Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8852 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Niven, Paul R.
New York : John Wiley & Sons, 2002
658.4 NIV b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Niven, Paul R.
New Jersey: John Wiley & Sons, 2003
352.357 NIV b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Niven, Paul R
"Buku ini berisi mengenai pengukuran efektivitas organisasi, kinerja, dan produktivitas dalam industri."
New Jersey : John Wiley & Sons, 2005
658.401 22 NIV b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Novak, Clare
"Do you need a tool to help you gauge the effectiveness of HPI interventions in your organization? This issue shows you how to take concepts of the balanced scorecard and apply them to performance. A 12-step process is provided that clearly helps you build a case for management while a sample HPI scorecard helps you visualize key elements to measure."
Alexandria, VA: [American Society for Training & Development Press, American Society for Training & Development Press], 2000
e20435440
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Kaplan, Robert S.
Jakarta: Erlangga, 2000
658.4 KAP b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Supriyanto
"Balai Besar Latihan Kcrja Industri (BBLKI) Serang merupakan unit kerja Eselon II yang bcrkedudukan di bawah Direktorat Jcndral Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Binalattas). Pengukuran kinerja Balai Besar Latihan xuja lndustri (BBLK1) smng denganmenggunakan LAKIP yang hanya berfokus pada realisasi aspek keuangan. Ini dipandang belum sempurna. Penulis melakukan penerapan pengukuran kinerja dengan pendekatan Balanced Scorecard untuk mengukur kinelja BBLKI Serang Pendekatan mi mengukur kinenja BBLKI Serang bukan hanya dari aspek keuangan saja meiainkanjuga dari aspek non keuangan yang tcrdiri dari : aspek pertumbuhan dan pembelajaran, aspek proscs intemal organisasi dan aspek pelanggan. Penelitian pengukuran kinerja dilakukan menggunakan deskriptif analitis untuk mendeskripsikan bagaimana mengukur kinerja BBLKI Serang dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard.
Dan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kesehatan BBLK1 dengan menggunakan Balanced Scorecard untuk aspck keuangan berada dalam kondisi baik dengan 84,9 % dan aspek non keuangan dengan perinciaan sebagai berikut: - kinerja pertumbuhan dan pembelajaran organisasi dalam kondisi Baik (skor 12), - kinerja proses internal organisasi kondisi Baik (skor 8), sedangkan kinerja pelanggan berada dalam kondisi baik (skor 18). Secara keseluruhan setelah dilakukan pembobotan oleh responden ahli dari lingkungan BBLKI Serang maka kinerja BBLKI Serang secara keseluruhan mendapat skor 3,84 dalam skala Hampir Baik. Untuk lebih mcningkatkan kinerjanya dimasa mendatang BBLKI harus lebih meningkatkan bcberapa aspek terutama pada aspek kepuasan pegawai dan kemampuan sistem infonnasi, kualitas layanan organisasi kepada pelanggan, terutama kepuasan pelanggan dan proses intemal organisasi sena aspek keuangan agar tcrus ditungkatkan sehingga masa mcndatang dapat mencapai kondisi sangat baik.

Balai Besar Latihan Keria Industri (BBLKI) Serang which known as Serang Industrial Training Institute (SITI), is one of technical implementation units of Ministry of Manpower and Transmigration In this organization and commonly govemrental institution, the performance is only measured through financial and performance accotmtability, which reported on LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kincrja Instansi Publik), while the other aspects of performance have never been measured yet. In this research, the author tries to measure peforrnance using Balance Scorecard approach with descriptive analitic methode that measures performance on four perspectives, which are leaming and growth perspective, internal bussines process perspective, customer perspective, and financial perspective. The population in this research are 71 employees and about 112 students from Balai Besar Latihan Kerja Industri (BBLKI) Serang. The sample taken from employees are 6] respondents. The sample taken from customers (students) are 90 respondents.
The result of this research can be concluded that the performance of Balai Besar Latihan Kerja Industri (BBLKI) Serang is good with total score is 42, and the result of score mesurement to whole aspects after weighted is 3.84 and it can be categorized as almost good performance The details of this measurement are as follow. The learning and growth performance measured with employee satisfaction, labour tumover and infonnation system capability has 12 score and it s good value. The internal business process performance measured with indicators of innovation, operational and service (score 8) and it s in good value. The customer perfomiance measusured with Servqual indicators which are tangibility, reliability, responsiveness. assurance, and empathy has good score (score 18). The financial performance mesured with indicator of finance accomplishments also has good score (score 4) and the level of budget accomplishment is 84.9 %.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2009
T32080
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ana Rohmatul Zulfa
"Transjakarta Busway merupakan organisasi yang bergerak di bidang Transportasi yang dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat sebagai konsekuensi logis dari penjabaran visi, misi, serta tujuan perusahaan agar mampu menghadapi persaingan di masa yang akan datang. Untuk menghadapi persaingan tersebut maka diperlukan kemampuan evaluasi kinerja atas implementasi strategi yang telah dijabarkan dalam program kerja untuk mengetahui sejauh mana strategi mampu menjawab perubahan lingkungan serta mengetahui keberhasilan kinerja.
Melihat fenomena di atas maka perlu digunakan suatu model pengukuran kinerja yang mampu mengakomodasi kebutuhan untuk memandang dan menilai Transjakarta Busway secara komprehensif, yaitu dengan menggunakan Balanced Scorecard. Balanced Scorecard merupakan sistem manajemen strategik yang menjabarkan visi, misi, tujuan, dan strategi ke dalam tujuan operasional dan tolak ukur kinerja untuk 4 perspektif yang saling mendukung, yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.

As an organization that focused in transportation sector, the Transjakarta Busway has claimed by peoples to improve their service aspect as the logical consequences of companies vision, mission, and target formulation in order to face the tight competition in the future. To get that point, they must have a performance evaluation ability that give an information about the performance of strategy that have already prepared to face the changing in environment and to know the company performance result.
According of that, its need the performance measurement tool that able to accomodating requirement of company comprehensive vision ability then. One of method which can realize this requirement is Balanced Scorecard. Balanced Scorecard is strategic management system that formulate the companies vision, mission, target, and strategy into operasional target and performance measuring rod. This Balanced Scorecard contains four perspective that are costumers perspective, financial perspective, internal business process perspective, and also learn and growth perspective."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T32574
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Yan Permana
"Tahapan pengeboran pada industri minyak dan gas bumi menghadapi tantangan peningkatan biaya operasi yang semakin tinggi, cadangan dan produksi yang semakin menurun sementara itu pertumbuhan permintaan terus tinggi. Perusahaan jasa pengeboran dituntut lebih efisien dalam operasinya. Maintenance menjadi salah satu bagian penting yang bisa membantu mengelola dan mengarahkan strategi bisnis perusahaan. Pengukuran kinerja maintenance dengan metode Balanced Scorecard mampu mengukur segi financial dan non finacial dan bisa membantu mengarahkan strategi serta mengukur secara umum kinerja perusahaan. Metode Balanced Scorecard digunakan untuk mendapatkan serangkaian maintenance indikator yang signifikan berpengaruh pada kinerja maintenance. Selanjutnya dibuat pemetaan hubungan (causal-effect relationships) terhadap perspektif dan maintenance indikator yang berada pada perspektif yang sama dengan menggunakan analisis DEMATEL (Decision Making Trial and Evaluation Laboratory). Pemetaan dibuat untuk melihat hubungan pengaruh antar perspektif dan antar maintenance indikator, sehingga dapat dibuat peta strategi yang bisa diaplikasikan oleh perusahaan jasa pengeboran minyak dan gas bumi untuk meningkatkan kinerja maintenance.

Stages of drilling in the oil and gas industry faces the challenge of increasing the higher operating costs, reserves and production are diminishing while the demand continued high growth. Drilling Services Company demanded more efficient in its operations. Maintenance became one of the important parts that can help manage and direct the company's business strategy. Maintenance performance measurement with Balanced Scorecard method is able to measure in terms of financial and non finacial and can help direct the strategy and measure the overall performance of the company. Balanced Scorecard method is used toobtain a series of maintenance indicators significantly affect the performance of maintenance. Hereafter devised mapping relationship (causal-effect relationships) to the perspective and maintenance indicators in the same perspective by using DEMATEL analysis (Decision Making Trial and Evaluation Laboratory). Mapping is made to see the effect of the relationship between the perspectives and maintenance indicators, so it can be made a map of strategies that can be applied by Drilling Services Company for oil and gas to improve the performance of maintenance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34973
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lumbantoruan, Nony Matilda Helena
"Dewasa ini, kesadaran publik terhadap akuntabilitas pemerintah semakin meningkat. Masyarakat menjadi semakin kritis dalam mengevaluasi kinerja lembaga publik. Salah satu metode yang digunakan dalam pengukuran kinerja organisasi adalah balanced scorecard (BSC). BSC merupakan suatu sistem manajemen untuk membantu menerjemahkan visi dan misi organisasi menjadi sebuah strategi dalam pencapaian visi tersebut, serta melakukan pengukuran kinerja organisasi berdasarkan 4 (empat) perspektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penerapan balanced scorecard terhadap nilai kinerja organisasi pada Kementerian dan Lembaga. Metode yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah Fixed Effect Model (FEM). Dari estimasi, diperoleh hasil bahwa BSC berpengaruh sebesar 1,179 poin terhadap nilai kinerja organisasi. Ketika dilakukan estimasi terpisah antara Kementerian dan Non Kementerian ternyata BSC tidak berpengaruh pada sub sample Kementerian, sedangkan pada sub sample Non Kementerian BSC berpengaruh sebesar 2,755 poin. Ini berarti bahwa penerapan BSC tidak terlalu berpengaruh terhadap nilai kinerja organisasi pada Kementerian dan Lembaga.

Nowadays, public awareness of government accountability is increasing. The public is becoming more critical in evaluating the performance of public institutions. One of the methods used in measuring organizational performance is the balanced scorecard (BSC). BSC is a management system to help translate the vision and mission of the organization into a strategy in achieving the vision, as well as measuring organizational performance based on 4 (four) perspectives. This study aims to find out how the impact of the application of the balanced scorecard on the value of organizational performance in Ministries and Institutions. The method that the author used in this study was the Fixed Effect Model (FEM). From the estimate, the results were obtained that BSC had an effect of 1,179 points on the value of organizational performance. When a separate estimate was carried out between Ministries and Non-Ministries, it turned out that BSC had no effect on the Ministry sub-sample, while in the Non-Ministerial sub-sample BSC had an effect of 2,755 points. This means that the application of BSC does not have much effect on the value of organizational performance in Ministries and Institutions."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>