Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6760 dokumen yang sesuai dengan query
cover
London: Overseas Students Trust , 1987
371.82 OVE n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
San Francisco: Jossey-Bass , 1991
371.8 EVA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rahayu Hardita Dwi Widyanti
"Tesis ini bertujuan untuk menganalisis respon yang ditunjukkan oleh HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) terhadap kebijakan Orde Baru yang bersentuhan langsung dengan mahasiswa selama kurun waktu 1978-1986. Penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan pendekatan struktural untuk menganalisis hal-hal yang mempengaruhi dinamika yang terjadi dalam tubuh HMI. dalam kurun waktu 1978-1986, HMI mengalami berbagai perubahan mulai dari bentuk gerakan hingga munculnya HMI MPO (Majelis Penyelamat Organisasi). Hasil Penelitian menunjukkan selain Kebijakan pemerintah, karakter berpikir kader HMI yang dipengaruhi oleh NDP (Nilai Dasar perjuangan) yang merupakan buku saku kader HMI, memiliki pengaruh yang cukup besar dalam dinamika yang terjadi dalam tubuh HMI. keterikatan kader HMI terhadap NDP pula yang mndorong HMI untuk bersikap adaptif terhadap kebijakan pemerintah Orde Baru

This thesis aims to analyze the response shown by HMI (Islamic Student Association) to the New Order policy which was in direct contact with students during the 1978-1986 period. This study uses historical methods with a struktural approach to analyze things that affect the dynamics that occur in the body of the HMI. During the period 1978-1986, HMI underwent various changes ranging from the form of the movement to the emergence of the HMI MPO (Organization Rescue Council).
The results showed that apart from government policy, the thinking character of HMI cadres which is influenced by the NDP (Basic Value of struggle) which is the pocket book of HMI cadres, has a considerable influence on the dynamics that occur within the HMI body. The attachment of HMI cadres to the NDP also motivated HMI to be adaptive to the policies of the New Order government
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Futri Eka Maghpirah
"ABSTRAK
Diskusi tentang seni selama ini selalu ditempatkan pada sisi kebebasan dan tanpa adanya struktur dan aturan-aturan birokrasi. Selain ruang yang bebas, individu atau personal juga dilihat sebagai satu-satunya sumber dari keberadaan suatu karya seni. Berdasarkan hasil penelitian di Kampus Seni Jakarta yang dilakukan dengan metode etnografi selama kurang lebih 3 bulan, kreativitas mahasiswa seni sebagai pelaku seni tidak lagi hanya muncul pada kegiatan di luar kampus saja dan juga dalam proses kreatif tersebut individu selalu berelasi dengan individu atau kelompok sosial lain. Tesis ini memaparkan karya-karya seni yang merupakan bentuk ekspresi dari pengalaman hidup pelaku seni. Para pelaku kemudian menyelaraskan pengalaman-pengalaman yang terdapat dalam setiap masa di kehidupan dengan apa yang dialami pada saat ini. Keselarasan tersebut kemudian menjadi bekal pelaku seni untuk berkreativitas. Proses kreatif yang dilakukan di kampus dan di luar kampus membuat mahasiswa seni sebagai pelaku seni berusaha untuk menemukan ruang berekspresi demi memenuhi kebutuhan akan otonomi diri. Jadi, dalam konteks mahasiswa seni ini, kreativitas bisa hadir ketika individu mampu menyelaraskan pengalaman-pengalamannya dan berinkorporasi dengan masyarakat sosialnya.

ABSTRACT
Discussions about the arts have always been placed on the side of freedom or without the existence of bureaucratic rules. In addition to freedom, individuality are also seen as the only source of the existence of the art work. Based on the results of research in Jakarta Art Campus conducted by ethnography method for approximately 3 months, the creativity of art students as the artists no longer only appear on campus only and also in the creative process individuals always relate to the others. This thesis explains the art work which is a form of expression from the artist rsquo s life experience.The experiences that exist in each lifetime are harmonized with what is experienced today. The harmonization of experience is a provision of creativity of the artist. The creative process undertaken on campus and outside of the campus makes art students as artists trying to find a space of expression to fulfill the need for self aoutonomy. Thus, in the context of this art student, creativity can be present when the individual is able to harmonize her experiences and incorporate with her social community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T50011
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akmal Permatasari
"Tesis ini membahas tentang resosialisasi pentolan tawuran pelajar menjadi agen perdamaian yang dilakukan oleh organisasi CERIC FISIP UI sebagai salah satu upaya untuk menangani konflik tawuran pelajar di Jakarta. Konflik tawuran pelajar di Jakarta merupakan salah satu bentuk permasalahan sosial di Jakarta. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menangani konflik tersebut namun belum ada yang melakukan dengan cara resosialisasi. Berdasarkan kajian terdahulu diketahui bahwa konsep resosialisasi digunakan untuk menangani permasalahan terhadap pecandu narkotika ataupun terhadap Pekerja Seks Komersial (PSK). Oleh karena itu pada penelitian kali akan dilihat bagaimana resosialisasi digunakan oleh organisasi CERIC FISIP UI untuk menangani permasalahan tawuran pelajar di Jakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitaif dengan jenis studi kasus agar dapat mendapatkan gambaran cara organisasi CERIC FISIP UI dalam melakukan resosialisasi terhadap pentolan tawuran pelajar. Sumbangan yang dapat diberikan dari penelitian ini yaitu bahwa upaya untuk menangani permasalahan tawuran pelajar bukan hanya dapat dilakukan oleh pemerintah atau aparat hukumnya namun dapat dilakukan oleh organisasi non pemerintah seperti CERIC FISIP UI yang memang berfokus pada upaya resolusi konflik. Selain itu, konsep sosiologis resosialisasi dapat digunakan untuk menjadi salah satu alternatif cara untuk menangani permasalahan tawuran pelajar di Jakarta.

The thesis discusses the resocialization frontman student brawls become agents of peace conducted by the CERIC FISIP UI organizations as one way to handle conflict student brawls in Jakarta. Conflict student brawls in Jakarta is one form of social problems in Jakarta. Various attempts have been made to solve the conflict, but no one has done by way of resocialization. Based on previous studies it is known that the concept of resocialization used to deal with the problems of the drug addicts or against commercial sex workers (CSWs). But no one has used this sociological concept to handle student brawls. Therefore, the study will look at how resocialization used by CERIC FISIP UI Organization to handle the problem of student brawls in Jakarta.
This research was conducted with Qualitative approach to the type of case studies in order to get an idea of how the CERIC FISIP UI organization in doing resocialization against frontman student brawls. Contributions can be given of this study is that efforts to choice the problems brawl students not only can be done by the government or legal authorities, but can be done by non-governmental organizations such as CERIC FISIP UI that is focused on conflict resolution. In addition, the concept of sociological resocialization can be used to be an alternative way to deal with problems in Jakarta student brawls.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2014
T43123
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ryan Pradipta Surjadi
"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai hubungan antara regulasi diri untuk belajar dengan pengambilan keputusan karir pada mahasiswa semester akhir. Pengukuran regulasi diri untuk belajar menggunakan alat ukur Self-regulated Learning Interview Schedule Questionnaire (SRLIS-Q) yang disusun oleh Zimmerman dan Pons (1988) serta diperbaharui oleh Purdie dan Hattie (1996) dan pengukuran pengambilan keputusan karir menggunakan alat ukur Career Decision-Making Difficulties (CDDQ; Gati, Krausz & Osipow, 1996). Partisipan berjumlah 122 mahasiswa Universitas Indonesia yang memiliki karakteristik sebagai mahasiswa semester akhir.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara regulasi diri untuk belajar dengan pengambilan keputusan karir pada mahasiswa (r = 0.345; p = 0.000, signifikan pada L.o.S 0.01). Artinya, semakin tinggi regulasi diri untuk belajar yang dimiliki seseorang, maka semakin tinggi kemampuan pengambilan keputusan karir. Berdasarkan hasil tersebut, mahasiswa perlu diberikan intervensi sedini mungkin mengenai regulasi diri untuk belajar, sebagai salah satu faktor yang dapat meningkatkan pengambilan keputusan karir.

This research was conducted to find the correlation between self-regulated learning with career decision-making among college students. Self-regulated learning was measured using an instrument named Self-regulated Learning Interview Schedule Questionnaire (SRLIS-Q) made by Zimmerman and Pons (1988) which later was modified by Purdie and Hattie (1996) other hand career decision-making was measured using a modification instrument named Career Decision-Making Difficulties (CDDQ) which was developed by Gati, Krausz & Osipow (1996). Participants of this research were 122 senior year undergraduate student of Universitas Indonesia.
The main result of this research shows that self- regulated learning positively correlated significantly with career decision-making (r = 0.345; p = 0.000, significant at L.o.S 0.01). Thus this research conclusion is the higher self-regulated learning prossess, means higher capability of their career decision-making. Based on research results, individual needs to intervene student early in the self-regulated learning early in effort of constructing their career decision-making.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S46564
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sifatu, Wa Ode
"ABSTRAK
Fenomena tawuran yang telah menjadi pola di Kampus Perak, mendorong penulis untuk mencari akar masalah melalui pendekatan kebudayaan dengan metode etnografi. Penelitian menggunakan paradigma/teori Foucault, Giddens, dan Bourdieu tentang kekuasaan, dapat mengungkapkan akar tawuran.
Mahasiswa di Kampus Perak merepresentasikan masyarakat Sultra yang tidak memiliki kebudayaan dominan mengakibatkan perebutan sumber-sumber kekuasaan dan ekonomi sangat ketat dan berpotensi konflik. Kesejarahan membentuk pengelompokan berdasarkan etnis. Kelompok dominan merendahkan kelompok marginal disebut barata, sebaliknya kaum marginal menolak, merupakan cermin gejala umum dalam masyarakat yang lebih luas. Keterampilan bela diri silat yang semestinya untuk melindungi keamanan dan keselamatan diri, sebaliknya digunakan untuk tawuran telah menjadi kebudayaan para pelaku dan orang-orang yang mengambil keuntungan. Mahasiswa pemenang tawuran mendapatkan kans yang besar menuju posisi sebagai pemimpin kelompok, pemimpin organisasi, hingga birokrat. Dana operasional tawuran bersumber dari tokoh-tokoh Bapak atau Ibu sosial disebut Dalang untuk mendapatkan Pasukan Tertutup (Pastup) sebagai pelindung dan penjaga keselamatan ketika berkontestasi atau mempertahankan kedudukan di birokrasi. Cara tersebut bertentangan dengan kearifan lokal masyarakat yaitu pola pikir kaghati (layang-layang) dan pola tindak toba (proses belajar tindakan) manusia sebagai bagian dari alam semesta. Mahasiswa dari kelompok etnis sub-ordinat atau kaum marginal harus berjuang secara berkelompok dan berkoalisi untuk mendapat kesetaraan dan diperhitungkan. Upaya birokrat Kampus Perak mengatasi tawuran antar kelompok mahasiswa selama ini melalui pendekatan hukum dan dialog antar tokoh masyarakat tidak efektif, tetapi justru menaikkan popularitas individu bermakna sebagai pejuang dan solider kelompok.
Melalui proses penelitian, ditemukan kelompok mahasiswa Kaghati-Toba melawan kelompok Dalang-Barata sebagai ide budaya yang ajeg bersifat being, menggunakan tiga ujung kemampuan yaitu ujung lidah, ujung penis, dan ujung badik sebagai wujud budaya yang cair dan bersifat becoming. Dalam pardigma kekuasaan Foucault, Giddens, dan Bourdieu, bila penggunaan kekerasan akan menyakiti pikiran, sedangkan tawuran mengintervensi pikiran dan menyakiti tubuh atau fisik.

ABSTRACT
The phenomenon of engage in a gang fight which has become a pattern in Kampus Perak, to drive the writer to look for the problems root through cultural approach by ethnography method. This research used paradigms or theories of Foucault, Giddens, and Bourdieu?s power, which express the root of engage in a gang fight.
The students from sub-ordinate ethnic or marginal of social community have to struggle as groups and coalitions to have equality and accounted in Kampus Perak are representation Southeast Sulawesi communities which have not dominant cultures have consequences of power resources and economic fighting too tight and having conflict potentials. The students historical in Kampus Perak formed groups based on ethnicity. The dominant group lowered barata as the marginal groups, in turned over the marginal groups refuse as the mirror of general indication in the larger community. Silat as a self-defense skill to save the security and safe, in turned over uses the need to engage in a gang fight had become a culture of doers and people who take advantages. The winner student of the engage in a gang fight has big chance ahead to the position as group leader, organization, and bureaucrat. The operational fund resource of engaging in a gang fight from prominent figures of Social Fathers or Mothers mentioned as Dalang for having courage troops as safety protectors and guards whenever contestation or to defense position in bureaucracy. This method is in contradiction with community local values such as kaghati mind patterns (kites) and toba action patterns (action learning patterns) of humans as parts of universe. The efforts of Kampus Perak bureaucrat contend of engage in gang fight of the students so far through law and dialogue approaches un effective, but exactly cause individual popularity significant as freedom fighter and group solidarity.
Through the research process, found that the kaghati-toba against Dalangbarata as the culture idea which stable and characterized as ?being?, utilized the three capabilities as tongue, penis, and badik as the implementation of culture which melt and characterized ?becoming?. In the power paradigm of Foucault, Giddens, and Bourdieu, if using the violence will hurt the mind, while the fighting, beside will be intervention the mind, will be hurt the physic or body.
"
2013
D1404
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Amarullah
"Latar Belakang: Seorang dokter umum diharapkan mampu melakukan tindakan medis pada kedaruratan. Pada kondisi seperti resusitasi jantung paru, manajemen jalan nafas merupakan salah satu prioritas. Intubasi memiliki angka kegagalan tinggi bila dilakukan oleh bukan dokter anestesiologi. Sungkup laring (SL) sebagai alternatif manajemen jalan nafas memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), mahasiswa diharapkan mampu melakukan pemasangan SL pada pasien. Untuk mencapainya, Departemen Anestesiologi dan Intensive Care FKUI melakukan pengajaran rutin. Metode pengajaran yang direkomendasikan untuk pengajaran prosedur medis seperti pemasangan SL adalah metode empat langkah pengajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan hasil pengajaran pemasangan SL oleh mahasiswa kedokteran yang mendapat metode empat langkah pengajaran dengan pengajaran rutin pada pasien dewasa yang menjalani anestesia umum di RSCM.
Metode: Penelitian ini adalah uji klinik Randomized Controlled Trial (RCT), dilakukan secara terbuka (tidak tersamar). Subyek dilakukan randomisasi untuk menentukan metode pengajaran pemasangan SL pada manikin yang akan diterima. Setelah menerima pengajaran, subyek melakukan pemasangan SL pada pasien dewasa yang menjalani anestesia umum. Keberhasilan pengajaran dinilai dari pengembangan dada pasien ketika dilakukan ventilasi, jumlah upaya pemasangan, serta nilai seal pressure.
Hasil: Sebanyak 46 subyek di awal penelitian, 3 orang masuk kepada kriteria pengeluaran. 43 subyek penelitian yang melakukan pemasangan SL pada pasien kemudian dianalisis. Pengembangan dada pasien ketika diventilasi didapatkan pada semua pasien di kedua kelompok. Kelompok metode empat langkah pengajaran membutuhkan jumlah upaya yang lebih sedikit, dan menghasilkan seal pressure yang lebih tinggi dibanding kelompok yang mendapatkan pengajaran rutin.
Kesimpulan: Hasil pengajaran pemasangan SL oleh mahasiswa kedokteran yang mendapat metode empat langkah pengajaran lebih baik dibandingkan dengan pengajaran rutin.

Background: A general physician is expected to perform medical procedures in emergency situations. in cardiopulmonary resuscitation, airway management is one of the priorities. Intubation has high failure rate when performed by non-anesthesiologist. Laryngeal mask (LM) as an alternative airway management has high success rate. In Faculty of Medicine University of Indonesia (FMUI), students are expected to perform the insertion of LM to patients. To achieve it, Department of Anesthesiology and Intensive Care FMUI perform regular teaching method. Teaching method that is recommended for teaching medical procedures such as the insertion of LM is a four stage teaching method. This study aims to compare the results of teaching LM insertion by medical students who get a four stage teaching method with regular teaching in adult patients undergoing general anesthesia in RSCM.
Study design: 46 subjects were included in the inclusion criteria for randomization to determine the insertion of LM teaching methods that will be accepted on a mannequin. After this course, every subject inserts LM in adult patients undergoing general anesthesia. The success of the teaching is assessed by the rising of patient's chest when ventilated, a number of attempts, and seal pressure.
Results: By 46 subjects in the initial study, 3 subjects have to exclude from this study. Then, the rest subjects inserting LM on patients are analyzed. The results of the study in both groups obtain 100% the rising of patient's chest when ventilated. Four stage teaching method's group requires less number of attempts than another and the shows higher in seal pressure than receiving regular teaching's group.
Conclusion: The result of the teaching LM insertion by medical students who get the four stage teaching method is better than the regular teaching method.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Keishi Nagi; ; ;
Tokyo: Bungei Shunju, 1993
JPN 895.63 NAG i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>