Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 122099 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Suwandi Dwi Sahputro
"Menggunakan dataset dari salah satu perusahaan cryptocurrency exchange di Indonesia, penelitian ini bertujuan untuk memprediksi churn di cryptocurrency exchange dan menganalisis faktor yang mempengaruhinya. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan decision tree dan random forest dengan dua kriteria churn yang berbeda. Kriteria churn pertama merupakan kombinasi dari recency dan saldo dalam dompet dan yang kedua hanya menggunakan recency namun lebih personal karena memperhitungkan riwayat jarak antar 2 transaksi dari masing-masing pengguna. Pada kiteria churn pertama, metode undersampling diterapkan sebelum pemodelan karena proporsi churn dan non-churn yang tidak seimbang. Hasilnya model yang dihasilkan dari data undersampling memiliki performa yang terbaik pada model decision tree maupun random forest dengan nilai AUC masing-masing sebesar 0,777 dan 0,787. Hasil dari kedua model juga menunjukkan bahwa penggunaan Google Authenticator dan frekuensi transaksi cryptocurrency merupakan faktor penting untuk menentukan apakah pelanggan akan mengalami churn.

Using datasets from one cryptocurrency exchange company in Indonesia, this study aims to predict churn in cryptocurrency exchange and analyze the factor that impacts it. The model developed in this work uses a decision tree and a random forest with 2 different churn criteria. The first criteria is combined the recency and wallet balance amount and the second is used personalized recency (calculate the days between 2 transactions). For the first criteria, the undersampling method is applied before modeling due to imbalanced data. As the result, models from the undersampling dataset have the best performance for the decision tree and the random forest with AUC value of 0,777 and 0,787. Results from both models suggested that the use of Google Authenticator and the frequency of cryptocurrency transactions are important factors to determine whether a customer will experience churn."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1984
S2132
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rizky Akbar Faizal
"Sejak munculnya platform dompet elektronik, promosi penjualan berbentuk cashback semakin mudah ditemukan. Meskipun cashback bukanlah metode promosi yang banyak digunakan di negara lain, namun cashback lazim diterapkan di Indonesia. Kecenderungan impulsivitas pembelian serta penggunaan dompet elektronik dalam suatu transaksi semakin besar seiring meningkatnya besaran promosi yang diberikan platform dompet elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan impulsivitas pembelian pelanggan yang signifikan apabila terdapat perbedaan besaran cashback bagi pembelian suatu barang serta apakah jenis merek maupun harga jual suatu barang dapat memoderasi efektivitas promosi cashback dalam menciptakan impulsivitas pembelian. Penelitian dilakukan dengan eksperimen daring (online experiment) di mana 294 partisipan terbagi ke dalam delapan kelompok untuk membayangkan suatu kegiatan pembelian kopi kekinian menggunakan dompet elektronik fiktif. Data yang terkumpul diolah menggunakan metode Analysis of Variance (ANOVA). Ditemukan bahwa terdapat perbedaan impulsivitas pembelian signifikan ketika terdapat perbedaan besaran cashback yang diterapkan pada skenario transaksi dalam kelompok penelitian tertentu. Namun, jenis merek serta harga jual dari kopi kekinian gagal memoderasi efektivitas cashback dalam menciptakan impulsivitas pembelian apabila kedua variabel moderator tidak bekerja secara simultan. Fenomena Paradoks Pilihan menetralisir kemampuan variabel dalam memoderasi efektivitas cashback terhadap penciptaan impulsivitas pembelian. Perbedaan impulsivitas pembelian antar kelompok penelitian menjadi signifikan ketika kedua variabel moderator berinteraksi dengan besaran cashback secara simultan karena teratasinya Paradoks Pilihan sehingga kedua variabel dapat memberi penguatan terhadap efektivitas cashback menciptakan impulsivitas pembelian. Penelitian ini merupakan satu satunya eksperimen yang membandingkan efektivitas perbedaan besaran cashback yang diterapkan penyedia dompet elektronik terhadap peningkatan impulsivitas pembelian di Indonesia, yang dapat mengisi celah penelitian terkait pengaruh penerapan promosi penjualan modern terhadap kecenderungan impulsivitas pembelian.

Since the advent of electronic wallet platforms, sales promotions in the form of cashback have become easier to find. Although cashback is not a promotional method that is widely used in other countries, cashback is commonly used in Indonesia. Based on some research, the tendency of impulsive buying and the use of electronic wallets in a transaction was found greater as the amount of promotions given by the electronic wallet platform increases. This study aims to analyze whether there are significant differences in customer impulsive buying tendency if there are differences in the cashback size for the purchase of an item as well as whether the type of brand or the selling price of an item can moderate the effectiveness of cashback in creating impulse buying. The study was conducted by an online experiment in which 294 participants were divided into eight groups to imagine a coffee purchase activity using a fictitious electronic wallet. The collected data is processed using the Analysis of Variance (ANOVA) method. It was found that there was a significant difference in impulsive buying tendency when there were differences in the amount of cashback applied to the transaction scenario in certain research groups. However, the type of brand and the selling price of modern coffee failed to moderate the effectiveness of cashback in creating impulsivity if the two moderator variables did not work simultaneously. The emergence of the Paradox of Choice phenomenon neutralizes the variables ability to moderate the effectiveness of cashback on the impulsive buying tendency creation. The difference in purchasing impulsivity between research groups becomes significant when the two moderating variables interact with the cashback size simultaneously because of the elimination of Paradox of Choice so that both variables can reinforce the cashbacks effectiveness in creating impulsive buying tendency. This research is the only experiment that compares the effectiveness of differences in cashback size applied by electronic wallet provider to the increase in impulsive buying tendency in Indonesia, which can fill the research gap related to the effect of the application of modern sales promotions to the impulsive buying tendency."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pranata Rahajie Putranto
"

Maraknya perdagangan Transaksi Derivatif jenis Contract For Difference dengan underlying asset Mata Uang Asing, Nilai Indeks Komoditi, dan Nilai Indeks Saham mempengaruhi iklim bisnis dalam aspek ekonomi global, khususnya pada Sistem Perdagangan Alternatif. Contract for Difference pada dasarnya adalah perdagangan, sehingga jenis kontrak ini perlu dikaji menurut perjanjian jual beli sebagaimana secara umum diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Penelitian ini akan membahas dua pokok permasalahan. Pertama,  bagaimana analisis transaksi derivatif Contract For Difference yang diatur di dalam Surat Keputusan Kepala Bappebti No.109/BAPPEBTI/Per/01/2014 berdasarkan Pasal 1457 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Kedua, Bagaimana akibat hukum yang dapat ditimbulkan dari Contract For Difference yang diatur di dalam Surat Keputusan Kepala Bappebti No.109/BAPPEBTI/Per/01/2014 berdasarkan Pasal 1457 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif, dengan pendekatan perundang-undangan (statute approach). Penelitian ini menemukan bahwa penentuan selisih harga yang menjadi unsur contract for difference berbeda dengan unsur-unsur perjanjian jual beli, sehingga bukan merupakan perjanjian jual beli.

 


Increasing volume of trading on derivative transaction of contract for difference which underlying asset are foreign exchange, commodity index, and shares index have impacted the global business environment, particularly in Over The Counter market sector. Contract for Difference is basically trade, then should be analyzed by sale and purchase agreement which is generally regulated by Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. This research discuss two legal issues concerning contract for difference based on Indonesian private law. The first issue is how derivative transaction of contract for difference in Surat Keputusan Kepala Bappebti No.109/BAPPEBTI/Per/01/2014 reviewed based on Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Another issue is about the legal consequences arising from it. Those legal issues will be solved by conducting normative juridical research with statute approach. The end of this research found out that price difference determination which essential in this kind of contract is different from essentials in sale and purchase agreement, therefore that is not a sale and purchase agreement.

 

"
2020
T54746
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifaurrohmah
"Perkembangan teknologi telah mempengaruhi berbagai sektor di kehidupan termasuk juga dengan sektor pembelanjaan, seperti e-commerce. E-commerce termasuk media belanja yang selalu berkembang, salah satunya live streaming. Layanan live streaming social media menjadi terkenal di kisaran tahun 2020-2021 dengan tingkat penjualan di siaran langsung meningkat tajam hingga 76 persen di seluruh dunia. Tiktok live shopping merupakan layanan dari aplikasi Tiktok yang menawarkan peluang bagi brand untuk memamerkan produk secara real-time melalu acara live streaming. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi prilaku transaksi impulsif melalui live streaming e-commerce Tiktok live menggunakan model Stimulus Organism Respons (SOR). Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei terhadap pengguna aktif TikTok live yang telah melakukan pembelian produk melalui live streaming e-commerce. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-probability sampling dan analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa faktor seperti price promotion, promotion time limit, customer-streamer interaction, customer-customer interaction, best deal, visual appeal, perceived value, shopping convenience terhadap transaksi impulsif. Hasil analisis membuktikan bahwa price promotion, customer-streamer interaction, best deal, visual appeal, perceived value, shopping convenience berpengaruh terhadap transaksi impulsif, terdapat beberapa variabel penelitian seperti promotion time limit, customer-streamer interaction, customer-customer interaction, best deal, visual appeal, perceived value, shopping convenience berpengaruh negatif terhadap perceived risk. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa perceived risk memediasi hubungan antara promotion time limit, customer-streamer interaction, customer-customer interaction, best deal, visual appeal, perceived value, shopping convenience dan transaksi impulsif.

Technological advancements have influenced various sectors of life, including the retail sector, such as e-commerce. E-commerce, including live streaming, is a constantly evolving shopping medium. One of the popular trends in recent years is live streaming on social media platforms. Live streaming services on social media gained popularity around 2020-2021, with live broadcast sales increasing by up to 76 percent worldwide. TikTok live shopping is a service offered by the TikTok app that provides opportunities for brands to showcase their products in real-time through live streaming events. The purpose of this research is to analyze the factors that influence impulsive transaction behavior through TikTok live e-commerce using the Stimulus Organism Response (SOR) model. This study conducted a survey among active TikTok live users who have made product purchases through live streaming e-commerce. Data collection was done using non-probability sampling techniques, and data analysis was performed using Partial Least Square (PLS). The research aims to analyze several factors such as price promotion, promotion time limit, customer-streamer interaction, customer-customer interaction, best deal, visual appeal, perceived value, and shopping convenience in relation to impulsive transactions. The analysis results demonstrate that price promotion, customer-streamer interaction, best deal, visual appeal, perceived value, and shopping convenience have an influence on impulsive transactions. Additionally, several research variables such as promotion time limit, customer-streamer interaction, customer-customer interaction, best deal, visual appeal, perceived value, and shopping convenience negatively affect perceived risk. From the research findings, it can be observed that perceived risk mediates the relationship between promotion time limit, customer-streamer interaction, customer-customer interaction, best deal, visual appeal, perceived value, shopping convenience, and impulsive transactions."
Depok: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yoana Setiabudi
"Tesis ini membahas tentang keabsahan perjanjian yang ditandatangani para pihak dalam rangka jual beli tanah yang belum bersertipikat dan perlindungan hukum terhadap pembeli atas tanah yang belum bersertipikat dalam suatu perjanjian pada putusan Pengadilan Tinggi Banten Nomor 28 PDT 2015 PT BTN Tesis ini bertujuan untuk menambah pengetahuan mengenai perjanjian dan perlindungan hukum bagi pembeli tanah yang belum bersertipikat Penelitian ini merupakan suatu penelitian hukum normatif Penelitian ini menyimpulkan bahwa suatu perjanjian tidak dapat dinyatakan tidak sah karena salah satu pihak adalah seorang tuna aksara dan meragukan kebenaran isi akta dan perlindungan hukum terhadap pembeli tidak dapat ditegakkan mengingat itikad baik adalah sesuatu hal yang abstrak Penelitian ini menyarankan bahwa apabila ingin membeli tanah yang belum bersertipikat sebaiknya mengenal dengan baik pemiliknya untuk menghindari permasalahan dan sebaiknya membeli tanah yang bersertipikat.

This thesis discusses the validity of an agreement signed by the parties in order to purchase an uncertified land and buyer legal protection on the Banten High Court Judgement No 28 PDT 2015 PT BTN This thesis aims to increase knowledge about the treaty and legal protection for an uncertified land buyers This study is a normative legal research This study concludes that an agreement can not be declared invalid because one of the parties is an illiterate and doubt the correctness of the contents of the deed which was read by a Notary who made it and the legal protection of the purchaser can not be enforced given in good faith is something abstract This study suggests that if one want to buy an uncertified land one should know well who the owner to avoid problems later and it is advised that one is better buy a certified land."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2016
T45375
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imastuti Masitoh
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh pengungkapan transaksi pihak berelasi terhadap firm value. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepatuhan emiten Indonesia pada PSAK 7 - pengungkapan transaksi pihak berelasi. Penelitian ini menggunakan rasio Tobin rsquo;s Q modifikasi untuk mengukur firm value. Sampel penelitian adalah perusahaaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan transaksi pihak berelasi berpengaruh positif pada firm value. Implikasi penelitian ini adalah regulator harus lebih meningkatkan pengawasan terhadap perusahaan publik dalam menerapkan peraturan pengungkapan transaksi pihak berelasi agar pengungkapan yang dilakukan lebih lengkap dan akurat untuk membantu investor dalam pengambilan keputusan investasi.

ABSTRACT<>br>
The purpose of this study is to examine the impact of related party transactions disclosure impact on firm value. This study is also examine how companies listed in Indonesia Stock Excange comply on PSAK 7 related party transaction disclosures. This study uses modified Tobin 39 s Q ratio to measure firm value. The sample for this study is companies that listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016. The results for this study is related party transactions disclosure has positive impact on firm value. Regulator should more improve the supervision in applying the related party transactions disclosure regulations so that companies listed can disclose more complete and accurate to assist investors in making investment decisions."
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rany Dwi Cahyaningtyas
"Produk susu bubuk balita yang beragam membuat konsumen memiliki banyak pilihan sehingga penting bagi produsen menjaga loyalitas pelanggan yang telah ada dengan memahami perilaku churn pelanggan. Churn pelanggan didefinisikan sebagai kecenderungan pelanggan untuk berhenti melakukan bisnis dengan sebuah perusahaan. Penelitian ini berfokus memprediksi pola churn pelanggan sehingga perusahaan dapat menentukan strategi untuk mengurangi churn. Penelitian ini membahas mengenai prediksi churn pelanggan berdasarkan segmen produk susu bubuk balita menggunakan model Length, Recency, Frequency, Monetary (LRFM). Responden penelitian ini adalah pelanggan PT. XYZ yang pernah bertransaksi untuk produk susu bubuk balita kelas premium (susu A) dan segmen biasa (susu B) selama periode tahun 2021. Variabel pada penelitian ini meliputi variabel LRFM dan CLV yang dibentuk dengan pembobotan variabel LRFM. Pertama metode Fuzzy C-Means Clustering digunakan untuk melakukan pelabelan target pelanggan selanjutnya metode klasifikasi K-Nearest Neighbor (KNN) digunakan untuk memprediksi churn. Hasilnya terdapat tiga kelompok pelanggan untuk masing-masing susu A dan susu B. Pelabelan yang dihasilkan yaitu pelanggan churn dengan nilai CLV rendah, potential to churn dengan nilai CLV menengah, dan loyal dengan nilai CLV tinggi. Susu B menunjukkan jumlah pelanggan churn sebesar 43,4% lebih banyak dibandingkan susu A sebanyak 34%. Tahapan akhir penelitian ini adalah menganalisis kinerja metode KNN berdasarkan nilai akurasi, recall, dan f1-score terhadap kedua susu A dan susu B. Hasil dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa kinerja metode KNN bergantung pada pemilihan jumlah tetangga terdekat dan proporsi pemisahan data.

The variety of powdered toddler milk products gives consumers many choices, so producers need to maintain the loyalty of existing customers by understanding customer churn behaviour. Customer churn is defined as the tendency of a customer to stop doing business with a company. This study focuses on predicting customer churn patterns so companies can determine strategies to reduce churn. This study discusses the prediction of customer churn based on the segment of toddler powdered milk products using the Length, Recency, Frequency, Monetary (LRFM) model. The respondent of this research are the customers of PT. XYZ who have transacted for premium segment powdered milk products for toddlers (milk A) and ordinary segment (milk B) during 2021. Variables in the data include LRFM and CLV variables which are formed by weighting the LRFM variable. At first, Fuzzy C-Means Clustering algorithm was applied for labelling target customer and then, K-Nearest Neighbor (KNN) Classifier as churn prediction was used. As a result, there are three groups of customers for each milk A and milk B. The resulting labels are the churn customer group with low CLV value, potential to churn group with medium CLV, and loyal customer group with high CLV value. Milk B shows the number of customers churn by 43,4% more than milk A as much as 34%. In the final stage of this research, the author analyze the performance of the KNN method based on the value of accuracy, recall, and f1-score for both milk A and milk B. The results of this final project show that the performance of the KNN method depends on the selection of the number of nearest neighbors and the proportion of data splitting used."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lister-Ford, Christine
London: Sage Publications, 2002
331.794 LIS s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Bukhari Syaifullah Anwar
"Penelitian ini membahas mengenai perhitungan penyesuaian modal kerja pada proses analisis kesebandingan dalam metode transfer pricing transactional net margin method yang dilakukan oleh PT PQR dengan tujuan untuk menghilangkan perbedaan keadaan perusahaan pada khususnya modal kerja yang ditemukan di antara PT PQR dan perusahaan pembanding. PT PQR menggunakan penyesuaian modal kerja atas dasar rekomendasi dari OECD Transfer Pricing Guidelines. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan penyesuaian modal kerja dalam analisis kesebandingan yang dilakukan PT PQR dapat memberikan dampak positif bagi perhitungan tingkat kewajaran dan kelaziman usahanya. Selain itu, dalam sudut pandang peraturan perpajakan Indonesia, penggunaan working capital adjustment yang dilakukan oleh PT PQR dapat diterima. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah Indonesia membuat panduan mengenai transfer pricing sesuai dengan kebutuhan dan keadaan di Indonesia. OECD Transfer Pricing Guidelines juga dapat dituliskan dalam peraturan yang berlaku sebagai panduan transfer pricing yang digunakan di Indonesia agar penggunaannya dapat dijadikan dasar hukum.
This research focused on working capital adjustment calculation on comparability analysis process in transfer pricing method transactional net margin method by PT PQR in purpose to eliminate the company?s circumtances difference especially working capital were found between PT PQR and comparable companies. PT PQR used this adjustment based on recommendation in OECD Transfer Pricing Guidelines. The research used a qualitative approach with descriptive design. Data collection was done through literature studies, and in-depth interviews. The results of the research shows that the implementation of working capital adjustment in transfer pricing comparability analysis by PT PQR can provide a positive impact on the calculation of arm?s length principle. In addition, in the view of Indonesia tax regulation , the use of working capital adjustment done by PT PQR acceptable. Suggestion can be given from this research in Indonesia make transfer pricing guidelines in accordance with the needs and circumtances in Indonesia. OECD Transfer Pricing Guidelines can also be written in the applicable regulation as transfer pricing guidelines used in Indonesia so the user can be used as a legal basis."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S63546
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>