkajian dokumen. Tujuannya untuk mengetahui pelaksanaan informed consent yang memenuhi aspek hukum.
Penelitian menemukan bahwa (a). pengetahuan pasien/keluarganya mengenai hak dan kewajiban cukup bagus, walaupun saat masuk di RS tidak pemah diberi penjelasan, (b). pengetahuan perawat dan dokter mengenai peraturan per-uu-an yang mengatur informed consent masih rendah, (c). pemahaman pasien/ keluarganya mengenai informed consent dan dokumennya cukup bagus, (d). pemahaman perawat mengenai informed consent dan dokumennya cukup bagus, (e). peranan perawat dalam pelaksanaan informed consent sebagai saksi dan advokasi, (f). pemahaman dokter mengenai informed consent dan dokumennya cukup bagus, (g). informasi medis yang diberikan oleh dokter ke pasien/keluarganya pada umumnya mencakup : penyakit yang diderita pasien, rencana tindakan, dan efek samping, (h). pelaksanaan informed consent di Perjan RSCM belum sesuai dengan peratum per-uu-an yang berlaku (hukum), dan (i). enam puluh (60) dokumen yang dilakukan pengkajian tidak ada satu pun yang kolomnya terisi dengan lengkap, sehingga tidak ada yang memenuhi aspek hukum.
Ada beberapa kelemahan dalam formulir informed consent, yaitu informasinya tidak tertulis sehingga mengakibatkan ketidak-jelasan informasi medis dan lemah sebagai alat bukti, pasien kurang memahami, untuk itu perlu dilakukan perbaikan, sehingga informasinya dapat diuraikan dalam formulir tersebut dan dijelaskan secara lisan. Hambatan pelaksanaan informed consent, tidak ada SOP, pemahaman pelaksana informed consent belum maksimal, rendah pengetahuan pelaksana tentang hukum informed consent, dan informasi disampaikan secara lisan.
Implikasi dari temuan ini pentingnya pembuatan SOP informed consent dan pelaksanaannya selalu dievaluasi secara berkala untuk mengetahui keberhasilan dan kelemahannya, sehingga pelaksanaan informed consent yang memenuhi aspek hukum dapat diwujudkan.
Daftar pustaka : 66 (1982 -2003)

The Implementation of Informed Consent a Legal Aspect Point of View in IRNA A Perjan RS dr. Cipto Mangunkusumo, 2003In the globalization era, the expectation of health care service from the caregiver is high. The comprehensive care is a right for every human being, family and for the community. The effort in improving health care service is aimed of the highest advantage for community welfare on enhancing people health status. One of the indicators of the good health care is the accomplishment of informed consent on every patient. The national top referral Cipto Mangunkusumo hospital, suppose has already implemented the informed consent comparing to the other hospital in Indonesia, but still, it has not been discover what has been implemented.
This study is going to explore the implementation of informed consent on certain installation IRNA A (l' floor, 3`11 floor, & 4t' floor) during June - August 2003. The methodology of this study is descriptive explorative using qualitative approach. The data resource are 7 patients, 8 nurses, 4 doctors and 60 informed consent documentation. Data collection using in depth interview, focus group discussion, observation, questioner and assessing the document. The aim of this study is to look at the implementation of informed consent as legal aspect.
This study found that (a) the patient & family knowledge about informed consent are fairly good, although they do not get the information when they admitted to the hospital, (b) the knowledge of the nurses & the doctors on informed consent as an legal aspect are fairly poor, (c) patient & family perception on informed consent are fairly good, (d) nurses perception on informed consent are fairly good, (e) Nurse role on informed consent is as witness & advocate (t) doctors perception on informed consent are fairly good, (g) the information that usually inform to the patient are the medical diagnosis, the medical therapy and the side effect of the treatment (h) The informed consent on the Cipto Hospital are not well implemented and (i) sixty document of informed consent that had assessed are not well completed.
There are some weaknesses on the informed consent form in this hospital, which are most of the information are not clearly written, that cause uncertain information and it is not powerful as a legal aspect, the patients are not well informed and need improvement. The constrain of implementing the informed consent are there is no standard, the perception of the caregiver are not sufficient and most of the information are verbally informed.
The implication of this research suggest that hospital need to have standard to implement informed consent, it should be evaluated periodically that could improve the implement of informed consent,
References ; 66 (1982-2003)"
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T 7754
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maida Tanara
"Latar belakang: Kanker kolorektal (KKR) menduduki peringkat keempat dengan persentase 8,6% dari total prevalensi kanker di Indonesia Namun, belum terdapat penelitian yang secara khusus mengevaluasi kualitas hidup penderita adenokarsinoma kolorektal pascaoperasi di Indonesia.
Metode: Studi dilakukan dengan desain deskriptif, populasi penderita adenokarsinoma kolorektal pascaoperasi sejak Januari 2017-Desember 2020 dan bersedia serta mampu menjawab kuesioner diinklusi dalam penelitian. Luaran yang dievaluasi adalah kualitas hidup dihubungkan dengan usia, jenis kelamin, familial, stadium dan jumlah terapi adjuvant.
Hasil: Terdapat 304 subjek penderita adenokarsinoma kolorektal pasca operasi , 123 pasien dinyatakan meninggal, 98 subjek yang menjawab kuesioner dalam penelitian ini, dengan 56 laki-laki dan 42 perempuan. 83 subjek (84.69%) tidak memiliki riwayat familial. Mayoritas penderita stadium IV sebanyak 71 subjek (72,44%), stadium III 23 subjek (23.46%) dan stadium II hanya 4 subjek (4.08%). Kualitas hidup menunjukkan sebaran data yang tidak normal dengan median 70 (50-90) pada semua domain. Ditemukan dua subjek yang menunjukkan nilai kurang pada domain kesehatan fisik. Pada domain psikologis, hubungan sosial dan lingkungan didapatkan seluruh subjek mendapatkan skor kualitas hidup diatas dari 60 dengan median secara berturut-turut 70(70-90), 70(60-90), dan 70(60-92). Didapatkan asosiasi yang bermakna secara statistik antara kualitas hidup dengan jenis kelamin, usia, stadium, dan jumlah terapi adjuvan yang memiliki p sebesar 0,011; 0,015; 0,002; dan 0,005. Tidak ditemukan asosiasi yang bermakna secara statistik antara kualitas hidup dengan familial.
Simpulan: Terdapat hubungan antara kualitas hidup penderita adenokarsinoma kolorektal di RSUPN dr. Cipto Mangukusumo apabila dihubungkan dengan usia, jenis kelamin, stadium kanker, dan jumlah terapi adjuvan.

Background: Colorectal cancer (CRC) is ranked fourth with a percentage of 8.6% of the total cancer prevalence in Indonesia. However, there are no studies that specifically evaluate the quality of life of postoperative colorectal adenocarcinoma patients in Indonesia.
Methods: The study was conducted with a descriptive design, patients with postoperative colorectal adenocarcinoma from January 2017-December 2020, willing and able to answer the questionnaire was included in the study. Outcomes evaluated were the quality of life related to age, sex, familial, stage and number of adjuvant therapy.
Results: There were 304 subjects with postoperative colorectal adenocarcinoma, 123 patients were declared dead, 98 subjects answered the questionnaire in this study. There were 56 men and 42 women, 83 subjects (84.69%) had no familial history. The majority of stage IV patients were 71 subjects (72.44%), stage III were 23 subjects (23.46%) and stage II only 4 subjects (4.08%). Quality of life showed an abnormal distribution of data with a median of 70 (50-90) in all domains. It was found that two subjects showed poor scores in the physical health domain. In the psychological domain, social relations and the environment, all subjects got a quality of life score above 60 with a median of 70 (70-90), 70 (60-90), and 70 (60-92). There was a statistically significant association between quality of life with sex, age, stage, and number of adjuvant therapy which had a p of 0.011; 0.015; 0.002; and 0.005. No statistically significant association was found between quality of life with familial.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Adiaputri Prima Widiantari
"[ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Pelayanan yang diberikan rumah sakit belum maksimal atau belum sesuai dengan harapan pasien. Kepuasan pasien masih rendah terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit. RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo sebagai RS rujukan peserta BPJS Kesehatan dan memiliki pasien peserta BPJS yang banyak, maka seharusnya RS ini dapat memberikan pelayanan kesehatan yang memadai yang dapat memberikan kepuasan terhadap pasien.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa kepuasaan pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan terhadap kualitas pelayanan pasien rawat inap di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 (seratus) orang. Penelitian menggunakan tipe penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi langsung dan dokumen-dokumen Peraturan yang terkait dengan penelitian ini.
Kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan di RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo Jakarta dilihat dari perbandingan antara kenyataan yang pasien rasakan dan harapan pasien dengan menggunakan 11 (sebelas) dimensi yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Cost, Scientific Knowledge and Technical Skill, Acceptable, Accessible, Efficient and Quality. Dari seluruh dimensi tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien belum puas dengan pelayanan yang diberikan. Hal ini berarti bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan belum maksimal. Hal ini juga terlihat dari masih adanya kesenjangan negatif yang terjadi dari dimensi yang ada, yang mana berarti kenyataannya masih lebih rendah dari harapan yang pasien inginkan.

ABSTRACT
This research is motivated by the dissatisfaction of patients to health services provided by the hospital. Services provided by the hospital is not maximized or not in accordance with the expectations of the patient. Patient satisfaction is low on the quality of health services provided by the hospital. RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo as a referral hospital and health BPJS participants had participants BPJS many patients, then should this hospital can provide adequate health care that can give satisfaction to the patient.
The aim of this research was to determine and analyze the satisfaction of inpatients participants of health BPJS to service quality inpatients in RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta. The sample in this study amounted to 100 (one hundred) people. Research using quantitative descriptive type. Data was collected using questionnaires, interviews, direct observation and documents related to the regulation of this research.
Patient satisfaction BPJS participants in RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo seen from the comparison between the fact that the patient feels and the expectations of patients using 11 (eleven) dimensions, namely Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Cost, Scientific Knowledge and Technical Skill, Acceptable, Accessible, Efficient and Quality. From all these dimensions, the results showed that the patients are not satisfied with the services provided. This means that the health care provided is not maximized. It is also evident from the persistence of the negative gap that occurs from the existing dimensions, which means in reality is still lower than the expectations that patients want., Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Pelayanan yang diberikan rumah sakit belum maksimal atau belum sesuai dengan harapan pasien. Kepuasan pasien masih rendah terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit. RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo sebagai RS rujukan peserta BPJS Kesehatan dan memiliki pasien peserta BPJS yang banyak, maka seharusnya RS ini dapat memberikan pelayanan kesehatan yang memadai yang dapat memberikan kepuasan terhadap pasien.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa kepuasaan pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan terhadap kualitas pelayanan pasien rawat inap di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 (seratus) orang. Penelitian menggunakan tipe penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi langsung dan dokumen-dokumen Peraturan yang terkait dengan penelitian ini.
Kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan di RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo Jakarta dilihat dari perbandingan antara kenyataan yang pasien rasakan dan harapan pasien dengan menggunakan 11 (sebelas) dimensi yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Cost, Scientific Knowledge and Technical Skill, Acceptable, Accessible, Efficient and Quality. Dari seluruh dimensi tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien belum puas dengan pelayanan yang diberikan. Hal ini berarti bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan belum maksimal. Hal ini juga terlihat dari masih adanya kesenjangan negatif yang terjadi dari dimensi yang ada, yang mana berarti kenyataannya masih lebih rendah dari harapan yang pasien inginkan.]"
2016
T45260
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feyona Heliani Subrata
"Latar belakang: Kanker kolorektal merupakan kanker ketiga tersering di seluruh dunia dan menyebabkan hingga 700.000 kematian setiap tahunnya. Angka kematian akibat kanker kolorektal paling tinggi di negara berkembang yaitu sebesar 52%. Pasien kanker kolorektal memiliki tingkat kesakitan yang tinggi akibat rekurensi maupun metastasis kanker.Faktor-faktor tersebut kemudian memengaruhi luaran akhir pasien-pasien dengan kanker kolorektal yaitu kesintasan hidup. Studi ini menilai kesintasan pasien kanker kolorektal di RSCM.
Metode Penelitian ini merupakan suatu penelitian kohort retrospektif dengan analisis survival. Data pasien kanker kolorektal diperoleh dari rekam medis Departemen Medik Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RSCM selama periode Januari 2014 – Desember 2016. Seleksi data dilakukan sesuai kriteria inklusi dan eksklusi hingga jumlah minimal subyek penelitian terpenuhi.
Hasil Sebanyak 142 subyek diikutsertakan pada penelitian ini. Kelompok usia terbanyak kanker kolorektal adalah usia ≥45 tahun (73,2%) dan didominasi oleh jenis kelamin laki-laki (55,6%). Komorbiditas pasien pada penelitian ini antara lain diabetes melitus (85,2%), hipertensi (66,9%), dan obesitas (53,5%). Tingkat keparahan penyakit terbanyak pada penelitian ini adalah kanker kolorektal dengan derajat stadium IV (52,1%). Kesintasan lima tahun pasien kanker kolorektal adalah sebesar 43%. Stadium II (HR 5,19; p=0,008; 95%CI 1,524-17,692) dan III (HR 3,72; p=0,006; 95%CI 1,446-9,574) menentukan kesintasan lima tahun dan terapi definitif merupakan faktor protektif terhadap kematian dalam kurun waktu lima tahun (HR 0,117; p=0,000; 95%CI 0,096-0,519).
Kesimpulan Angka kesintasan keseluruhan KKR dalam kurun waktu 5 tahun di RSCM adalah sebesar 43%. Faktor-faktor yang memengaruhi kesintasan pasien adalah stadium klinis dan operasi definitif berupa reseksi massa tumor primer.

Background Colorectal cancer is the third most common cancer all over the world and cause more than 700.000 death anually. Mortality rate of colorectal cancer is higher in developing country compared to developed country. Patients with colorectal cancer have high morbidity due to recurrence or metastatis. Those factors determine the survival rate of patients with colorectal cancer. This study assess survival of patients with colorectal cancer in RSCM.
Method This study was a retrospective cohort with survival analysis. The patients data were from medical record from Surgery Departement in RSCM from January 2014-December 2016. Data selection was done based on inclusion and exclusion criterias.
Result There were 142 patients included in this study. Most of the patients were men (55,6%) with aged ≥45 tahun (73,2%). The most common comorbid found in this study were diabetes melitus (85,2%), hypertension (66,9%), and obesity (53,5%). There were 52,1% patients with high grade cancer/stadium IV. Five years survival of patients with colorectal cancer in this study was 43%. Stadium II (HR 5,19; p=0,008; 95%CI 1,524-17,692) and III (HR 3,72; p=0,006; 95%CI 1,446-9,574) determined five years survival and surgery is the protective factor to death for patients with colorectal cancer in five years (HR 0,117; p=0,000; 95%CI 0,096-0,519).
Conclusion Survival rate of patients with colorectal cancer in five years was 43%. Factors that influence survival rate were clinical stadium and surgery of primary tumor mass.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2020
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Megawati
"Transplantasi ginjal TG merupakan salah satu terapi pilihan utama pada pasien Gagal Ginjal Terminal GGT . TG dapat meningkatkan kualitas hidup pasien GGT. Kualitas hidup dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor fisik, psikologis dan mental.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi kualitas hidup pasien TG. Desain Penelitian menggunakan Cross Sectional Study, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 pasien TG dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitan menggunakan kuesioner kualitas hidup WHOQoL ndash; BREF, yaitu kuesioner yang telah banyak digunakan dalam mengukur kualitas hidup di dunia dan secara validitas dan reabilitas merupakan kuesioner yang valid dan reliabel. Analisi data menggunakan: proporsi, chi- square dan regresi logistik ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas hidup pasien TG di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo adalah baik 71, 8 . Faktor yang mempengaruhi kualitas hidup pasien adalah: usia p = 0,002 , pendidikan p = 0,001 pekerjaan p = 0,010 , dukungan keluarga p = 0,024 , dan kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat immunosupressant p = 0,009 , faktor yang dominan mempengaruhi kualitas hidup adalah: pendidikan OR= 11, 490 dan kepatuhan dalam mengkonsumsi obat immunosuppressant OR= 10, 530.
Kesimpulan: Kualitas hidup pasien TG dipengaruhi oleh, usia, pendidikan, pekerjaan, dukungan keluarga dan kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat immunosupressant Rekomendasi: Penelitian lebih lanjut terkait dimensi kualitas hidup: dimensi fisik, psikologis, hubungan sosial dan lingkungan dan pemberian intervensi keperawatan berupa edukasi sebelum dan sesudah TG.

Kidney transplantation KT is one of the major therapies in terminal renal failure. KT can increase Quality of Life QoL of the patients with terminal renal failure. QoL can be affected by several factors, such as physical, psychological and mental factors.
The aim of this research is to identify the factors that affects QoL of KT patients. The research design used Cross Sectional Study, with purposive sampling. The samples of study is 110 KT patients. The research instrument uses WHOQoL ndash BREF, instrument WHOQoL ndash BREF has been widely used in measuring the QoL in the world and the validity and reliability is a valid and reliable questionnaire. Data analysis uses proportion, chi square and multiple logistic regression.
The results of this research showed that the QoL of KT patients at General Hospital Cipto Mangunkusumo is good 71, 8 . The Factors influencing of the QoL of the patients were age, p 0,002, education p 0,001 occupation p 0,010 , family p 0,024 , and patient adherence to taking immunosuppressant drugs p 0,009.
Conclusions The QoL of patients affected by age, education, occupation, family and patient adherence to taking immunosuppressant drugs. Recommendations Further research related to the dimensions of the Qol with are physical, psychological, social and environmental dimensions and Intervention of Nursing through prre and post opertif education of KT."
Depok: Fakultas Ilmu Kperawatan Universitas Indonesia, 2018
T51501
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Prieska Precilia
"ABSTRAK
Pasien gagal ginjal terminal dengan terapi pengganti ginjal berupa hemodialisis dapat meningkatkan harapan hidupnya, namun kualitas hidup yang rendah pada pasien tersebut masih banyak ditemui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor risiko pada kualitas hidup terkait kesehatan pasien hemodialisis di RSUPN Cipto Mangunkusumo tahun 2014. Sebanyak 94 responden yang diteliti menggunakan kuesioner WHOQOL-BREF dan ditemukan sebesar 51,1% responden memiliki kualitas hidup terkait kesehatan yang buruk. Responden dengan kategori usia muda (75,5%), laki-laki (57,4%), berpendidikan tinggi (80,9%), berstatus tidak bekerja (66,0%), berpenghasilan rendah (61,7%), berstatus gizi baik menurut lingkar otot lengan atas (67,0%),memiliki komorbiditas (75,5%), dan dengan tingkat aktivitas fisik rendah (11,7%). Pendidikan memiliki hubungan yang bermakna dengan kualitas hidup terkait kesehatan (p= 0,024, OR=4,324). Pendapatan memiliki hubungan yang bermakna dengan kualitas hidup terkait kesehatan (p= 0,005, OR= 3,972). Ahli gizi dan staff dapat membantu meningkatkan pengetahuan pasien tentang terapi gizi terkait penyakitnya yang disesuaikan dengan pendapatannya, sehingga pasien dapat mempertahankan status gizinya dan meningkatkan kualitas hidupnya.Pasien gagal ginjal terminal dengan terapi pengganti ginjal berupa hemodialisis dapat meningkatkan harapan hidupnya, namun kualitas hidup yang rendah pada pasien tersebut masih banyak ditemui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor risiko pada kualitas hidup terkait kesehatan pasien hemodialisis di RSUPN Cipto Mangunkusumo tahun 2014. Sebanyak 94 responden yang diteliti menggunakan kuesioner WHOQOL-BREF dan ditemukan sebesar 51,1% responden memiliki kualitas hidup terkait kesehatan yang buruk. Responden dengan kategori usia muda (75,5%), laki-laki (57,4%), berpendidikan tinggi (80,9%), berstatus tidak bekerja (66,0%), berpenghasilan rendah (61,7%), berstatus gizi baik menurut lingkar otot lengan atas (67,0%),memiliki komorbiditas (75,5%), dan dengan tingkat aktivitas fisik rendah (11,7%). Pendidikan memiliki hubungan yang bermakna dengan kualitas hidup terkait kesehatan (p= 0,024, OR=4,324). Pendapatan memiliki hubungan yang bermakna dengan kualitas hidup terkait kesehatan (p= 0,005, OR= 3,972). Ahli gizi dan staff dapat membantu meningkatkan pengetahuan pasien tentang terapi gizi terkait penyakitnya yang disesuaikan dengan pendapatannya, sehingga pasien dapat mempertahankan status gizinya dan meningkatkan kualitas hidupnya.

ABSTRACT
ESRD patient with maintenance hemodialysis therapy can increase its life expectancy, but its quality of life is found relatively low in many patients. This research is objected to know the difference proportion of some factors of health related quality of life (HRQOL)in hemodialysis patients. Among 94 samples of hemodialysis patients at RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo were participated in this crossectional study.Using WHOQOL-BREF questionnaire there wasfound 51,1% respondent havelow HRQOL. Respondent within the young age category is 75,5%, proportion of male respondent is 57,4%,higher education category is80,9%, unemployeed respondent is 66%, low income category is 61,7%, low nutrition status based on mid arm muscle circumference 67,0%, having comorbidity is 75,5%, and low activity level is 11,7%. Education has a significant relation with health related quality of life (p= 0,024, OR=4,324). Income has a significant relation with health related quality of life (p= 0,005, OR= 3,972). Dietitian and staff can help the patients toincrease their knowledge on nutrition therapy that fit with their disease condition and income, so that patients be able to maintain their nutritional status and increase their quality of life.
"
2014
S55179
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diwi Purnamasari
"Kepuasan klien merupakan nilai subyektif terhadap kualitas pelayanan keperawatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif sederhana yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan klien selama dirawat di ruang rawat inap dewasa penyakit dalam RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo terhadap kualitas asuhan keperawatan. Responden pada penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling yaitu 43 klien yang dirawat inap di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.
Hasil penelitian ini adalah 1) 67,4% klien puas terhadap dimensi reliability 2) 60,5% klien puas terhadap dimensi responsiveness, 3) 55,8% klien puas terhadap dimensi emphaty, 4) Secara keseluruhan, 53,5% klien puas dan 46,5% tidak puas terhadap kualitas asuhan keperawatan.
Saran bagi penelitian selanjutnya adalah perlu menggunakan desain penelitian yang lain untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat kepuasan dengan kualitas asuhan keperawatan.

Client's satisfaction is a subjective value for nursing service quality. This study is a quantitative study with simple descriptive study that the objective of survey is to know the level of client's satisfaction during hospitalized at intemist inpatient ward RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo for nursing service quality. Respondent are selected by using random sampling technique. They are 43 adult client who hospitalized at internist inpatient ward.
The result of this study are:1) the clients are satisfy to the reliability with percentage 67,4%, 2) the clients are satisfy to the responsiveness with percentage 60,5%, 3) The clients are satisfy to the emphaty with percentage 55,8%, 4) Overall, level of client’s satisfaction is 53,5% are satisfy and 46,5% are not satisfy for nursing service quality.
It is recomended for the next researcher to use the other design of research for finding the corelation between level of client's satisfaction with nursing service quality.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5785
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Ginanjar
"Sindrom koroner akut berkontribusi pada tingginya angka morbiditas dan mortalitas terkait kasus penyakit kardiovaskular, dengan salah satu penyebab mortalitas tertinggi yaitu STEMI(ST Elevation Myocardial Infarction). Keterlambatan penanganan pasien STEMI menjadi penyebab tingginya mortalitas dan kejadian MACE (Major Adverse Cardiac Event), serta berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kesehatan.Program CODE STEMI diciptakan dengan harapan dapat menyelesaikan keterlambatan ini serta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan program CODE STEMI terhadap kualitas pelayanan pasien dengan STEMI di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.Metode yang digunakan adalah metode operasional secara kuantitatif dan kualitatif dengan desain kohort retrospektif. Data kuantitatif didapatkan dari telaah dokumen dengan jumlah sampel 207 pasien (135 kelompok CODE STEMI, 72 kelompok Non CODE STEMI), sedangkan data kualitatif didapatkan dari wawancara mendalam dengan sepuluh informan penelitian. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan uji Mann whitney (Door to balloon time, total biaya RS, lama rawat) dan chi square (kejadian Mortalitas dan MACE). Hasil penelitian menunjukan terdapat perbaikan yang bermakna untuk door to balloon time, total biaya dan lama rawat pasien STEMI pada pasien yang ditangani dengan CODE STEMI. Selain itu terdapat kecenderungan penurunan angka kejadian MACE dan mortalitas setelah diterapkan program CODE STEMI. Baik pihak rumah sakit maupun pasien mengaku puas dengan program CODE STEMI tersebut. Program ini terbukti memiliki efikasi, efektivitas, optimalitas, akseptibilitas, legitimasi, dan ekuitas yang baik serta memenuhi prinsip-prinsip manajemen yang baik untuk sebuah program pelayanan. Kesimpulan penelitian ini adalah program CODE STEMI berpengaruh baik terhadap kualitas pelayanan pasien dengan STEMI di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

Acute coronary syndrome contributes to high rates of morbidity and mortality associated with cardiovascular disease, with one of the highest causes of mortality is STEMI (ST Elevation Myocardial Infarction). Delay in the management of STEMI patients is a cause of high mortality and the incidence of MACE (Major Adverse Cardiac Event), as well as affecting healthcare quality. This delay may be solved by the CODE STEMI program. This study aims to determine the effect of the implementation of the CODE STEMI program on the quality of healthcare services with patients with STEMI at Dr. Cipto Mangunkusumo Hospital. The method used was an observational method using quantitative and qualitative approach with a cross sectional design. Quantitative data were obtained from a medical records with a sample of 207 patients (135 CODE STEMI groups, 72 Non-CODE STEMI groups), while qualitative data were obtained from in-depth interviews with ten research informants. Data analysis was performed quantitatively by Mann Whitney test (Door to balloon time, total hospital costs, length of stay) and chi square test (Mortality and MACE events). The results of the study shows a significant reduction in terms of door to balloon time, total cost, and length of stay of STEMI patients treated with CODE STEMI. In addition, there is a decreasing tendency of the incidence of MACE and mortality after the application of the CODE STEMI program. Both the hospital and the patient said they were satisfied with the CODE STEMI program. This program is proven to have a good efficacy, effectivity, optimality, acceptability, legitimation, and equity. It also met the required principles of good management for healthcare program. The conclusion of this study is that the CODE STEMI program has a good impact on the healthcare quality of patients with STEMI in Dr. Cipto Mangunkusumo National Central General Hospital. "
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Neni Junaeni
"Hemodialisis merupakan terapi pengganti fungsi ginjal terbanyak yang dijalani pasien gagal ginjal tahap akhir. Pasien yang menjalani terapi hemodialisis rutin seringkali memiliki kualitas tidur yang buruk. Kualitas tidur yang buruk pada pasien hemodialisis dapat menurunkan kualitas hidup, meningkatkan penyakit autoimun, infeksi dan risiko kardiovaskular yang pada akhirnya dapat juga meningkatkan morbiditas dan mortalitas. Keluhan tidur pada pasien hemodialisis diduga karena efek dari hemodialisis dan progresifitas penyakit gagal ginjal itu sendiri. Terapi untuk mengatasi gangguan tidur dilakukan dengan metode sleep hygiene. Sleep hygiene merupakan modifikasi perilaku kesehatan atau membangun kebiasaan sebelum tidur yang mencakup aktivitas, waktu tidur dan lingkungan yang tenang dengan tujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan sleep hygiene dengan kualitas tidur pada pasien hemodialisis. Desain penelitian menggunakan cross sectional dengan consecutive sampling terhadap 106 responden yang menjalani hemodialisis rutin di Unit HD PJT RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan (p<0,05) antara sleep hygiene dengan kualitas tidur (p=0,046). Perawat perlu mengajarkan intervensi sleep hygiene secara terprogram beserta evaluasinya untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas tidur yang baik pada pasien hemodialisis.

Hemodialysis is the most common renal replacement therapy for end stage renal disease patients. These patients who undergoing regular hemodialysis often experience a poor of sleep quality. Poor sleep quality can reduce their quality of life, since increasing autoimmune diseases, infections and cardiovascular risks, ultimately can also increase morbidity and mortality. Sleep complaints in hemodialysis patients are thought to be due to the effects of hemodialysis and the progression of kidney failure itself. Therapy to treat sleep disorders is carried out using the sleep hygiene method. Sleep hygiene is a modification of health behavior or building habits before sleeping that include activities, sleep time and a calm environment to increase the quantity and quality of sleep. This study aims to identify the relationship between sleep hygiene and sleep quality in hemodialysis patients. The research design used is cross sectional with a consecutive sampling of 106 respondents undergoing regular hemodialysis at the PJT HD Unit, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Based on the research results, it shows that there was a significant relationship (p<0.05) between sleep hygiene and sleep quality (p=0,046). Therefore, nurses need to carry out and teach the patients sleep hygiene interventions and their evaluation to improve and maintain a good sleep quality in hemodialysis patients. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>