Ditemukan 1676 dokumen yang sesuai dengan query
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Beberapa bulan yang lalu seorang mahasiswa program pasca sarjana USD terkunci di lobi Perpustakaan Universitas Sanata Dharma (PUSD) sudah usai . Waktu itu jam pelayanan PUSD sudah usai. Peristiwa ini membuat staf PUSD menjadi heran . Mengapa hal itu bisa terjadi ? Kasus lainnya,sering masuk keruang Workstation padahal pintu ruang workstation tertutup dan di dekat pintu ruang tersebut tertulis pengumuman 'Workstation tutp"...."
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Dafin Hadidarma Putra Pratama
"Fungsi rekreasi dalam perpustakaan merupakan fungsi yang berguna mengubah perpustakaan menjadi tempat yang menarik sehingga dapat memenuhi kebutuhan rekreasi pemustakanya dalam menumbuhkan minat baca, khususnya pada anak. Tujuan dibuatnya penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaran penerapan fungsi rekreasi dalam perpustakaan guna menumbuhkan minat baca anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan fungsi rekreasi dalam Rimba Baca dan apa faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan fungsi rekreasi pada Rimba Baca untuk membangun minat baca anak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis studi kasus. Hasil dari penelitian ini yang dilakukan di bulan Oktober danĀ November Tahun 2022 bahwa dalam pelaksanaan operasionalnya Rimba Baca sangat mengedepankan fungsi rekreasi dalam seluruh aspek kegiatan. Hal tersebut dilaksanakan dengan cara menyediakan bahan bacaan yang beragam, tempat yang nyaman serta fasilitas dan program yang dapat mengemas kegiatan membaca jadi lebih menarik dan juga menyenangkan untuk anak. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan fungsi rekreasi dilakukan dengan memberikan pilihan kepada anak dalam membangun minat baca anak. Saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah perlu adanya tinjauan kembali seputar gedung yang belum mampu menampung pengunjung dengan jumlah banyak, dan kurangnya tenaga ahli perpustakaan, serta belum berjalannya program rutin di Rimba Baca.
The recreational function in the library is a function that is useful in turning the library into an interesting place so that it can meet the recreational needs of its users in fostering interest in reading, especially in children. The purpose of this research is to provide an overview of the application of the recreational function in the library to foster children's interest in reading. The formulation of the problem in this study is how the process of implementing the recreational function in Rimba Baca and what are the inhibiting and supporting factors in implementing the recreational function in Rimba Baca to build children's interest in reading. In this study, researchers used qualitative methods with a case study analysis approach. The results of this research conducted in October and November 2022 show that in carrying out its operations, Rimba Baca prioritizes the function of recreation in all aspects of its activities. This is done by providing a variety of reading materials, comfortable places as well as facilities and programs that can make reading activities more interesting and fun for children. The conclusion obtained in this study is that the application of the recreational function is carried out by giving choices to children in building children's interest in reading. Suggestions that can be given by the author are that there is a need for a review regarding buildings that have not been able to accommodate large numbers of visitors, and the lack of library experts, and the routine program at Rimba Baca has not yet run."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Franz, Kurt
Bandung: Remaja Karya, 1986
028.162 361 FRA wt
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Muhammad Vieri
"Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia menjadi persoalan yang serius karena salah satu cara seseorang memperoleh informasi dan ilmu adalah dengan membaca. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini terlihat dari berbagai inovasi yang ditawarkan dalam berbagai aplikasi. Bahkan, keberadaan aplikasi turut mengubah gaya hidup dan perilaku masyarakat. Salah satu inovasi tersebut adalah bahan bacaan digital yang dapat dibaca dengan mudah di mana saja, kapan saja hanya dengan smartphone atau laptop dan koneksi internet. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana fitur Discover pada aplikasi by.U menyediakan bahan bacaan digital yang mempengaruhi minat baca penggunanya menurut teori pembangunan minat baca Springer et.al. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara pada bulan Mei tahun 2023 dengan ketiga informan yang dipilih berdasarkan kriteria spesifik yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian, hadirnya fitur Discover pada aplikasi by.U telah menerapkan keempat prinsip pembangunan minat baca. Hal tersebut didukung oleh beberapa faktor strategi by.U dalam menyajikan bahan bacaan digital di fitur Discover mulai dari gaya bahasa, isi cerita, menjadi fitur hiburan, dan adanya kesempatan mendapatkan rewards. Dapat disimpulkan bahwa fitur Discover juga memberikan dampak serta pengaruh yang positif dalam membangun minat baca penggunanya sekaligus meningkatkan rutinitas membaca yang didukung oleh beberapa fitur unggulan dalam aplikasi by.U.
The low reading interest of the Indonesian people is a serious problem because one of the ways a person can obtain information and knowledge is by reading. The development of information and communication technology is currently experiencing very rapid progress. This can be seen from the various innovations offered in various applications. In fact, the existence of the application has also changed people's lifestyles and behavior. One of these innovations is digital reading material that can be read easily anywhere, anytime with just a smartphone or laptop and an internet connection. Therefore, researchers are interested in knowing how the Discover feature in the by.U application provides digital reading materials that affect users' reading interest according to Springer et.al's theory of reading interest development. The method used in this research is qualitative with data collection techniques in the form of interviews in May 2023 with the three informants selected based on specific criteria set. Based on the research results, the presence of the Discover feature on the by.U application has implemented the four principles of developing reading interest. This is supported by several factors of by.U's strategy in presenting digital reading materials in the Discover feature, starting from language style, story content, entertainment features, and the opportunity to get rewards. It can be concluded that the Discover feature also has a positive impact and influence in building users' interest in reading while increasing their reading routine which is supported by several excellent features in the by.U application."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Dengan perkembangan teknologi yang cepat, sebagai pustakawan, selain meningkatkan minat baca juga perlu ditambahkan hal-hal lain yang lebih relevan dengan kondisi masyarakat sehingga konsep meningkatkan minat baca dapat diubah sedikit demi sedikit dan dikembangkan menjadi konsep masyarakat sadar informasi."
FP2T 1:2 (2002)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Rikka Poerna Anggelia
"Bank Indonesia (BI) Corner merupakan fasilitas pojok baca di perpustakaan sekolah dengan karakteristik desain dan fasilitas yang memiliki potensi untuk membangun minat baca para penggunanya. Namun, kajian dan penelitian terkait pemanfaatan fasilitas dan koleksi BI Corner di tingkat siswa masih jarang ditemukan. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi pemanfaatan fasilitas dan koleksi BI Corner serta kaitannya dalam membangun minat baca siswa di SMKN 10 Jakarta. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa pemanfaatan BI Corner oleh siswa dilatarbelakangi karena faktor internal dan eksternal meliputi kebutuhan siswa, motif siswa, minat siswa, aspek jumlah dan jenis koleksi, pelayanan dari pustakawan dan kinerja dari sistem pencarian kembali koleksi. Terdapat prinsip-prinsip dalam membangun minat baca siswa yaitu; cultivating Individual Interest, fostering situational interest, selecting texts with interest-enhancing elements, teaching interest self-regulation strategies. Beberapa pemanfaatan dan implementasi BI Corner di perpustakaan sekolah telah berjalan sesuai dengan keempat prinsip membangun minat baca tersebut. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan fasilitas dan koleksi BI Corner tidak memengaruhi secara langsung minat baca siswa SMKN 10 Jakarta. Tetapi beberapa fasilitas dan koleksi BI Corner telah dimanfaatkan dengan baik oleh siswa SMKN 10 Jakarta, sehingga siswa tertarik untuk berkunjung.
Bank Indonesia (BI) Corner is a reading corner facility in the school library with design and facilities that have the potential to build reading interest among its users. However, studies and research related to the use of BI Corner facilities and collections at the student level are still rare. The purpose of this study was to identify the use of BI Corner facilities and collections and their relation to enhance students' reading interest at SMKN 10 Jakarta. A qualitative method with a case study approach is used in this study. The results of this study revealed that the use of BI Corner by students was motivated by internal and external factors including student needs, student motives, student interests, aspects of the number and type of collections, services from librarians and the performance of the collection retrieval system. There are principles in building students' reading interest, namely; growing individual interest, cultivating situational interest, choosing texts with elements of augmenting interest, teaching interest self-regulation strategies. Several uses and implementations of BI Corner in the school library have been carried out in accordance with the fourth principle of building interest in reading. Based on the results of this study, it can be interpreted that the use of BI Corner facilities and collections does not directly affect students' reading interest at SMKN 10 Jakarta. However, several BI Corner facilities and collections have been put to good use by students of SMKN 10 Jakarta, so the students are interested to visit BI Corner."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library