Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 167332 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Haryanto
"Considerable research has found that group decision are either more or less risky as compared to previous decision made by individual group members. This study proposes and tests two conditions that may influence whether individual-group decisions become more or less risky: (1) the framing of decision alternatives, and (2) the level of occupation (responsibility) for a prior related decision. This quasi experiment uses 120 students as participant. The results suggest that both level framing and occupation affect the decision making of individual and group. If information stated in negative-framing level will affect group decision more risk as compared to individual decision, while positive-framing will affect group decision less risky as compared to individual decision. The impact of level of occupation on individual-group decision stated: (1) if both group and individual have occupation will affect group decision more risky as compared to individual decision, and (2) if both group and individual no occupation, the result not consistent with hypothesis that stated group decision less risky as compared to individual decision."
2006
MUIN-XXXV-6-Juni2006-32
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nofendianto Rahmaan
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1 Framing effect terhadap Pengambilan Keputusan Investasi; 2 Tanggung Jawab terhadap Pengambilan Keputusan Investasi; dan 3 Self efficacy terhadap Keputusan Pengambilan Investasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu quasi-experiment dengan desain eksperimen faktorial 2 x 2 x 2 between subject. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa program pendidikan S1 Ekstensi program studi Akuntansi 2015 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sebanyak 120 orang dan mahasiswa program pendidikan S1 Ekstensi program studi Akuntansi 2016 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sebanyak 8 delapan orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah ANOVA dengan uji normalitas dan homogenitas sebagai prasyarat. Hasil dari penelitian ini adalah: 1 Framing effect terbukti berpengaruh terhadap Pengambilan Keputusan Investasi, hal ini ditunjukkan dengan Pvalue signifikan sebesar 0,000 le;0,05 dan f hitung > f tabel yaitu sebesar 20,083 > 2,68; 2 Tanggung jawab terbukti tidak berpengaruh terhadap Pengambilan Keputusan Investasi, hal ini ditunjukkan dengan Pvalue signifikan sebesar 0,588 >0,05 dan f hitung < f tabel yaitu sebesar 0,295 < 2,68; dan 3 Self efficacy terbukti berpengaruh terhadap Pengambilan Keputusan Investasi, hal ini ditunjukkan dengan Pvalue signifikan sebesar 0,045 f tabel yaitu sebesar 4,091 > 2,68.

ABSTRACT
This research aims to know the influence of 1 Framing effect to Investment Decision Making 2 Responsibility to Investment Decision Making and 3 Self efficacy to Investment Decision Making. This research is a quasi experiment research with design factorial 2 x 2 x 2 between subject. The sample were 120 Extension Program Faculty Economics and Business 2015 students and 8 Extension Program Faculty Economics and Business 2016. The sampling technique in this research used purposive sampling with total sample as 128 students. Methods of data analysis used ANOVA with normality and homogeneity test as a prerequisite. The result of this research were 1 Framing effect influence an Investment Decision Making, as shown by significant Pvalue of 0,000 le 0,05 and f hitung f tabel of 20,083 2,68 2 Responsibility did not influence an Investment Decision Making, as shown by significant Pvalue of 0,588 0,05 and f hitung f tabel of 0,295 2,68 and 3 Self efficacy influence an Investment Decision Making, as shown by significant Pvalue of 0,045 le 0,05 and f hitung f tabel of 4,091 2,68."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melinda Jeanned RIrimasse
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S5336
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Devie Paseli
"Poligami merupakan salah satu isu kontroversial yang saat ini masih belum mencapai titik temu bahkan dikalangan umat Islam sendiri, yang notabene mempunyai aturan khusus mengenai poligami. Berangkat dari permasalahan ini, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk penyajian dan keberpihakan Majalah Sabili dan Ummi sebagai majalah yang berbasis Islam dalam memberitakan isu poligami dan praktiknya. Penelitian yang berparadigma konstruksionis ini menggunakan teori Konstruksi Realitas yang diperkenalkan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckman serta teori faktor-faktor yang mempengaruhi isi berita dari Shoemaker dan Resse, dengan meminjarn kerangka analisis teks dari William A. Gamson dan Andre Modigliani. Pada analisis teks ditemukan beberapa framing yang akhirnya membentuk framing utama. Sabili dan Ummi, keduanya memiliki lima buah framing utama, yaitu poligami membawa banyak rnanfaat, poligami diperbolehkan di dalam Islam, penentang poligami adalah penentang syariat Islam, Poligami adalah solusi masalah jumlah perempuan yang lebih banyak daripada laki-laki, dan framing poligami rnenghindarkan seseorang dari perbuatan zina. Namun ada satu framing yang dimiliki oleh Sabili tapi tidak dimiliki oleh umrni, yaitu framing banyak orang mendukung poligami. Dari ke,seiuruhan isi ditemukan bahwa baik Sabili maupun Ummi sama-sama memberitakan isu mengenai poligami secara positif. Nilai-nilai yang dianut oleh pembuat berita akan mempengaruhi bentuk penyajian berita. Dalam pandangan konstruksionis, realitas poligami yang ada di masyarakat dikonstruksi kembali oleh Ummi dan Sabili serta disesuaikan dengan nilai-nilai media tersebut di mana Ummi dan Sabili merupakan media yang berbasis Islam yang bertujuan untuk menyebarkan dakwah Islam dan mempekerjakan jurnalis yang beragama Islam. Pemberitaan di media Sabili lebih banyak secara kuantitas pada jumlah halaman dan artikel daripada Ummi. Majalah urnmi yang mempunyai target market kaum perempuan menyajikan artikel poligami tidak langsung dari tangan jurnalisnya, melainkan menggunakan kiriman tulisan dari pembaca. Berbeda dengan Sabili yang menerjunkan langsung jurnalisnya. Fenggunaan surat pembaca seperti yang dilakukan majalah Ummi dilatarbelakangi oleh posisi majalah Ummi yang serba sulit. Di satu sisi is adalah majalah Islam yang harus meneruskan nilai-nilai Islam kepada pembaca, namun di sisi lain Ummi adalah majalah dengan target market perempuan yang oleh kaum kontra disebut sebagai pihak yang paling dirugikan dari adanya praktik poligami. Cara penyajian berita tentang poligami di Ummi dan Sabili juga berbeda. Majalah sabili menggunakan kalimat kalimat yang tegas dan eksplisit sedangkan majalah Ummi lebih mengandalakan pendekatan personal dengan menggunakan kalimat-kalimat yang lebih halus. Dalam penggunaan narasumber, Sabili lebih banyak menggunakan narasumber yang pro poligami dibandingkan kelompok kontra sehingga didapatkan pemberitaan yang berat sebelah. Apalagi Ummi yang hanya menggunakan satu narasumber raja yaitu penulis artikelnya yang semuanya setuju dengan konsep dan pengimplementasian dari konsep poligami."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4266
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kusnadi Purnomo; Agus Mugayad Shah
"ABSTRAK
Salah satu kegiatan utama sebuah bank adalah menyalur
kan dana ke masyarakat dalarn bentuk kredit. Proses pengambi
lan keputusan pemberian kredit terutama kredit investasi
perlu dilakukan secara tepat dan cepat. Untuk itu diperlukan
dukungan sistem informasi manajemen yang dapat mempermudah
dan memperlancar pengambilan keputusan pemberian kredit.
Pengambilan keputusan pemberian kredit pada Bank
International Indonesia (BII) melibatkan beberapa pihak yaitu
pemohon kredit, Account Officer, Team Leader, Kepala Cabang,
Kantor Pusat. Pemohon kredit mengajukan berkas permohonannya
kepada pihak BII yang diterima oleh Account Officer. Account
Officer kemudian melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen
dan kewajaran data?data yang tercantum dalam dokumen permoho
nan. Setelah dokumen lengkap dan telah dilakukan pemeriksaan
atas kewajaran data maka Account officer melakukan analisis
terhadap berkas permohonan yang hasilnya dituangkan kedalam
memorandum permohonan kredit. Selanjutnya memoramdum dan
berkas permohonan ini diserahkan kepada Team Leader yang akan
mereview dan melakukan approval. Team Leader kemudiari akan
meryampaikan ke Kepala Cabang untuk dilakukan analisis dan
approval dan sej.anjutnya bila lingkup kredit merupakan
lingkup Kantor Pusat maka selanjutnys dilakukan analiSiS dan
approval oleh Kantor Pusat.
Analisis terhadap pemrosesan permohonan kredit menun
Jukkan beberapa kelemahan sebagai berikut :
- Tidak adanya petuniuk tertulis tentang dokumen apa yang
harus diserahkafl sebagai berkas permohonan kredit. Hal ini
menyebabkan berkas dokurnen yang diajukan kadangkala tidak
lengkap yang berarti memperlambat pemrosesan permohonan
kredit.
- Account Officer sebagai Analis rnelakukan kontak langsung
dengan peniohon kredit sehingga dapat tercipta huburigan
psikologis yang dapat mempengaruhi analisis.
- Rantai pernrosesan pezuberian kredit bertambah panjang
dengan adanya Review dan Approval oleh Team Leader.
Sebenarnya fungsi ini dapat dihilangkan sehingga hasil
analisis Account Officer disampaikan langsung ke Kepala
Cabang.
- Untuk menganibil keputusan dalain bal pemberian kredit
digunakan data yang dimiliki oleh masing?masing level
manajemen secara terpisah dan belum ada keterpaduan data
- Apabila permohonan kredit disetujui maka pemohon kredit
dipanggil untuk menandatarigani perjanjian kredit tanpa
adanys Surat Persetujuan K.redit yang merupakan dasar bagi
pemohon kredit untuk melakukan perianjian kredit.
Untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut diperlu
kan suatu alternatif disain yang dapat memperbaiki sistem
pengambilan keputusafl pemberian kredit.
Alternatif disain yang disarankan mengandung beberapa
hal sehagai berikut :
- perlu dibuat petunjuk tertulis tentang dokumen yang harus
ada dalam berkas permohonan kredit agar pemohon dapat
rnempersiapkan din untuk melengkapi dokumen.
- Fungsi Team Leader dalam review dan approval jhilangkan
agar rantai pemrosesan dapat dipersingkat.
Perlunya Penyidik Kredit yang memeriksa kelengkapan doku
men dan kewajaran data yang tertera dalam dokurnen sehingga
Account Officer hanya melakukan analisis dan tidak perlu
mengadakan kontak langsung dengan pemohon kredit.
Àpabila permohonan kredit disetujui maka perlu dibuat
Surat Persetujuan Kredit yang disampaikan kepada pemohon
kredit agar pemohon mengetahuí syarat-syarat dan ketentuan
kredit.
Data yang terebar pada Account Officer Kepala Cabang,
Kantor Pusab sebaiknya dipadukan agar tersedia suatu bank
data yang lengkap dan Departemen Teknologi dapat menangani
keterpaduari data ini untuk selanjutnya dibentuk suatu
database dalai» sistein informasi yang berhasis komputer.
Alternatif disain yang disarankan masih perlu pengujiari lebih larijut dalam tahap implementasi."
1990
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuniarta Yoto S.
"Manusia merupakan sumber daya yang sangat penting bagi perusahaan karena faktor manusia sangat menentukan efektivitas dan efisiensi penggunaan sumber daya lain yang dimiliki perusahaan, yang ditunjukkan dalam kinerja perusahaan. Perkembangan dunia usaha sekarang menunjukkan makin besarnya kontribusi dan ketergantungan perusahaan pada sumber daya manusia. Makin besarnya peranan sumber daya manusia ini memunculkan suatu pendekatan baru dalam akuntansi untuk sumber daya manusia yaitu Akuntansi Sumber Daya Manusia (ASDM). ASDM diharapkan mampu memberikan cara pandang yang lebih baik mengenai sumber daya manusia dengan menyediakan informasi yang lebih baik mengenai sumber daya ini, dalam bentuk kuantitatif dan kualitatif, bagi pihak-pihak intern dan ekstern. Bagi pihak intern, ASDM diharapkan mampu membantu pihak intern untuk mengelola sumber daya manusia dengan lebih optimal karena informasi yang dihasilkan ASDM diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh informasi yang dihasilkan ASDM pada keputusan manajerial. Secara terperinci ada tiga hal yang ingin diketahui, yaitu persepsi mengenai pemikiran yang mendasari ASDM, persepsi mengenai peranan informasi ASDM pada keputusan manajerial, dan apakah pencantuman informasi ASDM menimbulkan perbedaan preferensi keputusan manajerial. Penelitian dilakukan dengan metode kepustakaan dan survai, dan data yang diperoleh dalam survai diolah dengan peralatan statistik sehingga didapat suatu kesimpulan. Kesimpulan yang didapat menunjukkan secara keseluruhan hipotesa penelitian yang diajukan disetujui oleh responden penelitian. Semoga hasil penelitian yang dituangkan dalam karya tulis ini dapat berguna bagi pihak lain yang membutuhkan, sebagai acuan untuk penyusunan dan pelaksanaan penelitian lain yang lebih baik di masa datang untuk perkembangan dunia akuntansi."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1997
S19291
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutasuhut, Maslina W.
"ABSTRAK
Model pengambilan keputusan selama ini mengasumsikan bahwa produk yang akan dibeli merupakan produk yang belum pernah dimiliki sebelumnya. Pada kenyataannya, konsumen juga membeli produk baru, pengganti produk lama yang masih berfungsi. Proses mental yang terjadi dalam diri konsumen tentu berbeda dalam memutuskan membeli produk baru yang belum pernah dimiliki, atau membeli produk baru pengganti produk lama yang masih berfungsi. Model pengambilan keputusan membeli produk baru pengganti dari Okada (2001), menerangkan bahwa akuntansi mental terhadap produk lama, serta harga nominal produk baru merupakan faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli produk baru pengganti. Model ini perlu dikembangkan dengan pendekatan behavioral agar diketahui proses pengambilan keputusan yang lebih tepat, serta dapat menerangkan pengaruh stimulus pemasar pada pengambilan keputusan konsumen.
Dalam penelitian ini diperiksa pengaruh stimulus pemasar berupa framing dan stimulus self control untuk menggoda konsumen, beserta kondisi mood konsumen, dalam pengambilan keputusan membeli produk pengganti.
Eksperimen dilakukan dengan 2x2x2 between-subject factorial design, untuk mengukur variabel respon bivariat yaitu Nilai Produk Baru dan Niat Membeli Produk Baru Pengganti.
Analisis dengan metode Analisis Faktor, Manova dengan menerapkan prosedur General Linear Model (GLM) Multivariate model custom dan model full factor serta One way Anova.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa stimulus pemasar berupa framing dan stimulus self control untuk menggoda konsumen, bersama dengan kondisi mood konsumen, ditemukan berpengaruh terhadap variabel respon bivariat Nilai Produk Baru(Y1) dan Niat Membeli Produk Baru Pengganti (Y2). Manipulasi Self Control oleh pemasar yang ditemukan sebagai faktor utama (main effect), serta interaksi framing dengan mood (F*M), berpengaruh secara signifikan terhadap variabel respon bivariat (Y1,Y2). Variabel respon Nilai Produk Baru (Yl) ditemukan berpengaruh secara positif terhadap variabel respon Niat Membeli Produk Baru Pengganti (Y2). Selain itu, dengan memperhitungkan pengaruh linier Nilai Produk Baru sebagai kovariat, ditemukan bahwa Niat Membeli Produk Baru Pengganti mempunyai perbedaan signifikan antara kedelapan set, tergantung dari perlakuan yang dibentuk oleh ketiga faktor eksperimen.
Kontribusi penelitian dalam tataran teoritis yaitu memberikan model alternatif pengambilan keputusan membeli produk baru pengganti, memberikan masukan bagi literatur pemasaran tentang pentingnya strategi migrasi dengan mempertimbangkan faktor-faktor eksperimen dalam penelitian ini, memberikan masukan tentang framing pada forward looking sebagai bagian akuntansi mental, juga masukan bagi literatur psikologi sosial, dan statistika terapan.
Dalam implikasi manajerial, temuan dalam penelitian ini memberi sumbangan pemikiran pentingnya strategi migrasi sebagai bagian dari strategi mempertahankan konsumen, strategi framing sebagai strategi creative, strategi pemilihan media vehicle sebagai strategi media, serta pentingnya pertimbangan behavioral dalam membuat strategi promosi penjualan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
D551
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Tanding Suryandari
"Dalam setiap pengambilan keputusannya, individu diasumsikan sebagai pengambil keputusan yang rasional dan konsisten sehingga akan selalu memilih alternatif yang memberikan nilai yang tertinggi. Penelitian-penelitian tentang pengambilan keputusan individu dalam situasi ketidakpastian menunjukkan bahwa individu tidak selalu konsisten dan rasional. Teori prospek menyatakan bahwa cara memformulasikan alternatif yang ditawarkan kepada individu mempengaruhi keputusan yang diambil individu tersebut.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah dalam menilai dan memutuskan membeli produk asuransi, individu dipengaruhi oleh formulasi polis asuransi dan endownment.
Pengambilan data dilakukan dengan metode eksperimen. Untuk mengetahui adakah perbedaan perilaku memilih antara individu yang memiliki polis asuransi mobil dan individu yang tidak memiliki polis asuransi mobil, digunakan dua kelompok partisipan dengan jumlah keseluruhan partisipan adalah 104 orang.
Ada dua eksperimen yang dilakukan. Eksperimen pertama untuk melihat pengaruh efek framing dalam perilaku memilih individu. Eksperimen ini menggunakan tiga kasus hipotetikal. Uji signifikansi menunjukkan bahwa individu dipengaruhi oleh efek framing. Akan tetapi dalam kasus membeli asuransi hipotetikal, hasil penelitian dari kelompok yang memiliki asuransi konsisten dengan penelitian terdahulu, sedangkan dari kelompok yang tidak memiliki polis asuransi mobil, hasilnya tidak konsisten.
Hasil dari eksperimen efek endownment menunjukkan bahwa dalam menilai alternatif, individu dipengaruhi oleh efek endownment, konsisten dengan penelitian terdahulu. Secara agregat, kedua kelompok menunjukkan efek endownment yang signifikan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T7947
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini dilakukan guna menguji apakah keputusan investasi aktiva tetap perusahaan perusahaan yang listed di Bursa Efek Jakarta periode 1996-2000, dipengaruhi oleh likuiditas yang dimiliki perusahaannya. Perusahaan-perusahaan tersebut akan dikelompokkan menjadi tiga berdasarkan kenaikan atu penurunan divident per share akan dikategorikan sebagai not fiancially constrained, perusahaan yang tidak melakukan perubahan terhadap divident per sharenya dikategorikan sebagai partially financiallyu constrained dan perusahaan yang melakukan penurunan terhadap dividen per share akan dikategorikan sebagai financially constrained. Untuk diskriminan dengan menggunakan sembilan rasio keuangan. Hasilnya menunjukkan perusahaan yang dikelompokkan dalam not financially constrained dalam melakkukan investasi aktiva tetapnya lebih tergantung pada likuiditas yang dimiliki (internal fund) dibandingkan dengan perusahaan yang dikategorikan sebagai fianncially constrained."
Manajemen Usahawan Indonesia, XXXII (05) Mei 2003: 43-51, 2003
MUIN-XXXII-05-Mei2003-43
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Loecita Sandiar
Jakarta: Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (Puskanomi) Universitas Indraprasta PGRI, 2017
330 JABE 3:4 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>