Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 27637 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Stelly Maria
"Tumbuh pesatnya Internet inenjadi jaringan global yang menghubungkan puluhan juta orang telah menciptakan kesempatan baru untuk membina hubungan antarpribadi. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran umum mengenai hubungan antarpribadi yang terjadi melalui komunikasi antarpribadi via Internet dan perbandingannya dengan hubungan antarpribadi yang terjadi melalui komunikasi tatap muka, di kalangan kaum muda Jakarta.
Penelitian ini berangkat dari beberapa teori komunikasi antarpribadi yaitu attraction theory, social penetration 'theory, teori mengenai ketergantungan, teori mengenai komitmen, dan teori hubungan menurut Mark Knapp. Sebanyak 102 responden berusia 20-34 tahun mengisi kuesioner yang mengukur hubungan antarpribadi mereka yang terjadi melalui komunikasi antarpribadi via Internet dan komunikasi antarpribadi tatap muka. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa mayoritas responden menjalin hubungan antarpribadi dengan lawan jenis, dengan klasifikasi terbesar partner komunikasi sebagai teman dekat, dengan frekuensi komunikasi terbesar dilakukan antar partner romantik dan durasi hubungan terlama antar partner komunikasi sesama jenis kelamin. Rata-rata responden menggunakan 2 atau lebih saluran komunikasi lain untuk berkomunikasi dengan partner Intemetnya.
Tingkat dimensi hubungan (dimensi-dimensi kemiripan faktor demografi sosial, komptensi, kemiripan sikap, kebutuhan saling melengkapi, keluasan topik percakapan, keintiman dan pengungkapan informasi personal, pemahaman, ketergantungan dan komitmen) pada komunikasi tatap muka ternyata lebih tinggi dari tingkat dimensi hubungan pada komunikasi via Internet dengan catatan bahwa hubungan antarpribadi via Internet juga menunjukkan tingkat hubungan yang cukup tinggi pada dimensi-dimensi yang diukur walau tidak setinggi hubungan antarpribadi tatap muka. Selain itu juga disimpulkan bahwa komunikasi via Internet dan komunikasi tatap muka saling melengkapi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12456
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. M. Nilam Widyarini
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009
158.2 NIL m (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Adenita Yusminovita
"Internet merupakan media komunikasi elektronik yang menghubungkan seseorang ke pusat informasi di seluruh dunia dengan menggunakan jaringan telepon. lnternet telah berkembang di dunia dalam 25 tahun terakhir, sedangkan di Indonesia baru mengenal internet tahun 1995. Salah satu fasilitas yang tersedia dalam Internet adalah ruangan komunikasi atau chat room (IRC atau Internet Relay Chat) yang di dalamnya banyak orang di seluruh pelosok dunia dapat melakukan komunikasi interaktif jarak jauh, tanpa bertatap muka dan dalam waktu bersamaan. Dengan demikian IRC merupakan media komunikasi antara individual dengan individual atau kelompok lain tanpa ada hambatan fisik seseorang, tempat dan waktu.
Berdasarkan teori dan konsep ilmu komunikasi maka timbul pertanyaan bagaimana sebenarnya wujud IRC sebagai media komunikasi? Bagaimana bentuk interaksi komunikasi yang terjadi dan apa yang dikomunikasikan? Studi ini bertujuan untuk menggambarkan IRC secara keseluruhan mulai dari teknologi, keberadaan komunitas virtual sampai pada bagaimana berlangsung interaksi antar individu dengan menggunakan simbol-simbol khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan pengamatan mendalam pada beberapa responden terpilih dan peneliti turut serta berkomunikasi secara langsung dalam chat room. Pengumpulan data dilakukan dari Januari 2000 sampai Januari 2001.
Studi ini menganggap komunikasi antar pribadi dapat berperan untuk menjelaskan interaksi antar chatter sehingga dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang mendorong mereka untuk berkomunikasi melalui IRC. Pengembangan interaksi antar chatter melalui beberapa tahap seperti apa yang telah dikemukakan oleh Ruben (1992) sedangkan proses sampai menjadi lebih intim dengan menggunakan tahap yang dikemukakan oleh Julia T.Wood (1982). Pendekatan Symbolic Interacsionis juga digunakan dalam studi ini untuk melihat simbol-simbol yang digunakan oleh chatter dalam berkomunikasi selama berada dalam chat room.
Hasil studi memperlihatkan bahwa IRC merupakan sebuah komunitas virtual yang anggotanya adalah semua chatter yang berada dalam sebuah room. Interaksi yang terjadi antar chatter menggunakan simbol-simbol berupa singkatan, emoticons dan bahasa teknis IRC yang hanya dimengerti oleh chatter atau orang yang sedang mempelajarinya. Dalam interaksi tersebut juga terbentuk suatu hubungan pribadi antar chatter berupa hubungan persahabatan atau kekasih. Hubungan ini akan mengalami kemunduran atau kemajuan tergantung dari keputusan dan perjanjian yang diambil masing-masing chatter."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
T10232
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Margaretha Helly
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1992
S2258
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wood, Julia T., 1950-
Jakarta: Salemba Humanika, 2013
158.2 WOO it
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nina Mutmainnah
Jakarta: Universitas Terbuka, 1997
302.2 NIN p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sanford, Christine
Jakarta: Arcan, 1994
158.2 SAN m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Gemala
"Masa dewasa muda ditandai dengan tugas perkembangan intimacy vs isolation, yaitu individu membuat komitmen yang mendalam dcngan orang lain agar mereka tidak terisolasi (Enikson, dalam Papalia et al., 2001). Menurut Erikson, mengembangkan hubungan intim merupakan tugas yang krusial pada masa ini. Bagi sebagian besar manusia, pernikahan merupakan ekspresi utama/ultimate expression dalam suatu hubungan intim ( Brehm, 1992).
Pria dan wanita biasanya menikah atas dasar cinta dan memiliki anak adalah ekspresi dari cinta mereka kepada satu sama lainnya (Duvall & Miller, 1985). Cinta adalah kombinasi atau gabungan dari emosi atau perasaan, kognisi, dan perilaku yang terdapat dalam hubungan intim (Baron & Bymc, 2000).
Stcrnberg mendefinisikan cinta terdiri dari tiga komponen, yaitu intimacy, commitment, dan passion (Stemberg & Barnes, 1988). Intimacy, yang merupakan komponen emosional, adalah perasaan dekat, terikat yang dirasakan seseorang dalam hubungan cinta. Passion, yang merupakan komponen motivasional, adalah dorongan-dorongan yang mengarah pada percintaan, ketertarikan iisik, dan seksual. Komponen yang terakhir yaitu commiirnenl yang merupakan komponen kognitif, adalah keputusan untuk mencintai seseorang (jangka pendek) dan komitmen untuk mempertahankan cinta tersebut (iangka panjang).
Dalam suatu hubungan, tidak selalu terdapat keseimbangan dalam ketiga komponen cinta sebagaimana yang diketemukakan oieh Stemberg. Geometri pada segitiga cinta tergantung pada intensitas dan keseimbangan dari cinta (Stemberg &. Bames, 1988). lntensitas cinta dalam suatu hubungan dapat dilihat dari area atau ukuran dari segitiga cinta, yakni semakin besar intensitas cinta yang dirasakan seseorang terhadap orang lain maka scgitiga cintanya pun akan semakin besar. Sedangkan keseimbangan cinta dalam suam hubungan dapat dilihat dari bentuk segitiga cinta. Hubungan yang seimbang (dalam ketiga komponen cinta) akan dipresentasikan dalam segidga yang seirnbang. Sedangkan hubungan yang tidak seimbang direpresentasikan dalam bentuk segitiga yang tidak sama sisi, yang didalamnya terdapat salah satu komponen yang paling besar atau dominan.
Dalarn suatu hubungan, tidak hanya terdapat segitiga yang
menggambarkan cinta terhadap orang lain (bentuk nyata), namun juga merepresentasikan bcntuk yang ideal dalam hubungan terscbut (bentuk ideal). Semakin besar perbedaan pada ukuran maupun bentuk dari segitiga cenderung diasosiasikan dengan rendah atau berkurangnya tingkat kepuasan dalam suatu hubungan (Stemberg & Bames, 1988).
Dalam rangka membantu pasangan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam hubungan mereka terkait dengan komponen-komponen cinta, maka Stemberg mcngembangl-can suatu skala yang disebut The Triangular Love Scale (Stemberg, 1988). Skala ini ditujukan untuk mengukur masing-masing komponen dari cinta, namun juga memiliki dua aplikasi praktis. Pertama, dengan adanya skaia ini, dapat membantn pasangan mendapatkan basil yang lebih baik dalam hubungan mereka. Kedua, skala ini juga merumuskan perbedaan-perbedaan di antara pasangan sehingga dapat disarankan perubahan-perubahan apa yang mungkin diperlukan untuk membuat hubungan menjadi Iebih berhasil Pasangan juga dapat mcnjadi lebih dekat atau setidaknya mereka dapat memahami dan menghargai perbedaan yang ada di antara mercka satu sama lain.
Melihat kedua fungsi dari Stemberg's Triangular Love Scale. maka dirasakan sangat bermanfaat bila skaia ini diaplikasikan dalam penelitian mengenai gambaran cinta terkait dengan keseimbangan ketiga komponen cinta Stemberg. Dengan mengetahui gambaran dan keseimbangan dari komponen cinta Sternberg, maka dapat juga diiihat bagaimana kepuasan yang dirasakan oleh individu tersebut akan hubungan yang rnereka jalani dengan pasangan. Karena keterbatasan waktu, penelitian dilakukan sebagai pengembangan alat tes psikologi, yaitu dengan melakukan validasi alat tes hanya pada individu dewasa muda. Validasi yang dilakukan adalah dengan meiihat validitas dan reliabilitas dari Slemberg’s Triangular Love Scale. Selain validasi alat tes, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat gambaran cinta pada individu dewasa muda yang menikah, dengan memberikan skala pada sampel yang cukup bcsar, yaitu 100 subjek yang terdiri dari 50 pria dan 50 wanita. Sebagai ilustrasi akan dilakukan wawancara dengan sepasang suami istri dewasa muda untuk mengetahui apakah ada kesesuaian antara segitiga cinta mereka dengan kepuasan dalam hubungan mereka.
Hasil uji validitas per item menunjukkan bahwa hampir semua item memiliki korelasi yang tinggi dengan skor total dimensinya, kccuali pada item no.2 dan 5 pada dimensi intimacy, yang memiliki tingkat korelasi lebih tinggi dengan komponen passion (item no.2) dan komponcn commilmem (item 1105). Kedua item ini tidak valid karena saling tumpang tindih antara dimensi yang satu dengan dimensi yang lain, dan hal ini dapat dilihat dari tingkat korelasi yang signifikan antar dimensi. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
T34125
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bestie Fania Rakhmita NA
"Tesis ini diharapkan mampu menjelaskan mengenai konsep diri remaja dalam komunikasi antarpribadi dalam kegiatan belajar mengajar di lembaga pendidikan marjinal. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian fenomenologi ini menggunakan teori self Mead-Cooley, komunikasi antarpribadi Miller & Steinberg serta persepsi dalam hubungan pengajaran Snygg & Combs.
Hasil penelitian menunjukkan, dengan melibatkan diri dalam kegiatan pengajaran, remaja dapat memahami nilai baru. Hal ini disebabkan, remaja yang umumnya hanya melihat dan merefleksiakan perilaku significant others dan lingkungan sekitarnya, belajar menjadi contoh atau refleksi dari perilaku anak didiknya.
Sikap remaja dalam kegiatan sosial mengajar ini dapat digambarkan dalam sistem kepercayaan, nilai, dan sikap yang ditunjukkan dalam proses bagaimana konsep diri yang bertemu dengan nilai menghasilkan sikap yang akhirnya diambil seorang remaja. Agar tercipta pengajaran efektif, remaja perlu memiliki konsep diri positif. Konsep diri pengajar, yang mencakup persepsi di dalamnya, menjadi dasar bagi pengajar untuk melakukan kegiatan mengajar; suatu kegiatan yang melibatkan komunikasi antarpribadi yang intensif demi tercapainya tujuan pengajaran efektif.

This thesis is expected to provide explanation about interpersonal communication in learning activities on marginal school. Using a qualitative approach, this phenomenological research uses self theory of Mead-Cooley, Miller & Steinberg's interpersonal communication, and Snygg & Combs' perception in teaching relationship.
Research found that, by involving in learning activities, teenager can have another new value. Teenagers that used to see and reflect significant others' behavior their surrounding environment, learn to be an example and reflection of students' behavior.
Teenager's behavior in this learnng acivity can be explained in belief, value, and attitude system showed in how self concept meet value resulting their attitude. In order to make the learning process effective, teeangers need to have positive self concept. Teacher's self concept, which included perscption in it, became the teenager's basic in learning activity; an activity involving intensive interpersonal communication so the effective learning purpose is able to be achieved.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T44512
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heny Marthiani
"[ABSTRAK
Persaingan bisnis antar industri dewasa ini sangatlah ketat, termasuk dalam
industri otomotif khususnya kendaraan bermotor roda empat. Oleh karena itu
perusahaan penyedia barang dan jasa berlomba untuk meraih simpati konsumen
dengan memberikan pelayanan yang dapat mempermudah konsumen dalam
mendapatkan keinginan dan kebutuhannya. Salah satu komunikasi pemasaran
yang digunakan perusahaan adalah personal selling, dimana kemampuan
komunikasi antar pribadi wiraniaga dengan konsumennya agar memiliki
kedekatan secara personal. Komunikasi antar pribadi akan terjalin secara efektif
apabila terdapat kualitas di dalamnya yang terdiri dari keterbukaan (openness),
empati (empathy), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (positiveness),
serta kesetaraan (equality).
Dengan pendekatan kualitatif, dan metode wawancara secara mendalam dengan
para narasumber, dimaksudkan agar dapat diketahui secara mendalam keterkaitan
antara lima kualitas pada efektivitas komunikasi antar pribadi antara wiraniaga
dengan konsumennya, pada tahapan keputusan pembelian kendaraan bermotor
roda empat.

ABSTRACT
Given a stiff competition in automotive industry nowadays, automobile
distributors have provided their best effort to gain the sympathy of consumers by
providing services that can facilitate consumers’ needs. One of the marketing
communication strategies that has been used widely by the distributors is personal
selling approach, in which interpersonal communication skills have played an
important role in sales person-consumer relationship. Five general quality to
improve the effectiveness of communication which is the key factor for a proper
establishment in interpersonal communication includes: openness, empathy,
supportiveness, positiveness, as well as equality.
Based on a qualitative approach, and in-depth and one-on-one interviews with
both parties, this study is intended to have a clearer perspective on necessity of the
five general quality to the effectiveness of interpersonal communication between
sales person and its customers at the stage of purchase decision process;Given a stiff competition in automotive industry nowadays, automobile
distributors have provided their best effort to gain the sympathy of consumers by
providing services that can facilitate consumers’ needs. One of the marketing
communication strategies that has been used widely by the distributors is personal
selling approach, in which interpersonal communication skills have played an
important role in sales person-consumer relationship. Five general quality to
improve the effectiveness of communication which is the key factor for a proper
establishment in interpersonal communication includes: openness, empathy,
supportiveness, positiveness, as well as equality.
Based on a qualitative approach, and in-depth and one-on-one interviews with
both parties, this study is intended to have a clearer perspective on necessity of the
five general quality to the effectiveness of interpersonal communication between
sales person and its customers at the stage of purchase decision process, Given a stiff competition in automotive industry nowadays, automobile
distributors have provided their best effort to gain the sympathy of consumers by
providing services that can facilitate consumers’ needs. One of the marketing
communication strategies that has been used widely by the distributors is personal
selling approach, in which interpersonal communication skills have played an
important role in sales person-consumer relationship. Five general quality to
improve the effectiveness of communication which is the key factor for a proper
establishment in interpersonal communication includes: openness, empathy,
supportiveness, positiveness, as well as equality.
Based on a qualitative approach, and in-depth and one-on-one interviews with
both parties, this study is intended to have a clearer perspective on necessity of the
five general quality to the effectiveness of interpersonal communication between
sales person and its customers at the stage of purchase decision process]"
2015
T43857
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>