Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4454 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Houston, Brant
New York: St. Martin Press, 1996
R 004 HOU c
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Oxford: Pergamon Press, 1980
530.078 COM
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Topik proyek mahasiswa yang dilakukan oleh kelompok kami adalah Penerapan Konsep Extended Computer-Assisted Learning (ECAL) pada Pengembangan e-Learning. Pengembangan modul ini dilakukan secara berkelompok dengan dibantu oleh pembimbing Proyek Mahasiswa yang kami pilih, yaitu bapak Suryana Setiawan, M.Sc. Authorware Extended Computer-Assisted Learning (ECAL) adalah suatu bentuk authorware yang merupakan hasil riset kerjasama antara Pusilkom UI dan The Open University (Inggris) sebagai pengembangan dari authorware konvensional [SET88]. Pada sistem ini, author cukup memikirkan isi pembelajaran tanpa perlu memikirkan alur pembelajaran, karena sistem ini bekerja berdasarkan aspek-aspek abstraksi dari materi pembelajaran yang diistilahkan sebagai Intended Learning Outcome (ILO) [POS82]. Kami melihat bahwa konsep ECAL berpotensi untuk diterapkan pada metode pembelajaran e-learning. Dengan adanya internet dan konsep e-learning, maka pengembangan auhorware ECAL yang dulu sempat terhenti dapat diangkat kembali. Dengan adanya pembelajaran elektronis seperti ini, student diharapkan juga mendapat dampak yang baik karena penerapan metode pembelajaran yang lebih terstruktur. Sistem authorware ECAL yang dikembangkan oleh tim proyek mahasiswa ini terbagi atas tiga (3) modul yang dibagi berdasarkan kelompok penggunanya, yaitu modul administrator, modul author, dan modul student. Bagian awal laporan adalah bagian pendahuluan yang berisi latar belakang, tujuan dan ruang lingkup, serta sistematika penulisan laporan. Kemudian dijelaskan landasan teori yang digunakan oleh kelompok kami untuk menyusun laporan. Pada bagian selanjutnya, kami menjelaskan mengenai proses pengembangan modul tersebut selangkah demi selangkah. Tahap pengembangan modul terdiri atas analisa permasalahan, analisa kebutuhan sistem, desain sistem, konstruksi sistem, dan implementasi sistem. Dan pada bagian akhir yang merupakan penutup, terdapat kesimpulan dan saran yang diajukan untuk pengembangan sistem selanjutnya."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Adlina Suryabrata
"Letter-Naming Knowledge merupakan kemampuan dasar yang perlu dikuasai oleh anak usia prasekolah yang dikembangkan dengan pengalaman literasi formal di rumah. Penyediaan pengalaman literasi formal dapat dilakukan oleh orangtua sebagai pemberi instruksi dengan metode direct instruction (DI) maupun oleh media elektronik dengan metode computer-assisted instruction (CAI). DI dan CAI memiliki persamaan berupa perspektif yang mendasari, namun juga perbedaan berupa kualitas pemberian instruksi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode DI, CAI, dan kombinasi keduanya untuk meningkatkan letter-naming knowledge. Untuk mengetahui perbedaan pengauh ketiga metode tersebut, dilakukan penelitian kuasi-eksperimental pada anak usia prasekolah beserta ibu sebagai pemberi intruksi (N=24).
Hasil perbandingan Kruskal-wallis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara ketiga metode instruksi (chi-square 2.583, sig=0.275) Akan tetapi, hasil analisis tambahan terhadap skor pre-test dan post-test pada masing-masing kelompok menunjukkan bahwa kelompok anak yang diberikan metode DI dan kombinasi DI-CAI mengalami peningkatan skor letter-naming knowledge yang signifikan. Hasil perbandingan antar ketiga metode yang tidak signifikan diduga disebabkan oleh tidak adanya perbedaan dalam kualitas pemberian instruksi baik dalam metode DI maupun CAI.

Letter-naming knowledge is a basic skill that needed to be developed in preschool through formal literacy experience at home with parents as provider or instructor. As the advancement of technlogy, not only human, computer is also able to be instructor to develop letter-naming knowledge. these two type of instructors refer to different instructional method, direct instruction (DI) and Computer-Assisted Instruction (CAI). Both of the instructional method have behavioral and cognitivismn perspective.
This reaserch aims to investigate the difference of effect of instructional method (direct instruction only, computer-assisted instruction only, and combination of both) toward development of letter-naming knowledge in preschool, by conducting a quasi-experimental research with preschool children and mothers as participants (N=24). The data would be analyzed using Kruskal-Wallis.
Result shows that there are no difference of effect of instructional method toward development of letter-naming knowledge (chi-square=2.583, sig=0.275). However, additional analysis of development in each group shows that among the children in three groups differing in instructional methods, only children instructed with computer-assisted instruction method only does not experience inprovement in letter-naming knowledge score significantly. The result was presumably caused by the minimum difference of quality of instructions given in DI and CAI.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S63792
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oxford : Blackwell, 1989
407 COM
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Beatty, Ken
London : Pearson Education, 2003
418.007 BEA t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"This volume focuses on the biomechanical modeling of deformable soft tissues in the context of Computer Assisted Surgery (CAS). Discussion includes biomechanical models, estimation of in vivo mechanical behavior, real-time numerical simulations and more. "
Berlin: Springer, 2012
e20398853
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Amrizal
"Tugas akhir inl meninjau dan memperkenalkan sebuah pemakaian komputer dalam bidang pendidikan, yang dikenal sebagai "COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION" (CAI). Dalam tugas akhir ini CAI yang dibuat dalam paket program menggunakan bahasa PASCAL dan dibantu dengan paket program TURBO GRAPHIX. CAI ini diperuntukan pada pendidikan matematika sub bidang metode numerik."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1988
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>