Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 151997 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Made Armaja
"Dengan meningkatnya pembagunan naaional dibidang jasa konstruksi, baik volume, jenis kegiatannya dan penyebarannya di era globalisasi yang kompetitif semakin memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM), Manajer Proyek yang terampil dan profesional, baik dari segi teknologi, terlebih lagi dari segi manajerial, Sedangkan di Indonesia pada saat ini penyediaan Manajer Proyek yang terampil dan profesional secara umum belum mengisi permintaan pertumbuhan di sektor ini. Hal ini dapat berakibat pada kurangnya produktivitas, efisiensi dan daya saing para kontraktor nasional baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
Untuk mengatasi masalah kekurangan Manajer Proyek yang terampil dan profesional, maka diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dari pihak pemerintah maupun dari pihak pengusaba konstruksi untuk meningkatkan iklim profesionalisme di dunia konstruksi di Indonesia melalui jalur pendidkan dan pelatihan.
Melihat begini pentingnya kedudukan Manajer Proyek, seperti yang telah disebutkan diatas maka perlu kiranya menganalisa keterlibatan kerja Manajer Proyek pada proyek konstruksi yang ada di Indonesia.
Data proyek diambil dengan cara menyebarkan kuesioner dengan menghubungi Manajer Proyek yang ada di Jabotabek dan variabel-variabelnya diberi bobot nilai, kemudian diolah datanya dengan korelasi dan regresi berganda.
Dari hasil pengolahan data yang kemudian dianalisa, ternyata hasil hubungan kinerja waktu penyelesaian proyek dengan variabel penempatan orang yang tepat, penentuan lingkup kerja dan penentuan change order sangat berpengaruh pada peningkatan kinerja proyek konstruksi gedung bertingkat di Jabotabek.
Peran Manajer Proyek konstruksi dalam menambah kualitas pengendalian, berdasarkan keterlibataanya ditentukan oleh kemampuannya dalam menentukan personil yang tepat dalam melaksanakan konstruksi, ini dapat dilihat dari nilai korelasi yang tinggi (0,760) antara penempatan orang yang tepat dengan Kinerja waklu penyelesaian proyek konstruksi gedung bertingkat di Jabotabek.
Keterlibatan Manajer Proyek dalam pengendalian proyek konstruksi memiliki korelasi yang positif dengan kinerja waktu proyek. Hubungan tersebut merupakan hubungan yang bersifat liner penjumlahan Variabel-variabel kualitas keterlibatan Manajer Proyek, yaitu penentuan lingkup kerja, penentuan change order dan penempatan orang yang tepat memiliki pengaruh positif yang paling besar terhadap peningkatan kinerja proyek. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas keterlibatan Manajer Proyek dalam proses pengendalian konatruksi akan meningkatkan kinerja waktu penyelesaian."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmi Yanita
"Idle time pekerja pada pelaksanaan konstruksi proyek gedung bertingkat, perlu dikendalikan secara cermat oleh tim Manajemen Konstruksi. Karena adanya idle time peker ja dalam pelaksanaan proyek, akan mempengaruhi produktvitas kerja para pekerja dan efektivitas penggunaan dana proyek. Mengingat hal tersebut, maka dilakukan kaitan tentang pengendalian idle time pekerja yang terkandung dalam rencana jadwal pelaksanaan pekerjaan repelitif lantai tipikal dari gedung bertingkat di Jaborabek. Meneliti potensi peranan idle time pekerja dalam meningkatkan kinerja proyek kontrusi (Project Performance).
Penelitian ini menggunakan kelebihana teknik penjadwalan linier: Repretitive Project Modeling (RPM) untuk proyek dengan kegiatan repetitif dan teknik penjadwalan konvensional (Bar Chart &CPM) sebagai instrumen pengendalian idle time pekerja.
Kajian terhadap jumlah idle time pekerja, durasi, dan biaya total lantai tipikal serta analisis tampilan jadwal yang diahsilkan dari kedua model teknik penjadwalan tersebut telah memberi gambaran perihal fungsi dan peran dari idle time proyek dalam tahap pelaksanaan kosntruksi.
Penelitian terhadap 8proyek gedung bertingkat di jabodetabek menggambarkan bahwa potensi peningkatan kinerja proyek pada 5 proyek dapat dicapai melalui pengurangan idle time dengan teknik penjadwalan RPM. sedangkan proyek lainnya, teknik penjadwalan RPM maupun konvesional terbukti menghasilkan jumlah idle time yang sama. adanya sifat ketergantungan antar kegiatan yang khas pada penjadwalan pekerjaan portal beton, mengakibatkan durasi kegiatan sulit dibaca secara tepat pada diagram RPM. Sehingga sebaiknya ,odel RPM siapkai sebagai pelengkap model konvesional.
Hasil akhir prnrlitian menggambarkan pula bahwa potensi penurunan biaya proyek (dalam % biaya penghematan terhadap baiya total proyek) pada 8 proyek tersebut berkolerasi secara non linir 89,58% dengan pengendalian idle time (dalam % penurunan idle time dengan RPM terhdap total idle time proyek dengan CPM )"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gultom, Ferdinand
"Semakin ketatnya persaingan antar perusahaan konstruksi terutama menjelang AFTA 2003, dan semakin berkembangnya metode konstruksi yang antara lain mendorong penggunaan alat angkat yang lebih intensif, serta pelajaran dari pengalaman-pengalaman proyek di masa lalu mendorong para pelaku konstruksi nasional semakin memperbaiki diri terutama dalam menerapkan manajemen konstruksi antara lain manajemen peralatan dalam pelaksanaan proyek.
Tower crane (TC) sebagai alat angkat utama yang digunakan dalam banyak proyek bangunan bertingkat sangat penting karena banyaknya aktivitas konstruksi yang bergantung pada suplai material yang diangkat oleh TC terutama dari dan ke level ketinggian yang berbeda serta jarak yang cukup jauh. Sehubungan dengan itu maka sebagai bagian dari manajemen peralatan, diperlukan penelitian mengenai manajemen TC pada proyek-proyek yang menggunakannya.
Penelitian ini dilakukan untuk mencari pengaruh manajemen operasi dan pemeliharaan peralatan tower crane tipe static base - hammer head (tipe yang digunakan mayoritas proyek-peroyek bangunan bertingkat di Jabotabek) terhadap kinerja waktu pelaksanaan proyek konstruksi bangunan bertingkat di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Lingkup manajemen TC (yang merupakan bagian dari manajemen peralatan seperti aktivitas seleksi alai, pengadaan, operasi dan pemeliharaan) yang diteliti oleh penulis adalah tahap perencanaan serta pelaksanaan dan pengendalian dari operasi dan pemeliharaan TC.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan cara penyebaran kuesioner sebagai alat pencarj data utama. Kuesioner disebarkan kepada 65 responden yang merupakan project manager) site manager atau personil peralatan proyek yang berkompeten dalam menanganai manajemen tower crane. Proyek yang diteliti adalah proyek bangunan bertingkat di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi yang pelaksanaannya telah rampung.
Dan 37 data yang kembali, 27 diantaranya dinyatakan layak, kemudian 23 sampel dijadikan bahan analisis dan 4 sampel untuk validasi. Dari analisis data statistik dengan bantuan software SPSS 9.0 for Windows didapat variabel-variabel penentu manajemen TC yang berpengaruh secara kuat terhadap kinerja waktu proyek. Dan variabel-variabel penentu inilah kemudian dibuat persamaan matematis yang menjelaskan keterkaitan antara variabel-variabel penentu manajemen TC tersebut dengan kinerja waktu proyek."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
T1527
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rorim Panday
"NALISIS VARIABEL ?TIME ROBBER?
DI LINGKUNGAN MANAJEMEN PROYEK
DITINJAU DARI MANAJER PROYEK
Abstrak
Time robber dapat terjadi didalam setiap kegiatan manusia. Dalam tulisan ini
disampaikan mengenai ?time rober' dilinglnmgan manajemen proyelc yang berkaitan
langsung dengan kegiatan mantyer proyekDiidentifi@ikan ada 31 variabel 'time
robber ' yang diteliti, yang selaryutrgfa dicari hubungamya dengcm walctu keija lembnr
dart manajer proyek. Dari 9/ regponden manajer proyek konstruksi, dengan
menggnnakan pende/:alan analisis factor dan regresi berganda, didapat ada lima
variabel ?time robber? yang berpenganil: Icuat dengan waktu keUa lembnr manajer
proyelc yaitn X 0! ( pekerjaan yang tidalc rarnprtng),/Y05 ( Tami: yang dating secara
kebetulan/ Yidak jaryiatn, X07 (Kegagalan mendelegasikan atan pendelegasian yang
lmrang byak ), X22 (Pekerjaan yang overloatb dan X18 (Komitmen yang berlebihan
pada kegiatan diluar proyek)
Kata-kata kzinci : variabel?7?me robber ', manajer proyek, walctu /ierja lembur, regres
bergandai
Abstract
lime robber can be happened in each human activityln this paper we present about time
robber in project management environment which direct related to the project manager.
There are 31 time robber variables have ident@?ed that will be rersearch, which will be
related to over time of project manager. From 91 respondens of construction project
manger, by using factor analvsis, multiple regression approach, it have found four
significant time robber variables to over time of project manger : X01 (Incomplete work,
X05 (Casula visitor), X07 (Failure to delegate or nmvise deIegatioin,X22(Worlc overloazb
and X18 (()vercommitted outside activities).
Key words .' Time robber variables, project manager, over time, multiple regreszsion."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
T 5905
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yurry Widyatmoko
"Dalam pelaksanaan proyek konstruksi khususnya pembangunan suatu dermaga seringkali terjadi keterlambatan yang disebabkan oleh cuaca yang tidak mendukung, sumber daya manusia yang kurang disiplin, kurangnya peralatan penundaan akibat hal tertentu baik itu oleh faktor teknis maupun non teknis. Cara yang dilakukan untuk mengatasi keterlambatan tersebut antara lain menambah jumlah jam kerja, menambah jumlah tenaga pekerja ataupun penambahan peralatan, yang kesemuanya itu ditujukan untuk mempercepat umur proyek. Mempercepat umur proyek tidak saja dapat dilakukan jika terjadi keterlambatan tetapi untuk kasus tertentu seperti atas permintaan pemilik proyek dapat juga dilakukan percepatan umur proyek.
Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis percepatan umur proyek yang terjadi di proyek perkuatan dermaga 115 Tanjung Priok. Durasi proyek ini dipercepat agar tidak menganggu arus kapal yang akan berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok. Untuk memperoleh cara yang optimal dilakukan analisis menggunakan metode Crashing dengan aplikasi software Pertmaster. Dengan demikian, dalam skripsi ini dapat ditentukan waktu optimal untuk mempercepat umur proyek yaitu sebesar 216 hari dengan biaya sebesar Rp.30.905.006.264,32

In Construction project specially development of an dock often times happened the delay which is because bad weather, human resource which less discipline, less of equipment, technical factor or non technical. The way of solve of the delay is adding number of hours work, adding worker, or the equipment addition. Acceleration project duration not even can be doing if happened delay but for the specially case like by request of project owner can be doing acceleration project duration.
The purpose of this skripsi to analyse acceleration project duration at dock 115 project Tanjung Priok. This duration project accelerated in order to ship current not be distrub to anchor in Tanjung Priok. To get optimal way can do analysis using crashing method with software application PERTMaster. Thereby , in this skripsi determinable of time optimal to acceleration duration that is 216 day with minimum cost is project but with minimum cost is Rp.30.905.006.264,32"
2008
S35756
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Purbo Antarsih
"Data dan informasi mempunyai peran penting dalam suatu kegiatan baik itu perencanaan, pelaksanaan, monitoring, maupun evaluasi. Data dan informasi dapat digunakan sebagai dasar membuat keputusan bagi penentu kebijakan.
Membuat catatan dan pelaporan merupakan salah satu tugas pokok puskesmas di samping tugas dan fungsi yang lain. Data yang dilaporkan oleh puskesmas diharapkan akurat, teratur, berkesinambungan dan tepat waktu. Standar mutu pelayanan kesehatan di puskesmas yang dibuat dan ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Propinsi DKI Jakarta menentukan bahwa laporan puskesmas seratus persen tepat waktu sebagai sasaran mutu. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas kesehatan jiwa masyarakat di puskesmas wilayah Jakarta Pusat dalam ketepatan waktu pengiriman laporan.
Disain penelitian adalah penelitian cross sectional dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Responden adalah petugas kesehatan jiwa di puskesmas kecamatan dan kelurahan wilayah Jakarta Pusat. Sampel penelitian berupa total populasi sebanyak 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara mendalam dan melihat buku ekspedisi serta catatan absen laporan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara imbalan dan supervise dengan kinerja petugas. Studi ini menyarankan agar pimpinan puskesmas dan Sub Dinas Kesehatan Masyarakat Wilayah Jakarta Pusat lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas supervisi, memperhatikan pemberian imbalan utamanya dalam bentuk non materi.
Daftar Pustaka 39 (1985-2004)

Time Accuracy Performance Analysis on The Sending Case Report uf The Mental Public Health Visits at The Central Jakarta Puskesmas in Year 2003-2004Data and information had important role in activities such as planning, actuating, monitoring and evaluating. The policy maker can use data and information as basis for decision.
Creating records and reporting were one of the puskesmas main responsibilities. The data reported by the puskesmas should be accurate, regular, sustainable, and timely. The puskesmas quality health services, which were developed by the Jakarta City Health Office, stated that a 100 percent timely reporting was the quality aims. This research was made to identify factors related with the central Jakarta puskesmas mental health officers on the timely report sending.
The research design was a cross sectional with quantitative and qualitative approach. Respondent were the central Jakarta puskesmas mental health officers in the municipal and local area. Research sample population was 40 persons. Data collection conducted through questionnaires, in-depth interview, review expedition book and record of time reporting.
Research results shown a correlation between supervision and rewards with the officers performances. Furthermore the research suggested that the head of puskesmas and the head of Suku Dinas Kesehatan Masyarakat should improved the quality and quantity of their supervision and giving more attention immaterial rewards.
Bibliography 39 (1985-2004)
"
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T12860
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza J.J.
Yogyakarta: ANDI, 2010
650.11 REZ m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Davidson, Jeff
Yogyakarta: Andi , 2002
658 DAV p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Suharno
"Masalah pokok yang dihadapi oleh organisasi kerja terutama adalah pencapaian tujuan atau sasaran dengan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki secara efisien dan penyediaan iklim atau suasana kerja yang dapat meningkatkan motivasi kerja dan tingkat kesejahteraan dari anggotanya. Salah satu aspek yang penting bagi petugas puskesmas dalam pencapaian tujuan program puskesmas digambarkan dengan meningkatnya penggunaan alokasi waktu kerja produktif yang meliputi kegiatan pelayanan kesehatan, penunjangladministratif, perkenan pribadi dan waktu kerja tidak produktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan alokasi waktu kerja produktif tenaga Dokter dan Bidan KIA di Puskesmas Kota Tangerang Propinsi Banten Tahun 2001.
Rancangan penelitian ini adalah survei observasional dan cross sectional untuk mendapatkan gambaran penggunaan alokasi waktu kerja produktif dan melihat hubungan umur, pendidikan, pendapatan, kemarnpuan, pengalaman, pengetahuan, sikap, motivasi, situasi kepemimpinan, struktur disain organisasi, sarana prasarana dengan penggunaan alokasi waktu kerja.
Pada penelitian pengamatan sampel penelitian adalah 4 Puskesmas (Paris pelawad, Cibodasari, Ciledug, Jatiuwung) dengan unit analisis tenaga Dokter dan Bidan KIA. Pada penelitian cross sectional sampel penelitian adalah tenaga Dokter dan Bidan KIA di 22 Puskesmas Kota Tangerang yang berjumlah 95 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alokasi waktu kerja produktif tenaga kesehatan Puskesmas sebesar 52,4%. Dengan metoda work sampling diperoleh kegiatan penunjang/administrasi sebesar 27,2%; kegiatan pelayanan kesehatan sebesar 24,8%; kegiatan perkenan pribadi sebesar 3,3% dan kegiatan tenaga Dokter 53,3%; tenaga Bidan 57,3%. Faktor pendidikan, pengalaman, sikap, struktur disain organisasi, sarana prasarana berhubungan bermakna dengan penggunaan alokasi waktu kerja. Sementara faktor umur, pendapatan, kemampuan, pengetahuan, motivasi, situasi kepemimpinan tidak berhubungan bermakna dengan penggunaan alokasi waktu kerja produktif.
Hubungan yang dominan dengan penggunaan alokasi waktu kerja produktif adalah pengalaman, sarana prasarana, struktur disain organisasi dan pendidikan Pengalaman kerja, tersedianya sarana prasarana yang lengkap, struktur disain organisasi yang jelas dan pendidikan petugas sangat berperan dalam meningkatkan penggunaan alokasi waktu kerja produktifnya. Dinas Kesehatan agar memperhatikan aspek ini karena terbukti telah dapat meningkatkan penggunaan alokasi waktu produktifnya.

The main barriers which always facing by work organization is how to achieve the objectives or aims by using the resources eficiently and provide working environment which could improve work motivation and welfare of the members. One of the important aspect for public health centers staffs to achieve programs objectives describe by the increasing of productive working time allocation usage, including, health services activities, administratif activities, personal activities, and non productive working time.
This research aimed to find out description and factors related to utilizing of Productive Working Time Allocation of Physicians and Midwives in Mother Child health division (KIA) in Primary health Center Tangerang, Province of Banten.
Design of this research using cross sectional design and observational design to find out correlation between age, education, income, skill, experience, knowledge, attitude, motivation, leadership, organizational structure design, infrastructure with working time allocation usage.
Sample of this research is 4 primary health center (Poris pelawad, Cibodasari, Ciledug, Jatiuwung) with unit analysis Physicians and Midwives in KIA division. For cross sectional design, the sample is 95 Physicians and Midwives of KIA division from 22 Primary health center.
The results showed that productive working time allocation usage by medical personnel in primary health centers is 52,4%. By work sampling method administration activity is 27,2%, health service activity is 24,8%, self inisiatived activity is 3,3% and Physicians activity is 53,3%, also Ntidewives activity is 57,3%. Education, experience, attitude, organization design structure, and infrastructure have significant relationship with working time allocation usage. The other factors like, age, income, knowledge, skill, motivation and leadership have no significant relationship to usage of working time allocation. Dominant relationship to usage of working time allocation are experience, infrastructure, organizational design structure and education.
Experience, good infrastructure, clear organizational design structure, and education have important to increase productive working time allocation. Health office should be consider this aspects to improve primary health centers performance.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2001
T8845
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>