Ditemukan 8098 dokumen yang sesuai dengan query
Jakarta: Universitas Terbuka, 1984
R 378.15 Uni b
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
"Artikel ini menjelaskan kendala Toko Buku Online (TBO) Universitas Terbuka (UT) dalam melayani pembelian bahan ajar/modul. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Analsis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% mahasiswa Non Pendas di UPBJJ-UT Bandar Lampung tidak menggunakan layanan Toko Buku Online secara maksimal. Hanya 32% yang benar-benar meanfaatkan serta menikmati pelayanan yang memuaskan. Selebihnya hanya memanfaatkan sebagian dari layanan yang ada. Selain itu, masih banyak mahasiswa yang belum tahu cara memesan modul secara online, proses pemesanan tidak selalu lancar, sering terjadi kesulitan pada tahap pemesanan, dan tidak semua daerah tempat tinggal mahasiswa tersedia layanan internet serta tidak semua tempat dapat dijangkau dengan mudah oleh pos ataupun bank. Padahal untuk memperoleh modul mahasiswa hanya mempunyai satu jalur yaitu melalui Toko Buku Online yang harus diakses melalui internet. Toko Buku Online sebagai suatu layanan bagi mahasiswa untuk memperoleh modul masih dirasa menyulitkan bagi mahasiswa non pendas."
JPUT 13:2 (2012)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konep-konsep ilmu yg pernah dipelajari. kemampuan tersebut diukur berdasarkan kemempuan berpikir kritis secara konprehesip dan kemampuan kemampuan menganalisis serta memberikan alternatif solusi yang tepat terhadap permasalahan aktual di bidangnya. Ujian TAP"
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Cita Yohana Restu Awaliyah
Jakarta: Pusat Pendidikan Sains, UIN Syarif Hidayatullah, 2015
370 EDU 7:1 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Open and Distance Learning (ODL) nowadays becomes a trend in higher education. Course delivery and course material distribution have already been in electronic form by using information and communication technology (ICT). This technology becomes cheaper and much easier to be used. Indonesia as a nation where its people spread in thousands of islands does not always have face-to-face university in each city. Meanwhile, the need of skilled worker is always increased. ODL then becomes an alternative to educate people by using different way of teaching and learning process. People who have difficulties in accessing face-to-face university can use ODL as an alternative to upgrade their education. The role of ICT in ODL become important since the students can learn by using ICT. The students cal also “meet” their colleagues virtually. Meanwhile, it was explored that ICT can be utilized for online examination. Online examination is more efficient, much faster in processing the examination result, and much cheaper in budget. This article discusses many aspects of strength and weakness which is faced by educational institutions in administering online examinations."
JPUT 11:2 (2010)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Maman Rumanta
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan prototipe modul pada bahan ajar mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup, Universitas Terbuka. Penelitian ini menggunakan teknik evaluasi formatif, dengan mengembangkan satu prototipe modul bahan ajar berupa modul 2 tentang Manusia, Energi, dan Sumber Daya Alam, sebagai model dalam penulisan modul lainnya. Prototipe modul bahan ajar tersebut diuji coba dan direvisi secara bertahap, mulai dari evaluasi satu-satu dilanjutkan dengan evaluasi kelompok kecil, dan evaluasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada evaluasi satu-satu, ditemukan adanya beberapa kekurangan, seperti gambar yang kurang jelas dengan keterangan masih menggunakan bahasa asing, tes formatif yang tidak sesuai dengan materi, serta beberapa istilah yang belum dijelaskan. Hasil evaluasi kelompok kecil menunjukkan materi pada prototipe modul bahan ajar tersebut terlalu banyak, kualitas gambar kurang memadai, dan ada beberapa materi yang perlu diperbaiki. Sedangkan hasil uji lapangan menunjukkan bahwa prototipe modul tersebut sudah cukup baik dan dapat dimengerti responden, namun masih ada saran penggunaan istil ah yang belum jel as. Disimpul kan bahwa setelah melakukan serangkaian evaluasi dan revisi diakhiri dengan uji lapangan, prototipe modul bahan ajar Pendidikan Lingkungan Hidup tersebut cukup baik untuk digunakan sebagai bahan ajar pendidikan jarak jauh, dengan beberapa catatan perbai kan khususnya penggunaan istilah.
"
Depok: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Badan Penelitian dan Pengembangan, 2016
370 JPK 1:2 (2016)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh merupakan media informasi dan komunikasi para praktisi, peneliti, dan akademisi yang berkecimpung dan menaruh minat serta perhatian pada pengembangan pendidikan terbuka dan jarak jauh di indonesia."
Tangerang: Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Terbuka, 2010
370 JPUT
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Irmayati
"Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan sistem pendidikan jarak jauh. Melalui Pusat Layanan Pustaka mengembangan perpustakaan digital dengan melakukan inovasi digitasi daftar isi buku untuk mendukung proses pembelajaran bagi para mahasiswa dan dosen. Tujuan dari karya tulis ini 1). Bagaimana mahasiswa yang berjumlah 533.327 orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan dibeberapa negara dapat memperoleh layanan pustaka secara lengkap tentang konten koleksi buku perpustakaan UT. 2). Bagaimana dosen yang tersebar di 37 Unit Program Belajar Jarak jauh UT (UPBJJ UT) dan Pusat dapat memperoleh layanan pustaka secara lengkap tentang konten buku yang dikoleksi perpustakaan UT. 3). Bagaimana Puslata Universitas Terbuka mengembangkan inovasi-inovasi terbaru dalam pendigitalisasian koleksi buku yang ada di perpustakaan. Adapun proses digitasi daftar isi memerlukan beberapa perangkat seperti : 1) Perangkat keras (komputer dan alat pemindai), 2) Perangkat lunak (perangkat lunak/program software : vitascan/HPScan, Adobe acrobat, MS word (format Doc, RTF, PDF). Tahapan digitasi yaitu : Scanning, editing, dan penyimpanan file"
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2013
020 VIS 15:3 (2013)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Agricultural extension workers must have several competencies in order to do their job properly. One extensial competence to master was related to their andragogic abilities, especially in mastering the concepts of extension and adult education. This research was intended to identify the andragogic competence of agricultural extension workers graduated from Universitas Terbuka (UT). The information of competence aspects such as knowledge, affective and psychomotor were also collected to elaborate the findings. By using an explanatory research design, a survey technique was implemented among 111 agriculture extension workers who were graduated from UT in four different locations, namely Serang, Karawang, Cirebo, and Tanggamus. Data were collected by using questionnaire and analyzed by using descriptive statistics. In depth interview was also conducted to elaborate the findings. The findings indicated that andragogic competence, either in implementing the concepts of extention or in adult education. Their level of knowledge and psychomotor was low, while their affective level were moderate."
JPUT 11:1 (2010)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Jakarta: FPS UI, 1994
R 378.15 Uni b
Buku Referensi Universitas Indonesia Library