Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11387 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Halvorson, George C.
New York: Jossey-Bass, 2003
362.1 Hal e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Halvorson, George C.
San Francisco: Jossey-Bass, 2003
362.1 HAL e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"This research is conducted to find out and to examine to impact of the regional extension on the health services in the Health Departement of Lamandau regency. ....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The need for health service is basic need . ....."
610 SKJ 19:1 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Oedojo Soedirham
"The birth of Integrated services post (Posyandu) in 1980s is no doubt
based on the effort of the Goverment of Indonesia to improve the health sta-
tus of the population following the International call the Declaration of Alma-
Ata (Kazakhstan) about Primary Health Care in 1978. The key concept of the
declaration is community participation. In Indonesia specifically the commu-
nity participation is called ?gotong royong?. Community plays an important role
in the improvement of their own health. To involve community in the health
care, the volunteer has to be recruited and trained to recognize basic health
care issues. The idea is that the volunteers that called village health worker
(kader) as part of the community would be much easier to deliver health pro-
grams because they are closer to them compare to the public health officials.
This paper is intended to discuss Posyandu which is basically a sociocultural
approach for primary health care as a strategy to improve the health status of
Indonesian people.
Indonesia untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat, mengikuti
panggilan internasional, Deklarasi Alma Ata (Kazakhstan) tentang
kesehatan masyarakat tahun 1978. Konsep kunci deklarasi tersebut adalah
partisipasi masyarakat. Di Indonesia, partisipasi masyarakat disebut ?go-
tong royong?. Masyarakat memainkan peran penting dalam meningkatkan
kesehatan masing-masing. Untuk melibatkan masyarakat dalam kesehatan
masyarakat, relawan harus direkrut dan dilatih untuk mengenal isu-isu ke-
sehatan masyarakat dasar. Gagasan mengenai relawan yang disebut kader
(village health worker) tersebut diajukan agar relawan sebagai bagian dari
masyarakat dapat lebih mudah menyampaikan program-program kese-
hatan karena lebih dekat dibandingkan pejabat kesehatan masyarakat. Di
dalam artikel ini dibahas tentang Posyandu yang pada dasarnya merupakan
pendekatan sosiokultural dalam pelayanan kesehatan masyarakat sebagai
Integrated Services Post (Posyandu) as Sociocultural
Approach for Primary Health Care Issue
Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sebagai Pendekatan Sosiokultural
untuk Isu Pelayanan Kesehatan Dasar
Oedojo Soedirham
195
strategi untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat Indonesia."
Airlangga University, Faculty of Public Health, Department of Health Promotion and Behavioral Sciences, 2012
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
London Oxford University Press 1970,
613 Pro
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Solha Elrifda
"Patient safety adalah salah satu komponen kritis dari mutu pelayanan kesehatan. Banyak kesalahan pelayanan dikaitkan dengan budaya patient safety. Catatan tentang kesalahan pelayanan di berbagai negara menunjukkan angka yang mengkhawatirkan, sementara di Indonesia belum ada catatan resmi. Demikian halnya dengan budaya patient safety dan kesalahan pelayanan di rumah sakit Kota Jambi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya patient safety dan karakteristik kesalahan pelayanan di salah satu rumah sakit di Kota Jambi. Desain penelitian ialah cross sectional dan kualitatif. Populasi dan sampel adalah petugas yang melayani pasien secara langsung di ruang rawat inap rumah sakit yang diteliti (dokter, perawat, dokter gigi, dan bidan) dengan jumlah sampel 191 orang. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara tidak langsung dengan menyebarkan angket yang diadopsi dari kuesioner yang telah distandardisasi oleh Agency for Healthcare Research and Quality dengan penambahan untuk pertanyaan tentang kesalahan pelayanan secara kualitatif. Analisis data dilakukan secara univariat dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan budaya patient safety secara umum direspons positif hanya 14,7% responden pada tingkat unit dan 26,2% pada tingkat rumah sakit. Variasi kesalahan pelayanan menyangkut disiplin, komunikasi, dan kesalahan teknis yang disebabkan oleh faktor manusia dan kegagalan sistem.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah budaya patient safety di salah satu rumah sakit di kota Jambi kurang baik dan ditemukan berbagai kesalahan pelayanan. Saran kepada pihak manajemen untuk menetapkan kebijakan pelaksanaan standar keselamatan pasien sesegera mungkin.

Patient safety is one of critical component in healthcare quality. There are so many healthcare errors associated to patient safety culture. Healthcare errors in various countries have shown an alarming rate, but there is no formal record of event in Indonesia including in Jambi.
One hundred and ninety one respondent, who served patients directly (phyisicians, nurses, dentists, and midwifes) participated in this survey. Data collected by self administered questionnaire. The standardized questionnaire Agency for Healthcare and Quality used in this survey combined with open ended questions about healthcare error characteristics.
The result is 14,7% of respondent gave a positive response on patient safety culture in the unit level and 26,2% of respondents gave a positive response on hospital level. Variation of healthcare errors found include the discipline, communication, and technical errors caused by human factors and system failure.
Suggestions for the management of the hospital to implement the patient safety standard as soon as possible.
"
Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Jambi, 2011
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Depok Pusat Penelitian Kesehatan Lembaga Penelitian UI 1991,
R 362.198 Pen l
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>