Ditemukan 36113 dokumen yang sesuai dengan query
New York: John Wiley & Sons, 1973
301.14 COM
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
London: Routledge , 1994
302.23 SOC
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Mira Rainayati
"Penelitian ini bermaksud memahami bentuk dan praktik komunikasi dalam sebuah komunitas menulis virtual berbasis social media yang beranggotakan ibuibu rumah tangga, yaitu komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Teori Konvergensi Simbolik yang dikembangkan oleh Ernest Bormann digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana ibu-ibu rumah tangga yang ada dalam komunitas tersebut secara kolektif berbagi emosi, motivasi, dan makna, serta membangun kesadaran bersama dalam sebuah tempat ?mengumpulkan keramahtamahan? di social media yang bernama Facebook. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dua cara. Pertama, melalui analisis teks, hanya untuk melihat tema-tema yang muncul dalam komunitas. Kedua, melalui focus group discussion (FGD) terhadap 6 orang narasumber yang dilakukan di Bandung, April 2013.
Terkait dengan teori, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tema-tema tertentu yang senantiasa muncul dalam komunitas. Bentuk dan praktik komunikasi antar-anggota terbangun melalui tema-tema tertentu itu, yang dibagikan dalam komunitas secara berulang. Tema-tema tertentu itulah - oleh Bormann disebut sebagai tema fantasi yang kemudian membentuk rantai fantasi hingga akhirnya memunculkan kesadaran bersama dan melahirkan visi retoris pada tiap-tiap anggotanya. Dari penelitian ini juga terungkap bahwa Facebook berperan penting dalam membagikan tema-tema fantasi tersebut secara berulang hingga mempercepat terbentuknya rantai fantasi. Penelitian ini menjadi penting jika berbicara tentang pemberdayaan perempuan, terutama ibu-ibu rumah tangga.
This study is to understand the form and practice of communication in a virtual writing community-based social media consisting of full time moms (housewives), the community of Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Symbolic Convergence Theory developed by Ernest Bormann is used in this study to determine how the moms in these communities collectively share their emotions,motivation, and meaning, as well as build mutual awareness in a place of "collecting hospitality" in social media named Facebook. The method of data collection is done through two ways. First, through the text analysis, merely to see the themes that emerged in the community. Second, through a focus group discussion (FGD) to 6 speakers made in Bandung, April 2013. Related to the theory, the results of this study indicate that there are certain themes that always appear in the community. The communication form and practice of among members are developed through those particular themes, which distributed in the community repeatedly. That certain themes what Bormann calls fantasy theme which later formed the fantasy chain until it raises mutual awareness and expresses rhetorical vision to each of its members. This study also revealed that Facebook plays an important role in sharing those fantasy themes repeatedly as far as accelerate the formation of the fantasy chain."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Adi Utomo
"Tesis ini membahas komunikasi krisis yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada krisis COVID-19, yang dimulai dari awal masa kenormalan baru hingga terjadi pergantian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis studi kasus yang menggunakan pendekatan teori komunikasi krisis discourse of renewal. Dengan menganalisis komunikasi krisis Kemenparekraf, penelitian ini juga melakukan analisis terhadap teori discourse of renewal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh karakteristik discourse of renewal terdapat pada komunikasi krisis Kemenparekraf sehingga dapat memberikan masukan dan rekomendasi bagi pengembangan teori discourse of renewal yang pada awalnya menyatakan bahwa hanya organisasi swasta dan terdampak secara fisik yang dapat menerapkan pembaruan. Selain itu, hasil dari penelitian ini juga menawarkan kata kunci dalam menemukan karakteristik discourse of renewal pada pesan komunikasi krisis.
This thesis discusses crisis communication carried out by the Ministry of Tourism and Creative Economy (MOTCE) during the COVID-19 crisis, which started from the beginning of the new normal period until the change of the Minister. This research is a case study-based qualitative research that uses a discourse of renewal crisis communication theory approach. By analyzing the MOTCE crisis communication, this research also analyzes the theory of discourse of renewal. The results of this study indicate that all the characteristics of the discourse of renewal are found in the MOTCE crisis communication so that this thesis can provide input and recommendations for the development of the theory of discourse of renewal which initially states that only private organizations and those physically affected can implement renewal. In addition, the results of this study also offer keywords in finding discourse of renewal characteristics on crisis communication messages."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Princeton, N.J.: Princeton University Press, 1963
302.2 COM
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
New York : Hove Psychology Press, 2014
302.12 SOC
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Williams, Frederich
Belmont, CA: Wadsworth, 1987
303.483 3 WIL t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Tu, Xuxuan
Taibei Shi: uoli Pianyiguan Chuban : Zhengzhong Fahang, 1992
SIN 301 TUX o
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Vaughan, Roger J.
London: Sage, 1998
300.72 Vau c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Aulia Mardhatillah Bilhaq
"Penelitian ini bertujuan untuk menemukan proses konstruksi atas realitas sosial pada pendidikan teknologi yang dialami oleh guru bidang pendidikan teknologi. Konstruksi terkait pendidikan tidak akan terlepas dari aspek komunikasi pendidikan yang melingkupi peranan guru dalam pelaksanaan pendidikan dan mengahadapi hambatan serta menjawab tantangan dunia kerja melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivis dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menemukan bahwa proses konstruksi terjadi secara dialektis melalui eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Komunikasi dan interaksi yang terjadi antara guru dan lingkungannya membentuk pemahaman tentang kondisi yang dihadapi serta menjadi perwujudan dari konstruksi yang terbentuk. Eksternalisasi yang terjadi berupa proses interaksi dan pencarian informasi. Objektivasi ditunjukkan saat guru menentukan tindakan sebagai bentuk adaptasi. Internalisasi terjadi melalui sosialisasi sekunder yang membentuk nilai pemaknaan terkait pendidikan teknologi kemampuan siswa daerah dan kesenjangan teknologi yang ada. Konstruksi yang terjadi mengarah pada adaptasi dari kondisi yang ada pada pendidikan teknologi di daerah dengan tuntutan pekerjaan dan perkembangan teknologi yang terjadi. Adaptasi yang dilakukan antara lain penyesuaian metode belajar dengan kondisi yang ada serta bentuk tindakan guru dalam menjawab tantangan dunia kerja.
This research aims to discover the construction process of social reality in technology education experienced by teachers in the field of technology education. Construction related to education cannot be separated from the communication aspect of education which covers the role of teachers in implementing education and facing obstacles and responding to challenges in the world of work through Vocational High Schools (SMK). This research uses a qualitative approach and a constructivist paradigm with a case study method. The research found that the construction process occurred dialectically through externalization, objectivation and internalization. Communication and interaction between teachers and their environment forms an understanding of the conditions faced and becomes an embodiment of the construction that is formed. Externalization that occurs is in the form of a process of interaction and information seeking. Objectivation is shown when the teacher determines action as a form of adaptation. Internalization occurs through secondary socialization which forms meaning values related to technology education and the abilities of regional students. The construction that occurs leads to adaptation of existing conditions in technological education in the region to the demands of work and technological developments that occur. The adaptations made include adjusting learning methods according to existing conditions and the forms of teacher action in responding to the challenges of the world of work."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library