Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 66668 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Erman Mardiansyah
"ABSTRAK
Lingkungan bisnis yang berubah semakin cepat, khususnya. sejak terjadi konvergensi antara teknologi komputer, telekomunikasi dan video. Realitas ini menyadarkan kita bahwa dunia bisnis tidak Iepas dari derasnya perkembangan teknologi. Teknologi internet menawarkan alternatif transaksi bisnis yang dapat dilakukan melalui media elektronik, sekat-sekat birokrasi dunia usaha seolah-olah ditiadakan, pcrdagangan llntas konsumen, lintas perusahaan, dan lintas negara memposisikan dunia bisnis memperlakukan segmen pasarnya sebagai komunitas global tak terkecuali bagi pengusaha kecil dan menengah.
Era Milenium baru menyadarkan kita bahwa dunia bisnis adalah bagian dari ekonomi global, transaksi jual beli secara konvensional menjelma kearah bisnis melalui jaringan terbuka internet atau sebutan populernya Elektronik Commerce (E Commerce). Saat ini ada 180.000 situs aktif sudah melakukan transaksi via elektronik dan masih terus berkembang. Pelanggan pemakai E Commerce meningkat empat kali lipat, dari 2 juta tahun 1996 menjadi sekitar 8 juta pada awal melenium baru. Volume transaksi global E Commerce pada lahun 2002 diproyeksikan sebesar US$1 trilyun.
Meskipun teknologi dan detinisi e-commerce sendiri masih belum banyak dipahami, namun desakan-desakan bisnis telah mendorong para pelaku bisnis nmtuk terjun ke dunia maya ini. Isu-isu tcntang keamanan bertmnsaksi, isu regulasi dan perkembangan e-commerce dicoba diangkat dalam tulisan tesis ini, juga perkembangan internet dan keadaannya saat sekarang.

ABSTRACT
Business behavior is now changing even faster Since the convergence of computer technology, video and telecommunications, which makes us aware that business world can not be separated from fast growing technology. lntemet technology offers electronic business transactions which eliminates bureaucracy complexity in inter consumers, inter companies and international trading and has put everyone to include small and medium traders all in one global community.
New Millenium era has made us aware that business world is part of global economy, where more transactions have been done electronically through the E commerce network. There are 180,000 active E commerce sites at the moment and still increasing. E commerce subscribers increase by 4 times, from 2 million in 1996 to 8 million in the beginning of new Millenium. The value of E commerce global transactions by year 2002 is projected at US$ 1 Trillion.
Even that technology and definition of this E commerce have not widely known, business demands have made everyone to merge into this virtual business. Writer is now trying to bring up issues on safe transaction, regulation, the growth of this E commerce, and current intemet technology.;Business behavior is now changing even faster Since the convergence of computer technology, video and telecommunications, which makes us aware that business world can not be separated from fast growing technology. lntemet technology offers electronic business transactions which eliminates bureaucracy complexity in inter consumers, inter companies and international trading and has put everyone to include small and medium traders all in one global community.
New Millenium era has made us aware that business world is part of global economy, where more transactions have been done electronically through the E commerce network. There are 180,000 active E commerce sites at the moment and still increasing. E commerce subscribers increase by 4 times, from 2 million in 1996 to 8 million in the beginning of new Millenium. The value of E commerce global transactions by year 2002 is projected at US$ 1 Trillion.
Even that technology and definition of this E commerce have not widely known, business demands have made everyone to merge into this virtual business. Writer is now trying to bring up issues on safe transaction, regulation, the growth of this E commerce, and current intemet technology.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sabrina Salsabila
"Cash On Delivery (COD) menimbulkan kecemasan di masyarakat karena pemerintah belum mengeluarkan bentuk kontrol tentang peraturan maupun evaluasi terhadap metode pembayaran Cash On Delivery (COD). Berdasarkan permasalahan tersebut maka muncul permasalahan penelitian yaitu, apakah Cash On Delivery (COD) adalah sistem pembayaran, bagaimana Peraturan Pemerintah No. 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik mengatur tentang Cash On Delivery (COD), dan bagaimana prospek evaluasi metode pembayaran Cash On Delivery (COD). Menurut Bank Indonesia sistem pembayaran hanya terdapat tunai dan non tunai. Dalam hal ini Cash On Delivery (COD) tidak memfokuskan diri terhadap pembayaran tunai dan non tunai tetapi memfokuskan pada transaksi jual beli yang melibatkan pihak ketiga dimana marketplace dan kurir sebagai pihak ketiga. Tujuan dari Cash On Delivery (COD) adalah memberikan kenyamanan bagi penggunanya, hal ini dapat dikatakan Cash On Delivery (COD) hanyalah sebatas strategi dari marketing agar pembeli tertarik untuk berbelanja online. Tidak ada peraturan yang secara jelas mengatur tentang Cash On Delivery (COD), namun apabila melihat Peraturan Pemerintah tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik terdapat beberapa pasal yang dapat dijadikan dasar untuk bertransaksi menggunakan Cash On Delivery (COD). Yaitu terdapat pada Pasal 40 dan 41 tentang penawaran secara elektronik, Pasal 52 tentang kontrak elektronik, Pasal 60 s.d. 62 tentang sistem pembayaran, Pasal 63 s.d. 68 tentang pengiriman barang dan jasa, kemudian terakhir terdapat pada Pasal 69 s.d. Pasal 71 tentang penukaran dan pembatalan pembelian barang atau jasa. Cash On Delivery (COD) perlu di evaluasi sistem penggunaannya karena kekurangan dan penyalahgunaan sistem dalam transaksi jual beli menggunakan sistem elektronik.

Cash on Delivery (COD) raises concerns among people as government not yet establish ordinance or to regulate or evaluating Cash on Delivery (COD) payment method. Considering that issue, a research problem arises, is Cash On Delivery (COD) can be defined as a payment method, how is government regulation No. 80 of 2019 concerning Trading Through Electronic Systems regulates Cash On Delivery (COD), and what is the prospect of evaluating the Cash On Delivery (COD) payment method. According to Bank Indonesia, there are only cash and non-cash payment method. In this case, Cash on Delivery (COD) does not focus on cash and non-cash payments but focuses on trading systems that involve third parties wherein the marketplace and courier are the third parties. The purpose of Cash on Delivery (COD) is to provide convenience for its users, it can be said that Cash On Delivery (COD) is only limited to a marketing strategy so that buyers are interested in shopping online. There are no regulations that regulate Cash On Delivery (COD) with clarity, however, by exploring Government Regulations regarding Trading Through the Electronic System there are several articles that can be used as the basis for transactions using Cash On Delivery (COD), specifically in Articles 40 and 41 concerning offers electronically, Article 52 concerning electronic contracts, Articles 60 to 62 concerning the payment system, Article 63 to 68 concerning the delivery of goods and services, moreover, Articles 69 to Article 71 regarding the exchange and cancellation of purchases of goods or services. Cash On Delivery (COD) needs to be banned due to system deficiencies and misuse in buying and selling transactions using an electronic system."
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New Jersey: Prentice-Hall, 2000
621.38 ELE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Engliwood Cliffs: Prentice-Hall, 2002
621.38 ELE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Engliwood Cliffs: Prentice-Hall, 2002
621.38 ELE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Greenstein, Marilyn
Boston: Irwin McGraw-Hill, 2000
658.84 GRE e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Feni Wahyuni
"Tesis ini menjelaskan tentang proses adopsi inovasi penggunaan aplikasi pemasaran e-commerce oleh komunitas usahawan. Adanya jarak yang jauh antara kemampuan pelaku Usaha Kecil Menengan UKM dengan teknologi yang akan diadopsi membuat penelitian ini menarik untuk diteliti. Ditambah lagi, karakteristik pelaku UKM dalam berinovasi dan mencari peluang yang masih rendah. Sehingga, banyak ditemukan pelaku UKM yang hanya ikut-ikutan dalam membuat sebuah keputusan.
Penelitian ini mengaitkan proses adopsi inovasi dengan konsep pelaku UKM dalam proses pengambilan keputusan penggunaan aplikasi pemasaran e-commerce dan menggunakan paradigma post-positivisme, serta pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data didapatkan secara mendalam untuk menjelaskan dan menggambarkan proses adopsi inovasi penggunaan aplikasi pemasaran e-commerce oleh komunitas UKM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses keputusan adopsi inovasi aplikasi pemasaran e-commerce pada anggota komunitas UKM melalui berbagai tahapan, sebelum akhirnya memutuskan untuk menerima atau menolak inovasi tersebut. Selain itu, dalam mengadopsian e-commerce diperlukan komunikasi yang tepat untuk mengubah perilaku penjual dari menjual produk di toko konvensional menjadi menjual produk di toko daring. Proses penyebaran informasi, selain dilakukan melalui sosialisasi dan komunikasi interpersonal secara langsung adanya peran komunitas , juga dilakukan melalui saluran komunikasi yang termediasi oleh media daring yaitu WhatsApp, Facebook dan Instagram.

The focus of this study is about the process of innovation adoption in using e commerce marketing application by the entrepreneur community. The gap between the users 39 capability in using technology and the technology itself makes this research appealing to be examined. Furthermore, the characteristics of the SME entrepreneur in innovating and looking for opportunities still low lead to some figured issues. Myriads of SME entrepreneurs tend to duplicate each other in decision making.
This case study associates the SME entrepreneur 39 s innovation adoption process with their decision making process in using e commerce marketing application by implementing the post positive paradigm and the qualitative approach. The in depth data gathered to describe the process of innovation adoption in using e commerce marketing applications by the SME community.
The result of this study showed that the process of adoption of the decision of innovation marketing e commerce applications on the SME community members through various stages, before finally deciding to accept or reject the innovation. Moreover, adopting e commerce system requires communication process that will enable the users to change their selling behaviour, from offline to online. The process of information dissemination is not only by face to face communication as the part of the community 39 s role but also through online communication channels such as WhatsApp, Facebook and Instagram.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T50754
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Addina Lutfiandari
"E-commerce diprediksi terus berkembang dan menjadi incaran pelaku bisnis untuk menjadikan e-commerce sebuah alternatif strategi berbisnis. E-commerce di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang baik pada tahun 2017. Pebisnis online perlu memperhatikan aspek evaluasi produk. Selain itu, perlu juga memperhatikan aspek kepercayaan dalam lingkup online. Aspek e-commerce adoption juga patut diperhatikan agar dapat menyesuaikan ekspektasi konsumen dan membangun kepercayaan dengan konsumennya.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor evaluasi produk, kepercayaan, dan aspek e-commecre adoption terhadap repurchase intention pada pembelian produk kecantikan di webite Sociolla. Desain penelitian ini menggunakan conclusive descriptive dengan pengambilan sampel secara judgmental sampling. Kriteria sampel yang menjadi responden adalah wanita yang berdomisili di JABODETABEK dan telah melakukan pembelanjaan produk kecantikan di Sociolla. Penyebaran kuesioner penelitian dilakukan secara online kepada konsumen produk kecantikan yang telah melakukan pembelian di Sociolla. Data terkumpul sebayak 203 kuesioner yang telah diisi oleh konsumen Sociolla.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel online trust dan perceived value mempengaruhi repurchase intention. Temuan lainnya adalah perceived quality berpengaruh terhadap perceived value. Variabel website reputation memiliki pengaruh terhadap perceived quality dan perceived value. Variabel online trust dapat mempengaruhi perceived usefulness. Pada temuan penelitian ini meunjukkan juga bahwa Variabel perceived value memiliki pengaruh paling besar terhadap repurchase intention.

E commerce is predicted to continue to grow and become the target of business people to make e commerce an alternative business strategy. E commerce in Indonesia shows good growth in 2017. Online businessmen need to pay attention to aspects of product evaluation. In addition, it is also necessary to pay attention to the aspects of trust in the online scope. Aspects of e commerce adoption are also noteworthy in order to adjust consumer expectations and build trust with consumers.
This study aims to look at the effect of product evaluation factors, trust, and e commerce aspects of adoption on repurchase intention for Sociolla rsquo s consumers. The design of this study using conclusive descriptive with sampling by judgmental sampling. The sample criteria that became respondents were women who were domiciled in JABODETABEK and had been spending on beauty products at Sociolla. The dissemination of research questionnaires was conducted online to consumers of beauty products who had made purchases in Sociolla. Data collected as 203 questionnaires that have been filled by consumers Sociolla.
The results of this study indicate that online trust and perceived value variables affect repurchase intention. Other findings are that perceived quality influences perceived value. Website reputation variables have an influence on perceived quality and perceived value. Online trust variables can affect perceived usefulness. The findings of this study also show that perceived value variables have the greatest influence on repurchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Antonius
"Tak pelak lagi teknologi Internet dan Electronic Commerce ( e-commerce ) menimbulkan paradigma baru dalam kehidupan. Melalui jaringannya yang bersifat global memungkinkan dilakukannya transaksi dan penjelajahan ke seluruh pelosok dunia hanya melalui komputer personal tanpa sedikitpun harus berpindah tempat. Teknologi ini benar-benar menghilangkan batas ruang dan waktu. Pemanfaatannya tidak hanya sebatas lembaga teknologi dan usaha saja tapi telah menyebar sampai dunia perbankan.
Globalisasi sudah di depan mata, sebagai gambaran di Asia [AFTA] akan berlangsung pada tahun 2003. Kompetisi di banyak sektor telah terjadi dan tidak dapat dihindari. Bagaimanakah cara untuk memenangkan bisnis ? Bagaimana sektor perbankan dapat selamat menghadapi globalisasi ini ? Bagaimana bank dapat mengimplementasikan electronic commerce (e-commerce)?
Tesis ini menjelaskan dan memberikan analisa bagaimana bank dapat mengimplementasikan e-commerce. Aspek apa saja yang harus disiapkan sebelum menuju jaringan global ? Tesis mengambil sampel 3 bank besar. Bank tersebut telah menggunakan komputer dan komunikasi data dalam rutin operasionalnya. Bank tersebut juga telah menjalankan layanan ATM, kartu kredit dan jasa layanan lainnya. Bank juga meiliki cabang yang banyak, dan juga nasabahnya.
Setelah melakukan evaluasi situasi kondisi bank dan pelayanan jaringan internet ternyata untuk melakukan e-commerce masih memerlukan banyak hal. Tetapi ada beberapa tahap yang dapat menolong bank untuk masuk menuju e-commerce. Tahapan tersebut adalah Pembenahan kedalam, membangun internet banking sebagai e-commerce B-to-C, membangun e-commerce B-to-B dengan bekerjasama dengan perusahaan retail yang besar, dan yang terakhir adalah dengan mempersiapkan jasa layanan baru bagi semua nasabahnya.

No point of return thai Internet and Electronic Commerce technology shift paradigm of lives. That global network give the possibility for everyone to find, search something, and make transaction, without need moving the position and only use personal computer connect to the network. There are no-borders of time and geographical anymore. And these technologies not just used on technical environment but it's already use also on banking application.
Globalization will come soon, for example in Asia [AFTA] will start on next 2003. Competition on any sector will happen. How to win in business? How banking sector can survive on that global situation? How bank can implement e-commerce?
This thesis gives explanations and an analyzing of how the bank can implement e-commerce. What aspects have to be prepared before go to global network. The thesis takes 3 big-banks that already used computer and data communication on they routine banking operations. They already implement ATM services, Credit Card services and others. The banks also have numbers of branches and have many of customers.
After evaluate the situation and condition of banking and internet network service, prediction of implement e-commerce in banking still need many thing to be done. But there are many steps can help the bank make the preparation for becoming a player in globalization. And the steps are Internal system and networks preparation, Running internet banking as a B-to-C e-commerce system, Running B-to-B e-commerce system by joint with big retail customers, and Develop new services for all customers.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
T122
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gupta Ganesha Pertama
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang penggunaan strategi growth hacking marketing pada perusahaan startup ecommerce PT bukalapak.com yang di dalamnya memaparkan penggunaan metode AARRR yakni Aquisition, Activation, Retention, Refferal dan Revenue pada strategi growth hacking marketing yang dilakukan PT. Bukalapak.com. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada 4 narasumber yang berasal dari jajaran staff bukalapak.com dan juga pengguna aktif ecommerce. Pengumpulan data juga dilengkapi dengan artikel jurnal, pemberitaan media, dan wawancara media lain yang terkait dengan penelitian ini. Penelitiian ini kemudian melakukan analisa mendalam mengenai implementasi strategi growth hacking pada perusahaan bukalapak.com. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT bukalapak.com telah berhasil menerapkan strategi growth hacking marketing sebagai salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan dalam waktu yang singkat. Melalui penelitian ini, penulis menyarankan bahwa perusahaan ecommerce PT Bukalapak.com perlu mengembangkan lagi strategi growth hacking marketing yang telah diterapkan sebelumnya. PT bukalapak.com perlu melakukan inovasi dan kreativitas pada strategi marketing yang dijalankan guna meraih posisi puncak sebagai perusahaan e-commerce terbaik di Indonesia.

ABSTRACT
This thesis discusses the use of growth hacking marketing strategies on ecommerce startup company PT bukalapak.com which involve the use of AARRR methods contains . Aquisition, Activation, Retention, Refferal and Revenue in terms of growh hacking marketing strategies being implemented by PT bukalapak. This study is a qualitative research with descriptive design. Data cellecting were being held by gaining information from in depth interview with fiour infomant from PT Bukalapak staff and e commerce user. Other information also gained from journals, news article, and other interview by media related to this research. This research then analyse the implementation of growth hacking strategy at PT. Bukalapak.com. The results of this study showed that PT bukalapak.com has successfully implemented growth hacking marketing strategy as a marketing strategy to boost growth in a short time. Through this research, the authors suggest that the e commerce company PT Bukalapak.com need to develop their growth hacking marketing strategy that have been previously applied. PT bukalapak.com need to boost innovation and creativity in marketing strategies in order to achieve the top position as the best e commerce company in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T46884
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>