Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 96685 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Rts. Tiara Hilda Safitri
"Penelitian ini dilakukan di UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh layanan perpustakaan digital melalui website terhadap flow experience pemustaka di Perpustakaan UNSRI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif inferensial. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, 388 kuesioner online yang valid. Teknik penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling. Adapun metode pengukuran instrument menggunakan skala likert dan pengolahan data menggunakan SPSS (Statistical Product and Solution) versi 25. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan perpustakaan digital melalui website berpengaruh positif dan signifikan terhadap flow experience. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis korelasi dan dibuktikan dengan analisis regresi linier sederhana menghasilkan t hitung sebesar 25,336. Pengujian hipotesis taraf signifikansi (a) ditetapkan 0,05 (5%) dan menggunakan uji dua pihak (sig. 2-tailed), serta didasarkan pada derajat kebebasan (degree of freedom) dk =n-2, yaitu 388-2 = 386, sehingga diperoleh nilai t tabel = -1,64881. Maka nilai t hitung > t tabel (25,336 > -1,64881), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang bermakna flow experience dapat dipengaruhi oleh layanan perpustakaan digital melalui website.

This research was conducted at UPT Sriwijaya University Library (UNSRI) Palembang. The purpose of this study was to analyze the effect of digital library services through websites on the user experience flow in the UNSRI Library. This study uses quantitative inferential methods. Data collection methods used in this study used a questionnaire, 388 valid online questionnaires. The technique of determining the sample using a simple random sampling method. The instrument measurement method uses a Likert scale and data processing uses SPSS (Statistical Product and Solution) version 25. Hypothesis testing techniques using correlation coefficient analysis, coefficient of determination, and simple linear regression analysis. The results of this study indicate that digital library services through the website have a positive and significant effect on flow experience. Based on the results obtained from the correlation analysis and proved by simple linear regression analysis produces a count of 25.336. Hypothesis testing significance level (a) is set at 0.05 (5%) and uses a two-part test (sig. 2-tailed), and is based on the degree of freedom dk = n-2, which is 388-2 = 386, so we get the value of t table = -1,64881. Then the value of t count> t table (25.336> -1.664881), so that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that the flow experience can be influenced by digital library services through the website."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Kurnia Anggi Utami
"Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kualitas layanan di Perpustakaan Universitas Indonesia dengan menggunakan instrumen LibQUAL. Dimensi yang diukur berdasarkan LibQUAL terdapat empat, yaitu Access to Information, Affect of Service, Personal Control dan Library as a Place. Responden diminta untuk menilai (1) harapan minimum atau minimum expectation yaitu, tingkat layanan yang dapat diterima, (2) desired expectation yaitu, tingkat layanan yang diinginkan sebenarnya dan (3) perceived yaitu, layanan yang dirasakan/diterima selama ini. Nilai kualitas layanan diperoleh dari selisih antara harapan dengan layanan yang diterima. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum kualitas layanan Perpustakaan Universitas Indonesia dinilai masih di bawah harapan minimum yang artinya belum memuaskan. Hal ini bisa dilihat dari AG (kesenjangan) yang bernilai negatif, yaitu sebesar 0,17. Dimensi AI dinilai paling mendekati harapan responden. Layanan yang belum memuaskan responden sehingga perlu ditingkatkan lagi yaitu, kebaruan koleksi, kesesuaian koleksi dengan kebutuhan, sikap empati pustakawan dalam melayani, kemampuan pustakawan dalam menjawab pertanyaan/permasalahan, kemampuan pustakawan dalam memberikan solusi saat pengguna kesulitan mencari informasi, kemudahan penggunaan katalog online, kecepatan menemukan koleksi di rak, akses internet dan ketersediaan power supply dalam mendukung penggunaan laptop di perpustakaan.

The purpose of this study is to survey level of library services quality in University of Indonesia’s library by using LibQUAL instrument. LibQUAL had four dimensions, these are Access to Information, Affect of Service, Personal Control and Library as a Place. Respondents asked to give their assessment about their (1) minimum expectation, minimum level of service that user would find acceptable, (2) desired expectation, level of service that user personally wants, (3) perceived, level of service that user perceived. The value of service quality acquired from the difference between perceived and expectation value. This study uses a quantitative approach with survey method and questionnaires as a tool to collect the data.
The general results of this study revealed that library could not meet user expectation. It can be seen from Adequacy Gap that has negative value, -0,17. The closest dimension with user expectation is AI. This study showed that user unsatisfied with these services; the up-to-date of collections, the collections conformity with the needs, librarian’s empathy, librarian’s problem solving skill, user-friendly in using online catalog, easy to find collections on the shelves, internet access and power supply availability.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45128
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yanu Ahmad Hariyoso
"Penelitian ini membahas aplikasi dari Quality Function Deployment (QFD) untuk mengidentifikasi pengembangan pelayanan jasa dari perpustakaan. Pertama mengidentifikasi kebutuhan pelanggan atau pembaca, tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan diketahui dengan cara mengambil data kuisioner di lingkungan sekitar perpustakaan. Kedua, mengetahui teknis pengembangan jasa untuk memuaskan pelanggan dengan mewawancarai pakar atau pihak manajemen. Dengan menggunakan matriks level pertama dari QFD yaitu House of Quality (Rumah Kualitas) dapat diketahui hubungan kebutuhan pelanggan dan pemenuhan teknis dari pihak perpustakaan, penelitian ini menentukan lima teratas masing-masing dari kebutuhan pelanggan dan teknis pengembangan jasa, dan beberapa saran untuk membangkitkan perpustakaan, khususnya perpustakaan Universitas Indonesia.

This study discusses the application of Quality Function Deployment (QFD) to identify the development of library services. First, reader needs and their importance, and satisfaction degrees were examined via questionnaires around library. Second, the service improvement techniques for satisfying the reader needs were developed by interviewing experts. Following, a relation matrix was constructed from first level matrix of the QFD. House of Quality (HoQ) is known relationship customer requirements and technical compliance of the library. Empirical study specifies top 5 reader needs and service improvement techniques respectively, and some practical suggestions are raised for academic libraries."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44399
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adisurya Aulia Rahman
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses pembentukan modal sosial di dalam
layanan Perpustakaan Universitas Paramadina. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan metode studi etnografi. Temuan yang diperoleh dalam
penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas yang terjadi antara pustakawan dan
pengguna pada layanan perpustakaan dapat membangun modal sosial di
perpustakaan. Kedekatan yang terjalin, tingginya frekuensi kegiatan bersama serta
adanya norma untuk tidak saling mengganggu merupakan contoh aktivitas yang
menonjol dalam layanan perpustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
proses pembentukan modal sosial dalam layanan di Perpustakaan Universitas
Paramadina dibangun berdasarkan rasa saling percaya, saling menghargai serta
adanya jaringan sosial yang terjalin antara pustakawan dan pengguna.

ABSTRACT
This study discusses about process of social capital formation in library service at
Library of Paramadina University. This study is a qualitative research with
ethnographic method. The findings obtained in this study indicate that the activity
that occurs between librarians and users in library services could build social
capital in the library. The closeness between librarians and users, the high
frequency of joint activities as well as the norm to not interfere with each other are
example of a prominent activity in the library service. The conclusion of this
study is that the process of social capital formation in library service at Library of
University Paramadina built based on mutual trust, mutual respect and the
existence of social networks that exist between librarians and users."
2014
S54546
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Elita
"Penelitian ini membahas mengenai Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia, khususnya layanan referensi lantai 4. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana tingkat kualitas Layanan Referensi Lantai 4 Perpustakaan Universitas Indonesia berdasarkan dimensi kualitas layanan LibQual+TM. Dimensi-dimensi tersebut diantaranya, yaitu Affect of Service (kinerja pustakawan), Information Control (kualitas koleksi), dan Library as Place (perpustakaan sebagai tempat). Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 80 sampel. Penentuan sampel, yaitu dengan cara accidental sampling.
Analisis menunjukkan bahwa secara umum seluruh kualitas layanan berada pada zone of tolerance, atau memenuhi harapan minimum pengguna. Namun, keseluruhan layanan tersebut belum dapat dikatakan sebagai layanan yang unggul (superior service). Hal ini dikarenakan keseluruhan dimensi layanan tidak ada yang memenuhi harapan yang benarbenar diinginkan oleh para pengguna.

The focus of this study is about the reference service at the University of Indonesia. The purpose of this study is to analyze the quality of the reference service, especially the reference service at the 4th floor, based on the service quality dimension of LibQual+TM. The dimensions are Affect of Service, Information Control, and Library as Place. This is a quantitative study with questionnaire as a data collection tool. The sample used were 80 respondents who are determined based on population of the reference services visitors.
The result shows that all the dimensions of quality service are within users zone of tolerance, or in other words have met the minimum expectaition of users. However, the overall dimensions of the services cannot be said as a superior service. This is because there is no services that meet with the maximum expectation of the users.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alwansyah Nawal Yumna
"ABSTRAK
Salah satu fungsi perpustakaan perguruan tinggi adalah menyimpan koleksinya. Oleh karena itu, dengan perkembangan teknologi, berbagai koleksi simpanan yang terdapat di perpustakaan universitas kini sudah digital. Koleksi digital yang terdapat di perguruan tinggi membutuhkan kegiatan pelestarian digital untuk keuntungan masa depan. Penelitian ini membahas tentang kegiatan pengawetan digital untuk koleksi sarjana di Layanan E-Paper Perpustakaan Universitas Gunadarma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Universitas Gunadarma telah melakukan kegiatan preservasi digital untuk Layanan E-Paper melalui kebijakan pelestarian, strategi pelestarian, hak cipta dan perjanjian, kebijakan konten, dan pelestarian keberlanjutan.
ABSTRACT
One of the functions of a college library is to store its collections. Therefore, with the development of technology, various collections of deposits in university libraries have now become digital. The digital collections contained in universities require digital preservation activities for future benefits. This study discusses digital preservation activities for undergraduate collections at the Gunadarma University Library E-Paper Service. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection was carried out through interviews, observation and document review. The results showed that the Gunadarma University Library has carried out digital preservation activities for E-Paper Services through preservation policies, preservation strategies, copyrights and agreements, content policies, and sustainability preservation."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Relisa Retina
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas pelayanan Perpustakaan Universitas Indonesia berdasarkan persepsi mahasiswa Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner dan jenis penelitian deskriptif. Identifikasi kualitas pelayanan didasarkan pada empat dimensi kualitas pelayanan perpustakaan yang terdapat dalam LIBQUAL, yaitu dimensi mengenai sikap dan kemampuan petugas perpustakaan dalam melayani pengguna (Affect of Service), dimensi kemandirian pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan (Personal Control), dimensi mengenai kecukupan dan akses terhadap koleksi perpustakaan (Access to Information), dan dimensi perpustakaan dalam pengertian fisik (Library as Place). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa Universitas Indonesia tentang kualitas pelayanan Perpustakaan Universitas Indonesia dinilai kurang baik oleh anggotanya yaitu mahasiswa Universitas Indonesia. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian pada tiga dari empat dimensi dinilai kurang baik yaitu dimensi Affect of Service, Personal Control dan Access to Information.

This research aims to identify the quality of service of the Library of the University of Indonesia based on the perceptions of students of the University of Indonesia. This research uses a quantitative approach. The technique of data collection is carried out by means of dissemination of the questionnaire and the type of descriptive research. Identification of the service quality is based on four dimensions of service quality of the library contained in the LIBQUAL, i.e. the dimension of the attitude and ability of library staff in serving users (Affect of Service), the dimensions of the user's independence in making use of the library (Personal Control), dimensions of the adequacy of and access to the library's collections (Access to Information), and dimension in terms of the physical library (Library as Place). Results of the study concluded that the perception of University of Indonesia student about quality of service of the Library of the University of Indonesia was rated less well by members of student the University of Indonesia. It is known from the research results on three of the four dimensions rated less well the dimensions of Affect of Service, Personal Control and Access to Information."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S44342
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irwin Pratama Putra
"Penelitian ini membahas mengenai apakah layanan referensi yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dapat dijadikan sebagai representasi dari perpustakaan perguruan tinggi. Representasi ini dilihat berdasarkan persepsi pengguna terhadap layanan tersebut dan juga dilihat dari strategi yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Indonesia dalam meningkatkan kualitas layanan referensi mereka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan referensi Perpustakaan Universitas Indonesia dapat dijadikan sebagai representasi dari perpustakaan perguruan tinggi karena Perpustakaan Universitas Indonesia berhasil membuat layanan referensi mereka menjadi lebih aktif dengan menghadirkan berbagai inovasi di dalamnya untuk lebih mendekatkan diri dengan pengguna. Selain itu pendapat pengguna terkait layanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia juga semakin menguatkan tujuan dari penelitian ini.

This study discusses about whether the reference services in the University of Indonesia Library can be used as a representation of the college library. This representation views based on user perception of reference services and the strategies undertaken by the University of Indonesia Library in improving the quality of their reference services. This study is a qualitative research with case study method.
These results indicate that the reference services of University of Indonesia Library can be used as a representation of the college library because the University of Indonesia Library makes their reference services to become more active by presenting a variety of innovations to get closer to the user. Additionally, related user opinions about reference services in University of Indonesia Library also reinforce the goal of this research.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S67458
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aulia Rasyid
"Penelitian ini membahas arsitektur informasi pada situs web Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental. Analisis pada perpustakaan digital didasarkan pada empat komponen dasar dalam arsitektur informasi yaitu, sistem organisasi, sistem pelabelan, sistem navigasi dan system pencarian.
Peneliti melakukan penelitian langsung pada antarmuka situs web dan mengamati arsitektur informasi yang ditampilkan pada Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara. Dalam melakukan penelitian, peneliti akan menangkap/merekam tampilan pada situs web Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara. Peneliti berperan sebagai partisipan utuh dalam melakukan penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa situs web Perpustakaan Digital Universitas Bina Nusantara belum menerapkan prinsip-prinsip dalam komponen dasar arsitektur informasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pihak perpustakaan untuk meningkatkan dan mengembangkan arsitektur informasi pada perpustakaan digital sehingga memberikan kemudahan-kemudahan akses informasi bagi penggunanya.

This research discusses the information architecture of Bina Nusantara University Digital Library. This research is a quantitative research with experimental methods. Analysis on digital library based on four basic components in the information of architecture, organization systems, labeling systems, navigation systems and searching systems.
The author doing a direct research at the interface of the website and observe the information architecture displayed on Bina Nusantara University Digital Library. In research, author will capture record the interface of Bina Nusantara University Digital Libraries. Author role as full participants research.
The results showed that the Bina Nusantara University Digital Library is not implementing the principles basic components of information architecture. Based on these research, the author suggested to the library to improve and develop the information architecture in digital libraries that provide easy access to information for users.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S68130
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>