Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145794 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syaiful Bahri Djamarah
Jakarta : Rineka Cipta , 2004
302.2 SYA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Hafsah
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S7190
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natasya Anggita Kuntarto
"Pola asuh adalah suatu kegiatan di mana setiap masyarakat memiliki pandangan dan perspektif masing-masing tentang bagaimana orang tua memperlakukan anaknya dan sebaliknya. Penelitian ini berfokus pada bagaimana seorang anak, khususnya perempuan dewasa, melihat orang tuanya dan pola asuhnya sebagai sesuatu yang dianggap toxic. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebagian besar berdasarkan otoetnografi dan observasi, di mana peneliti sendiri merupakan informan utama. Penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan dan pengendalian secara terus-menerus dari orang tua adalah alasan utama mengapa seorang anak menganggap orang tuanya toxic. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa banyak norma budaya dan kepercayaan yang membentuk bagaimana masyarakat merespon ketika terjadi konflik orang tua dan anak yang juga memberikan tekanan bagaimana seorang anak harus bertindak dalam menghadapi toxic parenting.

Parenting is an activity in which every community has their own views and perspectives about how parents treat their children and vice versa. This research focuses on how a child, specifically an adult woman, sees her parents and their parenting ways as something that is considered toxic. The data that was used in this research is mainly based on autoethnography and observation, where the researcher herself is the main informant. This research showed that the constant pressure and control from parents are the main reason why a child thinks that her parents are toxic. This research also showed that there are many cultural norms and beliefs that shape how society responds when there’s a parent and child conflict, which also gives pressure on how a child should act in dealing with toxic parenting.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Adi Pramono
"Tesis ini membahas tentang ?Pengaruh Pendidikan Orang Tua, Sosio Ekonomi Keluarga dan Lingkungan Pendidikan terhadap Risiko Anak Putus Sekolah di Kota Bekasi dalam Perspektif Ketahanan Keluarga?. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan observasi dan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel pendidikan orang tua, sosio ekonomi keluarga, dan lingkungan pendidikan terhadap risiko anak putus sekolah di Kota Bekasi dalam perspektif ketahanan keluarga. Analisis korelasi menunjukkan ada hubungan positif pada tingkat sangat kuat antara pendidikan orang tua, sosio ekonomi keluarga, dan lingkungan pendidikan secara bersama- sama dengan risiko anak putus sekolah dengan nilai r sebesar 0,986.
Dari hasil analisis regresi juga memperlihatkan bahwa pengaruh yang ditunjukkan pendidikan orang tua, sosio ekonomi keluarga, dan lingkungan pendidikan secara bersama-sama terhadap risiko anak putus sekolah adalah positif dan signifikan dengan nilai R Square sebesar 0,973 dan F hitung sebesar 1123,294. Hal ini berarti 97,3 % risiko anak putus sekolah dipengaruhi secara bersama-sama oleh faktor pendidikan orang tua, sosio ekonomi keluarga, lingkungan pendidikan dan 2,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan, jika pendidikan orang tua, sosio ekonomi keluarga, dan lingkungan pendidikan ditingkatkan, maka dapat mengurangi risiko anak putus sekolah dan kesempatan melanjutkan pendidikan menjadi lebih besar.

This thesis discusses about ?The Effect of Parent Educational Background, Family Socio Economic, and Environmental Education to Children Dropout risk in Kota Bekasi in The Perspective of Family Resilience?. This Research using quantitative method by observation and surveys. The results showed that there is a significant effect of Parent Educational Background, Family Socio Economic, and Environmental Education to Children Dropout risk in Kota Bekasi in The Perspective of Family Resilience. Correlation analysis showed there was a positive relationship at a very strong level of Parent Educational Background, Family Socio Economic, and Environmental Education in common with dropout children by r value 0.986.
From the results of the regression analysis also showed that the effect of Parent Educational Background, Family Socio Economic, and Environmental Education jointly against dropout children is positively and significantly to the value of R Square 0.973 and F count of 1123,294. This means that 97,3% dropout children affected by Parent Educational Background, Family Socio Economic, Environmental Education and 2,7% affected by other factors. According with the analysis can be concluded that if The Parent Educational Background, Family Socio Economic, and Environmental Education enhanced accordingly can be reduced Children Dropout risk and the continuing education opportunities will be even greater."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Setiyanto
Jakarta: Gramedia, 2005
155.4 SET o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Harwintha Yuhria Anjarningsih
Depok: Sanga Sanga Grup, 2019
371.9 HAR k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Millati Atmami
"Karakteristik emosi anak berbeda di setiap posisinya dalam keluarga (sulung, tengah, bungsu, tunggal) yang juga dipengaruhi oleh pola asuhan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan posisi anak dalam keluarga dan pola asuh orang tua dengan status emosi anak. Desain penelitian ini adalah korelatif bivariat dengan pendekatan potong lintang terhadap 64 orang tua anak usia prasekolah di PAUD Kelurahan Karet, Jakarta Selatan, yang dipilih dengan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah CCNES untuk menggambarkan pola asuh orang tua dan modifikasi instrumen yang menggambarkan status emosi anak prasekolah. Penelitian ini menghasilkan tidak adanya hubungan posisi anak dalam keluarga (p = 0,921) dan pola asuh orang tua (p = 0,426) dengan status emosi anak. Pemberian edukasi oleh perawat anak, komunitas, ataupun keluarga sangat diharapkan untuk meningkatkan pemahaman orang tua terkait reaksi suportif terhadap emosi anak.

Child's emotions characteristics were different in each position in the family (oldest, middle, youngest, single) that also influenced by nurturing. This study aims to determine the relationship of the ordinal position within family and nurturing to child's emotional status. This study is bivariate correlation with cross sectional to 64 parents of preschoolers in early childhood schools, Kelurahan Karet, South Jakarta, selected by cluster sampling technique. The instruments used were CCNES to describe nurturing and modified instrument that describe the child‟s emotional status. This study result in that the relationship of birth order (p=0,921) and nurturing (p=0,421) with child's emotional status. Improve the delivery of education by pediatric, community, or family of nursing is expected to increase understanding of parents about supportive reaction to their children.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
S55660
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>