Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17664 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Puspa Setia Pratiwi
"Terdapat berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa pembelajaran secara kolaboratif menunjukkan hasil yang sangat positif yakni meningkatnya hasil proses belajar, meningkatnya performa tim yang terkait dengan pemahaman suatu pengetahuan. Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan diantaranya tahap identifikasi dan analisis data, perancangan desain sistem, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Sistem yang dikembangkan dalam penelitian ini berdasarkan pada knowledge construction learning environment yang bertujuan untuk menyediakan sarana bagi para peserta ajar untuk mengartikulasikan pendapat mereka, mendiskusikan ide mereka kepada orang lain, untuk membedakan perspektif yang mereka miliki, mengadopsi ide-ide dari orang lain, mengklarifikasi terjadinya ketidaksepahaman, menegosiasikan pemahaman dan merumuskan pengetahuan agar menjadi produk yang bernilai. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, penulis akan merancang sebuah sistem pembelajaran kolaboratif online yang menerapkan pendekatan knowledge construction dalam melakukan kolaborasi antar-Peserta.

There were several researches that stated collaborative learning approach shows a very positive result in the improvement of study result and in the enhancement of team performance related to the understanding of knowledge. The research methodology that is being implemented in this thesis consists of identification, data analysis, system design, implementation, and evaluation stage. The system that is being developed in this research based on a knowledge construction learning environment that aimed to provide students the facility for articulating, discussing ideas to others, distinguishing perspectives, adopting ideas from others, clarifying any misunderstanding, negotiating for an agreement, and constructing knowledge to formulate valuable learning output. To achieve those goals, the author has designed a learning system which provides collaborative tools based on the knowledge construction approach. The knowledge construction approach comprises six learning phases, which are the Articulation, Clarification, Argumentation, Negotiation, and Integration phase. Each of the phases provides collaborative tools which facilitate the learning process of the student."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sularso Budilaksono
"ABSTRAK
Component Object Model (COM) adalah arsitektiir perangkat liinak yang
memungkinkan aplikasi dibangun dari komponen software berbentuk biner. COM
mendefinisikan interface pemrograman aplikasi yang memungkinkan pembuatan
komponen untuk digunakan dalam aplikasi terpadu dan memungkinkan komponen
yang berbeda untuk berinteraksi.
COM mendefmsikan struktur biner untuk menjembatani antara klien dan
obyek. Struktur biner ini menjadi dasar untuk interoperability diantara komponen
software yang dibuat dari sebarang bahasa. Sejauh compiler dapat mengubah
struktur bahaa ke representasi biner, maka bahasa implementasi untuk klien dan
obyek COM tidak menjadi persoalan. Komponen COM mengakses komponen
COM lain rnelalui pengacu interface.
Untuk membangun aplikasi yang scalable, aplikasi harus dibagi paling
tidak menjadi tiga unit komponen : Problem Domain Component yang
mengerjakan fungsi domain aplikasi seperti aturan bisnis., Human Interaction
Component yang menjadi interface ke user dan yang ketiga Data Management
Component yang mendefinisikan interface ke teknologi database yang digunakan.
Tujuan dan ruang lingkup tesis ini adalah untuk melakukan analisa, design
dan mengimplementasikan aplikasi berbasis COM. Studi kasus dilakukan di
Program Pascasarjan Universitas Indonesia. Untuk membangun Sistem Infomnasi
Akademik yang scalable, basis komponen akan diimplementasikan untuk
menjamin kemudahan pemeliharaan dan penggunakan ulang.

ABSTRACT
The Component Object Model (COM) is a software architecture that allows
applications to be built from binary software components. COM defines an
application programming interface (API) to allow creation of components for use
in integrating custom applications or to allow diverse components to interact.
COM defines a binary structure for the interface between the client and the
object. This binary structure provides the basis for interoperability between
software components written in arbitrary languages. As long as a compiler can
reduce language structures down to this binary representation, the implementation
language for clients and COM objects does not matter. COM components always
access other COM components through interface pointer.
To build a scalable application, you should divide it into at least three unit
components : Problem Domain Component which perfonn essential application
domain function such as business rules. Human Interaction Component which
present user interface , and finally Data Management Component defines interface
to the database technology being used.
The objective and scope of this thesis is to analize, design and implement
COM-based application. Case study methodology held in the Post Graduate
Programme at Indonesia University. In order to build a scalable Academic
Information System, component-based must be implemented to assure
maintainability and reusability."
1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiziano Villa, editor
"The problem of the unknown component : theory and applications addresses the issue of designing a component that, combined with a known part of a system, conforms to an overall specification. The authors tackle this problem by solving abstract equations over a language. The most general solutions are studied when both synchronous and parallel composition operators are used. The abstract equations are specialized to languages associated with important classes of automata used for modeling systems. The book is a blend of theory and practice, which includes a description of a software package with applications to sequential synthesis of finite state machines. Specific topologies interconnecting the components, exact and heuristic techniques, and optimization scenarios are studied. Finally the scope is enlarged to domains like testing, supervisory control, game theory and synthesis for special omega languages. The authors present original results of the authors along with an overview of existing ones."
New York: [, Springer], 2012
e20418583
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"Mahasiswa pada umumnya menghabiskan waktunya sebagian besar dikampus, sehingga harus memenuhi kebutuhan melalui jajanan di kantin lingkungan kampus. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan pendidikan gizi tentang sanitasi hygiene bagi penjual makanan jajanan di lingkungan kampus berdasarkan analisis perilaku personal hygiene sanitasi dalam penanganan (food handling) practice) makanan jajanan di kantin lingkungan kampus mulai penyiapan bahan , pengolahan, penyajian makanan dan minuman kepada konsumen serta peralatan yang digunakan untuk mencegah foodborne deseases. Desain penelitian tahap pertama digunakan Deskriptif. Pengambilan data mengunakan tes dan pedoman observasi dengan metode wawancara dan pengamatan. Objek penelitian adalah para penjual makanan jajanan di kantin dalam lingkungan kampus UPI. Teknik sampling dengan menggunakan sampel total sehingga sampel adalah seluruh penjual makanan jajanan yang ada di dalam lingkungan kampus UPI. Analisis hasil penelitian dilakukan secara seskriptif dalam bentuk tabulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan penjual makanan berada pada katagori cukup baik..."
JURPEND 15:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Leonny Pramitasari
"Setiap pembelajar memiliki karakteristik berbeda-beda antara lain berupa gaya belajar, prior knowledge, dan kecerdasan. Permasalahan ini sulit sekali diakomodasi pembelajaran tradisional. Berawal dari e-commerce, personalisasi meluas ke berbagai bidang TI termasuk pembelajaran online. Teknologi untuk personalisasi salah satunya adalah semantic web yang dapat membuat sistem menjadi adaptif. Tahap awal dalam pengembangan sistem berbasis semantic web adalah pemodelan dengan ontologi yang memiliki kemampuan reasoning terhadap banyak data. Salah satu ontologi yang harus dikembangkan adalah student model ontology yang dikembangkan pada penelitian ini dengan mempertimbangkan aspek gaya belajar dan performa sebagai representasi prior knowledge dan kecerdasan siswa.

Each learner has different characteristics including learning styles, prior knowledge, and intelligence. This problem is very difficult to accommodate by traditional learning. Starting from e-commerce field, personalization extends to various fields of IT including online learning. One of technologies for personalization is semantic web which makes systems adaptive. The first stage is modeling with ontology that has ability of reasoning large of data. One of the ontologies that must be developed is student model ontology, which is developed by considering learning styles and performance aspect that represents students prior knowledge and intelligence."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>