Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2410 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Kus Ikhsanto
"Penelitian ini dilatarbelakangi kegiatan corporate dalam membentuk image positif dengan menggunakan event dan publisitas. Penelitian ini meneliti event sponsorship dalam olahraga lari yaitu pada event Runforiver UI Half Marathon 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini menggunakan angket sebagai teknik pengumpulan data yang dibagikan kepada 255 responden penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda sebagai teknik analisis data untuk pengujian hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menemukan adanya pengaruh yang ditimbulkan oleh kegiatan event sponsorship dan publisitas terhadap pembentukan corporate image Universitas Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin tinggi nilai event sponsorship dan publisitas yang dimiliki oleh suatu corporate akan berdampak pada semakin tinggi pula citra dari corporate tersebut.

The research showed the positive image the corporate activity had by using event and publicity as it's background. The research used the Runforiver UI University of Indonesia Half Marathon 2015 a track and field sponsorship event as the sample case. This research used a quantitative approach with a survey method. The data were collected using questioners which were distributed to 255 respondents. It used a double regression analysis as the data analyzing technique to test the researcher's hypothesis. The result showed that there was an influence from the event sponsorship activity and publicity towards building UI's corporate image. The result showed that the better the corporate's event sponsorship and publicity is then the better the corporate image will be.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T45443
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutabarat, Penny
"This paper focuses the research on the Influence of Sponsor-Event Congruence toward Brand Image, Attitudes toward the Brand and Purchase Intention. Having reviewed the literatures and arranged the hypotheses, the data has been gathered by distributing the questionnaire to 155 audiences at the Java Jazz Music Festival, firstly with convenience sampling and then snowballing sampling approach. The analysis of data was executed with Structural Equation Modeling (SEM).
The result shows the sponsor-event congruence variable has a positive impact toward brand image and attitudes toward the brand sponsor. Brand Image also has a positive impact toward purchase intention; in contrary attitudes toward the brand do not have a positive purchase intention. With those results, to increase the sponsorship effectiveness, the role of congruency is very significant in the sponsorship event. Congruency is a key influencer to trigger the sponsorship effectiveness.
Congruency between the event and the sponsor is able to boost up the brand image and bring out favorable attitudes towards the brand for the successful of marketing communication program, particularly for sponsorship. In addition to it, image transfer gets higher due to the congruency existence (fit) between sponsor and event and directs the intention creation to buy sponsor brand product/service (purchase intention). In conclusion, sponsor-event congruence has effect on consumer responds toward sponsorship, either on the cognitive level, affective and also behavior."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Restu Sulistyorini
"Liga super Indonesia merupakan salah satu pertandingan sepak bola terbesar di Indonesia. Sponsorship banyak mengincar tim yang memiliki basis fans yang kuat dan besar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh antar unsur efektivitas sponsorship yaitu fans involvement, awareness, corporate image dan purchase intention. Penelitian dilakukan pada sponsor jersey Persib dengan responden fans Persib. Hasil penelitian untuk keseluruhan produk menunjukkan bahwa Fans Involvement berpengaruh signifikan terhadap Awareness secara langsung. Awareness berpengaruh terhadap Purchase Intention harus dimediasi oleh corporate Image. Untuk High Involvement product, Fans Involvement berpengaruh signifikan terhadap Awareness dan Corporate Image secara langsung, untuk dapat berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention, Awareness harus dimediasi oleh Corporate Image. Untuk Low Involvement Product, Fans Involvement berpengaruh signifikan terhadap Awareness secara langsung dan Awareness dapat berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention secara langsung tanpa harus dimediasi oleh Corporate Image. Penelitian terdahulu meneliti hubungan antara unsur tersebut dan menyatakan ada hubungan yang signifikan diantara mereka. Hasil penelitian ini memiliki perbedaan dengan hasil penelitian sebelumnya dikarenakan perbedaan sifat sponsor yang diteliti.

Indonesian Super Liga is one of the biggest football match in Indonesia. Sponsorship targeting many teams that have a strong and great fan base. The purpose of this study was to analyze the influence of the effectiveness of sponsorship between the fans involvement, awareness, corporate image and purchase intention. Sponsor research performed at the Persib jersey Persib and respondents are Persib fans. The results show that for the overall product Fans Involvement significantly influence Awareness directly. Awareness significantly influence on Purchase Intention mediated by the corporate image. For High Involvement product, Fan Involvement has significantly effect on Awareness and Corporate Image directly, to be able to significantly influence the Purchase Intention, Awareness must be mediated by the Corporate Image. For Low Involvement Product, Fans Involvement has significant effect on Awareness directly. Awareness can significantly influence the Purchase Intention directly without having mediated by the Corporate Image. Previous studies examining the relationship between these elements and expressed no significant relationship between them. Results of this study have differences with the results of previous studies because of differences in the nature of the sponsor. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46994
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Artsanti
"Sponsorship merupakan bagian dari komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communications) yang masih belum banyak diteliti secara akademis di Indonesia. Secara global, kegiatan sponsorship baru dikelola dengan balk sejak 25 tahun terakhir. Di Indonesia kegiatan sponsorship secara professional mulai terasa sejak PON XI di tahun 1989.
Menyadari bahwa sponsorship dapat memberikan manfaat dalam upaya komunikasi pemasaran perusahaan, maka penulis mencoba melakukan audit terhadap kegiatan sponsorship JAPFA Classic lnternational Tournament 2000 yang berlangsung tanggal 22 April - 2 Mei 2000.
Tesis ini membahas bagaimana suatu kegiatan sponsorship dirancang, faktor-faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan dan bagaimana memadukan konsep sponsorship dengan objektif komunikasi pemasaran. Dalam konteks ini menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa kegiatan sponsorship dapat dikelola sedemikian rupa sehingga mampu mencapai objektif komunikasi yang telah ditetapkan.
Penulis melakukan analisis terhadap (a) audit konsep sponsorship; (b) audit strategi komunikasi; (c) audit pesan (content); (d) audit strategi media; (e) audit khalayak sasaran; (f) audit manfaat dan biaya; serta (g) audit persaingan dan lingkungan bisnis, untuk mengetahui apakah kegiatan sponsorship yang dijadikan studi kasus ini memberikan manfaat yang optimal.
Dari audit yang dilakukan terlihat bahwa kegiatan sponsorship ini mampu membangkitan publisitas yang besar, dan sekaligus menciptakan nilai (value) pemberitaan yang melebihi biaya yang dikeluarkan untuk pembiayaan sponsorship, dan bahkan berdasarkan perhitungan Public Relations Society of America, nilai yang dibangkitkan mencapai lebih dari tiga kali lipat biaya yang dikeluarkan.
Kegiatan ini secara internal telah memberikan manfaat sesuai dengan objektif yang ditetapkan. Hal ini dapat diuji berdasarkan penelitian internal yang dilakukan oleh perusahaan. Namun untuk khalayak sasaran eksternal, objektif yang kongkrit tak dapat dibuktikan secara empiris. Meskipun demikian hasil audit memperlihatkan besarnya kemungkinan (indikasi) bahwa objektif komunikasi yang ditetapkan dapat dicapai.
Menyadari kenyataan semacam itu penulis menyarankan dalam kegiatan sponsorship yang besar sebaiknya perusahaan melakukan survei pendapat umum terlebih dahulu sebelum menggelar kegiatan sponsorship. Dengan melakukan hal ini maka akan dapat diketahui manfaat yang kongkrit yang diperoleh perusahaan melalui kegiatan yang disponsorinya.
Selain itu penulis juga menyarankan untuk mengelola hubungan media secara optimal, kerena melalui media publisitas yang positif dapat dibangkitkan untuk memberikan manfaat bagi perusahaan. Selain itu, sangatlah panting untuk juga melibatkan karyawan dalam kegiatan sponsorship yang besar, sehingga mereka ikut merasa bangga dan ikut membantu mensukseskan kegiatan sponsorship yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan sponsorship akan memberikan manfaat besar bagi perusahaan. "
2000
T710
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutagalung, Mangara Paul A.
"Penelitian ini meneliti pengaruh sponsorship dalam pembentukan brand image, peran dari lamanya seseorang datang ke sebuah event (sponsorship exposure) dan keterikatan seseorang dengan event tersebut (activity involvement) terhadap pembentukan citra sebuah merk sponsor (sponsor image). Selain itu penelitian ini melihat pengaruh langsung yang ditimbulkan dari citra sebuah event (event image), tingkat kecocokan event dengan sponsor (event-sponsor fit) dan tingkat komersialisasi sponsor dalam event (event commercialization) terhadap pembentukan citra sebuah merk sponsor (sponsor image). Penelitian ini berhasil mengumpulkan 212 responden dan menguji hubungan antara variabel yang diobservasi. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Hierarchical Regression. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sponsorship exposure tidak mempunyai pengaruh moderasi terhadap pembentukan sponsor image, sedangkan activity involvement mempunyai efek moderasi terhadap hubungan pengaruh event-sponsor fit dengan sponsor image. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan event image, event-sponsor fit dan sponsorship exposure mempunyai pengaruh langsung dalam pembentukan sponsor image.

This research aims to study the effect of sponsorship on creating brand image and the role of sponsorship exposure and activity involvement on creating brand image. This research also trying to define the direct effect that created by event image, event-sponsor fit and event commercialization on sponsor image. This research succeeded to collect 212 respondents and examine the relationship between the observed variables. Hierarchical regression is used to process data. The results of research shows that sponsorship exposure does not moderate relationship between all independent variables in creating a sponsor image, but activity involvement does have an moderation effect through the relationship between event-sponsor fit and sponsor image, but not on the other two variables.. Moreover, the results of research shows that event image, event-sponsor fit and sponsorship exposure have direct effect on sponsor image.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55573
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Hanif Inamullah
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kegiatan sponsorship yang dilakukan antara Chevrolet dengan Manchester United dapat mempengaruhi ekuitas merek (brand equity) Chevrolet pada pendukung Manchester United di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda dengan melibatkan 326 responden yang merupakan follower dari akun twitter @UtdIndonesia yang merupakan salah satu basis pendukung Manchester United di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan sponsorship yang dilakukan oleh Chevrolet dan Manchester United memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekuitas merek Chevrolet di kalangan pendukung Manchester United. Setiap dimensi pada variabel sponsorship yaitu variabel Sport club factors, Sponsorship Factors, dan Sponsor factors memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ekuitas merek. Disamping itu, setiap dimensi sponsorship tersebut juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap setiap dimensi dalam variabel ekuitas merek, yaitu kesadaran merek dan citra merek.

This research goal is to analyze how the sponsorship program between Chevrolet and Manchester United can affect Chevrolet’s brand equity on Manchester United fans in Indonesia. This research uses quantitative approach using a multiple regression analysis with 326 respondents which were the follower of @UtdIndonesia, one of the fanbase of Manchester United in Indonesia’s twitter account. The result of this research shows that the sponsorship agreement between Chevrolet and Manchester United has a significant effect toward Chevrolet’s brand equity on the mind of Manchester United fans in Indonesia. Eviery dimension in sponsorship which are Sport club factors, Sponsorship Factors, and Sponsor factors made a significant effect towards brand equity. Moreover, every dimension of sponsorship variable also has effect on every dimension of brand equity, which are brand awareness and brand image.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T44445
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4499
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
La Ode Muhammad Restu Pradana
"Tesis ini membahas bagaimana kalangan Advertiser di Indonesia memahami peran penting commercial sponsorship terhadap pasar Indonesia, yang dilakukan melalui pendekatan metode Delphi. Peran penting commercial sponsorship dibahas dalam kaitannya terhadap konteks marketing secara umumnya, terhadap strategi dan pendekatan periklanan dan aktivitas promosi, alokasi anggaran, dan tingkat kepercayaan advertiser terhadap prospek pertumbuhan commercial sponsorship di Indonesia. Pembahasan diarahkan untuk lebih spesifik menjawab objektif pemasaran apa yang idealnya dilakukan melalui strategi pendekatan commercial sponsorship. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dalam konteks suatu objektif pemasaran, commercial sponsorship masih menempati posisi yang penting. Akan tetapi dikarenakan sifatnya yang kurang efisien secara biaya, kalangan advertiser di Indonesia sampai pada konsensus bahwa pemanfaatan strategi pendekatan commercial sponsorship dirasa paling tepat untuk dilakukan dengan objektif pemasaran yang arahnya untuk memberikan pengalaman produk terhadap konsumers.

The thesis attempts to discern how Indonesia Advertiser look at the strategic decision of commercial sponsorship within today Indonesia market, which was done by using Delphi method. The relative importance of commercial sponsorship is examined within the context of overall today marketing and overall advertising approach, budget allocation, and the experts confident regarding the future growth of Indonesia commercial sponsorship. The discussion goes more specific to understand what marketing objective that will be better achieved through commercial sponsorship approach. The result shows that within the context of marketing objective, commercial sponsorship still regarded as a high important approach. However, due to its cost inefficiency nature, Indonesia advertisers reach to the consensus that commercial sponsorship approach should be focus on to deliver marketing objective with focus on delivering product experience to the consumers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Safitri
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5134
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>