Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159474 dokumen yang sesuai dengan query
cover
H.M.A. Tihami
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan pada masih lekatnya sebutan kyai dan jawara sebagai pemimpin bagi orang Banten. Beberapa literatur yang ditulis oleh orang Belanda, seperti Meijer (1949) den Loze (1933), dan yang ditulis oleh orang Indonesia, seperti Sartono Kartodirdjo (1966) dan A. Hamid (1987), memperlihatkan bahwa kedua pemimpin tersebut telah berpengaruh sejak zaman penjajahan Belanda. Bahkan dalam cerita rakyat dikatakan, kedua pemimpin tersebut ada sejak zaman kesultanan Banten yang pertama (kira-kira pada abad ke-16).
Keberadaannya yang sudah lama, dan tetap sampai sekarang, menunjukkan betapa lestarinya kedua pemimpin tersebut. Kelestarian inilah yang menjadi pendorong untuk segera dicaritahu mengapa-nya. Kemudian dipilihlah desa Pasanggrahan sebagai lokasi penelitian, karena di desa ini pernah ada kyai (meninggal tahun 1985) pendiri Satuan Karya Ulama Indonesia dan ada jawara pendiri Persatuan Pendekar Persilatan Banten. Dalam struktur organisasi Satuan Karya (Satkar) Ulama itu terdapat Departemen Pemuda dan Pendekar, yang berarti sebagai isyarat adanya kesatuan antara kyai (ulama) dan jawara (pendekar).
Kelestarian kyai dan jawara dalam kepemimpinan masyarakat diduga mempunyai kaitan dengan keseluruhan pengetahuan masyarakat tentang agama dan magi yang diacunya. Kepemimpinan kyai tentu berkaitan dengan agama; dan kepemimpinan jawara tentu berkaitan dengan magi, sebab magi menjanjikan kekuatan yang dibutuhkan oleh jawara.
Untuk memperoleh jawaban dari mesalah tersebut dilakukanlah pendekatan struktural fungsional, yaitu pendekatan yang memandang sistem-sistem sosial budaya yang menekankan bahwa struktur-struktur yang diamati itu menunjukkan fungsi-fungsi dalam suatu struktur tertentu. Artinya, elemen-elemen dalam suatu struktur terjalin dalam suatu jaringan sistem. Dan setiap elemen terdiri dari elemen-elemen yang lebih kecil yang juga terjalin dalam suatu jaringan sistem. Dalam hal ini, agama dan magi dipandang sebagai elemen-elemen yang satu sama lain saling memberi dan menerima sumbangan, sehingga elemen-elemen tersebut terjaring dalam satu jaringan sistem (sistem budaya).
Kemudian, berdasarkan teori aksi (theory of action) menurut Talcott Parsons, hubungan sistem tersebut diturunken pada sistem sosial yang ternyata diperlihatkan oleh perilaku kepemimpinan kiyai dan jawara. Jadi sistem sosial (perilaku kepemimpinan) ini ternyata ditentukan oleh sistem budaya; namun juga sistem sosial mempengaruhi sistem budaya. Hubungan antara sistem budaya dan sistem sosial ini disebut dengan hubungan sibernetik. Jadi kelestarian kepemimpinan kiyai dan jawara itu disebabkan karena perilaku keduanya dalam kepemimpinan, masing-masing merupakan elemen dalam sistem sosial yang mempunyai hubungan sibernetik dengan agama dan magi dalam sistem budaya. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Artining Anggorodi
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1986
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tommy Langgeng Abimanyu
"The location of Cilongok subdistrict, which is under Banyumas Regency, is quite far from the area of the spread of Sunda ethnic group. However, in Cilongok subdistrict there are names of villages that originated fromSundanese name, such as Cikidang, Cilongok, and Cipete. “Ci”, which means water or river, is a Sundanese generic name that becomes the characteristic of toponym. In addition, there are facts that indicate there were ethnic migrations. In a number of areasin West Java there are places that have the same names with that of in Banten. The purpose of this research is to describe characteristics of village toponyms in Sub Cilongok and to find out the factors that influence the characteristics. Using spatial approach, this qualitative research studied 20 villages located in Cilongok sub-district. The data were collected from library research, observations, interviews, and related documents.The data were examined using spatial pattern analysis. The results of this study indicate that the village toponyms in Cilongok sub-district were influenced by physico-natural, physico-artificial, and non physico-artificial phenomena. The village toponyms in Cilongok sub-district is the result of assimilation of Sundanese and Javanese cultures."
Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya D.I. Yogyakarta, 2018
400 JANTRA 13:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Gultom, Hanna Marintan
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1986
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joesana Tjahjani
"Multiculturalism as a way to view and respect differences is as a solidarity expression concerning minority. Each country has its own typical multicultural experience and practice. This essay is to describe how Franches have viewed the incoming immigrants as a minority group in France. The French historical perspectives of the Middle Ages, two of which are the societal group formation and the Declaration of Human Rights and Citizenship as the result of French Revolution in 1789 have great influence on the French mind set, including their way considering the immigrants. In line with it, the debates referring the concept of multiculturalism have been going on. The last part of the article elucidates the multicultural representation of the cultural identities in French cinemas and music with various ethnics, religions and cultures, including appearing stereotypes of the immigrants."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2007
JKWE-3-3-2007-68
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Rita Maria
"Indonesian society is multicultural and multilingual. Dialects in Indonesia have a lot of indigenous concepts, which are important for the nation building. In a multilingual society, language contact means that languages with small repertoire can be dominated by languages with larger repertoire (Romaine 2000). The Batak Toba language has concepts about egalitarianism, transparency and harmonizes relation between human being and environment. Most of young Batak Toba generation, who were born and who are living in Jakarta do not speak well Batak Toba language. There is a language shift among them, although they do not speak Batak Toba language, they still master the world views of Batak Toba culture."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
907 PJKB 7:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Mochtar, 1922-2004
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1993
959.8 LUB b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jones, Tod
Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2015
320.959 8 JON k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"In the area of Padang Lawas, there are many biaros as the archaeological remains, especially along DAS Barumun and DAS Batang Pane. The existence of various remains in the region due to the availability of natural resources needed by human to his life. Various existing natural resources are exploited by people with supported by its own technology."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Belinda Dewi Regina
"ABSTRAK
Jenny Lee merupakan keramikus perempuan sekaligus pendidik seni keramik yang berasal dari Surabaya. Jenny Lee sering mengikuti pameran tunggal maupun bersama. Keunikan dari karya keramik Jenny Lee adalah terletak dari konsep dan gaya keramik yang dimiliki. Kepandaian Jenny Lee dalam berkeramik menjadikan dia sebagai dosen DKV mata kuliah art and craft dan interior di Universitas Ciputra. Fokus penelitian ini (1) latar belakang kehidupan Jenny Lee sebagai keramikus dan pendidik seni keramik di Sura- baya. (2) peran dan kontribusi Jenny Lee sebagai keramikus. (3) peran dan kontribusi Jenny Lee sebagai pendidik seni keramik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) latar belakang kehidupan Jenny Lee sebagai keramikus dan pendidik seni keramik di Surabaya. (2) peran dan kontribusi Jenny Lee sebagai keramikus. (3) peran dan kontribusi Jenny Lee sebagai pendidik seni keramik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan life history. Kajian teorinya menggunakan agen perubahan sosial. Lokasi penelitian ini di kediaman Jenny Lee tepatnya di daerah Kedurus gang IV/A, studio Keramik Jenny Lee tepatnya di jalan Laban Kulon gang 1 dan di Universitas Ciputra. Pengumpulan data ini melalui observasi, dokumentasi, wawancara. Temuan hasil penelitian ini berisi tentang kehidupan seorang Jenny Lee sebagai perempuan, keramikus dan pendidik seni keramik. Hal tersebut menjadikan ciri khas bagi Jenny Lee yang tidak dimiliki oleh seniman lain di Surabaya. Perempuan Tionghoa yang memiliki bakat berkeramik secara otodidak ini mampu membuat Jenny Lee dikenal sebagai salah satu seniman keramik di Indonesia yang menghasilkan karya-karya repro dengan mengkombinasikan budaya Indonesia dan Tionghoa. Teknik pembuatan keramik Jenny Lee menggunakan teknik pinch dan cetak sedangkan keeksistensian Jenny Lee sebagai seorang keramikus di Surabaya kurang begitu berkembang hingga akhirnya Jenny Lee memilih untuk menjadi seorang pendidik karena dengan mendidik akan mendapatkan income dan dapat mengenalkan serta menyalurkan bakat keramik yang dia miliki bagi masyarakat dan generasi muda yang membutuhkan referensi penelitian. Selain mendidik, Jenny Lee juga sebagai narasumber dalam workshop. Model pembelajaran Jenny Lee menggunakan pendekatan studio dengan mengajak mahasiswa untuk melakukan proses berkarya keramik dalam studio."
Denpasar: Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar, 2017
300 MUDRA 32:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>