Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 199803 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Niode, Burhan
"Objek penelitian ini terfokus kepada perilaku politik (political behavior)
pemilih Muslim pada Pemilu 1999 di DKI Jakarta, yang bertujuan untuk
menjawab permasalahan seperti yang dirumuskan berikut ini. (1) bagaimanakah perilaku memilih pemilih Muslim pada Pemilihan Umum 1999?; (2) bagaimanakah pandangan pemilih Muslim terhadap keberadaan parpol-parpol Islam pada Pemilu 19992; (3) bagaimanakah pandangan pemilih Muslim terhadap penggunaan simbol Islam dalam politik?
Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan daftar pertanyaan (questibner) kepada 250 pemilih Muslim yang telah menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 1999 dan wawancara mendalam (indepth interview) dengan beberapa tokoh informal Muslim yang tersebar di lima wilayah (kotamadya) yang ada di DKI Jakarta. Sedang data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metod deskriptif-analitis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengelompokan sosial-keagamaan berperan di dalam membentuk sikap dan perilaku politik pemilih; (2) agama (baca: Islam), yang dimanifestasikan dalam bentuk asas dan lambang parpol, dapat berperan sebagai tali pengikat sekaligus berfungsi sebagai landasan identilikasi diri bagi parpol dengan pemilihnya, terutama pemilih yang yang berlatar belakang pendidikan menengah ke bawah; (3) program partai dapat menjadi dasar bagi pemilih di dalam memilih parpol; (4) figuritas seorang pemimpinan parpol atau pun calon presiden dapat berpengaruh terhadap pilihan politik pemilih; (5) selain perlakuan tidak adil dari rezim Orde Baru terhadap PDIP dan pemimpinnya, juga ligur Megawati Soekarnoputeri sebagai anak presidenvPresiden dan ideologi Nasionalisnya yang mendorong pemilih mengidentifikasi diri dengan PDIP; (6) walaupun media massa sudah menjadi konsumsi keseharian pemilih, tetapi kemanfaatannya sebagai media komunikasi polilikv(baca: sarana informasi Pemilu 1999) dan pendidikan politik lebih dominan difungsikan oleh merek yang memiliki Iatar belakang pendidikan menengah kevatas, dan; (7) sikap mendukung atau pun menolak terhadap keberadaan parpolvIslam dan pnggunaan simbol Islam dalam politik antara lain dipengaruhi olehvfaktor umum.
Penegasan-penegasan di alas setidak-tidaknya telah memberikan gambaran tentang bagaimana perilaku polltik pemilih Muslim pada Pemilu 1999. Lebih dari itu, dapat dijadikan sebagai dasar di dalam mengevaluasi kekalahan parpol Islam dalam Pemilu 1999. Kekalahan tersebut Iebih disebabkan: (1) budaya politik pemilih Muslim yang masih mencerminkan kuatnya unsur paternalisltik; (2) kurang siapnya parpol Islam dalam mengikuti Pemilu 1999; (3) kurangnya soslallsasi parpol Islam ke tingkat massa; (4) simbol Islam tidak serta merta dlterima oleh semua pihak; (5) banyaknya parpol Islam yang terlibat dalam Pemilu 1999, dan; (6) dalam diri PDIP serla pemimpinnya (Megawatl Soekarnoputeri) identik dengan simbol ketidakadilan."
2001
T4925
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anindita Pratitaswari
"Perubahan desain pemilu di era reformasi telah memberi dampak terhadap perubahan strategi kandidat untuk memenangkan pemilu. Sejak Pemilu 2009 hingga 2019, beberapa peserta pemilu mulai mengejar suara personalnya. Berbagai usaha akan mereka lakukan, termasuk membentuk relasi patron klien dengan seorang broker. Keberadaan broker dipercaya membantu mengatasi kendala timbal balik dialami oleh kandidat. Fenomena jaringan perantara pada pemilu era reformasi semakin beragam. Menurut Aspinall dan Mada Sukmajati (2014), terdapat tiga jenis fenomena broker yaitu partai politik, tim sukses, dan jaringan sosial Sementara penelitian ini akan membahas fenomena broker lainnya yaitu broker penyelenggara pemilu. Studi ini meneliti tentang peran broker penyelenggara pemilu dengan mengambil studi kasus praktik broker penyelenggara pemilu di Kabupaten Karawang pada Pemilu 2019. Alasan kesediaan beberapa penyelenggara pemilu di Kabupaten Karawang adalah ikatan pertemanan, motivasi ekonomi, serta aspek manajerial pemilu. Tidak semua broker kerap diidentikan sebagai “the Peronist problem-solving network” (Auyero, 2000) karena memungkinkan broker gagal memenangkan kliennya pada pemilu. Penelitian ini juga menjelaskan problematika loyalitas kesetiaan broker penyelenggara pemilu di Kabupaten Karawang. Adapun teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori brokerage dan konsep integritas pemilu.

The Changes in election design in the reform era have had an impact on changing candidate strategies to win elections. From the 2009 to 2019 elections, several election participants began to pursue their votes. They will do various efforts, including establishing a patron-client relationship with a broker. The existence of a broker is believed to help overcome the reciprocal obstacles experienced by candidates. The phenomenon of the intermediary network in the reform era elections is increasingly diverse. According to Aspinall and Mada Sukmajati (2014), there are three types of broker phenomena, namely political parties, successful teams, and social networks. This study examines the role of election management brokers by taking a case study of the practice of election management brokers in Karawang Regency in the 2019 Election. The reasons for the willingness of several election organizers in Karawang Regency are friendship bonds, economic motivation, and managerial aspects of the election. Not all brokers are often identified as “the Peronist problem-solving network” (Auyero, 2000) because it allows brokers to fail to win their clients in elections. This study also explains the problem of loyalty of election management brokers in Karawang Regency. The theories used in this research are brokerage theory and the concept of electoral integrity."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Julizar Idris
"Faktor-faktor yang Mempengaruhi Preferensi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilu Legislatif 2014 (Survei Perilaku Pemilih diKecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan) Segmentasipemilihdapatdiklasifikasikan berdasarkan tingkat ekonomi, tingkat pendidikan, umur, kepercayaan atau agama, etnis, kelas social dan lain sebagainya. Dalam tesis ini penulis ingin menguraikan tentang segmentasi pemilih berdasarkan segmentasi umur dengan melakukan studi khusus tentang perilaku memilih pemilih, khususnya para pemula dalam memilih partai politik. Tesisinimembahasseberapa besar pengaruh faktor platform dan ideologi partai, program kerja partai, citra partai, identifikasi tokoh partai, hubungan emosional pemilih terhadap partai, isu dan pemberitaan yang terkait dengan partai, serta afiliasi sosial (social afiliation) para pemilih, terhadap besar kecilnya preferensi politik para pemilih pemuladalammemilihpartaipolitik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa faktor platform dan ideologi partai, program kerja, isu dan pemberitaan partai, dan afiliasi sosial pemilih mempengaruhi preferensi politik para pemilih pemula dalam Pemilu Legislatif 2014. Kata kunci: Faktor-faktor, pemilih pemula,Teori Reason Action, komunikasi politik.

Segmentation of voters can be classified based on the economic level, education level, age, religious beliefs, ethnicity, social class, and so forth. In this thesis, the author would like to elaborate on voter segmentation based on age segmentation by making a special study of the first voter behavior in the vote political parties
This thesis discusses how much the the influence of party platforms and ideology, work program of the party, the party's image, identification of party figures, emotional ties to the party's voters, issues and news related to the party, and social affiliation of voters, to the size of the the political preferences of the first voters in choosing the political party,
The results showed , that the factor of party platforms and ideology, work program of the party, issues and news related to the party, and social affiliation, affects the political preferences of first voters in the 2014 legislative elections
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fanny Yulia
"Penelitian ini merupakan sebuah analisis terhadap teks berita politik seputar Pilkada Serentak 2015 yang membahas kandidat kepala daerah perempuan. Metode yang digunakan untuk menganalisis teks berita adalah semiotika, dan difokuskan pada bagaimana harian Kompas dan Koran Tempo merepresentasikan politisi perempuan dalam berita politik. Semiotika yang digunakan adalah metodologi semiotika Roland Barthes yakni lima kode pokok untuk menggali mitos dalam narasi literatur. Kerangka konseptual Cultural Studies dan Media Marxist digunakan untuk mengkritisi kultur patriarki yang tercermin dalam bahasa-bahasa yang digunakan media untuk membahas politisi perempuan. Kultur patriarki dianggap menghegemoni ruang redaksi baik pekerja media maupun komunikator massa, yang tercermin dari pemilihan kata-kata serta fakta yang dimunculkan. Masing-masing media memunculkan mitos tersendiri atas perempuan di ranah politik, khususnya yang maju sebagai kandidat kepala daerah. Mitos tersebut masih menerjemahkan hegemoni ideologi patriarki ke dalam bahasa pemberitaan, walaupun dengan derajat yang berbeda.

This research aims to provide analysis about women candidates on 2015 local elections in political news texts. Semiotics method is applied to analyse news, and I focused the research on how Kompas and Koran Tempo are representing women politicians in political news. On this research, I used Roland Barthes’s semiotic; five major codes to reveal myths on narrative literaturs. Cultural Studies and Media-Marxist as the conceptual framework to criticize patriarchy culture that implies on languages to represent women politician in media. Patriarchy culture is considered as hegemony in redactional spaces, either media workers or mass communicators. This hegemony is mirrored from words and facts that chosen into women politician’s narrative news. Each media brings out their own myths upon women on politics, especially whom run for office in 2015 local election. Both media have myths that translated patriarchy ideology hegemony, despite on different levels. The level can be interpretatively measured by different style of narrative  and language explication.

"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Idham Holik
"[ABSTRAK
Penelitian ini merupakan studi tentang komunikasi politik pencitraan kandidat dalam
Pemilukada DKI Jakarta 2012, khususnya yang difokuskan pada pencitraan Jokowi.
Kemenangan Jokowi dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012 sangat fenomenal –Jokowi adalah
kandidat yang berasal dari luar Jakarta mampu mengalahkan kandidat petahana (incumbent).
Pencalonan Jokowi menjadi cermin bahwa Partai PDI Perjuangan sebagai partai yang
berorientasi pasar dan konsultan (consultant-and-market oriented party) –atau disebut juga
dengan istilah professionalized party. Keunggulan skor Jokowi dalam hasil Survei Opinion
Leader (Cyrus Network & Laboratorium Psikologi Politik UI) menjadi rujukan utama
kebijakan Partai PDI Perjuangan dalam mencalonkan Jokowi sebagai Calon Gubernur DKI
Jakarta pada Pemilukada 2012. Jokowi adalah kandidat pilihan pasar (market-choice
candidate). Jokowi adalah kandidat ideal yang diyakini memiliki kompetensi kepemimpinan
untuk memimpin Jakarta. Cyrus Network, sebuah lembaga konsultan politik, bersama
Laboratorium Psikologi Politik UI telah menjadi promotor atau endorser pencalonan Jokowi.
Profesi sebagai promotor atau endorser kandidat ideal telah menjadikan Cyrus Network
menjadi penciptra tradisi baru dalam dunia konsultansi politik di Indonesia dan dunia –
selama ini belum ada publikasi hasil penelitian yang menyatakan ada sebuah lembaga
konsultan politik menjadi promotor kandidat. Cyrus Network mendobrak tradisi lama dalam
dunia konsultasi politik dimana keterlibatan konsultan politik dalam pemilu didorong oleh
semangat bisnis (market-driven consultant). Dukungan Cyrus Network terhadap Jokowi
dilandasi oleh semangat idealisme (idealism driven consultant).
Dalam riset-riset terdahulu dinyatakan bahwa konsultan politik sangat dominan dalam
mencitrakan kandidat sehingga konsultan politik disemati dengan beragam profesi seperti
sebagai image merchants (Heibert, et al, 1971), arsitek kampanye dan ahli komunikasi politik
(Napolitan, 1972), professional image makers (Nimmo, 1976), issue primers (Medvic, 1997),
candidate marketers (Dulio, 2000), dan konsultan citra (image consultant) (Perloff, 2010).
Untuk kasus kampanye citra (image-making campaign) Jokowi, konsultan politik tidak
demikian. Jokowi sangat dominan dalam kampanye citranya, sehingga konsultan politik tidak
sama sekali memodifikasi citra politik Jokowi, tidak seperti Fauzi-Nara –di putaran kedua,
konsultan politiknya melakukan perubahan citra politik Fauzi misalnya dari gaya komunikasi
arogan menjadi santun. Komunikasi politik pencitraan Jokowi menggunakan pendekatan
alamian (natural approach). Jokowi adalah kandidat yang memiliki citra otentik (authentic
image). Jokowi adalah seorang kandidat yang memiliki kecerdasan dalam marketing politik,
public relations politik, manajemen isu politik, manajemen kesan politik, dan estetika
komunikasi politik. Produk-produk politik seperti baju kotak-kotak, salam metal, kampanye
blusukan, dll merupakan murni gagasan Jokowi sendiri, bukan konsultan politik. Ini semakin
menegaskan bahwa masa kampanye adalah masa penguatan citra politik bukan penciptaan
citra politik kandidat. Ini artinya bahwa selain terkait dengan kualitas personalitas, citra
politik kandidat tidak terlepas pada persoalan rekam jejak politik masa lalu kandidat –
kampanye permanen menjadi kunci pencitraan kandidat petahan. Kasus Jokowi semakin
menegaskan bahwa di era personalisasi politik, citra politik kandidat harus otentik bukan
kemasan. Di era personalisasi dan mediatisasi politik elektoral, otentisitas adalah kunci
efektivitas komunikasi politik pencitraan kandidat. Inilah yang penulis sebut dengan istilah
Universitas Indonesia
authentic candidate theory. Konsultan politik hanya mengkomunikasikan otentisitas citra
kandidat. Dalam era personalisasi politik elektoral, konsultan politik hanya sebagai manajer
kampanye (campaign manager) dan penguat citra politik (political image reinforcer).
Temuan disertasi ini menjadi kritik terhadap deliberative priming theory (Medvic, 1997)
dimana sebagai primer atau issue chooser, konsultan politik merekayasa citra kandidat
melalui pemilihan isu politik. Selain itu juga, temuan riset ini menjadi kritik atas temuan dari
penelitian De Landtsheer, De Vries, dan Verstessen (2008:225) tentang penampilan politik
yang pantas (the appearance of political suitability) dalam manajemen kesan politik (political
impression management). Citra politik kandidat sangat bergantung pada kepantasan politik
dan ini terletak pada penampilan fisik kandidat. Oleh karennya, kandidat memungkinkan
untuk memanipulasi atau merekayasa penampilan fisiknya seperti yang diinginkan
(politically desirable).;

ABSTRACT
The research is a part of study of political communication that explains the imagemaking
of candidate in 2012 Jakarta Gubernatorial Elections, especially Jokowi. Jokowi’s
electoral triumph in 2012 Jakarta Gubernatorial Election is the most phenomenal –he is a
candidate from outside Jakarta who have been defeated the powerful incumbent candidates
Fauzi-Nara. Jokowi’s candidacy represents that Indonesian Democratic Party of Struggle
(PDI Perjuangan) is as a consultant-centered and-market-oriented party –in the other words,
it is a professionalized party. Excellence of Jokowi’s grade in Opinion Leader Survey
findings (issued by Cyrus Network a political consultant firm, and Political Psychology
Laboratory of University of Indonesia) become as a main source of PDI-P’s policy in
nominating Jokowi as a gubernatorial candidate in 2012 Jakarta direct local elections. Jokowi
is a market-choice candidate. Jokowi is an ideal candidate who is believable to have the high
competence of leadership to lead the Jakarta province. The Cyrus Network and the Political
Psychology Laboratory of UI were political promoters or endorsers for Jokowi’s candidacy.
The profession made them as the makers of new tradition in the world of political
consultancy in Indonesia and the world wide –there is no publication of research of political
consultants in all the time that describes the political consultants as the candidate promoters
or endorsers. The Cyrus Network have broken the old tradition of political consultancy where
involvement of the consultants in elections were driven by the spirit of business –in the other
word, they are the market-driven consultants. Cyrus Network’s endorsement for Jokowi’s
candidacy was based by the spirit of political idealism –in the other words, it is an idealismdriven
consultant.
According the previous research of political consulting, the political consultants were
the most dominant in making candidates’ image. Therefore, political consultants’ profession
were as image merchants (Heibert, et al, 1971), campaign architects and experts of political
communication (Napolitan, 1972), professional image makers (Nimmo, 1976), issue primers
(Medvic, 1997), candidate marketers (Dulio, 2000) and image consultant (Perloff, 2010).
However for the case of Jokowi’s image-making campaign, it was different where the
political consultant was not dominant in modifying or reengineering. Jokowi’s political
image, not as the case of Fauzi-Nara –in the second round of the direct local elections, their
political consultants have been modified or reengineered their image, e.g. the political
consultant have modified Fauzi’s political style from arrogant to be polite. In the practice of
political communication of image making, Jokowi had used the natural approach that created
authentic image –in the other words, Jokowi was an authentic candidate. It was caused by
Jokowi’s intelligence in political marketing, political public relations, political issues
management, political impression management, and aesthetics of political communication.
All of Jokowi’s political products was his brilliant ideas e.g. “iconic” checkered shirt, metal
sign or greeting, “blusukan” (impromptu visits) campaign, etc, not the political consultants. It
argues that the campaign is a phase of political image reinforcement, not political image
formation. It explains to us that the politician’s past record is the key of successful of
candidate’s image formation –especially, the permanent campaign is the key success for the
Universitas Indonesia
incumbents. In personalization era, the main factor of image making is authenticity, not
modifications or packaging as well as engineering. The authenticity is the main factor for
making political communication of candidate image-making more effective. So, the writer
calls it as the authentic candidate theory. The political consultants only communicate the
authenticity. In this era, they are just as the campaign manager and political image reinforcers
or sharpener. This research’s finding becomes as criticism for the deliberative priming theory
(Medvic, 1997) that explained political consultants as issue primers or choosers whose
political skill in engineering the candidate’s image through political issue priming. It is also
criticism for a research that is hold by De Landtsheer, De Vries, & Verstessen (2008). Their
research finding explains that the appearance of political suitability in political impression
management is rooted to candidate’s physical appearance. Therefore, it is possible to
manipulate the physical appearance of candidate in a “politically desirable” sense, The research is a part of study of political communication that explains the imagemaking
of candidate in 2012 Jakarta Gubernatorial Elections, especially Jokowi. Jokowi’s
electoral triumph in 2012 Jakarta Gubernatorial Election is the most phenomenal –he is a
candidate from outside Jakarta who have been defeated the powerful incumbent candidates
Fauzi-Nara. Jokowi’s candidacy represents that Indonesian Democratic Party of Struggle
(PDI Perjuangan) is as a consultant-centered and-market-oriented party –in the other words,
it is a professionalized party. Excellence of Jokowi’s grade in Opinion Leader Survey
findings (issued by Cyrus Network a political consultant firm, and Political Psychology
Laboratory of University of Indonesia) become as a main source of PDI-P’s policy in
nominating Jokowi as a gubernatorial candidate in 2012 Jakarta direct local elections. Jokowi
is a market-choice candidate. Jokowi is an ideal candidate who is believable to have the high
competence of leadership to lead the Jakarta province. The Cyrus Network and the Political
Psychology Laboratory of UI were political promoters or endorsers for Jokowi’s candidacy.
The profession made them as the makers of new tradition in the world of political
consultancy in Indonesia and the world wide –there is no publication of research of political
consultants in all the time that describes the political consultants as the candidate promoters
or endorsers. The Cyrus Network have broken the old tradition of political consultancy where
involvement of the consultants in elections were driven by the spirit of business –in the other
word, they are the market-driven consultants. Cyrus Network’s endorsement for Jokowi’s
candidacy was based by the spirit of political idealism –in the other words, it is an idealismdriven
consultant.
According the previous research of political consulting, the political consultants were
the most dominant in making candidates’ image. Therefore, political consultants’ profession
were as image merchants (Heibert, et al, 1971), campaign architects and experts of political
communication (Napolitan, 1972), professional image makers (Nimmo, 1976), issue primers
(Medvic, 1997), candidate marketers (Dulio, 2000) and image consultant (Perloff, 2010).
However for the case of Jokowi’s image-making campaign, it was different where the
political consultant was not dominant in modifying or reengineering. Jokowi’s political
image, not as the case of Fauzi-Nara –in the second round of the direct local elections, their
political consultants have been modified or reengineered their image, e.g. the political
consultant have modified Fauzi’s political style from arrogant to be polite. In the practice of
political communication of image making, Jokowi had used the natural approach that created
authentic image –in the other words, Jokowi was an authentic candidate. It was caused by
Jokowi’s intelligence in political marketing, political public relations, political issues
management, political impression management, and aesthetics of political communication.
All of Jokowi’s political products was his brilliant ideas e.g. “iconic” checkered shirt, metal
sign or greeting, “blusukan” (impromptu visits) campaign, etc, not the political consultants. It
argues that the campaign is a phase of political image reinforcement, not political image
formation. It explains to us that the politician’s past record is the key of successful of
candidate’s image formation –especially, the permanent campaign is the key success for the
Universitas Indonesia
incumbents. In personalization era, the main factor of image making is authenticity, not
modifications or packaging as well as engineering. The authenticity is the main factor for
making political communication of candidate image-making more effective. So, the writer
calls it as the authentic candidate theory. The political consultants only communicate the
authenticity. In this era, they are just as the campaign manager and political image reinforcers
or sharpener. This research’s finding becomes as criticism for the deliberative priming theory
(Medvic, 1997) that explained political consultants as issue primers or choosers whose
political skill in engineering the candidate’s image through political issue priming. It is also
criticism for a research that is hold by De Landtsheer, De Vries, & Verstessen (2008). Their
research finding explains that the appearance of political suitability in political impression
management is rooted to candidate’s physical appearance. Therefore, it is possible to
manipulate the physical appearance of candidate in a “politically desirable” sense]"
2014
D1996
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistyowati
"ABSTRAK
Penelitian ini berupaya menggambarkan faktor-faktor yang dimiliki Partai Keadilan Sejahtera PKS dalam pemenangan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini menunjukkan bahwa PKS berkontribusi terhadap kemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan memanfaatkan modal sosial jaringan sosial , modal ekonomi biaya politik , serta isu politik identitas. Secara konkret, hal ini dilakukan dengan memanfaatkan jaringan sosial yang sudah dibangun hingga di tingkat akar rumput, baik jaringan internal maupun eksternal. PKS juga berperan dalam membiayai dana kampanye kandidat dengan berbagai macam pendanaan. Selain itu, PKS melalui kemampuannya menerapkan strategi riding the wave dalam momentum Aksi Bela Islam 411 dan 212 berhasil menarik lebih banyak pemilih Muslim. Penemuan dari penelitian ini adalah, ketiga faktor tersebut dominan dalam mempengaruhi kemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017.

ABSTRACT
This research describes the factors of PKS in the winning of Anies Baswedan Sandiaga Uno in Jakarta Gubernatorial Election 2017. Using qualitative method, this research shows that PKS has contribute towards the winning of Anies Baswedan Sandiaga Uno by utilitizing social capital social network , financial economic political cost , and the issue of political identity. Concretely, this is done by utilitizing social networks that has been built until grassroots level, both internal and external. PKS also plays a role in financing the candidate rsquo s campaign with various funding. Furthermore, PKS using riding the wave strategy in the momentum of Aksi Bela Islam red 411 dan 212 mdash success to attract Muslim voters more. The finding of this research is, these three factors dominant in affect the winning of Anies Baswedan Sandiaga Uno in Jakarta Gubernatorial Election 2017.
"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Rezeki Perdana Putra
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan atas tata kelola dana hibah pemilu kada di KPU Provinsi DKI Jakarta pada pemilu kada tahun 2012 dari segi penganggaran, penatausahaan, maupun pertanggungjawaban. Tesis ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini adalah pengelolaan dana hibah pemilu kada tahun 2012 di KPU Provinsi DKI Jakarta dari segi penganggaran, penatausahaan, maupun pertanggungjawaban telah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri, namun tidak sesuai dengan dua Peraturan Menteri Keuangan PMK terkait karena pengelola dana hibah di KPU Provinsi DKI Jakarta tidak mengetahui adanya mekanisme yang diatur dalam kedua PMK tersebut.Tesis ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan atas tata kelola dana hibah pemilu kada di KPU Provinsi DKI Jakarta pada pemilu kada tahun 2012 dari segi penganggaran, penatausahaan, maupun pertanggungjawaban. Tesis ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini adalah pengelolaan dana hibah pemilu kada tahun 2012 di KPU Provinsi DKI Jakarta dari segi penganggaran, penatausahaan, maupun pertanggungjawaban telah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri, namun tidak sesuai dengan dua Peraturan Menteri Keuangan PMK terkait karena pengelola dana hibah di KPU Provinsi DKI Jakarta tidak mengetahui adanya mekanisme yang diatur dalam kedua PMK tersebut.

ABSTRACT
This thesis aims to analyze the conformity with the legislation on the governance of the election grant funds at the KPU Provinsi DKI Jakarta in the 2012 local elections in terms of budgeting, administration, and accountability. This thesis uses descriptive analysis method with case study research design. The result of this research is the management of the 2012 local election grant in KPU Provinsi DKI Jakarta in terms of budgeting, administration, and accountability has been in accordance with the Minister of Home Affairs Regulation, but not in accordance with the two Regulations of the Minister of Finance PMK related to the grants management in the KPU Provinsi DKI Jakarta is not aware of any mechanisms regulated in both PMK."
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Khansa Fauziyah
"Penelitian ini mengungkapkan strategi berkampanye sekelompok masyarakat sipil melalui organisasi non-partai politik. Tidak hanya mengapa, tetapi juga bagaimana strategi tersebut dibentuk untuk mengumpulkan dukungan KTP sehingga seseorang bisa menjadi calon kepala daerah secara independen. Peneliti mengambil kasus Teman Ahok, sebuah organisasi yang berupaya mengusung Basuki Tjahja Purnama disapa Ahok menjadi kandidat independen dalam proses pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Batasan waktu penelitian ini adalah sampai pada saat Ahok diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDIP. Argumen penulis dalam penelitian ini adalah, membangun organisasi merupakan strategi yang tepat untuk mengusung seseorang menjadi calon kepala daerah melalui jalur independen dalam arena politik seperti Pilkada. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti mewawancara pendiri dan beberapa anggota Teman Ahok. Teori Arena, Habitus, dan Modal dari Pierre Bourdieu penulis jadikan pisau analisis untuk melihat secara sosiologis latar belakang mereka mendirikan Teman Ahok serta posisi mereka dalam Arena politik. Sementara Teori Framingdari William A. Gamson menjadi pisau analisis Framingyang dilakukan oleh Teman Ahok. Penelitian ini mendukung pendapat Bourdieu bahwa Modal sosial dan habitus sangat menentukan keberhasilan agen dalam persaingannya di Arena politik. Persaingan di arena politik dianalogikan oleh Bourdieu sebagai pasar dimana para agen memperebutkan posisi kekuasaan. Penelitian ini menemukan bahwa organisasi sangat dibutuhkan dalam kontestasi politik. Selain itu, untuk melakukan framingdalam persaingan politik, agen harus memiliki informasi dan data yang kuat. Sebab dalam era digital, data dapat dengan mudah disalahgunakan bahkan menjadi acuan.

This research reveals the strategy of campaign by civil society through non political party organizations. Not only why, but also how the strategy was formed to collect the support so that someone can become independent candidate for Regional Election. Author took the case of Teman Ahok, an organization that seeks to carry Basuki Tjahja Purnama known as Ahok to be an independent candidate in DKI Jakarta Governor Election 2017. Time limit of this research is until Ahok carried by Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDIP. The argument of this research is, building an organization is the right strategy to carry someone to become candidate in Regional Election through independent path in political arena. Using qualitative descriptive approach, author interviewed the founders and member of Teman Ahok. With theory of Arena, Habitus, and Capital by Pierre Bourdieu author saw sociologically their reason to established Teman Ahok as well as their positions in the Political Arena. FramingTheory of William A. Gamson became the tools for framinganalysis. This study supports Bourdieu 39 s theory that said social capital and habitus determine the success of agents in their competition in the political arena. Competition in the political arena analogous to Bourdieu as a market where agents compete for position power. This study found that organizations are needed in political contestation. In addition, to conduct framing in political competition, agents must have strong information and data. Because in the digital age, data can be easily misused, even become a reference.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51546
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyna Laura
"Penunjukan Mulan Jameela menjadi Anggota DPR RI pada pemilu 2019 menjadi
kontroversi tersendiri di tubuh Partai Gerindra. Dalam prosesnya masih ada permasalahan
yang belum terselesaikan. Terlepas dari penunjukan Mulan Jameela fenomena keterlibatan
selebritis di dalam dunia politik khususnya di partai politik sudah berlangsung sejak era
reformasi. Kesadaran selebritis mulai berubah dari sekedar hanya sebagai penghibur politik
tetapi sudah mulai ikut lebih dalam yaitu melaksanakan peran politik entah itu sebagai
legislatif maupun eksekutif. Hal ini, pula yang merubah faktor-faktor terjadinya selebritis
terlibat dalam partai politik. Penunjukan Mulan Jameela menjadi Anggota DPR RI tidak
terlepas juga dari partai politik yang menaunginya. Polemik yang terjadi juga berimbas
pada calon lainnya yang seharusnya menjadi Anggota DPR RI. Permasalahan ini yang pada
akhirnya menyebabkan permasalahan di tubuh Partai Gerindra sendiri. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan penunjukan Mulan Jameela
sebagai anggota DPR RI oleh Partai Gerindra dan juga bagaimana proses penunjukan
Mulan Jameela sebagai anggota DPR RI oleh Partai Gerindra tahun 2019-2024. Peneliti
mengambil lokasi penelitian di Provinsi DKI Jakarta dengan beberapa lokasi yakni DPP
Partai Gerindra dan Komisi Pemilihan Umum. Dalam penelitian ini menggunakan
penelitian pendekatan kualitatif.

The appointment of Mulan Jameela to become a Member of the Indonesian Parliament in
the 2019 elections has become a controversy in the Gerindra Party. In the process, there
are still unresolved problems. Apart from the appointment of Mulan Jameela, the
phenomenon of celebrity involvement in politics, especially in political parties, has been
going on since the reform era. Celebrity awareness has begun to change from just being a
political entertainer to become deeper, namely carrying out political roles whether it is as
a legislative or executive. This, too, changes the factors for celebrities to become involved
in political parties. The appointment of Mulan Jameela to become a member of the
Indonesian Parliament was also inseparable from her political party. The polemic that
occurred also had an impact on other candidates who should have become a member of
the DPR RI. This problem ultimately is caused by the problems within the Gerindra Party
itself. This study aims to determine what factors led to the appointment of Mulan Jameela
as a member of the Indonesian Parliament by the Gerindra Party and also how the process
of appointing Mulan Jameela as a member of the Indonesian Parliament by the Gerindra
Party in 2019-2024. The research took the research location in DKI Jakarta Province with
several locations, namely the Gerindra Party DPP and the General Election Commission.
In this study using a qualitative research approach"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardha Candra Ranadireksa
"ABSTRAK
Penelitian ini berusaha untuk memberikan gambaran mengenai pemilih mengambang swing voters pada Pilkada DKI 2017 lalu. Penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana perilaku politik pemilih dengan menggunakan pendekatan sosiologis yang berdasar pada mazhab Columbia School dan pendekatan psikologis yang didasari mazhab Michigan School. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan melakukan wawancara pada pemilih di Pilkada DKI lalu, penelitian ini mendapatkan temuan mengenai bagaimana status ekonomi, agama, lingkungan keluarga, latar belakang partai politik, dan pemberitaan media memberikan pengaruh bagi pemilih untuk memindahkan dukungannya dari pasangan Agus ndash; Sylvi pada putaran ke pasangan Anies ndash; Sandy, atau dari pasangan Ahok ndash; Djarot ke pasangan Anies ndash; Sandy.

ABSTRACT
This research is trying to provide an overview of the swing voters in Jakarta Elections in 2017. The study was conducted to see how voters 39 political behavior using sociological approach which was based on the Columbia School and a psychological approach based on the Michigan School. This study is using qualitative descriptive method and conducting interview to the voters of Pilkada DKI. It found some findings on how the economic, religious, family, political party background, and media backgrounds have influenced voters to shift their vote from Agus Sylvi 39 s to Anies Sandy, and also Ahok ndash Djarot rsquo s voters to Anies Sandy."
2018
T51584
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>