Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1710 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Yelli Yulfita
"Dalam penelitian ini akan membahas tentang pengembangan sistem sequencing pada kode genetik pada platform web. Sistem sequencing adalah proses untuk menentukan urutan basa nukleotida pada molekul DNA. Sistem yang dimasukkan pada input berupa empat basa nukleotida yang di translasi akan menghasilkan output berupa asam amino dan kode genetik yang di translasikan. Proses translasi pada sistem web menggunakan parameter replace. Sistem sequencing menggunakan variasi parameter sesuai dengan jenis kode genetik yang ditranslasikan. Proses konversi mengasilkan nilai rata-rata maksimum kecepatan pada web sebesar 60 fps.

In this research, we will discuss the development of sequencing systems on genetic codes on web platforms. The sequencing system is the process of determining the sequence of nucleotide based in DNA molecules. The system entered into the input in the form of four nucleotides based that are translated will produce an output in the form of amino acids and the translated genetic code. The translation process on the web system uses the replace parameter. The sequencing system uses variations of parameters according to the type of genetic code being translated. The conversion process produces an average value of maximum speed on the web of 60 fps."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuda Chandra Wiguna
"Perkembangan dunia digital telah membuat beberapa aspek kehidupan secara teknis berubah, dari beberapa metode konvensional menjadi modern. Modernisasi pada era digital ini tentu memudahkan pekerjaan yang dahulunya membutuhkan sumberdaya manusia yang terbilang masif menjadi tereduksi karena adanya teknologi. Hadirnya teknologi blockchain dapat menjadi solusi ditengah minimnya keamanan data akan peretesan dan manipulasi data. Ethereum sebagai platform yang berbasis blockchain dan tingginya keamanan data melalui algoritma hasing mencoba menyelesaikan hal-hal yang menjadi perhatian belakangan ini. Kemudian algoritma hashing ini diterapkan ke beberapa pemodelan seperti website bebbasis data yang bertujuan untuk meningkatan integeritas database agar tidak mudah disusupi dan dimanipulasi. Algoritma Ethereum Keccak-256 akan diuji dengan mencoba beberapa jenis parameter agar mendapatkan variabel yang optimal untuk diimplementasikan dalam proyek voting elektronik agar lebih baik dalam kredibilitas dan integritas.
Hasil dari variasi percobaan kedua bahwa difficulty yang ideal ialah 10.000.000 dibandingkan dengan dua variasi lainnya. Namun, difficulty ini belum lah sepenuhnya dikatakan ideal jika menggunakan nilai difficulty lainnya. Dengan menggunakan variasi difficulty, maka blok dapat diverifikasi selama 440,872ms untuk difficulty 100.000, 20,188ms untuk difficulty 1.000.000, dan 0,222ms untuk difficulty. 10.000.000.Pada difficulty 100.000, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan algoritma hash merupakan variasi yang paling lama dengan rata-rata waktu hash per blok 80,291ms untuk 1 satu thread process, 240,457ms untuk 2 dua thread process, dan 440,872ms untuk 4 empat thread process.

The development of the digital world has made some aspects of life technically change, from some conventional methods to being modern. Modernization in this digital era would facilitate the work that formerly require human resources that are somewhat massive to be reduced due to the technology. The presence of blockchain technology can be a solution amid the lack of data securities will hacking and data manipulation. Ethereum as a blockchain based platform and high security securities through a hasing algorithm trying to solve things of concern lately. Then the hashing algorithm is applied to some modeling such as website based data that aims to increase the integrity of the database so as not to be easily infiltrated and manipulated. The Ethereum Algorithm Keckak 256 will be tested by attempting several types of parameters to obtain the optimal variable to be implemented in electronic voting projects to make better credibility and integrity.
The result of experimental variation that the ideal difficulty is 10,000,000 compared to the other two variations. However, this difficulty is not yet fully said to be ideal if using other difficulty values. By using variations of difficulty, the blocks can be verified for 440.872ms for 100,000 difficulty, 20.188ms for 1,000,000 difficulty, and 0.222ms for difficulty. 10.000.000. On difficulty 100,000, the time required to complete the hash algorithm is the longest variation with the average hash time per block 80,291ms for 1 one thread process, 240,457ms for 2 two thread process, and 440,872 ms for 4 four thread process.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tara Indira
"ABSTRAK
DKI Jakarta merupakan pasar yang membuka peluang bisnis yang sangat besar bagi industri jasa yang menawarkan layanan digital bagi ibu pra, periode, dan pasca kehamilan dengan adanya 170.000 ibu hamil setiap tahunnya. Peluang bisnis itulah yang menyebabkan terciptanya ide pembuatan platform online terintegrasi berbasis website yang menyediakan berbagai macam kebutuhan seorang ibu, di antaranya informasi seputar kehamilan, layanan booking dokter secara online, dan layanan online gift registry. Akan tetapi, sebelum melakukan investasi bisnis, terlebih dahulu dibutuhkan penelitian terkait perhitungan kelayakan finansial penerapan platform tersebut. Penelitian ini menyajikan hasil perhitungan kelayakan finansial penerapan platform tersebut dengan menggunakan pendekatan Net Present Value, Internal Rate of Return, dan Payback Period. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penerapan platform ini akan menghasilkan nilai Net Present Value sebesar Rp 48.342.103.113, Internal Rate of Return sebesar 44%, dan Payback Period selama 7 tahun sehingga bisnis ini dapat dinyatakan layak untuk dijalankan. Selain itu, di akhir penelitian juga dilakukan analisis sensitivitas dari model kelayakan finansial dimana ditemukan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap hasil akhir kelayakan finansial adalah variabel inflasi gaji, discount rate, dan pendapatan tahunan.

ABSTRACT
With an average number of 170,000 pregnant women annually, Jakarta opens huge business opportunities for service industries that offer digital services for mothers in maternity period. That opportunity brings out the creation of the idea of an integrated online website that provides a wide range of needs of a mother, including information regarding pregnancy, doctors? online booking service, and a baby gift registry service. However, before making a decision to make an investment to such business, it is required to calculate the financial feasibility study related to the implementation of the platform. This study presents the results of the calculation of the financial feasibility of the implementation of the platform by using the approach of several feasibility study methods such as Net Present Value, Internal Rate of Return and Payback Period. After the research has been conducted and findings are generated, it is known that the implementation of this platform will yield a Net Present Value of Rp 48,342,103,113, an Internal Rate of Return of 44%, and 7 years worth of Payback Period, which resulted in a conclusion that the investment is feasible to run. In addition, at the end of the study, sensitivity analysis of the financial model is also conducted in which three variables that have the most influence on the final value of the financial feasibility of the platform are known. Those sensitive variables are wage inflation rate, discount rate, and annual revenue
"
2016
S63009
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Priscandy Poetri
"ABSTRAK
Menurut survei McKinsey & Company pada 2013 lalu, alasan utama masyarakat
Indonesia menggunakan internet adalah social networking dan mencari informasi.
Di samping itu, menurut hasil survei oleh Childbirth Connection, 78% ibu
memilih media online untuk mendapatkan informasi terkait kehamilan. Hasil
survei tersebut sesuai dengan hasil studi pendahuluan yang menyatakan
adanyapeluang dan kebutuhan untuk membuat platform berbasis web yang
mengintegrasikan informasi kehamilan dengan sistem booking online dan baby
registry. Untuk merancang konten dan struktur website, metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah persona, dan modified delphi card sorting.
Selanjutnya, untuk merancang tampilan website, metode yang digunakan adalah
conjoint analysis. Sub-elemen user experience yang digunakan sebagai atribut
conjoint analysis adalah informativeness, efficiency, simplicity, delicacy, customer
needs, dan attachment. Kemudian, system usability scale digunakan untuk
menguji usability dari rancangan website yang dihasilkan. Hasil dari penelitian ini
berupa rancangan platform berbasis web untuk ibu pada masa pra, periode, dan
pasca kehamilan yang sesuai kebutuhan dan preferensi ibu

ABSTRACT
According to a survey by McKinsey & Company in 2013, the main reason
Indonesian people use the Internet is for social networking and searching for
information. In addition, according to a survey by Childbirth Connection, 78% of
women choose online media to obtain information related to pregnancy. The
survey results were consistent with the results of preliminary studies, which
reported the opportunity and need to create a web-based platform that integrates
pregnancy information with online booking system and baby registry. To design
the content and structure of the website, persona and modified delphi card sorting
method are used in this study. Furthermore, conjoint analysis is used to design the
look of the website. The sub-elements of user experience used as the attributes of
conjoint analysis are informativeness, efficiency, simplicity, delicacy, customer
needs, and attachments. Then, system usability scale is used to test the website
usability. The result of this research is a web-based platform designed for mothers
in their maternity period, which in accordance complies with the mothers? needs
and preferences."
2016
S63005
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Margono
"Struktur ekonomi Indonesia yang tersokong utama pada sektor manufaktur, dimana pertanian, perdagangan, industri dan jasa sosial memiliki porsi tenaga kerja serta potensi ketahanan sektor yang tinggi. Eksplorasi hasil bumi (sektor pertambangan) yang tinggi pada provinsi Kalimantan Timur beserta ketidakcocokan tenaga professional dan teknisi yang menjadi output sekolah vokasi masih terdapat porsi 40%, sedangkan pada sisi lain terlihat angkatan kerja di Indonesia didominasi oleh lulusan yang memiliki kompetensi rendah dan lulusan SMK berkontribusi cukup tinggi pada pengangguran dengan segala tantangan pendidikan vokasi SMK, serta Kalimantan Timur menjadi urutan ke-4 dari 34 provinsi dengan angka pengangguran tinggi. Dan sebanyak 53,81% penduduk Indonesia merupakan generasi milenial dan Z yang menjadi peserta didik dengan kebutuhan tinggi pada internet yang memberikan dampak pada model pembelajarannya, serta pelibatkan siswa dalam proyek-proyek yang bermakna pada pembelajaran berbasis proyek memberikan pengalaman belajar yang lebih holistik dan relevan, sehingga diperlukan pengembangan platform digital pembelajaran berbasis web dan aplikasi perangkat lunak untuk pendidikan vokasi.
Praktik Keinsinyuran ini yang berlangsung dari tahun 2020 hingga 2022 telah terselesaikan, pada platform digital pembelajaran berbasis web menggunakan CMS WordPress dengan LMS Plugin berupa LearnPress serta plugin-plugin penunjang lainnya, dimana telah digunakan 53 anggota dengan diantaranya sebagai anggota aktif sebanyak 24, 8 anggota non aktif dan 21 anggota telah kadaluarsa. 53 anggota ini tergabung dari 3 event Basic Technical Course (BTC) dengan setiap proses event pelatihan ini terbagi menjadi 2 bagian yakni bagian teori untuk penunjang pengetahuan dan bagian praktik sebagai peningkatan keterampilan, dimana platform digital pembelajaran berbasis web ini mengakomodir dari bagian teori dan dengan melihat salah satu dari BTC yang menggunakan platform digital ini di dapatkan tingkat kelulusan 100% dengan nilai rata-rata 77,42 yang berada di atas kriteria kelulusan minimum (75,00), di capai dengan waktu yang lebih cepat hingga 30% serta lebih fleksibel. Sedangkan pada platform digital pembelajaran berbasis aplikasi perangkat lunak yang diimplimentasikan dalam praktik berbasis proyek oleh peserta BTC dari SMK Muhammadiyah 3 Samarinda telah berhasil membuat 5 proyek pembelajaran, dengan indikator keberhasilan dilihat dari 4 aspek yakni Winning Concept, Winning Team, Winning System dan Performance.
Proyek dalam praktik keinsinyuran ini telah diselesaikan secara profesionalisme serta menjalankan kode etik profesi insinyur dengan menerapkan semua prinsip dasar dan tata laku sebagai insinyur. Proyek ini juga senantiasa memperhatikan Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja dan Lingkungan (K3L) untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat dalam menangani pekerjaan yang berbahaya.

The Indonesian economy is primarily supported by the manufacturing sector, where agriculture, trade, industry, and social services contribute a significant portion of the workforce and have a high potential for sector resilience. The exploration of natural resources (the mining sector) is particularly high in East Kalimantan province, but there is a mismatch in the availability of skilled professionals and technicians, which remains at 40% output from vocational schools. On the other hand, the Indonesian labor force is dominated by graduates with low competency levels, and vocational high school (SMK) graduates contribute significantly to unemployment, highlighting the challenges faced by vocational education in SMK. Additionally, Kalimantan Timur ranks fourth among the 34 provinces in terms of high unemployment rates. Approximately 53.81% of the Indonesian population consists of millennials and Generation Z, who are learners with a high demand for internet access, impacting their learning models. Involving students in meaningful projects through project-based learning provides a more holistic and relevant learning experience. Therefore, the development of a web-based digital learning platform and software application is necessary for vocational education.
The Engineering Practice, which took place from 2020 to 2022, has been completed on a web-based digital learning platform using WordPress as the CMS and LearnPress as the LMS plugin, along with other supporting plugins. There were a total of 53 members, including 24 aktife members, 8 inaktife members, and 21 expired members. These 53 members participated in three Basic Technical Course (BTC) events, each divided into two parts: theory to support knowledge and practice to enhance skills. The web-based digital learning platform accommodated both the theoretical and practical aspects. Among the BTC events that utilized this digital platform, a 100% pass rate was achieved, with an average score of 77.42, exceeding the minimum passing criteria (75.00). The digital platform allowed for faster completion, up to 30%, and offered greater flexibility.
In addition to the web-based digital learning platform, a software application-based learning platform was implemented in project-based practice by participants from SMK Muhammadiyah 3 Samarinda. They successfully completed five learning projects, with success indicators based on four aspects: Winning Concept, Winning Team, Winning System, and Performance.
Throughout this engineering practice, the projects were completed with professionalism and adherence to the code of ethics for engineers, implementing all fundamental principles and conduct as engineers. Safety, Health, Security, and Environment (SHSE) were always taken into consideration, ensuring appropriate preventive measures were in place when dealing with hazardous work.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fayaad
"Software Product Line Engineering (SPLE) merupakan paradigma pengembangan perangkat lunak yang memanfaatkan common platform (kemiripan) dan mass customisation (keragaman) dari berbagai aplikasi. Pengembangan perangkat lunak dengan paradigma SPLE pada penelitian ini menggunakan diagram Interaction Flow Modeling Language (IFML) sebagai pemodelan antarmuka dalam menghasilkan komponen user interface (UI) pada aplikasi front end. Diagram IFML digunakan sebagai masukan pada UI Generator Web Interface untuk menghasilkan proyek React sebagai aplikasi berbasis website. Namun, ketika aplikasi dibuka melalui tampilan mobile, antarmuka yang ditampilkan menjadi tidak teratur serta beberapa interaksi sulit untuk dilakukan. Selain itu, aplikasi yang dihasilkan juga belum dapat diinstal pada perangkat untuk digunakan secara offline. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan UI Generator Web Interface agar aplikasi yang dihasilkan memiliki tampilan yang responsif serta mendukung Progressive Web Application (PWA). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan UI Generator Mobile Interface untuk menghasilkan proyek React Native sebagai aplikasi berbasis mobile. UI Generator Mobile Interface yang dikembangkan menggunakan diagram IFML yang sama dalam menghasilkan aplikasi mobile dengan antarmuka dan fungsionalitas yang serupa. Selanjutnya, antarmuka kedua aplikasi yang masing-masing dihasilkan oleh UI Generator Web Interface dan UI Generator Mobile Interface dievaluasi menggunakan prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Hal ini bertujuan untuk mencari tahu apakah antarmuka dari kedua aplikasi yang dihasilkan secara generated sudah memenuhi kaidah perancangan antarmuka. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa UI Generator Web Interface dan UI Generator Mobile Interface berhasil dikembangkan serta telah dilakukan evaluasi terhadap masing-masing aplikasi yang dihasilkan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat beberapa bagian yang dapat ditingkatkan lebih lanjut pada kedua antarmuka aplikasi.

Software Product Line Engineering (SPLE) is a software development paradigm that utilizes a common platform and mass customization of various applications. Software development with the SPLE paradigm in this study uses Interaction Flow Modeling Language (IFML) diagrams in modeling the user interface to generate user interface (UI) components for front end applications. IFML diagrams are used as input to the UI Generator Web Interface in generating React projects as web-based applications. However, when the application is opened in the mobile view, the user interface displayed becomes irregular and some interactions are difficult to complete. In addition, the resulting application cannot be installed on a device for offline use. Therefore, this study aims to develop a UI Generator Web Interface so that the resulting application has a responsive display and supports Progressive Web Application (PWA). In addition, this research also aims to develop a UI Generator Mobile Interface to produce React Native projects as mobile-based applications. The UI Generator Mobile Interface developed uses the same IFML diagram in producing mobile applications with similar interfaces and functionalities. Furthermore, the interfaces of the two applications each generated by the UI Generator Web Interface and UI Generator Mobile Interface are evaluated using the principle of Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. This aims to find out whether the interface of the two generated applications already meet the rules of interface design. From this study it can be concluded that the UI Generator Web Interface and UI Generator Mobile Interface have been successfully developed and an evaluation has been carried out for each of the resulting applications. The evaluation results indicate that there are several areas for further improvement in both application interfaces.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bird, James
London: Hutchinson University Library, 1971
387.1 BIR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Meisel, Frank, 1979-
Berlin: Physica-Verlag, 2009
387.164 068 MEI s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>