Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116621 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yus Rusmiyati
"Topik skripsi ini mengenal pemanfaatan buku Islam oleh mahasiswa di Perpustakaan Masjid Kampus UI (Perpustakaan Iqra') dan Perpustakaan Masjid Kampus ITB (Perpustakaan Salman). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku Islam dalam subiek apa yang paling disukai oleh mahasiswa, unsur-unsur apa yang diperhatikan oleh mahasiswa dalam memillh buku Islam, penerbit buku Islam mania yang paling disukai oleh mereka dan alasan mereka menyukai penerbit tersebut. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah koleksi buku Islam di kedua perpustakaan yang diteliti telah dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam mengisi waktu luangnya, serta mengetahui apakah kedua per_pustakaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa tehadap buku Islam. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa, baik di Perpustakaan Iqra' maupun di Perpustakaan Salman paling menyukai buku Islam dalam subjek Karya-karya Umum tentang Islam. Pada umumnya mahasiswa di Perpustakaan Iqra' menyukai buku Islam terbitan Gema Insani Press dengan alasan penulisnya berbobot, isinya berbobot, topiknya aktual, sampulnya/covernya bagus, terbitannya lengkap dan bahasanya mudah dipahami. Sedangkan di Perpustakaan Salman, pada umumnya buku Islam yang disukai adalah buku Islam terbitan Mizan, dengan alasan penulisnya berbobot, pembahasannya mendalam, topiknya aktual, sampul/covernya bagus dan terbitannya lengkap. Selain itu, jika mereka ingin memiliki buku sendiri, buku tersebut mudah didapat dan harganya murah. Dalam memilih buku Islam, mahasiswa pada umumnya lebih memperhatikan unsur subiek daripada unsur lainnya. Pada umumnya mahasiswa telah memanfaatkan perpustakaan masjid kampus untuk mendapatkan buku Islam. Namun sayangnya kedua belum dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan mereka."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15650
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Asrukin
"Tesis ini didasarkan pada penelitian sikap mahasiswa terhadap fasilitas dan pelayanan perpustakaan IKIP Malang. Sikap mahasiswa merupakan derajat afek negatif dan positif mahasiswa dalam kaitannya dengan obyek psikologisnya yang berupa fasilitas dan pelayanan perpustakaan. Fasilitas perpustakaan meliputi koleksi buku, majalah, koran, referens, karya ilmiah, dan katalog perpustakaan, sedangkan pelayanan meliputi sistem pelayanan, waktu pelayanan, pelayanan peminjaman buku, majalah, koran, referens, karya ilmiah, fotokopi, dan pelayanan pintu.
Tujuan penelitian ini adalah: (1)untuk mengetahui sikap mahasiswa terhadap fasilitas dan pelayanan perpustakaan; (2)untuk mengetahui perbedaan sikap antara mahasiswa bidang studi IPA dengan mahasiswa bidang studi 1PS; dan (3)untuk mengetahui hubungan antara sikap tersebut dengan frekuensi peminjaman buku.
Contoh yang diambil sebanyak 245 dari populasi mahasiswa program sarjana IKIP Malang sebanyak 8.256 dengan menggunakan teknik penarikan contoh secara acak yang purposif berstrata. Dengan menggunakan Skala Likert diketaliui bahwa: (1) nilai rerata skor sikap mahasiswa terhadap fasilitas perpustakaan sebesar 99.829, sedangkan nilai rerata skor sikap mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan sebesar 85.6799; (2)nilai Kai-Kuadrat sebesar 12.661 untuk perbedaan sikap mahasiswa antara mahasiswa bidang studi IPA dengan mahasiswa bidang studi IPS terhadap fasilitas perpustakaan, dan nilai Kai-Kuadrat sebesar 9.220 untuk perbedaan sikap mahasiswa antara mahasiswa bidang studi IPA dengan mahasiswa bidang studi IPS terhadap pelayanan perpustakaan; dan (3)nilai r Moment Tangkar sebesar 0.165 untuk hubungan antara sikap mahasiswa terhadap fasilitas perpustakaan dengan frekuensi peminjaman buku, dan nilai r Moment Tangkar sebesar 0.101 untuk hubungan antara sikap mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan dengan frekuensi peminjaman buku.
Hasilnya menunjukkan (1) adanya sikap positif mahasiswa terhadap fasilitas perpustakaan, sikap cenderung positifterhadap pelayanan perpustakaan; (2) terdapat perbedaan yang berarti antara sikap mahasiswa bidang studi IPA dengan mahasiswa bidang studi IPS, dimana sikap mahasiswa bidang studi IPS terhadap fasilitas perpustakaan lebih positif dibanding mahasiswa bidang studi IPA, sebaliknya mahasiswa bidang studi IPA lebih positif sikapnya terhadap pelayanan perpustakaan dibanding dengan mahasiswa bidang studi IPS; dan (3)terdapat hubungan antara sikap mahasiswa terhadap fasilitas perpustakaan dengan frekuensi peminjaman buku, serta tidak ada hubungan antara sikap mahasiswa terhadap pelayanan dengan frekuensi peminjaman buku.

This thesis is based on the research of student's attitude towards the library facilities and services of IKIP Malang. The student's attitude is the degree of negative or positive affect in relation to their psychological object. What is meant by the library facilities are books, magazines, newspapers, reference materials, scientific works, and card catalogues, while the library services are system, time, book circulation, magazine, newspaper, reference, scientific work, photocopy, and entrance services.
The aims of this research are: (1) to understand the student's attitude toward the library facilities and services; (2) to express the difference of student's attitude between the natural sciences students and the social sciences students; (3) to express the relation of the student's attitude with the frequency of books borrowed.
The number of sample is 245 getting from 8.256 undergraduate student of IKIP Malang, with stratified purposive random sampling. By using the Likert's scale is known that: (1) the mean of value of student's attitude toward library facilities is 99.829, and the mean of value of student's attitude toward library services is 85.6799; (2) the value of Chi-Square for difference of student's attitude between the natural sciences students and the social sciences students toward library services is 12.661, and the value of Chi-Square for difference of student's attitude between the natural sciences students and the social sciences students toward library facilities is 9.220; (3) the value of r Product Moment for relationship between the student's attitude toward the library facilities with the frequency of books borrowed is 0.165, arid the value of r Product Moment for relationship between the student's attitude toward the library services with the frequency of books borrowed is 0.101.
The results show that: (1) there are positive attitude toward the library facilities and positive trend attitude toward the library services; (2) there are significant differences of student's attitude among the natural sciences students and the social sciences students, there are the social sciences student's attitude are more positive toward the library facilities, and the natural sciences student's attitude are more positive toward the library services; (3) there is relationship between the student's attitude toward the library facilities with the frequency of books borrowed, and there is no relationship between the student's attitude toward the library services with the frequency of books borrowed."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendra Gunawan
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menunjukkan bahwa citra perpustakaan dan profesi pustakawan dapat memotivasi maupun demotivasi (melemahkan motivasi) mahasiswa baru program Studi Ilmu Perpustakaan FIB UI tahun 2006/2007 dalam memanfaatkan perpustakaan, jasa pustakawan dan memasuki profesi pustakawan setelah menempuh pendidikan bidang ilmunya. Citra yang dimiliki mahasiswa baru Program Studi Ilmu Perpustakaan tahun 2006/2007 adalah positif, setelah mereka menempuh studi di Program Ilmu Perpustakaan sebagai gerbang awal memasuki profesi pustakawan. Mereka memiliki pengalaman berinteraksi dengan perpustakaan dan pustakawan yang berbeda-beda dan memiliki pengetahuan tentang perpustakaan dan profesi pustakawan yang berbeda-beda dimana keduanya mempengaruhi citra yang mereka miliki terhadap perpustakaan dan profesi pustakawan. Perkuliahan di program Studi ilmu Perpustakaan membuat mahasiswa baru tahun 2006/2007 akan memperoleh kurikulum tentang perpustakaan dan Profesi pustakawan. Masalah penelitian adalah sejauhmana pengalaman yang mereka miliki untuk mendapatkan pengetahuan tentang perpustakaan dan profesi pustakawan dapat menggeser pandangan negatif mereka terhadap perpustakaan dan profesi pustakawan menjadi lebih baik, sehingga dapat memotivasi mereka untuk memanfaatkan perpustakaan dan jasa pustakawan serta memasuki profesi pustakawan sebagai dunia kerja mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yaitu penelitian dengan mengolah data-data kuantitatif berupa angka kemudian menyajikannya dalam bentuk deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru program studi ilmu perpustakaan FIB UI 2006/2007 yang berjumlah 53 orang mahasiswa. Sebagai alat pengumpul data utama digunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh mayoritas oleh responden sangat minim, seiring dengan citra perpustakaan sekolah yang mereka miliki. Sedangkan intensitas pemanfaatan perpustakan perguruan tinggi oleh mayoritas responden sangat baik, seiring dengan citra perpustakaan perguruan tinggi yang mereka miliki. Dengan demikian, telah terjadi tingkat pergeseran tentang peran perpustakaan dan profesi pustakawan antara ketika responden masih sekolah dengan ketika responden memasuki kuliah di perguruan tinggi bidang Ilmu Perpustakaan. Sehingga ada pengaruh positif antara kuliah di Program Studi Ilmu Perpustakaan dengan terjadinya perubahan citra terhadap perpustakaan dan profesi pustakawan. Ada pengaruh positif antara citra perpustakaan dan profesi pustakawan dengan pemanfaatan perpustakaan dan jasa pustakawan. Namun hasil lain menunjukkan bahwa citra yang dimiliki responden kurang mempengaruhi mereka memilih studi Ilmu Perpustakaan sebagai gerbang awal memasuki profesi pustakawan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15678
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evino Sugriarta
"Tujuan pendidikan tenaga kesehatan pada Akademi Kesehatan Lingkungan, Keperawatan, dan Gizi (Akademi Kesehatan) Depkes Padang adalah menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keahlian, dan kemampuan akademik (Ali madya) dalam bidang kesehatan lingkungan, keperawatan, dan gizi. Tenaga-tenaga kesehatan ini diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara optimal sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat serta perkembangan ilmu dan teknologi.
Salah satu elemen pendukung dalam kegiatan belajar mengajar pada Akademi Kesehatan Depkes Padang adalah perpustakaan. Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar pada Akademi Kesehatan Depkes Padang, belum dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa dalam proses belajar. Sebagai pusat informasi, baru sekitar 19 % mahasiswa yang memanfaatkan layanan perpustakaan. Rendahnya tingkat pemanfaatan perpustakaan pada Akademi Kesehatan Depkes Padang, dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah minat membaca mahasiswa, pemberian tugas oleh dosen dalam kegiatan belajar, ketersediaan waktu oleh mahasiswa selama kegiatan belajar mengajar, persepsi mahasiswa terhadap layanan dan koleksi perpustakaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa pada Akademi Kesehatan Depkes Padang. Jenis penelitian adalah cross sectional. Pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara systematic random sampling sehingga responden tersebar secara merata pada tingkat I, II, dan III.
Hasil penelitian menunjukkan, hanya sekitar 47,5 % responden yang memanfaatkan perpustakaan dalam kegiatan belajar mengajar dengan kategori tinggi. Secara bivariat, variabel yang berhubungan dengan pemanfaatan perpustakaan adalah minat membaca, tugas dosen, ketersediaan waktu, dan persepsi terhadap koleksi perpustakaan. Sedangkan variabel persepsi terhadap layanan perpustakaan tidak berhubungan dengan pemanfaatan perpustakaan.
Hasil analisis multivariat dengan regresi logistik terhadap empat variabel sebagai prediktor, terdapat tiga variabel yang berhubungan, yaitu minat membaca, tugas dari dosen dan ketersediaan waktu . Variabel yang paling berhubungan dengan pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa adalah tugas dari dosen, kemudian ketersediaan waktu, dan minat membaca.
Untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa dalam kegiatan belajar pada Akademi Kesehatan Depkes Padang, adalah dengan pemberian tugas oleh dosen kepada mahasiswa harus lebih ditingkatkan, jadual layanan diperpanjang, meningkatkan minat membaca mahasiswa.
Perpustakaan harus memiliki tenaga fungsional (pustakawan). Kemudian perlu dilakukan pembinaan terhadap mahasiswa sebagai pemakai, melengkapi koleksi perpustakaan dengan buku-buku terbaru yang relevan dengan pembelajaran, dan meningkatkan kualitas layanan dari perpustakaan. Saran-saran tersebut diharapkan dapat memperbaiki citra perpustakaan Akademi Kesehatan Depkes Padang dimata pemakai, yaitu mahasiswa.

The Utilization of Library by Students at Environmental Health, Nursing and Nutritional Academy Health Department Padang 2001Health staffs education in environmental health, nursing and nutritional academy aims to produce graduation that have knowledge, skill and academic capability in those sciences. Those health human resources are expected to give health service to the people optimally according to the peoples need and demand, and also knowledge and science progress.
The other element to carry on in activity learning at Health Academy Health Department Padang is library. Library as one of studying source in those institution has not been used maximally yet by the students. As information centre, there are only 19 % of the students who use this. This phenomenon can be caused by many factors, such as intention to read, task by the lectures, time, and students perception to library services and collections.
This research aims to explore some information related to the factors that correlate to library utilization by the students in the institution mentioned above. It used cross sectional approach. Sampling technique was systematic random sampling, so that the respondents is distributed equally in level I, II, and III.
The result showed that only 47,5 % respondents who use library in the high category. In the bivariate analysis, the variables which correlate to library utilization are intention to read, time, and perception to library collections. The perception to library service has no correlation.
The results of multivariate analyze using logistic regressions for to four variables as predictor, showed three variables significantly, are intention to read, task by the lectures, and time. The variable very significant with utilization of library by students are task by the lectures, and then time, intention to read.
To increase library utilization in activity learning at Health Academy Health Department Padang, with task by the lectures for students, time service longer, the students must be increased the intention to read. The library must have librarians. Beside that educate students as user, and library collection must be completed by new books that is relevant to learning process. Those suggestions is expected repairing library image in sight of students as user.
"
2001
T8281
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"perpustakaan dan untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi pemanfaatan perpustakaan terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar Metode penelitian ini deskriftif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner, penelitian kepustakwanan dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi komunikasi Pemanfaatan Perpustakaan STMIK Handayani Makassar berada pad a kategori tinggi ( 66,67%), hal ini menegaskan bahwa komunikasi Pustakawan, melalui pendekatan komunikasi opini, empati, dan keterbukaan kepada mahasiswa yang akan berdampak baik terhadap meningkatkan motivasi dan hasil proses belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar. Bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa STMlK Handayani Makassar berada pad a kategori tinggi. (53,34%) hal ini memberikan apresiasi dan keinginan oleh Pustakawan, bahwa dengan penerapan Strategi komunikasi antapribadi yang efektifmaka peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa melalui pendekatan dorongan, rasa ingin tahu dan kemampuanlkepercayaan diri dengan Pustakawan akan semakin tinggi pula motivasi belajar yang didapatkan kemudian. Strategi Komunikasi Pustakawan mempunyai hubungan yang kuat dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar. Hal ini ditandai dengan nilai koefisien korelasi R = 0,861 (mendekati nilai angka 1)."
020 JUPITER 13:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Subagyo
"Kajian difokuskan pada mahasiswa strata satu IPB atas dukungan data backup yang dilakukan Perpustakaan Pusat IPB. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kunjungan perpustakaan, sirkulasi buku dan keterkaitan keduanya. Metode yang digunakan " Job and activity analysis", dimana metode ini merupakan grup metode deskriptif. Hasil kajian ditunjukkan pengunjung statis sebanyak 84,05 persen dengan frekuensi berkunjung sekitar 13 kali selama setahun. Mahasiswa Fakultas Peternakan dan Teknologi Pertanian menempati frekuensi tertinggi. hal tersebut mungkin dipengaruhi oleh kesibukan mahasiswa, kebutuhan informasi, isu tidak ada informasi, tugas dosen, sumber pengayaan dan kebutuhan diskusi. Peminjam statis diperoleh hasil sebanyak 43.65 persen, dan sebagai peminjam dinamis telah melakukan pinjam buku sekitar delapan kali. Total kelompok peminjam mempunyai kecenderungan semakin menurun jumlahnya daru frekuensi pinjam kategori sangat rendah ke tinggi. Faktor yang mungkin berperan antara lain motivasi waktu, gemar membaca, pengayaan pengetahuan. Ternyata satu buku banyak dipinjam oleh berbagai kelompok, dan mayoritas berbahasa Indonesia."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2009
020 VIS 11:1 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Andrea Dorea Masa
"Topik skripsi ini mengenai minat dan kebiasaan membaca mahasiswa SI Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Uni_versitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan kebiasaan mahasiswa SI JIP-FSUI secara umum-terhadap jenis terbitan tertentu, yaitu buku, majalah, koran dan tabloid--dengan mengacu pada beberapa segi pokok: jenis bahan bacaan yang dibaca, dan diantara jenis-jenis bacaan tersebut mama yang paling banyak dibaca, waktu yang digunakan untuk membaca setiap harinya, nama bahan bacaan yang dibaca, subjek atau topik bahan bacaan yang diminati, alasan utama membaca bahan bacaan, cara utama untuk memperoleh bahan baca_an, serta kegiatan apa yang biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa minat dan kebiasaan membaca mahasiswa S1 JIP-FSUI secara umum sudah cu_kup baik. Hal itu terlihat dari waktu yang mereka pergunakan untuk - membaca tiap harinya yang umumnya berkisar antara 1 sampai dengan lebih dari 2 jam, bervariasinya jenis bacaan yang mereka baca, alasan-alasan yang mereka kemukakan sehing_ga mereka membaca-umumnya atas dasar kesadaran yang tumbuh dari diri sendlri, cara-cara yang mereka tempuh untuk menda_patkan bahan bacaan, serta dari pengisian waktu luang mereka, yang oleh sebagian besar dari responden diisi dengan membaca."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15033
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andy Priyantoko
"Skripsi ini mengenai koleksi mikro di perpustakaan PDII-LIPI, sebuah survei pendapat terhadap karyawan dan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan pendapat karyawan dan mahasiswa mengenai jasa layanan koleksi mikro di perpustakaan PDII-LIPI, faktor-faktor penyebab mereka menggunakan atau tidak menggunakan koleksi mikro serta tanggapan mereka terhadap layanan koleksi mikro di perpustakaan PDII-LIPI.
Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan penyebaran kuesioner dan wawancara. Kuesioner disebarkan langsung kepada pengunjung, sedang wawancara dilakukan kepada Kepala Sub Bidang Jasa Pembaca dan staf perpustakaan. Data hasil penyebaran kuesioner merupakan data utama dalam penelitian ini.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa jumlah pemakai koleksi mikro di perpustakaan PDII-LIPI masih rendah dibandingkan dengan jenis koleksi lainnya di perpustakaan, yaitu 13,6% mahasiswa dan 27,5% karyawan. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ketidaktahuan pengunjung mengenai bentuk mikro atau pengunjung masih menganggap koleksi mikro sebagai sesuatu yang baru ; pengunjung lebih suka literatur tercetak ; cakupan subyek koleksi mikro tidak sesuai dengan bidang yang ditekuni ; pengunjung tidak mengetahui cakupan subyek koleksi mikro ; kesulitan pengunjung dalam menggunakan alat baca koleksi mikro (micro-reader) ; dan biaya pembuatan salinan yang masih dianggap terlalu mahal. Sedangkan beberapa alasan mengapa mereka menggunakan koleksi mikro adalah karena subyek yang mereka tekuni ada dalam bentuk mikro ; kemudahan dalam melakukan penelusuran ; dan karena koleksi mikro dapat dbuatkan salinannya ke atas kertas.
Kualitas perangkat keras koleksi mikro di perpustakaan PDII-LIPI, yang mencakup alat Baca dan cetak koleksi mikro (micro reader-printer) sudah cukup baik walaupun harus dilakukan beberapa perbaikan guna meningkatkan pelayanan koleksi mikro di perpustakaan PDII-LIPI."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1997
S15040
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lily Irawati Roesma
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>