Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 55563 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
cover
cover
"Untuk meningkatkan kualitas pendidikan IPA di SD langkah pertama yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas guru dan calon guru IPA di SD, khususnya di lembaga pendidikan guru, salah satunya adalah di UT. Penelitian ini bertujuan untuk pertama mendeskripsikan model implementasi pembelajaran integratif dalam kegiatan tutorial matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD dengan konsep dasar IPA pada mahasiswa S-1 PGSD pokjar Kabupaten Tuban. Kedua untuk mendeskripsikan efektifitas implementasi pembelajaran integratif dalam kegiatan tutorial matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD dengan konsep dasar IPA dalam meningkatkan penguasaan konsep dasar IPA dan kemampuan membuat perencanaan pembelajaran pada mahasiswa S-1 PGSD pokjar Kabupaten Tuban. Ketiga untuk mendeskripsikan besar pengaruh implementasi pembelajaran integratif dalam kegiatan tutorial matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD dengan konsep dasar IPA terhadap prestasi belajar matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD pada mahasiswa S-1 PGSD Pokjar Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang berupa: Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT), Satuan acara Tutorial (SAT), Rancangan Evaluasi (RE), dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Pengembangan perangkat mengacu pada four D model yang dikemukakan oleh Thiagarajan dan Semmel (1974:6). perangkat pembelajaran membuat RPP dan hasil belajar mahasiswa. "
JPUT 15:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Yogyakarta: Unit Informasi Inovasi Proses Pembelajaran (UI2P2) UGM, 2004
LGM 1:1 (2004)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Panjaitan, Poltak; Surbakti, Mariana Br
"Mata kuliah kewirausahaan adalah mata kuliah yang baru di ajarkan di prodi fisika dan PAK. Hal ini mungkin akan menyebabkan nilai pada mata kuliah tersebut belum maksimal.Usaha untuk meningkatkan nilai mahasiswa merupakan bagian dari usaha peningkatan sumber daya manusia yang berkecimpung di dunia pendidikan terutama pengajar. Pelaksanaan pembelajaran tidak selalu beijalan dengan baik, karena ada permasalahan yang bersumber dari intensitas belajar mahasiswa, lingkungan tempat tinggal lokasi pembelajaran atau dari dosen/pengajar sendiri. Jika intensitas belajar mahasiswa tinggi dan sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan, maka kemungkinan besar akan mempengaruhi hasil belajarnya. Untuk mengetahui apakah kepribadian mahasiswa yang bersesuaian dengan metode pembelajaran yang digunakan memepengaruhi pencapaian prestasi belajar, maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut yang difokuskan untuk mengetahui pengaruh antara metode pembelajaran demonstrasi yang digunakan terhadap nilai/prestasi mahasiswa di prodi Fisika yang diperbandingkan dengan nilai mahasiswa prodi PAK yang belajar dengan metode pembelajaran diskusi pada matakuliah kewirausahaan.Dari hasil penelitian dan analis data yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi di Fisika FKIP UHN Medan diperoleh hasil rata-rata postest 60,69 dengan standar deviasi 6 39 sedangkan pada kelas PAK dengan pembelajaran diskusi juga terdapat peningkatan hash rata-rata postestnya adalah 59,78 dengan standar deviasi 5,76. Kedua proses pembelajaran tersebut dapat dilihat hasil postest dari masing-masing kelas dimana hasil dari postest tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa menggunakan metode demonstrasi lebih tinggi (0,91) dibandingkan dengan metode diskusi. Ini berarti ada pengaruh secara signifikan antara hasil belajar kewirausahaan yang diajarkan melalui pembelajaran demonstrasi dibandingkandengan pembelajaran diskusi."
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
VISI 25:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>