Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3790 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Macnaughton, Jane
London : Elsevier , 2005
573.88 MAC e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Harvey, Bill
London : Elsevier , 2005
573.88 HAR e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nina Dwi Handayani
"Tesis desain ini membahas tentang pembentukan sebuah ruang arsitektur yang dihasilkan dari memahami respon inderawi yang dihasilkan dari seseorang yang memiliki keterbatasan visual (low vision) yang berproses memahami ruang secara bertahap. Proses terbentuknya sebuah ruang diturunkan dari pendekatan bagaimana seorang penderita low vision bergerak dan beraktifitas dalam lingkungannya. Riset ini dilakukan menggunakan tiga metode berbeda, yaitu yang pertama mengamati pengalaman visual dalam mengapresiasi media film, yang kedua memahami aktifitas keseharian di dalam ruang diri yang sudah dikenali, dan yang ketiga adalah memahami ruang diri yang baru pertama kali dialami.
Pendekatan narasi yang terbentuk dalam memahami ruang menghasilkan beberapa proposisi penting yaitu penggunaan karakter ruang dengan warna-warna kontras, metode berjalan dan berhenti untuk melakukan reorientasi posisi, pengabaian aspek detail dan pengutamaan aspek fungsional, dan faktor-faktor pendukung lainnya. Low vision dalam kondisi yang sangat umum, terjadi tidak hanya pada satu kelompok differently-able saja, tetapi dapat digeneralisasi terjadi juga pada generasi lanjut usia (elderly).
Pendekatan arsitektural berbasis narasi ini diterapkan dalam desain sebuah fasilitas publik untuk kelompok lanjut usia (elderly). Kecenderungan kenaikan jumlah penduduk lanjut usia dalam komposisi penduduk suatu kota menunjukkan pentingnya perhatian khusus terhadap eksistensi mereka dalam ruang publik. Mengakomodasi kebutuhan mereka secara arsitektural menjadi sangat perlu agar mereka sebagai kelompok yang memiliki keterbatasan secara visual mampu bergerak dan beraktifitas secara mandiri dalam ruang hidupnya.

This design thesis develops a method of forming an architectural space generated from the understanding of the sensory response of a person with visual limitations (low vision) in the process of understanding the space gradually. The process of space formation is derived from how a person with low vision moves and conducts activities in the environment. The research was conducted through three different methods, the first one is observing the visual experience with the film as a media, the second one is understanding the spatial experiences in the daily activities within familiar space, and the third one is understanding the spatial experiences in non-familiar space.
The resulting narrative approach produced several important propositions, namely the use of spatial qualities with contrasting colors, the method of moving, walking and stopping to reorient the position, ignored details and enhanced functional aspects, and other supporting factors. Low vision in a very common condition, occurs not only in a differently-able group, but it can also generally occurs in the elderly group.
This narrative-based architectural approach is then applied in the design of a public facility for the elderly. The increasing tendency in the number of elderly in the urban population suggests the importance of special attention to their existence in public space. Architecture that could accommodate the spatial needs of people with visual limitations become necessary to enable them to move and to experience their life space independently.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T28803
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 2009
612.84 DUP
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Werlinson
"Tujuan: Studi ini bertujuan untuk mengetahui efek stimulasi dengan metode kartu baca cepat Glenn Doman terhadap tajam penglihatan.
Metode: Penelitian ini adalah uji klinis acak, tersamar tunggal. Sebanyak 36 anak usia 12-15 bulan yang memenuhi kriteria inklusi dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 18 anak. Kelompok pertama mendapatkan stimulasi dengan kartu baca cepat Glenn Doman selama tiga bulan sedangkan kelompok kedua tidak mendapatkan stimulasi. Setiap bulan dilakukan pemeriksaan tajam penglihatan monokular dan binokular. Keluaran sekunder menilai hubungan antara perubahan tajam penglihatan terhadap peningkatan nilai kognitif.
Hasil: Sebanyak 36 anak mengikuti penelitian selama 3 bulan. Rerata tajam penglihatan akhir mata kanan pada kelompok uji dan kelompok kontrol meningkat namun tidak berbeda bermakna (log MAR 0,31 vs 0,33; p=0,55). Peningkatan rerata tajam penglihatan akhir juga terdapat pada mata kiri (log MAR 0,31 vs 0,32; p=0,55). Rerata tajam penglihatan binokular mengalami peningkatan namun tidak berbeda bermakna (log MAR 0,31 vs 0,33; p 0,31). Peningkatan tajam penglihatan terbesar terdapat di bulan pertama pada kedua kelompok ( OD log MAR 0,38 vs 0,42; OS log MAR 0,44 vs 0,44; OU 0,27 vs 0,36) namun peningkatan tersebut tidak berbeda bermakna (p>0,05). Hubungan antara perubahan tajam penglihatan dan perubahan nilai kognitif tidak berbeda bermakna antara kelompok uji dengan kelompok kontrol (p>0,05).
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan tajam penglihatan yang bermakna antara kelompok dengan stimulasi menggunakan metode Glenn Doman dengan kelompok tanpa stimulasi.

Aim: The aim of this study was to evaluate the effect of stimulation with Glenn Doman flash cards method in visual acuity.
Method: This was randomized single-blind controlled trial study. Thirty-six children age 12-15 months were participated in the study and were divided into two group consisted of eighteen children in each group. The intervention group had stimulation using Glenn Doman flash cards methods while control group had not given stimulation. Stimulation was continuosly held for three consecutive months. The visual acuity between two groups were compared. Secondary outcome was correlation between visual acuity changes and changes in cognitive score of Bayley Score Infant Development (BSID) in both groups.
Result: Thirty six children were participating in the study for three months. There was improvement in mean visual acuity of the right eye in both groups (log MAR 0,31 vs. 0,32; p=0,55) as well as the left eye on both groups but not statistically significant (log MAR 0,31 vs. 0,32; p=0,55). Mean binocular visual acuity in both groups was improved but not statistically significant (log MAR 0,31 vs. 0,33; p=0,31). Largest increase of visual acuity in both groups were in the first month (OD log MAR 0,38 vs. 0,42; OS log MAR 0,44 vs. 0,44; binocular log MAR 0,27 vs. 0,36) but not statistically significant (p>0,05). There was no statistically significant correlation between visual acuity changes and BSID cognitive score changes.
Conclusion: There was no statistically significant difference in visual acuity between intervention group and control group.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Amany
"Museum merupakan tempat untuk manusia mempelajari banyak hal melalui display-display pada ruang pamer museum sehingga seharusnya display museum harus inklusif agar spektrum user dapat lebih luas. Dalam rangka museum sebagai tempat memamerkan objek tertentu dan inklusif, lighting termasuk pada hal yang paling krusial pada. Hunt (2009) menyatakan bahwa Lighting adalah salah satu komponen penting dalam lingkungan museum karena ruang memungkinkan pengunjung untuk melihat objek, mengalami pemandangan baru dan bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, lighting pada museum berperan sebagai penciptaan suasana yang ideal dalam mengeksplorasi informasi di museum. Dalam merancang lighting ideal yang dapat memenuhi kebutuhan pelestarian benda dan membentuk pengalaman spasial pengunjung, maka diperlukan semacam strategi pada pencahayaan, salah satunya adalah layering light. Layering light merupakan penggunaan berbagai jenis lighting pada interior yang bertujuan untuk menunjang fungsi dan pengalaman spasial pada suatu ruang. Semua lapisan cahaya bekerja sama untuk menciptakan desain yang utuh dan kohesif (Karlen, 56, 2017).
Penggunaan lighting yang beragam memaksa indera penglihatan manusia harus beradaptasi terhadap kualitas dan kuantitas cahaya yang berbeda-beda pada lighting yang berbeda pula. Sehingga pada penelitian ini, merupakan penelitian kualitatif dengan pembahasan secara deskriptif. Metode yang akan digunakan untuk mengumpulkan data pada skripsi ini adalah studi literatur, mengidentifikasi, dan menganalisis strategi penggunaan layering light pada museum dan bagaimana dampaknya terhadap adaptasi visual user.

Museums are places for people to learn many things through displays in museum showrooms, so museum displays should be inclusive so that the spectrum of users can be wider. In the context of a museum as a place to exhibit certain and inclusive objects, lighting is one of the most crucial things. Hunt (2009) states that lighting is one of the important components in a museum environment because space allows visitors to see objects, experience new views and react to the surrounding environment. Thus, lighting in the museum plays a role in creating an ideal atmosphere in exploring information in the museum. In designing ideal lighting that can meet the needs of object preservation and shape the visitor's spatial experience, a lighting strategy is needed, one of which is layering light. Layering light is the use of various types of lighting in the interior which aims to support the function and spatial experience in a space. All layers of light work together to create a cohesive and cohesive design (Karlen, 56, 2017).
The use of various lighting forces the human sense of sight to adapt to different quality and quantity of light in different lighting. So in this study, is a qualitative research with a descriptive discussion. The method that will be used to collect data in this thesis is to study literature, identify, and analyze strategies for using layering light in museums and how they impact the visual adaptation of users.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Larissa M.S.P.
"Penulisan ini bertujuan untuk memahami bagaimana sebuah lingkungan interior dapat menghadirkan kualitas spasial yang menciptakan kontrol terhadap pergerakan (movement) dalam konsep continuous interior. Proses pemahaman ini ditelusuri melalui studi mengenai pembentukan sistem persepsi yang melibatkan fungsi sensori dan gerak tubuh.
Studi kasus dilakukan dengan melakukan penelusuran terhadap lingkungan interior melalui perspektif penyandang low vision. Ketidakoptimuman fungsi sensori visual terkait persepsi ruang, berdampak pada kesulitan berorientasi dan bernavigasi.
Studi terhadap penelusuran memberikan temuan bahwa beberapa perlakuan terhadap elemen-elemen ruang mampu menghasilkan kualitas spasial yang ditawarkan dalam konsep "continuous interior". Perlakuan terhadap elemen ruang yang repetitif menghasilkan kualitas kontinuitas (continuity).
Selain itu, perlakuan terhadap elemen ruang yang berfungsi sebagai landmark atau penanda menghadirkan kualitas keberagaman program (diversity of programme). Kedua kualitas spasial tersebut kemudian mampu mengarahkan alur pergerakan (directed flow) pernyandang low vision.

This undergraduate thesis focuses on understanding how an interior environment offers spatial qualities that could create control on movement, by looking at a theory called "continuous interior". The understanding process involves study on the construction of the perception system, which further involves comphrehension on sensory system and body movement.
Study cases for this thesis are done by interviewing and having a walk through an interior environment with people whom have low vision. The involvement of people with low vision is to understand the perspective of space from a low vision point of view, which leads to difficulties on orienting and navigating through space.
From the study case, it is found that several treatments towards spatial elements could create spatial qualities (continuity, diversed programme, directed flow) proposed by the theory of "continuous interior". Repetitive treatments on spatial elements create the spatial quality of continuity. Other than that, elements that are designed as landmarks create the spatial quality of diversed programmed. Both the spatial quality of continuity and diversed programme then creates another spatial quality of directing the movement (directed flow) of people with low vision.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S65351
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leitman, Mark W., 1946-
New Jersey : Medical Economics Company , 1981
617.7 LEI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wechsler, Harry
Boston: Academic Press, 1990
006.3 WEC c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Low, Adrian, 1956-
London: McGraw-Hill, 1991
621.399 LOW i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>