Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 105977 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2003
R 023.2 JAB
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2003
023.2 JAB
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Tulisan ini menggambarkan beberapa landasan hukum dan pandangan pentingnya seorang pustakawan mengikuti uji kompetensi dan sertifikasi pustakawan. Sertifikasi Pustakawan merupakan bentuk pengakuan dan jaminan terhadap pengetahuan, keterampilan dan sikap seorang pustakawan yang profesional dalam bekerja. Penghargaan dan pengakuan terhadap kapasitasnya sebagai pustakawan harus berdampak pada produktifitas kerja seorang pustakawan. Pustakawan yang produktif adalah pustakawan yang berkewajiban melaksanakan pekerjaannya dengan sepenuh hati, sungguh-sungguh untuk menghasilkan yang terbaik, mampu melaksanakan tugas sesuai tupoksinya, mengembangkan kretivitas, mampu bekerja dalam tim work dan pada akhirnya akan memberikan kepusaan dan kebanggaan akan hasil pekerjaannya."
JUPITER 14:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rushendi
"ABSTRAK
Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya merupakan sarana mempermudah dan memperlancar pelaksanaan pengajuan daftar usul penetapan angka kredit (DUPAK) bagi pustakawan, yang berisi penjelasan rinci tentang kegiatan pustakawan, pembinaan karier pustakawan, angka kredit pustakawan, dan tim penilai pustakawan. Permasalahan dihadapi Pustakawan Kementerian Pertanian dalam pengajukan DUPAK belum adanya kesamaan persepsi, kesulitan memahami prosedur, tidak adanya motivasi, dan belum memahami benar setiap unsur kegiatan. Tujuan dari pengkajian untuk menyamakan persepsi di tingkat Pus taka wan Kementerian melalui sikap, motivasi, dan harapan pribadi serta mengidentifikasi butir-butir kegiatan yang perlu ditambah terhadap Perka Perpusnas No. 11 Tahun 2015 mengenai petunjuk teknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya lingkup Kementerian Pertanian. Pengkajian dilaksanakan bulan Juli-Agustus 2017 dengan metode survei bersifat deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kualitatif. Populasi adalah Pustakawan Kementerian Pertanian berjumlah 137 orang, penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kelonggaran 10% dengan jumlah sampel sebanyak 58 pustakawan. Hasil kajian menunjukkan sikap pustakawan pada unsur pengelolaan perpustakaan, pelayanan perpustakaan, pengembangan
sistem kepustakawan, pengembangan profesi dan kegiatan penunjang kepustakawanan kategori baik dan sesuai dengan pekerjaan di Perpustakaan, namun unsur pengembangan sistem kepustakawanan, pengembangan profesi dan
penunjang kepustakawanan cukup keberpihakan akan pada perpustakaan Kementerian Pertanian. Motivasi pustakawan dalam mengajukan DUPAK pada unsur kegiatan pengembangan profesi kategori sangat tinggi, tetapi unsur kegiatan penunjang kepustakawan motivasinya berkategori sedang. Harapan pustakawan terkait dengan angka kreditnya sesuai yang diharapkan namun perlu ditambah pada unsur-unsur kegiatannya dan jumlah angka kreditnya serta dapat disesuaikan dengan kegiatan yang ada di Perpustakaan Kementerian Pertanian."
Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI, 2018
021 MPMKAP 25:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Perpustakaan Nasional, 1992
R 023.2 IND j
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Sagung Seto, 2013
020.92 SER
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwit Siswarini
"ABSTRAK
Skripsi ini mengenai persepsi siswa terhadap profesi dan tugas pustakawan. Penelitian ini bertujuan untuk merigetahui gambaran mengenai pengenalan dan persepsi siswa terhadap perpustakaan, mengefahui kontak antara siswa dan pustakawan, mengetahui persepsi siswa SMU terhadap profesi dan tugas pustakawan, gambaran mengenai pengenalan siswa terhadap organisasi profesi pustakawan, serta pengenalan dan minat siswa terhadap jurusan iimu perpustakaan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner. Kuesioner disebarkan langsung kepada responden hingga didapat jumlah yang diinginkan. Data dari hasil penyebaran kuesioner merupakan data utama dalam penelitian ini.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pengenalan siswa terhadap perpustakaan sebagian besar dimulai sejak mereka duduk di bangku SMP dan perpustakaan yang pernah dikunjungi hampir seluruh responden adalah perpustakaan sekalah sedangkan persepsi responden terhadap perpustakaan adalah positif. Kontak antara siswa dan pustakawan sebagian besar terjadi di meja sirkulasi. adalah positif. Kontak antara siswa dan pustakawan sebagian besar terjadi di meja sirkulasi.
Sebagian besar responden mengetahui ada profesi pustakawan dan mereka mempunyai persepsi positif terhadap peranan pustakawan di era informasi dan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, kecenderungan persepsi negatif terdapat pada prospek, gaji yang rendah, kedudukan pustakawan di antara profesi lain dan tugas pustakawan yang rutin dan membosankan.
Sebagian besar responden menyatakan tugas pustakawan adalah menyediakan informasi, dan untuk menjadi pustakawan dibutuhkan kepribadian yang dinamis, cepat dan cekatan, kreatif dan proaktif.
Hanya sebagian kecil yang mengetahui adanya organisasi profesi pustakawan itupun tidak mengetahui namanya secara lengkap. Minat responden untuk masuk ke jurusan ilmu perpustakaan sangat rendah karena hanya 4 % yang menyalakan berminat masuk.

"
1999
S15624
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>