Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 34427 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Agutyas Armando Pratama
"Skripsi ini membahas pemanfaatan layanan referensi di Perpustakaan Perguruan Tinggi khususnya di Perpustakaan FIB UI, FMIPA UI, dan FE UI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan layanan referensi oleh mahasiswa di perpustakaan perguruan tinggi dan Kendala yang dihadapinya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi yang sering digunakan adalah kamus, ensiklopedia, sumber geografi dan buku pedoman. Walaupun demikian pemanfaatan layanan koleksi referensi masih kurang, hal ini disebabkan karena koleksi yang kurang mutakhir dan juga pustakawan yang masih kurang dalam melayani pengguna. Disamping itu, hampir setengah lebih mahasiswa yang menggunakan sumber referensi di internet dan sumber yang digunakan tidak berbeda jauh dengan yang digunakan pada sumber koleksi referensi tercetak.

This undergraduate thesis discusses the use of the reference services in university libraries, particularly in FIB UI, FMIPA UI, and FEUI. The purpose of this research is to observe the utilization of reference services by students and the problems in using it. This research is a descriptive research with quantitative approach. The result of this research concludes that collection that is commonly used consists of dictionaries, encyclopedias, geographic sources, and handbooks. Nevertheless, the reference services in libraries is not optimally used, due to lack of up-to-date collection and incompetent librarians. Moreover, almost more than a half of the number of students prefer internet based sources because they are as reliable as printed materials."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S14930
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwik Istiawati
"Katalog merupakan alat bantu bagi pemakai perpustakan untuk mengakses dokumen yang dikumpulkan perpustakaan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian pada skripsi ini membahas tentang pemanfaatan katalog di Perpustakaan Perguruan Tinggi dengan sistem pelayanan terbuka. Tujuan skripsi ini adalah mengetahui cara-cara penelusuran yang dilakukan pemakai, serta sejauh mana pemahaman dan kemampuan mahasiswa selaku pemakai dalam menggunakan katalog. Penelitian ini bertujuan pula untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan temu kembali dokumen dengan menggunakan katalog dan tanpa menggunakan katalog. Dari hasil penelitian didapat data bahwa sistem pelayanan terbuka menghasilkan 3 pola penelusuran yaitu lewat katalog, penelusuran langsung ke rak dan gabungan kedua cara penelusuran tersebut. Walaupun banyak pemakai tidak memanfaatkan katalog dalam mencari dokumen namun mereka umumnya tahu cara menggunakannya. Angka tertinggi untuk menemukan semua buku yang dibutuhkan ditunjukkan oleh pemakai katalog. Hampir seluruh responden berpendapat bahwa katalog tetap bermanfaat walaupun perpustakaan menggunakan sistem pelayanan terbuka."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1993
S15633
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A. Deni Wardhaya
"Meskipun memiliki peran dan sumbangan yang penting dalam rangka layanan perpustakaan kepada masyarakat penggunanya, namun tidak semua layanan rujukan telah dimanfaatkan secara optimal oleh pengguna perpustakaan. Keadaan itu disebabkan oleh satu keadaan, yaitu kurangnya perpustakaan memberikan layanan rujukan yang maksimal, misalnya dalam hal tidak adanya pustakawan rujukan yang bertugas membantu pengunjung, atau dapat pula disebabkan oleh sikap pengguna itu sendiri yang bersikap ragu-ragu meminta bantuan kepada pustakawan rujukan. Perpustakaan British Council adalah salah satu dari sekian perpustakaan yang telah memiliki layanan rujukan yang terkelola dengan baik. Mereka mempunyai koleksi rujukan yang memadai, menyediakan pustakawan di meja rujukan, memberikan layanan dalam pemberian saran dan nasihat kepada pengunjung. Namun layanan tersebut masih tetap belum optimal dimanfaatkan karena masih banyak pengunjung perpustakaan yang belum memahami arti dan manfaat layanan rujukan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1993
S15265
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdi Halim Munggaran
"Penggunaan layanan seirrch ngincs scmakin tidak terhindarkan. Saat ini di tengah tears meningkatnya jumlah data yang tersimpan di Internet dan semakin bertambahnya jurnlah website dalam pertambahan yang luar biasa, para pengguna internet mesti menggunakan search engines. Apalagi kalangan akademisi yang memanfaatkan internet sebagai tempat menelusur informasi. Begitupun dengan Mahasiswa Program Studi ilmu Perpustakaan yang sedang menyusun skripsi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif . dan dengan menggunakan metode studi vs aw 1cosus, penelitian ini mencoba mengiingkap Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa rogram Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia yang menggunakan layanan search engines dalam menyusun skripsi. Hasil penelitian ini menyarankan Departemen Ilmu perpustakaan dan Informasi UI mempertimbangkan untuk mengadakan suatu mata kuliah Strategi Penelusuran informasi di Internet yang bersifat wajib bagi sernua Mahasiswa Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi dan bersifat pilihan bagi sernua Mahasiswa Universitas indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15875
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Anon Mirmani
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1999
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Desi Ariyani
"Skripsi ini membahas pemanfaatan perpustakaan perguruan tinggi oleh masyarakat umum di lakukan di Selapa Knowledge Center, Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Agustus 2008, tujuannya adalah untuk mengetahui frekuensi, waktu dan alasan masyarakat umum mengunjungi Selapa Knowledge Center. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Adapun sampel dari penelitian ini adalah masyarakat umum yang mengunjungi Selapa Knowledge Center pada saat penelitian. Melalui metode penarikan sampel secara kebetulan diperoleh 65 orang responden. Selapa Knowledge Center sudah cukup dimanfaatkan oleh masyarakat umum, terlihat dari frekuensi dan alasan kunjungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 36,92 % masyarakat umum mengunjugi Selapa Knowledge Center 3 sampai 4 kali seminggu. Alasan utama kunjungan adalah untuk mencari informasi lewat perpustakaan dan fasilitas internet.

This undergraduate thesis covers the utilization of academic library by public applied at Selapa Knowledge Center, Lebak Bulus, Jakarta Selatan in August 2008, the purpose was to discover the frequency, period, and the motive of public who pay a visit at Selapa Knowledge Center. Data were collected by using questionnaire which direct distribute to the respondent. The sample of this
undergraduate thesis is the public who pay a visit to Selapa Knowledge Center during the survey. Through the accidental sampling, 65 respondents were acquired. The utilization of Selapa Knowledge Center by public shows good indicates, seen by the frequency and reason of visiting. The result indicates 36, 92% public pay a visit to Selapa Knowledge Center, 3 to 4 times a week. The main reason is to find information trough library and internet facility"
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15200
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Hermawan Setiawan
"Penelitian tentang penerimaan terhadap teknologi informasi bagi user telah banyak digunakan. Disamping itu, adanya penggunaan electronic resources terutama penggunaan jurnal elektronik di perguruan tinggi. Namun pemanfaatan jurnal elektronik di Universitas Indonesia tidak seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan jurnal elektronik dalam kaitannya dengan perilaku pencarian informasi menggunakan Technology Acceptance Model dikaitkan dengan Information behaviour sebagai prilaku responden terhadap produk informasi yang telah diperolehnya. Populasi yang diambil adalah dosen dan mahasiswa Universitas Indonesia. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara Purposive dimana kriteria yang terpilih adalah responden yang pernah menggunakan ProQuest. Metoda analisanya adalah Stuctural Equation Modeling dengan software LISREL versi 8.72. Hasil penelitian mendukung teori dari TAM untuk pemanfaatan teknologi terutama jurnal elektronik oleh dosen dan mahasiswa Universitas Indonesia. Namun Model dalam penelitian ini dikembangkan dengan menambahkan Subjective Norm, Facilitating Factors, dan Computer Self Efficacy. Hasil yang diperoleh dengan penambahan variabel tersebut adalah Subjective Norm pada penelitian ini mendukung Intention to Use namun Computer Self Efficacy tidak mendukung Perceived Usefulness. Facilitating Factors tidak mendukung Actual Usage namun Computer Self Efficacy tidak mendukung Perceived Ease of Use. Actual Usage mendukung Information Behaviour.

Research about acceptance to information technology to user have used many. Beside that, existence of usage of resources electronic especially usage of electronic journal in college. But electronic journal exploiting in University Indonesia do not such as those which expected. This research aim to to study electronic journal exploiting in its bearing with behavior seeking of information use Technology Acceptance Model to be related to Information behaviour as responder to information product which have obtained of taken by population is Indonesia university student and lecturer. Data collecting use disseminated kuesioner by Purposive where chosen criterion is responder which have used Proquest. its Method Analysis is Stuctural Equation Modelling with LISREL version software 8.72. Result of research support theory from TAM for technological exploiting especially electronic journal by Indonesia university student and lecturer. But Model in this research is developed by enhancing Subjective Norm, Facilitating Factors, and Computer Self Efficacy. Result of which is obtained with addition of the variable is Subjective Norm at this research support Intention Use to but Computer Self Efficacy do not support Perceived Usefulness. Facilitating Factors do not support Actual Usage but Computer Self Efficacy do not support Perceived Ease Use of. Actual Usage support Information Behaviour."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2008
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>