Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 50107 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Riska Alfianti
"Tari Zapin adalah tari khas Melayu Riau. Tari ini berkembang dan populer di kalangan komunitas masyarakat Melayu. Tari Zapin merupakan hasil dari persentuhan budaya Arab dengan budaya Riau yang berkembang hingga sekarang. Penelitian ini mengangkat sebuah rumusan masalah yaitu, bagaimana dampak terjadinya akulturasi antara Tari Zapin di Arab dan Riau? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, dan dilengkapi wawancara dengan Lembaga Adat Melayu Riau, Sanggar Tari Laksemana Pekanbaru, dan Penari Zapin dari Riau. Teori yang digunakan adalah teori Akulturasi. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya beberapa akulturasi Tari Zapin Riau yang dipengaruhi oleh budaya Arab. Akulturasi ini memiliki beberapa aspek yaitu dari sisi penari, alat musik, busana, gerakan, dan fungsi pertunjukkan. Masing-masing bidang tersebut mengalami perubahan seiring berjalannya waktu sehingga menghasilkan tari Zapin yang dikenal sekarang. 

Zapin dance is a typical Riau Malay dance. This dance develops and is popular among the Malay community. Zapin dance is the result of the contact of Arab culture with Riau culture which has developed until now. This research raises a problem formulation, namely, how is the impact of acculturation between Zapin Dance in Arabia and Riau? This research uses qualitative methods with data collection techniques in the form of literature studies, and is complemented by interviews with the Riau Malay Customary Institute, Laksemana Dance Studio Pekanbaru, and Zapin Dancers from Riau. The theory used is Acculturation theory. The result of this research is the discovery of some acculturation of Riau Zapin Dance which is influenced by Arabic culture. This acculturation has several aspects, namely in terms of dancers, musical instruments, clothing, movements, and performance functions. Each of these fields has changed over time to produce the Zapin dance known today.  "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Farahmita Putri
"Ardah Najdiyah merupakan tarian perang tradisional yang sangat populer di Jazirah Arab. Tarian tersebut tidak hanya menjadi warisan budaya semata namun juga untuk mengenang sejarah pertempuran yang dipimpin oleh Raja Abdul Aziz al-Saud dalam menyatukan wilayah di Arab Saudi. Tarian tersebut memiliki tujuan untuk menunjukkan kekuatan dan keberanian para prajurit di medan perang. Ardah Najdiyah masuk ke dalam Daftar Representative UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka yang didapatkan dari buku, jurnal, situs dan analisis video yang berkaitan dengan tari Ardah Najdiyah. Dalam mewujudkan penelitian tersebut, peneliti menggunakan dua teori yaitu unsur gerakan tari dan semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka yang didapatkan dari buku, jurnal, situs resmi, dan analisis video yang berkaitan dengan Ardah Najdiyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ardah Najdiyah merupakan tarian yang memiliki makna penting terkait sejarah berdirinya Arab Saudi dan pelestarian tradisi suku nomaden Badui. Ardah Najdiyah menunjukkan identitas dan kekuatan masyarakat Arab Saudi dalam berperang yang menjadi bagian penting dalam kehidupannya.

Ardah Najdiyah is a traditional dance that is very popular in the Arabian Peninsula. Ardah Najdiyah is not only a cultural heritage but a symbol of the strength and courage of the soldiers on the battlefield and commemorates the history of the battle led by King Abdul Aziz al-Saud in uniting the region in Saudi Arabia. This study discusses the semiotic elements and themes contained in the Ardah Najdiyah dance performance. In realizing this research, the researcher uses two theories, namely elements of dance movement and the semiotics of Charles Sanders Peirce. This study uses a descriptive qualitative method with a literature study approach obtained from books, journals, websites and video analysis related to the Ardah Najdiyah dance. The results of this study indicate that Ardah Najdiyah is a dance that has an important meaning related to the history of the founding of Saudi Arabia and the traditions of the nomadic Bedouin tribe. Ardah Najdiyah shows the identity and strength of the people of Saudi Arabia in war which is an important part of her life.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Murakami, Haruki, 1949-
New York: Vintage Books, 1995
895.635 MUR d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta, 1998
R 792.62 PRO (1)
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Natasha Intania
"Kawasan Mangga Besar akan menjadi salah satu kawasan Transit Oriented Development (TOD) dengan memiliki moda transportasi MRT fase 2, BRT, dan Commuter Line. Dahulu terdapat Taman Hiburan yang dikenal dengan nama Prinsen Park dan kini lebih dikenal dengan nama Taman Hiburan Rakyat (THR) Lokasari yang berfungsi sebagai pusat perbelanjaan kelas menengah. Kawasan ini memiliki stigma negatif karena terkenal sebagai red district. Mengaktifkan kembali kawasan hiburan di Lokasari akan menjadi tujuan utama para pengguna moda transportasi umum tersebut dengan konsep placemaking yang dapat menghadirkan kawasan yang atraktif. Pengembalian history sebagai latar belakang dalam pengembangan desain kawasan ini juga dihadirkan dengan berdasar kepada kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan juga memperhatikan kondisi lingkungan sekitar.

The Mangga Besar area will become one of the Transit Oriented Development (TOD) areas with MRT phase 2, BRT and Commuter Line modes of transportation. Previously, there was an Amusement Park known as Prinsen Park and now it is better known as the Taman Hiburan Rakyat (THR) Lokasari which functions as a middle-class shopping center. This area has a negative stigma because it is known as the red district. Restore the entertainment area in Lokasari will be the main goal for users of this public transportation mode with a placemaking concept that can present an attractive area. Return from the history as a background in developing the design of this area is also presented based on social, economic, cultural and also attention to conditions of the surrounding environment.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Melina Surya Dewi
"Penelitian ini didasarkan pada teori gerak kreatif dalam konsep tari pendidikan dari Rudolf Laban serta teori kreativitas yang dikembangkan oleh Utami Munandar,bertujuan untuk menentukan peranan gerak tari kreatif dan minat tari kreatif siswa terhadap tingkat keberhasilan belajar menari kreatif siswa. Hipotesis yang diajukan adalah 1). Terdapat peranan yang positif dari gerak tari kreatif siswa terhadap keberhasilan belajar menari kreatif siswa, 2). Terdapat peranan yang positif dari minat tari kreatif siswa terhadap keberhasilan belajar menari kreatif siswa, 3). Terdapat paanan yang positif dari gerak tari kreatif siswa dan minat tari kreatif siswa bersama-sama terhadap keberhasilan belajar menari kreatif siswa.
Penelitian ini dilakukan di SLTP St. Theresia, Jakarta. Sampel penelitian dipilih secara acak dari siswa-siswa peserta program ekstra kurikuler seni tari berjumlnh 35 orang, terdiri dari 30 orang siswa perempuan dan 5 orang siswa laki-laki.
Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumeu dalam bentuk angket untuk mengukur minat tari kreatif siswa serta lembar skala penilitan untuk mengukur gerak kreatif siswa dan keberhasilan belajar menari kreatif siswa. Sebelum digunakan, dilakukan ujicoba kesahihan dan keandalan instrumen di SLTP Al Azhar Bumi Serpong Damai, SLTP Negeri 252 Pondok Kelapa, Jakarta Timur, dan di SLTP St. Theresia,Jakaxta Pusat.
Hasil analisis korelasi parsial dan regresi ganda menyatakan ketiga hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (Rl) temyata 48,80% variasi skor yang terjadi pada variabel keberhasilan belajar menari kreatif siswa ditentukan oleh variabel gerak tari kreatif siswa dan variabel minat tari kreatif siswa, sedangkan sisanya disebabkan oleh faktor-faktor lain (5l ,20%).
Selanjutnya diperoleh kesimpulan bahwa gerak tari kreatif siswa dan minat tari kreatif siswa berpefanan terhadap keberhasilan belajar menari kreatif siswa. Implikasi penelitian ini adalah pada pengembangan kreativitas dalam kurikulum kesenian khususnya bidang seni tari.
Saran-saran yang diajukan untuk penelitian selanjutnya adalahz 1). Jumlah sampel dan sekolah perlu diperbanyak agar lebih representatif 2). Alat ukur gerak tari kreatif dan keberhasilan belajar menari kreatif perlu dikembangkan lebih lanjut, 3). Perlu penelitian terhadap variabel lain yang diduga berperan terhadap keberhasilan belajar menari kreatif 4). Perlu diteliti perbedaan gerak tari kreatif dan minat tari kreatif serta keberhasilan belajar menari kreatif antara siswa laki-laki dan perempuan.

This research, based on Rudolf Laban's theory of creative movement inthe concept of educational dance and Utami Munandar?s theory of creativity, is aimed to determine the role of students? interest and creative dance movement in the degree of success in learning creative dance. The proposed hypotheses arc: l. There is a positive role of the students' creative movement 2. There is a positive role of the students' interest in creative dance. 3. There is a positive role of both the students' creative dance movement and interest in the success of their learning creative dance.
This research was conducted at St. Theresia Junior High School, Jakarta. The samples of the research were taken at random from students who were taking dance as their extracurricular activity. They consisted of 35 students: 30 female and 5 male.
The data were collected by using an instrument in the form of questionnaire to measure the students' interest in creative dance and evaluation scale sheet to measure the students' creative movement and the success of learning creative dance. Before the instrument was used, it was twted for its validity and reliability at Al Azhar Junior High School-Bumi Serpong Damai, State Junior High School 252-Pondok Kelapa, East Jakarta, and St. Thersia Junior High School, Central Jakarta.
The results of the partial correlation and multiple regression analysis show that the three proposed hypotheses are accepted. Based on the value of the determination coefiicient (R), 48,80% of variation scores that occur in the success variables of the students' creative dance leaming are determined by the students' crmtive dance movement variables, while the rest (51,20%) is determined by other factors.
The conclusion is tl1at the students' creative dance movement and interest in creative dance play a signiticant role in the students' success in teaming creative dance. It implies that the results of this research are significant for development of creativity in the curriculum of art, especially in the art of dance.
The suggestions proposed for futher research are: 1) Increasing the number of samples and schools to be more representative, 2) Further developing the instrument of measurement for creative dance movement and the success of learning creative dance. 3) Conducting further research on other variables assume to have a significant role in the success of learning creative dance. 4) Conducting a research on the difference between male and female students in their creative dance movement, interest in creative dance and their success in learning creative dance."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990
499.221 MOR (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
U. U. Hamidy
Pekanbaru: [publisher not identified], 1985
899.221 HAM n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
U. U. Hamidy
Riau: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1986
394.4 HAM d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
U. U. Hamidy
Pekanbaru: Yayasan Sagang, 2014
899.221 HAM n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>