Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23682 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Heri Purnomo
"Pengelolaan citra sebagai basis data spacial penting dalam penggambilan keputusan strategis. Segmentasi dengan teknik wilayah tumbuh membentuk wilayah-wilayah yang seragam. Sehingga citra bukan lagi kumpulan dari piksel melainkan kumpulan dari wilayah-wilayah. Pendekatan dengan struktur hirarki memungkinkan ekstraksi citra diberbagai tingkat resolusi dari penelusuran atas bawah.
Pencarian dapat dilakukan dengan sekuensial, penelusuran atas bawah, dan perangkaian wilayah yang seragam. Pendekatan pertama membutuhkan waktu komputasi O(N), sedang yang kedua melibatkan pencarian kedelapan tetangga dari suatu wilayah atau piksel. Untuk pencarian bujursangkar terbesar yang memiliki kedekatan tertinggi dengan nilai yang diinginkan dan pencarian tetangga-tetangganya dibutuhkan waktu komputasi O(9log4N) .
Pendekatan ketiga berhasil memunculkan semua wilayah yang memiliki nilai yangdikehendaki dengan waktu komputasi 0(1).
Tergantung dari data non-spacial atau atribut dari citra, maka proses query. dapat meliputi kesesuaian lahan, harga suatu wilayah, atau posisi dari suatu wilayah. Hal-hal tersebut dapat dihitung berdasarkan posisi titik, serta posisi dan luas suatu wilayah."
Depok: Universitas Indonesia, 1990
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratno Dewo
"Teknologi komputer menghasilkan berbagai output yang memiliki bermacammacam format, sehingga diperlukan perangkat lunak pengolah data yang dapat menangani hal tersebut. Salah satu perangkat lunak pengolah data untuk keperluan audit adalah ACL versi 8 yang merupakan software audit yang memiliki kemampuan mengolah berbagai format file. Dalam mengolah data terdapat data yang berisi file yang terstruktur dan data yang berisi file yang tidak terstruktur. Ciri file yang terstruktur salah satunya adalah setiap record dalam satu field hanya mewakili satu transaksi sedangkan file yang tidak
terstruktur adalah terdapatnya beberapa record dalam satu field sehingga ada record yang tidak memiliki nilai transaksi. Hal ini membutuhkan adanya strategi manajemen yang
tepat untuk mengatasi hambatan dan kendala yang ada.
Dalam Karya Akhir ini terbukti bahwa penggunaan ACL dapat sejalan dengan tujuan dari strategi manajemen yang dipilih yaitu Innovation strategy, Customerorientation strategy, dan Time strategy. Hal ini dikarenakan ACL mampu mengolah data yang besar dengan waktu yang relatif cepat dan menghasilkan data yang komprehensif,
lengkap dan dapat diandalkan. Penggunaan ACL dapat membantu upaya pencapaian target penerimaan pajak dari Kantor Pelayanan Pajak baik secara langsung yaitu dengan adanya kemungkinan peningkatan koreksi hasil pemeriksaan dan secara tidak langsung karena adanya
kesadaran yang tinggi untuk membayar kewajiban pajaknya dari masyarakat wajib pajak karena merasa puas akan pelayanan terutama di bidang pemeriksaan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T24520
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lalanne, Christophe
London: ISTE Press - Elsevier , 2016
570.151 95 LAL b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Selama ini para mahasiswa mengalami kesulitan dalam melakukan pengumpulan tugas, baik tugas individu maupun berkelompok. Beragamnya cara pengumpulan tugas perkuliahan membuat para mahasiswa sering melakukan kekeliruan karena berbedabedanya format, media, dan cara pengumpulan tugas kuliah. Untuk mengatasi masalah seperti ini diperlukan suatu sistem yang dapat membantu para peserta kuliah maupun dosen dalam pengumpulan dan pemeriksaan tugas kuliah terutama yang bersifat kelompok. Sistem seperti groupware / sistem kolaborasi kelompok merupakan sistem yang dapat dipergunakan untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan tugas dan kerja kelompok di perkuliahan. Sistem kolaborasi kelompok dapat membantu para pengguna (yang sudah terdaftar di sistem) untuk melakukan kerjasama dalam mengerjakan atau menyelesaikan suatu tugas / proyek tertentu. Dalam sistem ini, disediakan berbagai aplikasi untuk membantu komunikasi antar user (forum, messenger, email, dan lainnya) dan juga suatu manajemen file / repositori. Dalam pengembangan prototipe sistem kolaborasi digital ini, tim pengembang memanfaatkan suatu perangkat lunak groupware yang sudah jadi untuk mempermudah dalam melakukan proses pemeliharaan dan administrasi sistem dalam penggunaan / pengimplementasian lebih lanjut di perkuliahan. Dalam prosesnya, tim pengembang terlebih dahulu melakukan pencarian beberapa kandidat perangkat lunak groupware yang terdapat di web, kemudian melakukan evaluasi terhadap kandidat-kandidat sistem groupware yang sudah terpilih tersebut untuk memenuhi kriteria yang telah ditentukan, antara lain: memiliki aplikasi forum, repositori, mendukung LDAP, dan lainnya. Beberapa kandidat sistem groupware yang dicoba antara lain: GForge, PHPGroupware, EGroupware, dan lainnya. Setelah melakukan analisis tim pengembang akhirnya memilih untuk menggunakan perangkat lunak Egroupware. Prototipe keluaran dari proyek mahasiswa ini sudah memenuhi hampir semua kebutuhan (requirements) awal. Pada akhirnya prototipe sistem kolaborasi ini juga akan dilengkapi dengan manual instalasi dan panduan penggunaan yang cukup lengkap, sehingga akan memudahkan dalam pengembangan sistem kolaborasi ini lebih lanjut."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gleim, George A.
New York : McGraw-Hill, 1956
005 GLE d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Hasna Nabila
"Manajemen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) memiliki kebutuhan akan data alumni dalam jumlah yang cukup besar. Data yang dibutuhkan juga beragam dan ditujukan untuk berbagai kepentingan, diantaranya adalah kepentingan akreditasi akademik serta kerja sama akademik. Sayangnya, data alumni yang tersimpan pada Sistem Informasi Akademik NextGeneration (SIAKNG) sebagai sumber data utama sudah tidak lagi up-to-date dan tidak dapat diperbarui secara mandiri oleh alumni terkait. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebuah sistem alumni berbasis website bernama ILUNI12 Channel dikembangkan. Akan tetapi, berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada Manajemen Fasilkom UI, saat ini sistem masih memiliki kekurangan dan belum dapat memenuhi kebutuhan mereka. Selain Manajemen Fasilkom UI, pengurus ILUNI Fasilkom UI dan para alumni sendiri juga mengalami kesulitan dalam memperoleh data alumni untuk kebutuhan mereka. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan solusi atas permasalahan yang dialami dengan menggunakan agile methodology sebagai metodologi penelitian. Penelitian ini mengidentifikasi masalah dan kebutuhan menggunakan metode kualitatif. Masalah yang diidentifikasi dikelompokkan menjadi dua masalah utama, yaitu masalah terkait data gathering dan data retrieval. Berdasarkan masalah-masalah tersebut, penelitian ini mengajukan proposal solusi serta rancangan solusi dari aspek teknis. Melalui rancangan solusi tersebut, penelitian ini berhasil mengimplementasi solusi berupa fitur-fitur data gathering dan data retrieval pada sistem ILUNI12 Channel. Penelitian ini kemudian mengevaluasi solusi dengan melakukan usability testing serta user acceptance testing kepada satu pihak manajemen dan lima orang alumni. Hasil kuesioner system usability scale memiliki nilai rata-rata 85.83 dengan grade scale B. Grade ini menunjukkan bahwa desain dari fitur-fitur yang diimplementasi sudah dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Selain itu, responden penelitian juga menyatakan bahwa fitur-fitur yang diimplementasi sudah dapat memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi.

The Management of the Faculty of Computer Science, University of Indonesia (Fasilkom UI) has a need for a large amount of alumni data. The data required are varied and are intended for various purposes, including the interests of academic accreditation and academic cooperation. Unfortunately, the alumni data stored in the NextGeneration Academic Information System (SIAK-NG) as the main data source are no longer up-to-date and cannot be updated independently by the alumni. To solve this problem, a website-based alumni system called ILUNI12 Channel was developed. However, based on interviews conducted with Management of Fasilkom UI, the current system still has shortcomings and has not been able to meet their needs. Apart from Management of Fasilkom UI, ILUNI Fasilkom UI administrators and alumni themselves also experienced difficulties in obtaining alumni data for their needs. This research is aimed at developing solutions to the problems experienced by using agile methodology as a research methodology. This study identifies problems and needs using qualitative methods. The identified problems are grouped into two main problems, namely problems related to data gathering and data retrieval. Based on these problems, this research proposes a solution proposal as well as a solution design from the technical aspect. Through this solution design, this research succeeded in implementing a solution in the form of data gathering and data retrieval features on the ILUNI12 Channel system. This research then evaluates the solution by conducting usability testing and user acceptance testing on one management and five alumni. The results of the system usability scale questionnaire have an average score of 85.83 with a B grade scale. This grade indicates that the design of the implemented features has been well received by users. In addition, research respondents also stated that the features that were implemented were able to solve the problems at hand."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Hasna Nabila
"Manajemen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) memiliki kebutuhan akan data alumni dalam jumlah yang cukup besar. Data yang dibutuhkan juga beragam dan ditujukan untuk berbagai kepentingan, diantaranya adalah kepentingan akreditasi akademik serta kerja sama akademik. Sayangnya, data alumni yang tersimpan pada Sistem Informasi Akademik NextGeneration (SIAK-NG) sebagai sumber data utama sudah tidak lagi up-to-date dan tidak dapat diperbarui secara mandiri oleh alumni terkait. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebuah sistem alumni berbasis website bernama ILUNI12 Channel dikembangkan. Akan tetapi, berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada Manajemen Fasilkom UI, saat ini sistem masih memiliki kekurangan dan belum dapat memenuhi kebutuhan mereka. Selain Manajemen Fasilkom UI, pengurus ILUNI Fasilkom UI dan para alumni sendiri juga mengalami kesulitan dalam memperoleh data alumni untuk kebutuhan mereka. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan solusi atas permasalahan yang dialami dengan menggunakan agile methodology sebagai metodologi penelitian. Penelitian ini mengidentifikasi masalah dan kebutuhan menggunakan metode kualitatif. Masalah yang diidentifikasi dikelompokkan menjadi dua masalah utama, yaitu masalah terkait data gathering dan data retrieval. Berdasarkan masalah-masalah tersebut, penelitian ini mengajukan proposal solusi serta rancangan solusi dari aspek teknis. Melalui rancangan solusi tersebut, penelitian ini berhasil mengimplementasi solusi berupa fitur-fitur data gathering dan data retrieval pada sistem ILUNI12 Channel. Penelitian ini kemudian mengevaluasi solusi dengan melakukan usability testing serta user acceptance testing kepada satu pihak manajemen dan lima orang alumni. Hasil kuesioner system usability scale memiliki nilai rata-rata 85.83 dengan grade scale B. Grade ini menunjukkan bahwa desain dari fitur-fitur yang diimplementasi sudah dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Selain itu, responden penelitian juga menyatakan bahwa fitur-fitur yang diimplementasi sudah dapat memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi.

The Management of the Faculty of Computer Science, University of Indonesia (Fasilkom UI) has a need for a large amount of alumni data. The data required are varied and are intended for various purposes, including the interests of academic accreditation and academic cooperation. Unfortunately, the alumni data stored in the NextGeneration Academic Information System (SIAK-NG) as the main data source are no longer up-to-date and cannot be updated independently by the alumni. To solve this problem, a website-based alumni system called ILUNI12 Channel was developed. However, based on interviews conducted with Management of Fasilkom UI, the current system still has shortcomings and has not been able to meet their needs. Apart from Management of Fasilkom UI, ILUNI Fasilkom UI administrators and alumni themselves also experienced difficulties in obtaining alumni data for their needs. This research is aimed at developing solutions to the problems experienced by using agile methodology as a research methodology. This study identifies problems and needs using qualitative methods. The identified problems are grouped into two main problems, namely problems related to data gathering and data retrieval. Based on these problems, this research proposes a solution proposal as well as a solution design from the technical aspect. Through this solution design, this research succeeded in implementing a solution in the form of data gathering and data retrieval features on the ILUNI12 Channel system. This research then evaluates the solution by conducting usability testing and user acceptance testing on one management and five alumni. The results of the system usability scale questionnaire have an average score of 85.83 with a B grade scale. This grade indicates that the design of the implemented features has been well received by users. In addition, research respondents also stated that the features that were implemented were able to solve the problems at hand."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Hasna Nabila
"Manajemen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) memiliki kebutuhan akan data alumni dalam jumlah yang cukup besar. Data yang dibutuhkan juga beragam dan ditujukan untuk berbagai kepentingan, diantaranya adalah kepentingan akreditasi akademik serta kerja sama akademik. Sayangnya, data alumni yang tersimpan pada Sistem Informasi Akademik NextGeneration (SIAKNG) sebagai sumber data utama sudah tidak lagi up-to-date dan tidak dapat diperbarui secara mandiri oleh alumni terkait. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebuah sistem alumni berbasis website bernama ILUNI12 Channel dikembangkan. Akan tetapi, berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada Manajemen Fasilkom UI, saat ini sistem masih memiliki kekurangan dan belum dapat memenuhi kebutuhan mereka. Selain Manajemen Fasilkom UI, pengurus ILUNI Fasilkom UI dan para alumni sendiri juga mengalami kesulitan dalam memperoleh data alumni untuk kebutuhan mereka. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan solusi atas permasalahan yang dialami dengan menggunakan agile methodology sebagai metodologi penelitian. Penelitian ini mengidentifikasi masalah dan kebutuhan menggunakan metode kualitatif. Masalah yang diidentifikasi dikelompokkan menjadi dua masalah utama, yaitu masalah terkait data gathering dan data retrieval. Berdasarkan masalah-masalah tersebut, penelitian ini mengajukan proposal solusi serta rancangan solusi dari aspek teknis. Melalui rancangan solusi tersebut, penelitian ini berhasil mengimplementasi solusi berupa fitur-fitur data gathering dan data retrieval pada sistem ILUNI12 Channel. Penelitian ini kemudian mengevaluasi solusi dengan melakukan usability testing serta user acceptance testing kepada satu pihak manajemen dan lima orang alumni. Hasil kuesioner system usability scale memiliki nilai rata-rata 85.83 dengan grade scale B. Grade ini menunjukkan bahwa desain dari fitur-fitur yang diimplementasi sudah dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Selain itu, responden penelitian juga menyatakan bahwa fitur-fitur yang diimplementasi sudah dapat memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi.

The Management of the Faculty of Computer Science, University of Indonesia (Fasilkom UI) has a need for a large amount of alumni data. The data required are varied and are intended for various purposes, including the interests of academic accreditation and academic cooperation. Unfortunately, the alumni data stored in the NextGeneration Academic Information System (SIAK-NG) as the main data source are no longer up-to-date and cannot be updated independently by the alumni. To solve this problem, a website-based alumni system called ILUNI12 Channel was developed. However, based on interviews conducted with Management of Fasilkom UI, the current system still has shortcomings and has not been able to meet their needs. Apart from Management of Fasilkom UI, ILUNI Fasilkom UI administrators and alumni themselves also experienced difficulties in obtaining alumni data for their needs. This research is aimed at developing solutions to the problems experienced by using agile methodology as a research methodology. This study identifies problems and needs using qualitative methods. The identified problems are grouped into two main problems, namely problems related to data gathering and data retrieval. Based on these problems, this research proposes a solution proposal as well as a solution design from the technical aspect. Through this solution design, this research succeeded in implementing a solution in the form of data gathering and data retrieval features on the ILUNI12 Channel system. This research then evaluates the solution by conducting usability testing and user acceptance testing on one management and five alumni. The results of the system usability scale questionnaire have an average score of 85.83 with a B grade scale. This grade indicates that the design of the implemented features has been well received by users. In addition, research respondents also stated that the features that were implemented were able to solve the problems at hand."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Prasetya Adhi
"Kemajuan dalam bidang Telekomunikasi dan Informatika (Telematika) tidak terbendung lagi. Kehadirannya mampu menyajikan berbagai informasi dan data baik dari media cetak, media visual, media suara maupun perpaduan diantaranya. Web merupakan media yang dapat mencapai berbagai lapisan pengguna yang heterogen. Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang dapat menyajikan sesuai dengan keinginan pengguna tersebut. Semantic Web merupakan teknologi yang dapat digunakan mempermudah akses informasi. Teknologi Semantic Web memiliki berbagai framework untuk penanganan dan penyimpanan dalam data store, karena dengan framework dapat diketahui kerangka kerja dari sistem yang ada. Adapun beberapa framework antara lain Jena, Kowari dan Sesame. Dalam penelitian ini penulis membuat ontologi data publikasi, merancang basis pengetahuan data publikasi menggunakan RDBMS dan Semantic Web. Setelah basis pengetahuan dirancang untuk selanjutnya dibandingkan. Selain itu basis pengetahuan data publikasi Semantic Web yang sudah terbentuk dibandingkan menggunakan framework yang dapat menangani store RDF antara lain Jena, Kowari dan Sesame untuk dilihat dari segi efisiensi. Merancang terintegrasi antara Semantic Web yang berbasis RDF dengan sistem yang berbasis Relational Database Management System (RDBMS).

Advances in Telecommunications and Information Technology (ICT) are unstoppable. Their existence is able to present a large variety of information, data and print media, visual media, sound media and their combination. Web is a media that can achieve different layers of heterogeneous users. Therefore we need a system that can be presented in accordance with the users’ needs. Semantic Web is a technology that can be used to access information. Semantic Web technology has different frameworks for handling and storage of data. The framework of the existing system can be learned from the various frameworks, such us Jena, Sesame and Kowari. In this study the author has developed an ontology and designed a knowledge base of publication data using RDBMS and Semantic Web. The knowledge base was compared using a framework that can handle RDF stores such as Jena, Sesame and Kowari in order to see in terms of efficiency. Create integrated between the RDF-based Semantic Web-based system and Relational Database Management System (RDBMS)."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arvin Christian
"ABSTRAK
Salah satu hal yang dibutuhkan user dalam memudahkan melakukan adalah dengan menggunakan mesin pencarian atau yang disebut search engine. Search engine didesain agar dapat membantu pengguna dalam melakukan pencarian data. Fitur yang dapat digunakan dalam membantu pencarian data adalah Text Suggestion dan Text Correction. Text Suggestion dapat membantu pengguna dalam memperkirakan keyword apa yang akan ditulis untuk menemukan data yang paling sesuai. Text Correction adalah fitur untuk memperbaiki kesalahan penulisan, sehingga diharapkan dapat memperbaiki hasil pencarian. Levenshtein Distance, dapat digunakan untuk fitur Text Suggestion dan Correction dengan menghitung maksimum LD dengan variasi range dari satu sampai lima. Tujuan penelitian ini adalah menguji keakuratan Levenshtein Distance dalam membuat sistem Text Suggestion dan Text Correction. Metode yang digunakan adalah dengan menghitung tingkat kemiripan keyword dengan daftar referensi yang ada pada basis data, dan mengambil kata tersebut untuk dijadikan sebagai text suggestion maupun text correction. Dari hasil penelitian ini, akan didapatkan bahwa sebuah batasan maksimum Levenshtein Cost dapat mempengaruhi keakuratan hasil text correction dan text suggestion. Maksimum LD juga berpengaruh pada performa waktu baik pada Text suggestion dan Text Correction, dengan eksekusi waktu Text Correction lebih cepat dibanding Text Suggestion.Nilai maksimum LD yang optimal adalah dua atau tiga.

ABSTRACT
One of the things required by the user in facilitating the search for data contained on the internet is to use a search engine or so-called search engines. Search engines must also be designed in order to assist users in searching data. Features that can be used in assisting data retrieval are Text Suggestion and Text Correction. Text Suggestion can help users in predicting what keywords will be written to find the most appropriate data. Text Correction is a feature to correct writing errors, so it is expected to improve search results. By utilizing Levenshtein Distance, it can be used for Text Suggestion feature by calculating maximum LD with variation range from one to five. The purpose of this research is to test the accuracy of Levenshtein Distance algorithm in making Text Suggestion and Text Correction system. The method used is to calculate the level of similarity of the keyword with a list of references in the database, and take the word to be used as a text suggestion or text correction. From the results of this study, it will be found that a maximum limit Levenshtein Cost can affect the accuracy of the results of text correction and text suggestion.The optimum of Maximum LD is two or three."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>