Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 83273 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arifin
"Saat ini tren perawatan di rumah atau home care semakin meningkat. Kemajuan teknologi membuat pasien dapat mencari layanan perawatan dan perawat home care melalui aplikasi kesehatan. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator pemberian pelayanan yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kepuasan pasien terhadap jasa home care perawat melalui aplikasi kesehatan. Penelitian menggunakan desain cross sectional. 104 dipilih menggunakan consecutive sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen Home Care Client Satisfaction Instrument-Revised (HCCSI-R) yang telah diadaprasi sesuai konteks aplikasi kesehatan.
Hasil menunjukan sebagian besar pasien sangat puas dengan jasa home care perawat. Selain itu diperoleh hasil bahwa dimensi kepuasan dengan nilai tertinggi adalah reliability, yaitu kemampuan untuk melakukan layanan yang menjanjikan dengan andal dan akurat. Sedangkan dimensi dengan nilai terendah adalah tangible, yaitu dimensi yang menilai fasilitas fisik, perlengkapan, dan penampilan personel. Penyedia aplikasi kesehatan dan perawat diharapkan mempertahankan dan meningkatkan layanan home care yang diberikan.

Currently, the trend of home care is increasing. Advances in technology allow patients to seek care and home care services through health applications. Patient satisfaction is one indicator of quality service delivery. The purpose of this study was to describe patient satisfaction with nurses' home care services through health applications. This study used a cross-sectional design which involved 104 respondents using consecutive sampling. Data collection used the Adapted Home Care Client Satisfaction Instrument-Revised (HCCSI-R) instrument based on health application context.
The results showed that most of the patients were very satisfied with the home care services of the nurses. In addition, the results show that the dimension of satisfaction with the highest score is reliability, namely the ability to perform promised services reliably and accurately. While the dimension with the lowest value is tangible, namely the dimension that assesses physical facilities, equipment, and personal appearance. Health application providers and nurses are expected to maintain and improve the home care services provided.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Walsh, Joleen
London: J.B. Lippincott, 1987
610.734 3 WAL m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yiyin Qamariah Takaredas
"Peran monitoring berarti perawat mencari hal-hal yang berguna, memantau hasil, serta menjadi pusat informasi. Disseminator berarti perawat menyampaikan informasi, dan spokesperson berarti perawat menjadi juru bicara. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran informasional perawat dalam mengelola layanan home care lansia di puskesmas. Studi ini berupa studi kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sembilan partisipan perawat sebagai koordinator program lansia terlibat pada pelaksanaan studi ini, dan memiliki pengelaman mengelola layanan home care lansia di puskesmas antara 1 hingga 9 tahun. Studi ini menghasilkan enam tema meliputi; upaya pemenuhan kebutuhan layanan; upaya identifikasi hasil layanan; monitoring pelaksanaan layanan home care; diseminasi tata laksana layanan home care; koordinasi dalam perencanaan dan tata laksana program; serta koordinasi dengan stakeholder dalam upaya pelaksanaan layanan. Hasil menunjukkan bahwasanya perawat sebagai koordinator layanan home care lansia di puskesmas ditemukan masih memiliki banyak keterbatasan dalam menjalankan peran informasional.

The role of monitoring means that nurses look for useful things, monitor results, and become a center of information. Disseminator means the nurse conveys information, and spokesperson means the nurse becomes the spokesperson. This study aims to explore the informational role of nurses in managing elderly home care services in primary health care. This study is in the form of a qualitative study using a qualitative descriptive approach. Nine nurse participants as coordinators of the elderly program were involved in the implementation of this study and had experience managing elderly home care services at the primary helath care between 1 to 9 years. The study produced six themes including; efforts to meet service needs; efforts to identify service outcomes; monitoring the implementation of home care services; dissemination of home care service management; coordination in program planning and governance; and coordination with stakeholders in service implementation efforts. The results showed that nurses as coordinators of elderly home care services at puskesmas were found to still have many limitations in carrying out informational roles."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pennsylvania: Springhouse Corporation, 2001
R 362.14 POC
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Satya Rakasiwi
"Belakangan ini muncul aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan pasien. Aplikasi tersebut berfungsi menghubungkan pencari layanan kesehatan dengan tenaga kesehatan. Salah satu pelayanan yang dapat diakses melalui aplikasi tersebut adalah home care dan doctor visit, yang memungkinkan dokter dan/atau tenaga kesehatan lain dapat melaksanakan praktik kesehatan di rumah pasien. Tetapi, kenyataannya belum ada peraturan perundang-undangan yang mengatur terkait dengan praktik kedokteran secara home care. Hal ini menyebabkan belum adanya kepastian hukum mengenai legalitas praktik kedokteran secara home care, wewenang dan tanggung jawab hukum dokter saat menjalankan praktik kedokteran secara home care, mengatur terkait dengan Surat Izin Praktik Dokter yang menjalankan praktik kedokteran secara home care. Metode Penelitian dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Kesimpulan dalam skripsi ini pengaturan pelayanan kesehatan home care di Indonesia secara umum dapat mengacu pada Undang-Undang No. 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, yang pelaksanaannya di rumah pasien, secara khusus dapat berlandaskan pada Peraturan Daerah masing-masing daerah dan wewenang dan pertanggungjawaban hukum dokter dan penyedia aplikasi terhadap pelayanan kesehatan home care dapat dilihat dari hubungannya kerja antara keduanya. Saran untuk penelitian ini Kementerian Kesehatan sebaiknya membentuk peraturan yang secara khusus mengatur mengenai home care.

There are many applications that can meet patient needs. The application serves to connect health care seekers with health workers. One of the services that can be accessed through the application is home care and doctor visits, which allows the doctor and/or other health workers to practice health in the patients home. However, in reality there is no legislation regulating related to home care medical practice. It causes the absence of legal certainty regarding the legality of medical practice in home care, the authority and legal responsibility of doctors when carrying out home care medical practices, regulating related to the Doctors Practice Permit that runs home care medical practice. My research method in this thesis is normative juridical. Conclusion of this thesis is regulation of home care in general can refer to Law No. 29 Year 2004 concerning Medical Practice which is carried out in patients homes, can be based specifically on the Regional Regulations of each region. The authority and legal responsibility of doctors and application providers for home care health services can seen from the working relationship between doctors and application providers. Suggestions for this research is Ministry of Health should make regulation that specifically reglulate home care."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meita Ilyana
"Sebagian besar kasus COVID -19 saat ini memiliki gejala ringan dan tidak bergejala serta adanya potensi reaktivasi pada pasien pasca rawat di rumah sakit mendasari pentingnya pemantauan kepatuhan keluarga dalam mengimplementasikan protokol perawatan pasien pasca rawat COVID-19 di rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepatuhan keluarga terhadap protokol perawatan pasien pasca rawat COVID-19 di rumah dan mengidentifikasi faktor-faktor apa saja (usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, pengetahuan, sikap, ketersediaan fasilitas, dukungan petugas kesehatan, dukungan pelaku rawat pengganti) yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada 72 pasien pasca rawat COVID-19 di RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo. Pengumpulan data dilakukan melalui daring bersama tim COMIC RSCM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memiliki kepatuhan cukup baik dalam menerapkan protokol perawatan pasien di rumah dengan rata-rata score 81 dari skala 100. Diketahui diantara faktor usia, jenis kelamin, pekerjaan, pengetahuan, sikap, ketersediaan fasilitas, dukungan petugas kesehatan, dan dukungan pelaku rawat pengganti, faktor pengetahuan (p-value=0,004) dan ketersediaan fasilitas (p-value=0,012) merupakan faktor dominan yang berhubungan signifikan dengan kepatuhan keluarga dalam menerapkan protokol perawatan pasien pasca rawat COVID-19 di rumah. Responden yang memiliki pengetahuan baik berpotensi 5,312 kali untuk memiliki kepatuhan yang tinggi dibandingkan dengan responden yang memiliki pengetahuan kurang. Selain itu, responden yang memiliki ruangan khusus dengan ventilasi baik juga berpotensi 5,2 kali untuk dapat menerapkan pedoman pencegahan penularan COVID-19 selama merawat pasien di rumah, dibandingkan dengan responden yang tidak memiliki ruangan khusus. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa secara umum kepatuhan keluarga dalam menerapkan protokol perawatan COVID-19 di rumah sudah baik dan faktor pengetahuan serta ketersediaan fasilitas memiliki peran yang penting dalam mempengaruhi kepatuhan tersebut

Currenttly many of COVID-19 cases have mild symptoms and asymptomatic. Furthermore there is the potential for reactivation in post-hospitalized patients. It gives a reason for the importance of monitoring family’s member compliance in implementing post-COVID-19 patient care protocols at home. The purpose of this study is to know about family's compliance to the COVID-19 homecare protocol for COVID-19 post-patients and to identify any factors (age, gender, income, occupation, knowledge, attitudes, availability of facilities, support from health workers, support of substitute caregivers) that affects them. This research is a quantitative study with a cross sectional method. The study was conducted on 72 post-treatment patients for COVID-19 at dr. Cipto Mangunkusumo National Central General Hospital (RSCM). Data collection was carried out using online method altogether with the COMIC RSCM team. The results showed that many of families had high compliance in implementing COVID-19 home care protocols to COVID -19 post patients with an average score of 81. It was found that knowledge factor (p-value = 0.004) and the availability of facilities (p-value = 0.012) were the dominant factors that had a significant relationship with family's member compliance in implementing the COVID-19 homecare protocol. Respondents who have good knowledge about this care have 5,3 times the potential to have high compliance compared to respondents who have less knowledge about this care. In addition, respondents who have a specific room with good ventilation also have the potential to apply 5,3 times in implementing the guidelines of preventing the transmission of COVID-19 while caring for patients at home, compared to respondents who do not have a special room. Based on these results, it can be concluded that in general, family's member compliance in implementing the COVID-19 treatment protocol at home is good and the factors of knowledge and room availability have an important role in influencing this compliance"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara Yuliastuti Putri
"

Peran pendamping dalam berjalannya program pendampingan dan perawatan lanjut usia di lingkungan keluarga (Home Care) sangatlah penting. Maka dari itu diharapkan pendamping memiliki perilaku prososial dalam menjalankan perannya. Skripsi ini membahas mengenai perilaku prososial pada pendamping lansia. Penelitian ini adalah penelitian kulitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa semua pendamping memiliki perilaku prososial, yang terbagi kedalam  beberapa pendamping yang memiliki perilaku altruis karena adanya motivasi altruism concern dan beberapa pendamping yang memiliki perilaku menolong karena adanya motivasi egoistic concern di dalam diri pendamping. Perbedaan perilaku prososial ini yang menyebabkan perbedaan pendampingan yang diberikan pendamping kepada lansianya.


The role of companion in passage of mentoring programs and elderly care in a Home Care is very important. Thus it is expected that all companion had prosocial behavior in their role as an elderly companion. This thesis discusses the existing prosocial behavior in elderly companion. This study using qualitative approach with descriptive research method. The results of this study describe that all companion had prosocial behavior, which being divided into two type of motivation, there are some companion who has altruistic behavior because of the altruism concern and there are some who have a companion helping behavior because of the egoistic concern. This Prosocial behavior difference causing the difference type of mentoring given to the other elderly."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Basmanelly
Jakarta: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Syer, Jean C.
St Louis: Mosby , 2001
362.140 SYE h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rice, Robyn
Missouri: Mosby, 1999
R 618.920 023 1 RIC h
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>